Who is Realy The Bad Person? Money Heist (2017)

“Weakness is not in us, it is what we have outside.”


-1
-1 points

Money Heist sempat dicap gagal sampai jadi series favorit

Sinopsis

Money Heist adalah sebuah film karya Álex Pina yang mulai disiarkan oleh Netflix pada akhir 2017. Film berjudul asli (Bahasa Spanyol: La casa de papel, diterjemahkan sebagai Percetakan Uang) awalnya adalah serial televisi drama kriminal pencurian di Spanyol yang disiarkan oleh jaringan TV spanyol, Antena 3. Film ini terdiri dari 4 bagian. Disini kita hanya akan menggunakan bagian pertama yang terdiri dari 13 episode.

Film ini bermula dari seorang pria misterius yang disebut sebagai “The Professor” (Álvaro Morte) merekrut delapan orang kriminal. Rencananya adalah masuk ke Royal Mint of Spain (Percetakan uang), mengambil sekitar 60 orang sebagai sandera dan mengunci diri mereka disana sambil mencetak uang senilai 2,4 miliar Euro untuk kemudian mereka ambil. Sementara itu sang Profesor sendiri sebagai dalang akan berada diluar sambil memanipulasi dan bernegosiasi dengan pihak kepolisian untuk mengulur waktu agar para perampok bisa menjalankan rencana mereka.

Namun sebelum semua itu terjadi, kedelapan orang ini harus menghabiskan 5 bulan dalam sebuah tempat terpencil untuk mengikuti sebuah kelas mengenai rencana perampokan ini tahap demi tahap yang diberikan oleh Profesor. Ada banyak aturan yang harus ditaati oleh kelompok perampok ini, namun yang utama adalah tidak boleh mengetahui identitas asli, latar belakang, dan tidak boleh terlibat hubungan. Oleh karena itu setiap orang akan mendapatkan nama alias berupa nama kota besar di dunia. Mereka adalah Tokyo, Berlin, Moscow, Denver, Rio (hacker), Oslo, Helsinki, Nairobi (ahli pemalsuan uang).

Review: Netflix's “Money Heist” Season 1 – Talk Nerdy With Us

Berlin adalah tangan kanan Profesor, merupakan tokoh penting dalam rencana perampokan ini. Dialah yang bertanggung jawab terhadap para kru perampok dan opersional selama didalam Royal Mint of Spain.

Para perampok akhirnya memasuki Percetakan. Namun berbagai tantangan mulai bermunculan. Mulai dari wanita hamil (Monica), Berlin sudah menyuruh Denver untuk membunuhnya, namun Denver malah jatuh cinta kepada wanita tersebut. Seorang sandera lain bernama Allison mengambil gambar menggunakan ponselnya yang berakibat terkuaknya identitas asli Rio dan Tokyo oleh pihak kepolisian.

Sementara itu diluar, Inspektur Raquel Murillo bertindak sebagai pemimpin operasi pembebasan sandera. Disela waktu bertugasnya, Raquel bertemu seorang pria bernama Salva di sebuah kafe. Pria ini sesungguhnya adalah sang Profesor. 

Profesor memiliki akses kamera cctv dan melakukan kontak telepon kedalam Royal Mint setiap hari untuk memantau opersaional. Namun, suatu ketika Profesor tidak dapat mengontak para kru didalam Royal Mint untuk waktu yang cukup lama, hingga segalanya menjadi berantakan. Berlin mengungkapkan penyakit yang dideritanya, semua kru akhirnya mengetahui bahwa Denver tidak membunuh Monica, Tokyo dikhianati dan diserahkan kepada Polisi. Tokyo dan Rio sesungguhnya menjalin hubungan (dimana ini melanggar aturan), hingga akhirnya Rio malah menjadi sandera.

The Professor

https://thebuzzpaper.com/wp-content/uploads/2020/01/Money-Heist-Season-4-Plot-Theories-and-Spoilers-696x392.jpg

Sebagai dalang dari perampokan, Profesor adalah seorang negosiator ulung, selalu mambanggakan dirinya sebagai ahli tipu daya karena selalu berhasil membodohi pihak berwenang. Profesor adalah seorang perfeksionis, selalu merencanakan semuanya dengan detil, namun juga sangat cerdik dalam mengambil keputusan di situasi sulit. Semua dalang kriminal pasti berharap memiliki otak jenius seperti Sang Profesor. Profesor sangat percaya diri dengan semua rencananya, namun hal ini kelak menjadi bumerang ketika dia menunjuk Berlin sebagai manajer operasional.

Kesalahan Raquel Murillo

Picture of La Casa de Papel

Raquel adalah Inspektur Polisi yang bertugas sebagai negosiator yang mencoba menjatuhkan Profesor dan krunya. Raquel sesungguhnya cukup dikenal sebagai negosiator ulung kepolisian, namun masalah rumah tangganya sangat mempengaruhi performanya dalam menangani kasus ini. Raquel menjadi pribadi yang sensitif, mudah tersinggung dan memiliki krisis kepercayaan diri. Hal ini terlihat dari reaksinya yang berlebihan dan bahkan memutuskan untuk mundur dari kasus ini setelah ada pihak intelijen yang datang. Raquel bahkan mencurigai rekan sejawatnya Ángel sebagai mata-mata perampok tanpa dasar yang jelas.

Raquel beberapa kali bertemu dengan Profesor, yang dia kenal sebagai pria bernama Salva. Ironisnya dia malah jatuh cinta padanya dan ini semakin melemahkan posisinya sebagai negosiator kepolisian.

Di dalam artikel ini kita akan membedah kedua karakter diatas menggunakan konsep berikut:

Raquel Murillo

The Professor

SWOT Analysis

Allocation authority

Tall organization

Flat organization

Behavior control

Direct supervision

Management by Objectives

SWOT Analysis

SWOT adalah kependekan dari Strengths (S), Weaknesses (W), Opportunities (O), dan Threats (T). SWOT adalah suatu metode perencanaan yang dilakukan oleh seorang manajer untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya serta kesempatan dan ancaman yang akan dihadapinya.

SWOT Analysis (Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/SWOT_analysis)

Tabel berikut menjabarkan perbandingan SWOT analisis terhadap dua karakter tersebut dari sudut pandang pihak kepolisian dan perampok:

Raquel Murillo

The Professor

Strengths

  • Memiliki sumber daya lebih banyak di kepolisian.
  • Memiliki tim yang lebih solid.
  • Didukung pemerintah.
  • Strategi yang matang.
  • Visi dan misi yang kuat.
  • Memperoleh simpati publik.

Opportunities

  • Mencoba mempengaruhi psikologis perampok
  • Menyadap ponsel yang digunakan oleh salah seorang sandera.
  • Memperoleh akses ke barak kepolisian.
  • Menjalankan strategi trojan horse.

Weakness

  • sensitif, mudah tersinggung dan memiliki krisis kepercayaan diri.
  • Memiliki tim yang lebih sulit diatur.

Threats

  • Tekanan dari intelijen.
  • Anggota tim yang demotivasi.
  • Terbongkarnya identitas perampok.
  • Terjadi pemberontakan oleh para sandera.

Strength

Raquel Murillo

  • Raquel memiliki semua sumber daya yang tersedia di kepolisian. Dia bisa leluasa untuk mengumpulkan semua data yang tersedia dari berbagai sumber dengan akses komunikasi yang luas demi mendukung pengambilan keputusan.
  • Raquel didukung tim yang lengkap dan solid dengan berbagai keahlian yang dibutuhkan. 
  • Pemerintah mendukung penuh penyelesaian kasus ini, apalagi diketahui terdapat anak duta besar Inggris turut menjadi sandera. Tentu ini menjadi perhatian dunia internasional.

The Professor

  • Profesor adalah seorang perfeksionis yang sudah memikirkan rencana dan strategi perampokan ini dengan matang. 
  • Profesor berhasil meyakinkan bahwa para perampok tidak merampok uang siapapun melainkan mencetak uang mereka sendiri. Sudut pandang ini menarik, bahwa Profesor telah mengaburkan rasa bersalah dari aktivitas ‘merampok’ dan meyakinkan bahwa mereka akan memperoleh kekayaan melimpah.
  • Menahan anak seorang duta besar negara Inggris sebagai sandera tentu merupakan suatu keuntungan bagi Profesor. Namun, membagikan percakapannya dengan Raquel ke internet yang memilih menukar pembebasan 8 orang sandera asal spanyol dengan seorang anak asal Inggris tersebut justru memperoleh simpati publik.

Opportunities

Raquel Murillo

  • Suatu ketika Raquel memasuki bangunan Royal Mint untuk melihat apakah sandera dalam kondisi baik. Saat penggeledahan sebelum memasuki gedung, Rio menemukan didalam alat penyadap yang disita dari Raquel ternyata terdapat sebuah memory card yang berisi video orang tua Rio yang mengharapkan anaknya menyerah. Rio cukup terpukul melihat video ini, namun hal ini ternyata sudah diantisipasi oleh Profesor. Bahwa itu hanya trik polisi untuk melemahkan para perampok, sementara mereka akan tetap menjalani hukuman yang panjang walaupun menyerah.
  • Ponsel seluruh sandera dikumpulkan dalam sebuah ruangan dan dalam kondisi mati. Alison Parker (anak duta besar Inggris) ternyata ditempatkan di ruangan tersebut terpisah dari sandera lainnya. Rio dan Tokyo yang bertugas menjaga waktu itu terlibat pertengkaran dan lengah, sehingga Alison berhasil melakukan panggilan telepon. Disaat yang sama pihak kepolisian berhasil meretas ke ponsel tersebut dan mendapatkan wajah Rio, sehingga identitasnya pun diketahui polisi. Kemudian melalui rekaman CCTV dari dalam gedung tersebut, diketahui bahwa Rio dan Tokyo pernah bersama datang kesana, sehingga identitas Tokyo pun bocor.

The Professor

  • Dibagian sinopsis diceritakan bahwa Raquel pernah bertemu Profesor. Di pertemuan itu Profesor meminjamkan ponselnya kepada Raquel untuk menelepon ibunya dirumah. Tanpa diduga, suatu ketika ibu Raquel kesulitan menghubungi anaknya namun malah menghubungi nomor Profesor. Momen ini lalu dimanfaatkan oleh Profesor untuk memasuki barak polisi di sekitar tempat kejadian dengan dalih ingin menyampaikan pesan dari sang ibu untuk Raquel.
  • Suatu waktu polisi menembak salah satu orang bertopeng di atap gedung yang dikira sebagai salah seorang perampok. Tembakan itu ternyata mengenai salah seorang sandera. Akibatnya dia terluka cukup parah dan membutuhkan paramedis. Para kawanan perampok lalu mengizinkan 3 orang masuk kedalam gedung untuk memberikan pengobatan. Salah satunya adalah polisi bernama Ángel rekan kerja Raquel. Saat penggeledahan para perampok menjadikannya sebagai trojan horse ketika memeriksa kacamata Ángel kemudian menyisipkan alat penyadap didalamnya. Hal ini sangat menguntungkan profesor dan membuat Ángel frustrasi dianggap sebagai mata-mata, karena perampok selalu bisa mengetahui strategi yang dijalankan pihak kepolisian.

Weakness

Raquel Murillo

Raquel sedang dalam proses perceraian di dalam rumah tangganya. Hubungannya dengan anaknya pun merenggang. Peristiwa ini membuat kondisi emosinalnya menjadi kurang stabil. Raquel menjadi pribadi yang sensitif, mudah tersinggung, dan meragukan kapasitasnya sebagai pemimpin di kasus ini.

The Professor

Kelemahan profesor ada didalam timnya. Tim yang dia bentuk adalah sekawanan kriminal yang tempramental dengan berbagai catatan kejahatan sebelumnya. Latar belakang tersebut menjadikan timnya kurang solid dan cenderung memberontak. Berlin yang ditugasi sebagai manajer operasional pun dikenal arogan dan sering berbeda pendapat dengan anggota lainnya.

Threat

Raquel Murillo

  • Hadirnya Alison Parker sebagai sandera memunculkan intervensi dari pihak intelijen. Atas dasar itu, Kolonel Prieto kemudian memaksa Raquel untuk menyetujui aksi infiltrasi untuk menyelamatkan Alison Parker dan mencegah perampokan ini menjadi isu internasional, namun Aksi itu gagal. Para perampok memaksa Alison Parker melakukan panggilan telepon untuk mengungkapkan siapa dirinya kepada seorang reporter. Hal ini malah menjadi kekeliruan besar bagi kepolisian.
  • Dalam perjalanan cerita, Raquel curiga ada mata-mata didalam kepolisian karena setiap strategi mereka selalu bisa ditebak oleh Profesor. Raquel lalu menuduh Ángel menjadi tersangka utama disini. Ángel merasa tidak bersalah dan menjadi frustrasi, hingga suatu malam dia mengalami kecelakaan karena mengedarai mobil sambil mabuk.

The Professor

  • Kecerobohan yang dilakukan oleh Rio dan Tokyo sangat berbahaya bagi kelangsungan misi perampokan. Kesalahan ini menjadi jalan bagi terkuaknya fakta-fakta selanjutnya.
  • Suatu ketika, Profesor lengah tidak melakukan monitoring terhadap situati disekitar gedung. Sehingga Sekelompok sandera tanpa terdeteksi, berhasil melumpuhkan Oslo dan melarikan diri melalui pintu belakang.

Allocating Authority

Authority atau wewenang adalah kekuatan yang dimiliki oleh manajer untuk membuat keputusan dan menggunakan sumber daya yang dimiliki mencapai tujuan organisasi. Di dalam organisasi, wewenang ini akan membentuk hierarki rantai komando dari pimpinan tertinggi, manajer menengah, manajer tingkat pertama, hingga staf.

Tall and Flat Organization

Organisasi yang lebih besar tentunya akan memiliki hierarki rantai komando yang lebih panjang dan struktur organisasi yang cenderung lebih tinggi dengan banyak tingkatan manajer. Sebaliknya organisasi yang lebih kecil memiliki hierarki rantai komando yang lebih pendek dan struktur organisasi yang cenderung datar dengan sedikit tingkatan manajer. Hierarki yang panjang akan membuat organisasi kurang fleksibel meresponse perubahan. Komunikasi menjadi sulit dan pengambilan keputusan cenderung lambat.

Tall Organization

Flat Organization

Kepolisian adalah organisasi yang besar dan kompleks. Memiliki banyak pimpinan dan berbagai bagian dengan berbagai kepentingan. Ketika Raquel pertama kali tiba di tempat kejadian, dia harus berkordinasi dengan tim anti terorisme, tim intelijen, tim penyadapan, dll. Tim Raquel yang besar ini memberikan sumber daya yang lebih luas namun juga birokrasi yang lebih kompleks. Pada satu momen bahkan terjadi pergesekan wewenang antara Raquel dengan Kolonel Prieto dari intelijen. Kolonel bersikeras untuk melakukan infiltrasi demi membebaskan salah seorang sandera yang ternyata adalah anak duta besar Inggris untuk Spanyol. Infiltrasi tersebut gagal dan malah membuat Raquel menjadi demotivasi karena merasa wewenangnya terganggu sehingga memutuskan mundur dari tim.

Sebaliknya tim perampok yang dipimpin oleh profesor relatif datar. Hanya ada 3 tingkat hirarki disini. Profesor sebagai pemimpin tertinggi berada di tingkat pertama. Kemudian dia dibantu oleh Berlin yang berwenang sebagai manajer operasional berada di tingkat kedua. Di tingkat terakhir terdiri dari 7 orang dengan keahlian dan fungsinya masing-masing. Rio sebagai ahli teknologi informasi, Naiorby sebagai quality control untuk memastikan uang yang dicetak berkualitas prima, Moscow dan Denver menjalankan penggalian terowongan untuk pelarian. Tokyo, Helsinki, dan Oslo memastikan situasinya tetap aman terkendali. Strategi yang matang dan tim yang efisien namun efektif ini seringkali lebih unggul dalam menghadapi konflik dengan kepolisian. Perubahan dapat direspon cepat, pembagian wewenang lebih jelas, dan pengendalian pun lebih efisien dengan rantai komando yang lebih pendek.

Behavior Control

Struktur organisasi saja tidak akan memotivasi para anggotanya untuk bertindak sesuai dengan tujuan organisasi. Manajer perlu mengembangkan suatu sistem pendendalian yang bisa memotivasi dan membentuk prilaku para anggotanya sejalan dengan struktur dan tujuan organisasi. Ada 3 tipe pengendalian yang bisa dilakukan, namun disini kita akan bahas 2 saja, yaitu direct supervision dan management by objectives.

Direct Supervision

Disini seorang manjer akan secara aktif memantau dan mengamati prilaku dari bawahnya. Mengajari langsung apa yang pantas dan tidak pantas mereka lakukan, serta ikut campur tangan dalam tindakan perbaikan. Didalam film, Inspektur Raquel lebih banyak menggunakan mekanisme direct supervision. Pertama kali tiba di tempat kejadian perkara, Raquel langsung mengatakan kepada seluruh anggota timnya tentang apa yang harus mereka lalukan dan tidak boleh mereka lakukan. Semua keputusan harus melalui persetujuan dari Raquel. Anggota tim hanya melaporkan situasi untuk kemudian menyiapkan segala yang dibutuhkan sesuai arahan dari Raquel. Gaya pengendalian seperti ini memang wajar dalam situasi krisis seperti perampokan dan penyandraan.

Namun, tipe pengendalian ini memiliki 3 kelemahan, yaitu: mahal, mendemotivasi, dan sulit dilakukan dalam jangka panjang. Sulit menemukan inspektur lain yang bisa memimpin tim dengan keahlian setara Raquel. Rekan sejawatnya, Ángel mulai merasa frustrasi karena Raquel seringkali mengesampingkan pendapatnya. Kemudian yang paling rentan adalah, kepolisian cenderung kehilangan kendali ketika Raquel tidak berada di tempat, karena kehilangan figur pimpinan yang bisa mengendalikan situasi.

Management by Objectives 

Management by objective (MBO) Adalah sebuah sistem formal yang mengevaluasi bawahan dalam kapasitasnya untuk mencapai tujuan organisasi atau memenuhi tingkat kinerja tertentu. Banyak organisasi menggunakan MBOkarena tidak ada gunanya untuk menetapkan tujuan namun kemudian gagal mengevaluasi apakah tujuan tersebut tercapai atau tidak. MBO melibatkan 3 langkah spesifik, yaitu:

  1. Tujuan dan sasaran yang spesifik perlu dibangun di semua level organisasi.
  2. Manajer dan bawahannya bersama-sama menetapkan sasaran yang akan dicapai oleh bawahan.
  3. Manajer dan bawahan secara berkala melakukan review atas pencapaian yang telah dilakukan bawahan.

Di awal film, diceritakan bahwa Profesor menempatkan para anggota timnya selama 5 bulan di sebuah tempat untuk memberikan penjelasan mengenai rencana perampokan ini. Disanalah Profesor ingin memastikan semua anggota tim memahami visi dan misi dari organisasi perampok ini. Visi mereka adalah hidup bebas dengan kekayaan melimpah dan misi mereka adalah mencetak uang 2,4 miliar Euro. Selama disana, Profesor bersama setiap anggota timnya menetapkan pembagian tugas, dan sasaran apa yang akan dicapai dari setiap fungsi yang dijalankan oleh masing-masing anggota tim. Profesor secara berkala akan melakukan hubungan telepon kedalam Royal Mint untuk melakukan review atas apa yang telah dicapai. Ada 2 peran sentral disini, Profesor akan mengurus negosiasi sedangkan Berlin akan mengurus operasional didalam Royal Mint. Pembagian peran ini cukup efektif pada awalnya. Berlin seorang pria kharismatik dan dingin. Terlihat handal untuk menghadapi situasi sulit dan dinamis. Namun sisi arogannya membuat kegiatan opersasional terganggu oleh hal-hal yang melenceng dari tujuan utama.

Saran

  1. Potensi kegagalan terbesar dari Profesor dan Raquel adalah ketika mereka mencampuradukkan urusan pribadi mereka dengan pekerjaan. Kedua karakter ini seharusnya bisa bersikap lebih profesional dan fokus pada tujuan organisasi mereka.
  2. Profesor seharusnya mempunyai mekanisme check and balance terhadap performa Berlin didalam Royal Mint. Hal ini untuk mengendalikan sisi lain Berlin yang arogan dan mengganggu performa anggota tim lainnya.
  3. Raquel terlalu dominan didalam pengambilan keputusan. Dia harus membagi perannya kepada timnya dan memberdayakan mereka untuk lebih berkontribusi dalam upaya pembebasan ini, sementara dia tetap fokus pada upaya negosiasi.

Penulis

Shandy Martanto – Eksekutif B 40 C

Sumber

Jones, Gareth R and Jeenifer M. George. 2020. Contemporary Management 11th Edition. New York: McGrawHill Education.

https://en.wikipedia.org/wiki/Money_Heist

https://www.netflix.com/id-en/title/80192098


Like it? Share with your friends!

-1
-1 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
1
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format