Belajar 4 Langkah Menghindari Berita Hoax Semasa Pandemi Virus Corona


0

Work From Home menjadi sebuah budaya baru dimana semua kegiatan dilakukan dari rumah masing-masing. Kebiasaan baru ini pun membuat pengguna media sosial semakin meningkat. Masyarakat yang biasanya punya kesibukan diluar rumah sekarang dengan banyak nya waktu luang, bermain media sosial menjadi salah satu cara untuk menghabiskan waktu. 

Bukannya membuat rileks membuka media sosial malah menjadi  sebuah penyakit yang membuat resah dengan banyaknya berita hoax. Semasa pandemi virus corona ini banyak sekali oknum-oknum yang menyebarkan berita hoax hanya  untuk kesenangan sendiri ataupun oknum yang tidak membaca tuntas berita yang ia terima hingga terjadi perbedaan informasi dari berita yang sebenarnya. 

Oleh karena itu sebagai masyarakat yang cerdas bermedia sosial, kita perlu belajar bagaimana mengatasi berita hoax yang tersebar dengan belajar berpikir secara kritis. Berikut adalah tahapan cara dalam menghindari berita hoax

  1. Pahami berita yang diterima

Pahami secara cermat berita atau kabar yang kalian terima dengan membaca secara menyeluruh berita tersebut. Kebanyakan masyarakat membaca secara setengah-setengah dan sudah terbawa emosi dan langsung menyebarkan berita yang tidak jelas kebenaran nya tersebut. Oleh karenanya pahami betul berita yang diterima merupakan langkah awal dalam mengantisipasi tersebarnya berita hoax dan juga memahami secara cermat dapat melatih berpikir kritis.

  1. Cari informasi terkait berita

Dalam berpikir kritis kita tidak boleh menerima informasi dan menerima nya begitu saja dari satu sumber. Carilah informasi serupa sebanyak mungkin dari berbagai sumber dan baca berbagai argumen lainnya. Kenali terlebih dahulu persepsi-persepsi yang ada, bayangkan cara berpikir sudut pandang lain sehingga kalian paham mengapa bisa muncul persepsi tersebut. Dengan mempunyai banyak informasi kita semakin kaya akan pengetahuan dan tidak mudah ditipu.

  1. Analisis data 

Hal ini yang terpenting dalam melatih berpikir kritis dimana kalian akan membaca berbagai informasi dan mengolahnya sendiri mengkaitkan dengan informasi-informasi yang sudah kalian dapatkan hingga menemukan jawaban dari permasalahan tersebut. Sandingkan dengan data-data yang valid sehingga informasi yang kalian terima dapat dengan mudah tervalidasi.

  1. Buat kesimpulan

Poin terakhir dalam berpikir kritis adalah membuat kesimpulan dari informasi yang diterima dari analisis-analisis yang dilakukan. Tidak sekedar menganalisa permasalahan, mencari data-data, membuat kesimpulan juga merupakan tahap terpenting dimana kita menjadi satukan tahap-tahapan dan menghasilkan suatu kesimpulan dan/atau membuat keputusan.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
mfaauzi

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format