Apa yang dapat kita lakukan untuk membantu UMKM di tengah wabah COVID-19?


0

Wabah COVID-19 membuat masyarakat takut untuk keluar rumah dan membatasi kegiatan di luar. Akibatnya, banyak UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) mengalami kerugian karena penurunan pendapatan yang drastis. Tidak sedikit pula UMKM yang menghentikan sementara operasional bisnisnya, karena pendapatan yang masuk tak sebanding dengan biaya operasional yang harus dikeluarkan seperti biaya listrik dan gaji karyawan.

Penurunan pendapatan yang drastis tersebut mengakibatkan banyak pengusaha di sektor UMKM berpotensi mengalami gagal bayar kredit usaha. Hal tersebut mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah dan sektor perbankan. PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) hingga 30 April 2020 telah melakukan restrukturisasi kredit senilai Rp95,3 triliun kepada 1,38 juta debitur UMKM yang terdampak wabah COVID-19.

Opsi PHK karyawan pada akhirnya dapat muncul sebagai pilihan bagi para pengusaha di sektor UMKM untuk menyelamatkan keuangan bisnisnya. Hal ini dapat menambah angka pengangguran yang sudah naik drastis selama wabah COVID-19 ini. Menurut keterangan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada konferensi pers di Jakarta, 17 April 2020, pekerja yang dirumahkan dan kena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) lebih dari 1,5 juta orang. Dari angka 1,5 juta ini, sebanyak 90% dirumahkan dan 10% terkena PHK.

Masyarakat umum dapat menyelamatkan sektor UMKM yang tengah terpuruk ini. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan tetap melakukan konsumsi produk-produk UMKM selayaknya masa sebelum wabah COVID-19. Tentu hal ini tidak mengherankan karena peran utama masyarakat dalam perekonomian memang konsumsi. 

Konsumsi atas produk-produk UMKM di tengah wabah ini tetap dapat dilakukan oleh masyarakat dengan menerapkan standar protokol kesehatan. Sebagai contoh, masyarakat bisa membeli makanan dari restoran-restoran dengan dibungkus lalu dibawa pulang. Penggunaan platform online shop juga dapat dipilih untuk membeli barang-barang seperti pakaian dan alat rumah tangga.

Sekecil apapun konsumsi masyarakat terhadap produk-produk UMKM tidak dapat diremehkan. Hal ini dikarenakan tiap produk yang dikonsumsi masyarakat sesungguhnya tidak hanya menolong 1 UMKM yang memproduksi produk tersebut saja. Pada tiap transaksi, terjadi efek berantai yang dapat menolong UMKM lainnya yang bergerak di industri yang sama, atau bahkan UMKM di industri lain. Misalkan seseorang membeli segelas kopi di sebuah kedai kopi, uang atas transaksi tersebut juga mengalir ke UMKM lain seperti rumah penyangraian kopi, produsen kemasan gelas kertas, jasa pengiriman yang mengangkut bahan baku biji kopi, dan UMKM lainnya yang bergerak di insutri kopi.

Uang atas transaksi pembelian 1 gelas kopi dapat membantu pemilik kedai kopi untuk menggaji karyawannya, membantu menyediakan sembako di dapur rumah milik buruh-buruh angkut perusahaan kargo, membantu sopir truk membayar sekolah anaknya, membantu petani kopi untuk tetap optimis menunggu musim panen berikutnya, dan seterusnya.

Dengan tetap melakukan konsumsi produk UMKM atau bahkan meningkatkannya jika mampu, masyarakat menambah jumlah uang yang berputar di sektor UMKM. Dengan bertambahnya jumlah uang yang berputar, sektor UMKM dapat menguat dan pada akhirnya dapat membantu menjalankan kembali roda perekonomian nasional yang tengah melambat ini.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format