Hal-hal yang bisa kita lakukan saat lebaran di tengah pandemi COVID-19


0

Anjuran social distancing dan diharuskan dirumah saja karena virus COVID-19, meyebabkan kita harus melewatkan beberapa momen yang dilakukan setiap satu tahun sekali yaitu lebaran Idul Fitri. Karena semua kegiatan yang harus di lakukan dirumah saja, membuat beberapa orang merasakan bahwa lebaran tahun ini tidak memiliki suasana seperti lebaran yang dirasakan pada beberapa tahun sebelumnya karena tidak adanya tradisi atau kegiatan yang biasanya dilakuakan saat lebaran itu tiba.

Namun berikut ini adalah beberapa cara agar kamu tetap bisa merasakan suasana lebaran Idul Fitri walaupun dirumah saja: 

1. Silahturahmi online (halal bihalal)

Silahturahmi dan bermaaf-maafan mengunjungi keluarga besar dan teman-teman adalah salah satu tradisi yang dilakukan oleh orang Indonesia. Namun tradisi ini harus dilewati pada lebaran tahun ini karena virus tersebut. Walupun kita harus tetap dirumah saja, jangan khawatir kita tetap bisa menjalankan silahturahmi tersebut secara online. Banyak sekali platform online yang dapat digunakan untuk kita tetap bisa bersilahturahmi meminta maaf dengan orang terdekat. 

2. Dekorasi rumah dengan suasana lebaran

Selain silahturahmi agar suasana lebaran kita lebih dapat dirasakan walaupun kita hanya dirumah saja, kita dapat mendekorasi rumah kita dengan dekorasi lebaran. Dekorasi lebaran yang dapat digunakan seperti hiasan anyaman ketupat, percantik rumah dengan bunga, hias dinding rumah dengan ucapan selamat hari raya Idul Fitri, atau dengan dekorasi lainnya. 

3. Makan ketupat bersama keluarga

Makan ketupat adalah hal wajib yang dilakukan saat lebaran Idul Fitri, hal ini adalah hal yang paling di tunggu-tunggu oleh setiap orang yang melaksanakan lebaran Idul Fitri. Kegiatan ini harus kalian lakukan bersama keluarga walaupun hanya dirumah saja saat lebaran tiba. 

4. Solat ied dirumah bersama keluarga

Karena diadakannya PSBB di Jakarta dan di beberapa kota di Indonesia, solat ied harus dilakukan dirumah bersama keluarga. Solat ied ini adalah kegiatan yang harus dilakukan agar ibadah puasa atau ibadah kita di bulan Ramadhan dapat sempurna.

5. Mengirim parcel ke keluarga besar atau teman 

Mengirim parcel berisi kue lebaran atau pun hal lainnya bersamaan dengan ucapan selamat hari raya Idul Fitri dan perkataan mohon maaf lahir dan batin, hal tersebut dapat dilakukan sebagai penagganti kita karena kita tidak bisa mengunjungi keluarga besar atau teman yang disebabkan pandemic ini. Hal tersebut menciptakan suasana yang lebih dapat dirasakan ketika lebaran Idul Fitri tersebut tiba. 

Jadi social distancing dan diharuskannya kita dirumah saja, tidak menghalangi kita untuk merasakan hilangnya atau berbedanya suasana lebaran di bandingkan dengan beberapa tahun lalu. Itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan saat kamu harus di rumah saja dan agar kamu tetap merasakan lebaran saat pandemi COVID-19. 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
iimansyahindy

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format