SING: Kolaborasi yang epic!


0

Film animasi yang penuh muatan nilai inspirasi 

Dalam dunia yang dihuni oleh hewan yang bertingkah seperti manusia, seorang Koala bernama Buster Moon (Matthew McConaughey) menjalani bisnis teater yang berada di ambang kebangkrutan. Dengan bantuan sahabatnya yang merupakan seekor Domba bernama Eddie (John C. Reily), Buster memutuskan untuk menggalang dana untuk mempertahankan bisnis teaternya sekaligus mengadakan kompetisi menyanyi terbesar di dunia.

SINOPSIS

Dalam dunia hewan antropomorfis, di kota Calatonia, pemilik teater koala Buster Moon mengadakan kompetisi menyanyi untuk mempromosikan teaternya yang berjuang, menyusul masalah keuangan yang dibawa oleh perwakilan bank llama Judith. Sebuah kecelakaan yang melibatkan kaca mata asisten Buster, iguana tua, Miss Crawly, menerapkan dua nol ekstra untuk uang hadiah, dan selebaran yang salah cetak diterbangkan keluar jendela ke jalan.

Gambar I

Hewan dari seluruh kota berkumpul untuk audisi. Yang terpilih meliputi: ibu rumah tangga dan ibu dari 25 anak babi Rosita; punk-rock landak Ash; gorilla Johnny, putra mafia Big Daddy; musisi jalanan tikus Mike; trio kodok bernyanyi dan menari; dan penyanyi opera unta Pete. Gajah remaja Meena gagal audisi karena demam panggung, sementara pacar Ash yang pemarah, Lance dikeluarkan dari kontes. Rosita dipasangkan dengan babi yang bersemangat bernama Gunter untuk rutinitas menari. Buster menemukan selebaran mengiklankan hadiah $ 100.000 – uang yang tidak dia miliki – tetapi tetap optimis. Dia mengatur kunjungan dengan nenek temannya Eddie, mantan penyanyi opera dan aktris panggung Nana Noodleman, yang ragu-ragu untuk mensponsori hadiah uang tetapi setuju untuk menghadiri pratinjau pribadi pertunjukan.

Gambar II

Ditekan oleh kakeknya, Meena mencoba untuk meminta Buster kesempatan lain untuk tampil, tetapi menjadi tangan panggungnya sebagai gantinya. Ketika trio katak berpisah dan berhenti dan Pete terluka, Meena ditambahkan sebagai tindakan (terlepas dari kenyataan bahwa Buster belum mendengarnya bernyanyi). Rosita menggelepar dalam rutinitas tariannya dengan Gunter, terganggu oleh tugas pengasuhannya yang telah berantakan. Setelah menemukan Lance putus dengan dia untuk pacar baru, mengatakan kepadanya bahwa dia tidak pernah ada lagi, dan mengusir mereka dari apartemennya, Ash hancur saat menyanyikan lagu yang ditugaskan kepadanya, "Call Me Maybe." Carly Rae Jepsen. Johnny terpecah di antara latihan dan harus membantu ayahnya sebagai pengemudi saat pelarian dalam pencurian. Berusaha melakukan keduanya, ia gagal mengambil perampok pada waktunya karena kemacetan lalu lintas, dan ayahnya dan gengnya ditangkap. Meena tidak mendapat bantuan dalam mengatasi demam panggungnya, dan Mike, yakin uang hadiahnya sebagus miliknya, membeli mobil mewah untuk mengesankan tikus betina dan menipu sekelompok beruang dalam permainan kartu.

Hari pratinjau, beruang mengganggu pertunjukan, meminta uang dari Mike, yang menunjuk ke Buster. Beruang membuka peti hadiah, tapi tidak ada yang mendekati $ 100.000. Tangki kaca dari cumi-cumi luminescent menerangi panggung memecah dan membanjiri teater, yang runtuh. Judith mengambil kembali tanah miliknya dan Buster, yang tadinya tinggal di mejanya di teater, tinggal bersama Eddie di kolam renang orang tuanya. Para kontestan berusaha menghiburnya, tetapi Buster terlalu sedih untuk mendengarkan. Dia mencoba untuk memulai dengan membuka tempat cuci mobil, menggunakan ember yang sama yang digunakan ayahnya untuk mengumpulkan uang untuk teater Buster.

Gambar III

Ketika Meena pergi ke puing-puing teater dan menyanyikan "Hallelujah" Leonard Cohen, Buster mendengarnya dan terinspirasi untuk mengembalikan pertunjukan tanpa uang hadiah, tampil di panggung seadanya untuk keluarga Rosita dan keluarga Meena. Rosita dan Gunter menampilkan Taylor Swift "Shake It Off", yang akhirnya mendorong suami Rosita, Norman, untuk memperhatikan bakat menyanyinya. Semakin banyak hewan tertarik ke tempat kejadian saat acara disiarkan di berita. Lagu Johnny tentang Elton John "I'm Still Standing" mengesankan ayahnya, yang melarikan diri dari penjara untuk berdamai dengannya. Meskipun terganggu oleh Judith, Ash menyanyikan lagu rock aslinya "Set It All Free," yang ditonton mantan pacarnya di TV dan akhirnya mengakui bakat Ash. Mike kembali ke pertunjukan dan menyanyikan lagu Frank Sinatra "My Way," dan Meena akhirnya mengatasi ketakutannya dan menyanyikan lagu Stevie Wonder "Don't You Worry 'bout a Thing", yang benar-benar meruntuhkan rumah itu.

Acara ini sukses dan mengesankan Nana, yang berada di antara penonton. Dia membeli banyak dan teater dibangun kembali dan dibuka kembali.

PERMASALAHAN

Moon terpacu semangat ketika mengingat usaha ayahnya saat menjadi tukang cuci mobil untuk membelikan teater kepada dirinya. Lalu ia memutuskan untuk membuat ajang pencari bakat bagi semua orang yang memiliki suara indah di kotanya. Namun, saat sekretaris Moon yang seorang bunglon yang sudah tua, Miss Crawly, teledor saat mengetik total hadiah bagi para pemenang yang seharusnya $1000 menjadi $100,000, disitulah mulai terjadi konflik.

Setelah menjadi viral dan banyak binatang berdatangan untuk menjalani audisi. Lalu terpilihlah, Mike si tikus putih yang arogan, Ash si landak yang selalu diremehkan oleh pacarnya, Rosita si ibu babi yang memiliki 25 anak dan tidak memiliki waktu untuk dirinya sendiri, Johnny si gorilla yang lahir dari keluarga penjahat, Gunter, si babi yang periang dan suka menari yang pada akhirnya menjadi teman duet Rosita, dan Meena si gajah yang pemalu.

Puncak masalah terjadi saat Mike dicari oleh beruang-beruang yang ditipunya dan berusaha mengambil hadiah $100,000 dari Moon yang sebenarnya tidak ada. Saat kejadian itu terjadi, Moon berusaha meyakinkan Nana Noodleman, nenek dari Eddie, untuk menjadi sponsor bagi kegiatan acaaranya. Saat para peserta tahu bahwa Moon tidak memiliki uang, mereka merasa kecewa. Tidak berhenti dari situ, teater milik Moon hancur karena kebocoran yang terjadi di panggung kaca miliknya yang meluluhlantahkan gedung miliknya hingga berkeping-keping.

Karena kejadian tersebut tersiar di televisi, Moon merasa hancur dan tidak lagi bersemangat untuk melanjutkan ajang tersebut. Dirinya tinggal dirumah Eddie karena gedung teater sekaligus rumahnya sudah tidak bisa ditempati. Para kontestan datang untuk memberikan semangat bagi Moon yang terpuruk, namun tidak berhasil meyakinkan Moon untuk tetap melanjutkan ajang tesebut.

ANALISIS MANAJEMEN DAN BISNIS

Menurut Gareth R. Jones dan Jennifer M George pada bukunya, struktur fungsional adalah struktur organisasi yang terdiri dari semua departemen yang diperlukan organisasi untuk menghasilkan barang atau jasanya. 

Empat faktor penentu penting dari jenis struktur organisasi atau budaya yang dipilih manajer: sifat lingkungan organisasi, jenis strategi yang dikejar organisasi, teknologi, dan karakteristik sumber daya manusia.

Pada Manajemen Teater Buster Moon diatas tidak terdapat struktur organisasi  yang jelas .Hal ini dapat dilihat dengan bahwa Moon cenderung bekerja sendiri dan hanya dibantu oleh asistennya yang kurang terampil. Selanjutnya Moon hanya meminta bantuan temannya yang memiliki akses kepada investor untuk mendanai teaternya. Hal ini membuat hasil pekerjaan yang penuh ketidakpastian karena tidak adanya struktur organisasi maka tidak adanya pembagian tugas yang secara fokus bisa dikerjakan oleh bagian-bagiannya dengan sumber daya dan target yang diberikan kepada masing-masing bagian.

Semakin besar tingkat ketidakpastian dalam lingkungan organisasi, semakin kompleks strategi dan teknologinya, dan semakin tinggi tenaga kerja yang terampil dan berkualitas, semakin besar kemungkinan manajer untuk merancang struktur dan budaya yang fleksibel, dapat berubah dengan cepat, dan memungkinkan karyawan untuk menjadi inovatif dalam respons mereka terhadap masalah, kebutuhan pelanggan, dan sebagainya.

Ketika memutuskan untuk mempertahankan eksistensi teaternya, Buster Moon menerapkan Essential Managerial Tasks, yaitu Planning, Organizing, Controlling and Leading.

Four Task of Management Menurut Gareth Jones dan Jennifer M George (2020) 

Gambar IV

Planning 

  1. Deciding which goals the organization will pursue
  2. Deciding what strategies to adopt to attain those goals
  3. Deciding how to allocate organizational resources.

Buster Moon mengidentifikasi bagaimana cara mencapai target serta tahapan Langkah kongkrit untuk mencapai target tersebut dengan cara menentukan tujuan yakni bisa menghidupkan kembali teaternya dan bisa menghasilkan penghasilan sehingga mampu untuk merenovasi teaternya serta membayar hutang kepada bank.

Perihal cara mencapai tujuannya, Moon menetapkan strategi yakni dengan menyelenggarakan kompetisi bernyanyi untuk seluruh penduduk kota dengan memanfaatkan sistem sumber yang dimilikinya yakni asset berupa teater, asisten kerjanya dan dukungan pertemanan Eddie.

Organizing 

Agar tahapan dapat berjalan dengan baik, Buster Moon mengatur dan menentukan mekanisme seleksi penyanyi supaya pada saat pertunjukannya berlangsung, penyanyi yang terpilih di atur sedemikian rupa sesuai kriteria, baik itu kategori individu maupun grup agar menarik penonton. 

Moon juga mempersiapkan hadiah yang akan diberikan meskipun, terdapat kesalahan dalam penulisan angka Moon tetap menyikapinya dengan optimis. Moon melakukan pendekatan kepada Nana dan mempersiapkan demo pertunjukan untuk meyakinkan Nana agar mau meminjamkan uangnya untuk operasional pertunjukan.

Leading 

Moon memberikan instruksi kerja kepada tim kecilnya Ms. Crawly, Eddie, dan Meena dengan jelas. Moon juga memimpin jalannya kompetisi dengan baik, menempaykan otimnya sesuai kapasitasnya dan memberikan motivasi kepada tim-nya. Ketika Ms Crawly merasa bersalah hingga menangis karena mengetik jumlah hadiah yang salah, dan Ketika Meena merasa tidak percaya diri untuk tampil Moon hadir memberikan motivasi dan semangat kepada timnya tersebut sehingga timnya tetap bisa berjalan sesuai arah target yang akan dicapai.

Controlling 

Evaluating how well an organization is achieving its goals and taking action to maintain or improve performance

Moon melakukan fungsi kontrol pada setiap tahapan yang timnya lakukan. Ketikaa saat peserta latihan sebelum tampil Mooh memastikan lagu yang dipilih sesuai dengan arahannya agar menarik penonton. Pada saat acara berlangusng Moon berada dibelakang panggung untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik. Meskipun terdapat beberapa kejadian yang diluar kendali dan menghambat proses, Moon masih bisa menanganinya.

Planning and Strategy

Strategi perencanaan sangat berguna untuk membuat manager dan seluruh tim berpartisipasi dalam pengambilan keputusan tentang tujuan dan strategi organisasi yang sesuai 

Membantu koordinasi manager tentang perbedaan fungsi divisi dan organisasi Dapat digunakan sebagai alat untuk mengontrol manager.

Dalam hal ini, terlihat saat Moon putus asa untuk melanjutkan kompetisi menyanyi namun dia putuskan kompetisi tetap berlanjut itu karena adanya partisipasi dari tim bersama-sama mendorong dan memberikan penguatan terhadap Moon, sehingga Moon dapat mengambil keputusan yang sesuai dengan masukan dan keputusan tim.

Tim kecil Moon berikut peserta kompetisi diibaratkan fungsi divisi pada sebuah organisasi, dimana mereka memiliki tujuan yang sama yakni kompetisi ini tetap berlanjut. Karena adanya partisipasi dan kerjasama dari mereka (peserta kompetisi), proyek kompetisi ini bisa tetap berlanjut sesuai planning.

Manajemen Konflik

Gambar V

Dalam mengatasi konflik yang terjadi, Moon melakukannya dengan collaboration antar berbagai pihak. 

Collaboration

Meskipun diawal berbagai hambatan dialami Moon namun berkat kolaborasi dan dukungan semua unsur dari mulai tim internal Moon, Peserta, Eddie (teman), dan pada kahirnya diakhi bisa berkolaborasi dengan Nana, akhirnya kompetisi menyanyi ini berlangsung dengan baik sesuai target. Bahkan, melebihi yang di ekspektasikan.Teater yang tadinya runtuh dapat diperbaharui kembali dengan fasilitas yang lebih baik.

Pelajaran

Dari film ini, kita dapat mengambil banyak nilai-nilai berharga. Dari Moon kita bisa belajar bahwa cara untuk menyelesaikan permasalahan adalah dengan menghadapinya secara optimis. Meskipun permasalahan terlihat semakin parah, pada akhirnya dengan sebuah perencaan dan strategi sertu fungsi kolaborasi akan memberikan jalan yang lebih baik jauh dari sebelum masalah itu datang. Pada saat depresi, Moon mendapatkan kekuatan dari para kontestan yang membangun semangat dirinya. Dari hal ini kita juga dapatkan bahwa kita harus bergaul dengan orang-orang yang satu visi dan satu misi yang sama dengan kita, jadi ketika kita jatuh dalam masalah, mereka akan memberikan semangat untuk kita kembali berjuang.

Bahkan tidak hanya dari Moon nilai-nilai kebaikan kita dapat peroleh, namun dari setiap tokoh yang digambarkan juga membawa nilai-nilai tersendiri. Contohnya Ash yang meninggalkan pacarnya, Lance, saat ia tidak lagi mendukung Ash melanjutkan kompetisi. Ash berani mengambil keputusan untuk meninggalkan Lance yang selalu merendahkan dirinya dan ternyata juga selingkuh dengan landak lain. Dari hal itu bagi Anda yang merasakan tidak nyaman dari pasangan Anda, contohlah Ash yang berani mengambil resiko sebelum Anda terlambat.

Sama halnya dalam manajemen organisasi dalam hal penentuan visi dan misi harus sama, fungsi koordinasi, keterbukaan dan kepekaan tim akan menciptakan komunikasi yang baik sehingga fungsi kolaborasi dapat terjadi. Selanjutnya, dengan hal-hal tersebut juga akan menciptakan budaya kerja yang baik. Menciptakan karakter yang dapat menunjang organisasi dalam mencapai tujuannya.

Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Sing_(film_2016)

https://id.bookmyshow.com/blog-hiburan/mengenal-karakter-gemas-di-film-sing

https://www.febriyanlukito.com/review-film-sing/

Gareth R. Jones, Jennifer M. George, 2020, Contemporary Management 11th edition,

Bangkit Pratama. – 40P20079 Eks B 40 C

 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format