5 Tips Agar Usaha Kulinermu Dapat Bertahan Saat Pandemi Covid-19

Tips untuk para pelaku usaha kuliner agar bertahan di saat pandemi


0

Adanya kebijakan saat pandemi Covid-19 berlangsung memberikan dampak tersendiri bagi para pelaku bisnis khususnya di bidang kuliner. Sebagian masyarakat mengalami perubahan pola konsumsi akibat adanya pandemi. Selain itu, kegiatan perekonomian mengalami penurunan sehingga bagi pemilik usaha diperlukan upaya khusus agar dapat bertahan di masa yang cukup sulit ini. 

Berikut beberapa tips untuk para pemilik usaha kuliner agar dapat bertahan di saat pandemi covid-19!

  1. 1 Buat menu baru


    Saat pandemi, masyarakat lebih memperhatikan kesehatan mereka sehingga terjadi pergeseran pola konsumsi makanan menuju makanan yang lebih sehat. Sebut saja empon-empon yang menjadi populer sebagai peningkat imunitas tubuhUsaha kuliner dapat bereksperimen dengan membuat menu baru yang memiliki khasiat kesehatan untuk menarik minat masyarakat.

  2. 2 Buatlah produk dalam kemasan yang tahan lama


    Selain pembuatan menu baru, penyesuaian produk makanan yang biasanya disajikan secara langsung dan dimakan di tempat sudah tidak terlalu diminati. Masyarakat lebih menyukai layanan pesan antar sehingga perlu pengemasan produk makanan yang baik. Upaya pembuatan menu baru yang memiliki ketahanan lama juga dapat dicoba untuk menghindari pengeluaran sisa makanan yang tidak terjual. Dengan adanya pengawetan, produk dapat bertahan lebih lama. Gunakan pengawet alami dan pastikan produk tetap sehat ya!

  3. 3 Minimalkan penyimpanan bahan baku


    Jangan lakukan pembelanjaan bahan baku secara besar-besaran. Memang pembelian bahan baku dalam jumlah besar dapat membuat harga lebih murah. Namun, apabila tidak diiringi oleh penjualan hal ini dapat memberikan beban keuangan pada usahamu. Belilah bahan baku secukupnya dan gunakan sistem just in time untuk membuat sistem penyimpanan lebih efisien.

  4. 4 Lakukan pemasaran online


    Pelaku usaha dapat mulai melakukan kerjasama dengan mitra yang ada baik untuk jasa pengiriman maupun dengan mitra e-commerce. Bila perlu buatalah akun media sosial untuk usahamu untuk mengenalkan usaha yang dimiliki pada konsumen.

    Berikan beberapa promo seperti diskon atau potongan harga mengingat sebagian daya beli masyarakat mengalami penurunan. Mulailah bangun image usaha di platform media sosial yang ada.

  5. 5 Efisiensi pengeluaran


    Komunikasikan dengan baik kepada para pegawai yang dimiliki jika memang usahamu sedang mengalami kesulitan dan tidak dapat membayar pegawai sesuai dengan nominal yang bisanya dibayarkan. Dengan begitu, usaha tidak tebebani biaya operasional. Pastikan seluruh orang yang terlibat mengetahui kondisi usahamu yang sebenarnya untuk saling bekerjasama menghadapi kesulitan ini. Jangan ragu untuk mendiskusikan sistem pembayaran kepada para pegawai maupun keinginan untuk merubah sistem kerja.


    Nah, itulah tips yang dapat dilakukan para pelaku usaha kuliner agar dapat terus bertahan di saat pandemi berlangsung. Tetap semangat ya!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
2
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
Diniar

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format