Crash Landing On You

Belajar Manajemen dari Pasangan Kapten Ri Jeong Hyuk & Yoon Se-Ri


1
1 point

Sinopsis

Drama Korea Crash Landing on You menceritakan kisah seorang wanita asal Korea Selatan bernama Yoon Se Ri yang diperankan oleh Son Ye Jin.Yoon Se Ri ditunjuk sebagai penerus perusahaan keluarganya, meski orangtuanya memiliki dua anak pria. Namun, satu hari menjelang pengumuman direktur perusahaan, Yoon Se Ri mengalami kecelakaan. Kecelakaan itu didapat Yoon Se Ri saat dirinya melakukan ujicoba produk baru perusahaannya, yaitu apparel olahraga paralayang di pegununan dekat zona demiliterisasi korea, dimana tiba-tiba datang badai yang membuat paralayang yang dinaikinya terhempas badai sampai ke daerah perbatasan korea utara. Ia pertama kali ditemukan oleh seorang tentara Korea Utara bernama Ri Jeong Hyeok dalam posisi tersangkut di pohon bersama paralayangnya. Yoon Se Ri berusaha melarikan diri menuju ke perbatasan korea selatan sesuai arah yang diinformasikan Ri Jeong Hyeok, namun insting pebisnis yang tidak mudah percaya membuat Yoon Se Ri mengambil arah yang berlawanan dari petunjuk yang pada akhirnya malah membuatnya semakin jauh dari daerah perbatasan menuju perkampungan di Korea Utara. Tanpa sadar ternyata Yoon Se Ri ternyata memasuki rumah tentara Ri Jeong Hyeok. Dikarenakan ketegangan hubungan negara Korea Selatan dan Korea Utara, dikhawatirkan akan mebawa bahaya bagi keselamatan Yoon Se Ri dan dan Ri Jeong Hyeok, Yoon Se Ri akan dituding Badan Keamanan Pemerintah Korea Utara sebagai mata-mata dan Ri Jeong Hyeok sebagai tentara, akan dianggap mengkhianati negaranya. Dari pertemuan itu, Ri Jeong Hyeok bersama anak buahnya berusaha menyembunyikan Yoon Se Ri dan mengembalikannya kembali ke Korea Selatan. Dalam drama ini juga kental dalam perbandingan budaya antara Korea Utara dengan Korea Selatan.

Sumber : http://salamkorea.com/read/celebrity-news/kpop-news/2019/12/pojok-drama-crash-landing-cuek-cuek-bikin-jatuh-cinta/

Permasalahan

Dalam drama yang berjumlah 16 episode ini permasalahan yang dihadapi kedua tokoh sentral tersebut yaitu :

1. Permasalahan tokoh Kapten Ri Jeong Hyeok (Kapten Militer Korea Utara)

Kapten Ri Jeong Hyeok semula adalah seorang pianis profesional di Switzerland, mendengar kabar kakaknya yang merupakan seorang tentara meninggal secara janggal dalam suatu kecelakaan membuatnya kembali ke Korea Utara untuk bergabung bersama ayahnya di kesatuan militer untuk memenuhi harapan sang ayah dimana salah satu anaknya bisa mengikuti jejak sang ayah di kesatuan militer sambil menyelidiki kejadian yang seungguhnya dibalik kematian kakaknya.

2. Permasalahan tokoh Yoon Se Ri (CEO Seri’s Choice Korea Selatan)

Yoon Se Ri menghadapi mental ilness karena merupakan anak tiri di keluarga, namun melihat sang anak berhasil menjalankan bisnisnya sendiri dan disisi lain melihat kedua anak laki-lakinya tidak dapat diandalkan karena selalu membawa masalah ke perusahaan, ayah Yoon Se Ri berencana mengangkatnya menjadi pewaris Queen’s Group. Hal tersebut menambah konflik keluarga pada Yoon Se Ri. 

Pembahasan :

JG Chapter 1. Managerial Roles and Level of Management 

Managerial Roles Identified by Mintzberg

Beberapa adegan dalam drama ini menunjukkan beberapa Managerial Roles yang dilakukan oleh tokoh sentral dalam drama ini, sebagai berikut :

Levels of Management & Managerial Skill

Level of Management digambarkan dalam sebuah segitiga yang dibagi menjadi empat bagian, yaitu dari paling bawah menggambarkan komposisi jumlah personel manajemen yang paling banyak jumlahnya sampai ke posisi atas semakin sedikit. Posisi manajemen paling banyak dan paling bawah yaitu First Line Managers, kemudian tingkat diatasnya adalah Middle Managers, kemudian Top Managers, lalu CEO berada di puncak segitiga. Dalam drama pengkategorian level manajemen dari pemain sentra adalah Yoon Se-Ri berada di puncak manajemen, yaitu merupakan CEO dari perusahaannya sendiri yaitu, Seri’s Choice sedangkan Ri Jeong Hyuk merupakan Kapten Militer dimana dalam jenjang kepangkatan militer temasuk dalam kategori Middle Managers

Dalam melaksanakan four managerial task, waktu relative yang dihabiskan Yoon Se-Ri sebagai CEO akan lebih banyak pada bagian Planning, Organizing dan Controlling. Sedangkan Ri Jeong Hyuk sebagai kapten di posisi middle managers waktu akan banyak dihabiskan paling banyak pada aktivitas Leading.

Managerial skill yang dominan dimiliki oleh Yoon Se-Ri adalah Conceptual Skill dimana dia dapat menganalisa situasi serta mengidentifikasi sebab akibatnya. Dalam salah satu adegan Yoon Se Ri menganalisa cuplikan liputan media yang kurang baik tentang dirinya yang kemudian olehnya malah bisa dijadikan sebagai sarana untuk promosi salah satu produk perhiasan barunya yaitu anting-anting.

Di sisi lain Ri Jeong Hyuk sebagai seorang Kapten memiliki human skill dan technical skill yang sangat baik. Kapten Ri Jeong Hyuk berhasil menjadi pemimpin yang disegani namun tetap dekat dengan anak buahnya, dalam salah satu adegan anak buah dari Kapten Ri Jeong Hyuk ditangkap satu persatu oleh Badan Keamanan untuk dilakukan penyelidikan secara terpisah, namun tidak ada satupun yang berusaha untuk menyelamatkan dirinya masing-masing dan tetap setia kepada Kapten Ri Jeong Hyuk. Selain itu technical skill Kapten Ri Jeong Hyuk sebagai Kapten militer tidak perlu diragukan, beberapa adegan menunjukkan kecakapan dirinya dalam bela diri, penjinakkan bom, penggunaan senjata api serta mengendarai berbagai kendaraan.

JG Chapter 2. Organizational Environment Theory

Dari segi Organizational Environment Theory, Ri Jeong Hyeok dan Yoon Se Ri berada di sistem organisasi yang berbeda, sebagai berikut :

JG Chapter 14. Leadership

Berikut ini merupakan sumber-sumber dari Kekuatan Manajerial dalam memimpin yang dimiliki oleh tokoh sentral dalam drama ini :

Saran

  1. Dalam mencari tahu kejanggalan yang terjadi dalam kecelakaan yang mengakibatkan kematian kakaknya, Kapten Ri Jeong Hyuk tidak banyak melibatka ayahnya sehingga beberapa kali terkena masalah dalam mengejar dalang dibalik kecelakaan tersebut. Dalam organisasi closed system permasalahan akan lebih mudah diselesaikan oleh top management karena sifat nya yang sangat tersentralisasi pada level top management. Dalam hal ini Kapten Ri Jeong Hyuk perlu melibatkan dan mendapatkan dukungan ayahnya dikarenakan posisi ayahnnya yang merupakan salah satu dari top management, yaitu sebagai Kepala Biro Politik Umum sehingga Kapten Ri Jeong Hyuk memiliki kekuatan yang lebih besar untuk menembus kekuatan top management lainnya yang ternyata adalah salah satu pihak yang terlibat untuk menutupi kasus rekayasa kecelakaan yang menimpa kakaknya.
  2. Dalam menghadapi keluarganya, Yeon Se-Ri perlu meningkatkan salah satu managerial skill nya, yaitu dalam human skill untuk memperbaiki hubungannya kembali dengan ayah dan ibunya serta meningkatkan technical skill dari kakak-kakak tirinya sehingga mereka bisa bekerja sama untuk mewarisi Queens Group.

Disusun oleh :

Pramestyani-Eksekutif B 40 C


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
2
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
1
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format