THE BIG SHORT : Dibalik Kisah Krisis Ekonomi Amerika

Film yang mengisahkan empat orang pria yang memiliki ide gila tapi brilian disaat sedang terjadi krisis perekonomian dunia.


2
1 share, 2 points

Sinopsis

The  Big Short mengangkat kisah  tentang  gelembung keuangan  atau krisis  ekonomi yang terjadi pada era 2000-an. Kejadian itu ternyata menyebabkan krisis  keuangan global  pada  2007-2010. 

Bercerita tentang seorang manajer keuangan, Dr Michael Burry (Christian Bale) selama  film berjalan hanya mengenakan  kaus  dan  celana  pendek  yang sama, tanpa alas  kaki  serta rambut awut-awutan, seorang  yang anti sosial  dan  jarang berbicara kepada staffnya.  Dia memiliki hitung-hitungan matematika yang diyakininya  benar kalau  Amerika  akan  mengalami  krisis  besar. Michael Burry mencapai kesimpulan bahwa produk Mortgage Backed Securities (MBS) merupakan bom waktu yang akan segera meledak dan dapat berdampak pada sistem perekonomian di Amerika Serikat dari pengamatan nya di ruang kerjanya yang berantakan , lalu di lanjutkan dengan riset yang di lakukan stafnya dilapangan menunjukkan fakta , betapa kredit kepemilikan rumah sangat gampang di berikan oleh bank  kepada pemohon. Padahal semua kredit itu beresiko gagal bayar. Karena data pemohon yang diakali tetap saja kredit bisa turun. Akibatnya, banyak rumah rumah kosong ditinggal penghuninya karena tidak sanggup bayar cicilan nya.

Lalu Michael Burry, melihat ini justru sebagai peluang untung  , dia lalu melakukan aksi investasi yang terbilang terobosan, dengan mendatangi lembaga investasi raksasa yang banyak kucurkan dana kredit properti , serta membujuk direksinya agar mereka menjual semacam obligasi kepemilikan yaitu credit default swap ( CDS) .  Prediksi bisnis properti akan bermasalah besar sehingga melakukan swap atau kebalikannya, yaitu menjual semua saham di bidang properti. Dia  berteori, pasar perumahan  AS sangat tidak stabil, yang berbasis  pada  pinjaman  subprime  dengan risiko  tinggi karena memberikan keuntungan sedikit sehingga bisa terjadi  kredit  macet. Dia menyadari dapat memperoleh keuntungan dari situasi tersebut dengan menciptakan pasar credit default swap, yang memungkinkan dia untuk bertaruh melawan  pasar  perumahan.

Images 1 – Source Google Images

Mendapatkan cemooh dan tertawaan dari atasan dan pemegang saham, dengan dalih bahwa situasi pasar properti saat itu dalam kondisi sangat baik , namun Michael Burry mengabaikan cemoohan tersebut Burry mengambil langkah untuk menjalankan rencananya membeli obligasi CDS , Obligasi CDS yang diambil dengan rating nya buruk dengan konsep semacam asuransi , dengan pembayaran premi rutin bulanan supaya obligasi nya tetap aman. Prediksi burry adalah saat sektor properti memburuk , Sebaliknya nilai obligasi yang dia punya meningkat nilainya. Semakin buruk ekonomi , semakin tinggi nilai obligasi CDS nya.

Berita diantara Bankir atas ide gila burry pun menyebar dan didengar oleh pialang saham Jared Vennet (Ryan gosling), yang kemudian menyadari akan konsep tersebut. Vennet kemudian mulai memasarkan konsep obligasi CDS namun karena kondisi pasar properti saat itu dalam kondisi sangat baik , tak banyak orang mempercayai ‘jualannya’. Sampai ketika informasi tersebut didengar oleh Mark Baum (Steve carell) seorang bankir yang membenci konsep ekonomi pemerintah. Baum kemudian memanggil Vennet untuk memaparkan konsep obligasi dan menyarankan agar semua perusahaan pengelola saham tidak berinvestasi bidang bidang properti yang sedang bergandeng mesra dengan bidang perbankan. Baum awalnya menolak percaya , mengingat ekonomi Amerika saat itu masih tidak ada celah , sampai akhirnya Baum dan staffnya , mengadakan survey langsung ke pasar properti. Terbukti bahwa celah celah bobroknya dalam pasar properti berada disituasi yang buruk sama dengan prediksi Burry tersebut.

Images 2 – Source Google Images

Disisi lain Investor muda Charlie Geller (John Magaro) dan Jamie Shipley (Finn Wittrock) yang menemukan selebaran Vennett atas jualan obligasi CDS-nya dan mulai menganalisa hal yang sama dengan pandangan Burry. Mereka memutuskan untuk berfokus pada obligasi CDS tersebut dan  meminta bantuan dari pensiunan bankir, Ben Ricky (Brad Pitt).

Images 3 – Source Google Images

Identifikasi Masalah

Intrik film dimulai dengan keraguan atas konsep Burry tersebut, dikurun waktu 2005 hingga 2008 (terjadinya collapse ekonomi amerika) teori gila mulai menghasilkan perdebatan. Atasan dan pemegang saham Burry yang sedari awal tidak percaya bertambah murka dikarenakan Investasi CDS Burry tersebut membuat perusahaan harus membayar mahal premi obligasi sedangkan prediksi runtuhnya pasar properti belum kunjung terbukti. Mark Baum juga mulai ragu atas saran-saran Jared Vennett atas konsepnya. Disisi lain duo investor muda malah bersemangat berinvestasi CDS dengan membeli rating yang baik , dibantu oleh Ben Ricky yang memiliki koneksi yang baik di industri keuangan , mereka pun berhasil menambah koleksi obligasi CDS nya.

Images 4 – Source Google Images

Analytical Thinking

  1. Sesuai dengan teori Four Task of Management (JG Chapter 01)  :

 

Planning

 

 

Organizing

 

 

Leading

 

 

Controlling

 

Membuat perencanaan dalam menghadapi Mortgage Backed Securities Berkoordinasi dengan pihak lainnya , terkait tujuan bisnis Mengartikulasikan visi yang jelas dan memberi energi danmemungkinkan anggota organisasi sehingga mereka memahami bagian yang mereka mainkan dalam mencapai tujuan organisasi

Mengevaluasi seberapa baik suatu organisasi mencapai tujuannya dan mengambil tindakan untuk mempertahankan atau meningkatkan kinerja

 

 

 

Tabel 1

Berdasarkan teori JG Chapter 1 menjelaskan bahwa hasil dari proses kontrol adalah kemampuan untuk mengukur kinerja secara akurat dan mengatur efisiensi dan efektivitas organisasi. Manajer harus memutuskan tujuan mana yang diukur , menyambung dengan film proses kontrol masing-masing karakter di rangkum sebagai berikut :

        

                   

 

No

 

 

Nama Karakter

 

 

Manager Roles Identified by Mintzberg

 

 

Action

 

 

1

 

 

Dr. Michael Burry, ahli saraf yang menjadi manajer dana  Scion Capital.

 

(Chris Bale)

 

 

Decisional – Disturbance Handler

 

 

Prediksi dan langkah bisnis nya terbukti korektif dan menghasilkan keuntungan bagi perusahaan

 

 

2

 

 

Mark Baum  manajer temperamental di FrontPoint Capital yang memandang dirinya sebagai pejuang kebaikan.

 

(Steve Carell)

 

 

Interpersonal – Leader

 

 

Memberikan Dirrect command yang baik sebagai atasan ditengah   krisis dan tekanan dari staffnya.

 

 

3

 

 

Jared Vennett penjual obligasi di Deutsche Bank yang memutuskan untuk berinvestasi melawan CDO, meskipun Deutsche ikut terlibat dalam bisnis CDO

 

(Ryan Gosling)

 

 

Informational-Spokerperson

 

 

Informasi dan sarannya membuat langkah bisnis semakin meluas

 

 

4

 

 

Ben Rickert pedagang dan mentor Charlie dan Jamie.

 

(Brad Pitt)

 

 

Decisional – Entrepreneur

 

 

Sebagai mentor mampu menguide tutornya agar on the track.

 

 

 

Meskipun keempat tokoh diatas menghadapi situasi krisis yang sama, namun gaya mereka dalam menghadapi situasi tersebut berbeda – beda. Terbukti dari action yang masing-masing tokoh lakukan, semua mendapatkan hasil yang sama yaitu sukses.

Images 5 – Source Google Images

2. The Manager as a Planner & Strategist.JG Chaper 08 )

Hal yang menarik diambil adalah tentang sudut pandang dari Michael Burry seorang hedge fund manager, yang mampu melihat ancaman yang pelaku pasar lainnya tidak menganggap sebagai masalah namun burry mampu mengolahnya menjadi oppurtunity. Meskipun membutuhkan durasi yang cukup lama sampai bisa dibuktikan bahwa prediksi nya benar, Burry tetap stick to the plan hingga akhir ceritanya langkah nya terbukti efektif.

Related to the theory mengenai Planning , Burry telah melakukan planning task sebagai berikut : 

  1. Menganalisa kondisi bisnis / organisasi pada saat ini.

Michael Burry mampu melihat adanya kebobrokan dari pasar properti yakni produk Mortgage Backed Securities (MBS) yang dianggap merupakan bom waktu dan akan segera meledak

  1.  Menentukan kondisi di masa depan sesuai yang diinginkan

Michael Burry memprediksi dapat memperoleh  keuntungan  dari situasi  tersebut dengan menciptakan  pasar credit default swap.

  1. Memutuskan untuk terus maju bergerak hingga tujuan tercapai.

Michael Burry melakukan aksi investasi yang terbilang terobosan dengan mendatangi lembaga investasi raksasa yang banyak kucurkan dana kredit properti dan melakukan planning.

Images 6 – Source Google Images

3. Management Conflict (JG Chapter 17)

Ditengah ketidakpercayaan market pada analisa bahwa sektor properti akan runtuh, keempat karakter mengalami konflik di masing peran organisasi mereka dalam mempertahankan argumen nya untuk tetap menjalankan strategi bisnisnya. Menyambung pada teori JG Chapter 17 mengenai Managing Conflict, bahwa  optimum level konflik akan membawa pada decision making yang efektif  dan performance kerja yang lebih baik.

Images 7 – Source Google Images

Berdasarkan Images 7 dijelaskan bahwa semakin sedikit konflik yang terjadia dalam suatu organisasi menyebabkan rendahnya performa yang dihadapi dan begitu sebaliknya semakin tinggi konflik juga akan meningkatkan kondisi yang kurang baik. Dijelasakan sebelumnya tingkat konflik yang optimum dapat mencapai keefektifan dalam menentukan keputusan di suatu organisasi.

Meneruskan dari teori tersebut, konflik yang dihadapi masing-masing karakter :

Chart 1

Dalam film ini mengalami sesi dari macam macam tipe konflik baik interpersonal antara Ben Ricky sebagai mentor dengan tutornya yaitu investor Geller & Shipley, kemudian konflik keraguan yang dialami Mark Baum selaku customer dari Jared Vennet, kemudian adanya konflik manajemen yang dihadapi Michael Burry hingga pada situasi 2008 ketika ekonomi Amerika runtuh konflik meluas di segi interorganizational konflik antara pelaku ekonomi.

Apa yang dapat dipetik dari film ini adalah :

  1.  Kemampuan Manager Michelle Burry dalam strategic planner dan decision maker.

Kita bisa mendapatkan pelajaran yang sangat penting dari strategi Michael Burry pada cerita di film The Big Short dimana ia cenderung kontrarian dengan kebanyakan pelaku pasar lainnya. Michael Burry berani melawan arus dalam membuat keputusan investasi yang berdasarkan temuannya sendiri.Walaupun ia sempat tidak disetujui oleh atasannya dalam mengambil keputusan tersebut, tetapi ia tetap berpegang teguh dan berhasil menunjukkannya.

  1.  Persistence terhadap planning  

Ditengah keraguan lingkungan sekitar Michael Burry tetap persisten menjalankan rencananya, meskipun beberapa kolega bisnis nya sudah memutuskan kerjasama namun Burry tetap bertahan hingga hampir selama 4 tahun ditengan hambatan dan krisis strategi nya terbukti berhasil.

Masukan / saran terkait karakter film : 

Michael Burry merupakan sosok dengan karakter yang di gambarkan inovatif dan kritis namun sebagai manajer yakni sebagai atasan dari staffnya , Burry cenderung menjadi pribadi yang kaku dan kurang menggambarkan sebagai seorang leader bagi anak buahnya. Dalam film cenderung digambarkan Burry melakukan pekerjaan seorang diri dan sedikit melibatkan anak buah. Gaya kepemimpinan Burry dirasa sangat perlu untuk dirubah 


Sources :


Like it? Share with your friends!

2
1 share, 2 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
3
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
1
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format