5 Tips Coping Stress di Tengah Pandemi Covid-19


0

foto dari hellosehat.com

Penyebaran virus corona covid-19 yang terus meluas dan belum bisa dikendalikan menyebabkan pemerintah harus menetapkan berbagai aturan untuk mencegah penyebaran yang lebih meluas. Mulai dari himbauan penggunaan masker, cuci tangan, jaga jarak, bekerja dan belajar dari rumah, hingga larangan mudik Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Semua aturan-aturan tersebut jika kita tidak menyikapinya dengan baik, mungkin bisa mensyebabkan stres dan tekanan. Tetapi ada beberapa cara-cara atau tips untuk mengatasinya yaitu sebagai berikut.

  1. 1 Bekali diri dengan pengetahuan Covid-19

    Penyebab stres di masa-masa seperti ini biasanya disebabkan karena kurangnya pengetahuan tentang apa itu virus corona covid-19, bagaimana gejala-gejalanya, dan bagaimana langkah-langkah pencegaannya. Untuk itu agar kita tenang dan bijak dalam menghadapi covid-19 ini maka kita harus membekali diri dengan berbagai pengetahuan tersebut. WHO atau organisasi kesehatan dunia telah mensosialisasikan berbagai hal terkait virus ini. 

    Selain itu pemerintah juga sudah memberikan berbagai arahan, himbauan dan larangan, seperti misalnya, larangan mudik yang mulai diberlakukan sejak 23 April 2020, dan juga himbauan agar dirumah saja, bekerja, belajar dan beraktivitas dari rumah. Hal ini semata-mata untuk mencegah penyebaran covid-19 yang lebih meluas, sehingga kita sebagai orang yang bijak tidak sera merta menyalahkan keputusan-keputusan dan aturan pemerintah yang diberlakukan.

  2. 2 Pola makan sehat

    Jarang kita ketahui ternyata apa yang kita makan setiap harinya akan berpengaruh terhadap naik turunnya suasana hati.hal ini disebabkan oleh beraga zat gizi yang berperan dala menunjang fungsi otak, kekebalan tubuh, mengatur tekanan darah, hingga mengeluarkan racun, bahkan turut menurunkan kadar hormon kortisol dan adrenalin yang meningkatkan stres.

    Ada beberapa tips mengonsumsi makanan sesuai anjuran ahli gizi, diantaranya yaitu, menambah protein (telur, daging tanpa lemak, oatmeal, susu, brokoli, kacang lentil, dan lain-lain), mengonsumsi lemak baik atau lemak tak jenuh seperti asam lemak omega3, memilih karbohidrat kompleks seperi nasi, pasta, kacang polong, dan lain lain, menambahkan yoghurt saat mengonsumsi buah, dan jangan lupa pentingnya serat.(alodokter.com)

    Selain itu kit juga harus menerapkan budaya makan dan minum yang baik seperti, biasakan sarapan di pagi hari, memperbanyak minum air putih dan menjaga kebersihan saat makan maupun pada makanannya. 

  3. 3 Istirahat yang cukup

    Istirahat dan tidur ternyata berperan penting dalam menjaga kesehaan tubuh kita, termasuk mengurangi tingkat stres yang dialami. Banyak orang bila ditanya bagaimana cara mengatasi stresnya mereka akan menjawab dengan istirahat atau tidur. Kurang istirahat dan tidur dapat membuat kita menjadi cepat marah, tidak sabar, suit berkonsentrasi, murung, stres dan depresi. Menurut dr. Meva Nareza, ada beberapa klasifikasi waktu tidur yang ideal untuk remaja 8-10 jam per hari, dewasa 7-9 jam per hari, dan lansia 7-8 jam per hari(alodokter.com).

    Istirahat tidak selalu harus dengan tidur, bisa juga dengan bersantai smbil menonton televisi atau mendengarkan musik. Esensinya istirahat adalah membebaskan sejenak, pikiran dan fisik kita dari berbagai hal yang menyebabkan kita bekerja dan berpikir keras. 

  4. 4 Olahraga teratur

    Stres berhubungan langsung dengan fungsi dan kekebalan tubuh yang menurun. Sebenarnya olahraga itu sendiri merupakan benuk ‘stres’ fisik bagi tubuh, akan tetapi dengan kita membiasakan diri untuk melakukan olahraga, maka tubuh akan belajar beradaptasi dan terbiasa dengan stres fisik dengan baik. Olahraga teratur tidak harus dalam bentuk olahraga keras. Kita bisa melakukannya dengan senam, yoga, berlari-lari kecil, atau gerakan streching di pagi hari. Walaupun hanya olahraga kecil namun jika dilakukan secara teratur akan berdampak baik. Otot-otot pada tubuh akan terbiasa bergerak teratur dan sendi-sendi juga tidak kaku.

  5. 5 Tetap terhubung dengan orang lain

    Menurut dr.Sullivan, ketakutan dn isolasi dapat menyebabkan depresi dan kecemsan, sehingga kita membuat titik terhubung dengan orang lain secara teratur. Pandemi Covid-19 ini memaksa kita untuk berdiam diri di rumah, dan sulit untuk berinteraksi secara langsung dengan orang lain, apalagi pemerintah telah melarang mudik pada perayaan Hari Raya Idul Fitri tahun ini. Keluarga yang biasanya berkumpul akan terpisahkan ileh jarak dan keadaan. Hal ini akan menambah tingkat stres dan kecemasan kita, sehingga kita perlu tetap terhubung dengan orang lain seperti teman, keluarga, atau kolega secara teratur.

    Setidaknya dengan tetap terhubung kita bisa berbagi cerita, berbagi pengalaman, perasaan dan sebagainya, sehingga dengan begitu kita tidak merasa sendiri. Banyak platform virtual yang bisa kita pakai untuk terhubung dengan orang lain, yaitu seperti FaceTime, skype, Google Meet, dan lain sebagainya. Interaksi ini akan mengurangi kecemasan dan stres yang kita rasakan selama masa pandemi ini.


    Itulah beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengatasi stres di tengah situasi pandemi ini. Selain kelima hal tersebut masih ada juga beberapa hal-hal lain untuk mengatasinya. Kalian bisa melakukan hobi kalian, atau bagi yang suka berbisnis, situasi ini juga memunculkan peluang dan ide-ide bisnis yang baru, apalagi sekarang ini dunia bisnis semakin beralih ke platform online yang semakin memudahkan kita. Kuncinya dalam hal ini, untuk mengurangi stres, kita harus paham dan mengerti bahwa semua orang juga dalam kondisi yang sama, kita tidak sendirian, pun bila seburuk-buruknya kondisi, jika kita menjadi pasien positif corona, kita juga tidak sendiri, dan jangan patah semangat, karena positif corona bukan berarti sudah pasti tidak bisa bertahan hidup. Banyak hikmah atau pelajaran yang bisa kita ambil. Untuk itu kita haruslah bijak di setiap kondisi.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format