MASA PANDEMI, MASA YANG TEPAT UNTUK MENGUBAH KEBIASAAN BURUK DALAM DIRI

Selagi #dirumahsaja bagaimana kalau kita gunakan waktu yang ada untuk pengembangan diri? Salah satunya mengubah kebiasaan buruk dari diri kita yang susah diubah.


0

Pastinya masing-masing dari kita punya beberapa kebiasaan buruk, seperti sering menunda pekerjaan, bangun selalu siang, terlalu banyak berpikir tapi kurang dalam tindakan, atau sering terlambat. Rasanya ingin sekali mengubah kebiasaan buruk tersebut, tetapi susahnya minta ampun.

Nah, disaat pandemi seperti ini dimana kita diimbau untuk di rumah saja pasti kita akan sering merasa bosan. Namun, ada sisi positif yang bisa diambil, masa seperti ini sangat pas untuk lebih mengenal diri sendiri dan melakukan pengembangan diri, contohnya mengubah kebiasaan buruk yang kita miliki. Mungkin akan sulit, tapi jika menggunakan langkah yang lebih sistematis mungkin akan lebih mudah, dan bagamaina caranya? Berikut 3 langkah yang bisa kamu ikuti untuk memulai mengubah kebiasaan burukmu dan memulai kebiasaan yang lebih baik.

  1. 3 MEMBUAT DAFTAR PRIORITAS


    Tidak dipungkiri kita kemungkinan memiliki banyak kebiasaan buruk yang ingin kita ubah. Mulai dari kebiasaan mempunyai sifat pelit, iri, sombong atau egois. Sampai kebiasaan seperti jarang mandi, terlalu banyak melamun, atau susah untuk tidak tidur sebelum jam 12 tengah malam.

    Namun, kalian harus paham bahwa kita tidak dapat mengubah semua kebiasaan buruk yang kita miliki secara instan. Harus ada proses panjang yang dilalui. Agar dapat berjalan dengan lebih mudah kita sebaiknya membuat daftar kebiasan buruk terlebih dahulu. Bukannya menuliskan semua kebiasaan buruk yang kita miliki, tetapi memprioritaskan mana kebiasaan buruk yang paling urgent untuk diubah. Pilihlah tiga kebiasaan buruk yang paling ingin kamu ubah segera. Misalkan kebiasaan buruk yang sudah benar-benar merugikanmu bahkan orang lain.

    Dengan adanya daftar tersebut, kamu bisa lebih fokus dalam upayamu mengubah kebiasaan buruk tersebut. Kamu dapat dengan lebih mudah mencari tau apa yang harus kamu lakukan dan tidak lakukan. Selain itu, proses evaluasi akan lebih mudah. Contohnya jika kalian mahasiswa, kalian ingin mengubah kebiasaan malas belajar, menunda-nunda tugas, dan bangun kesiangan dikarenakan ketiga hal tersebut sudah sangat merugikan.

  2. 2 TETAPKAN TARGET


    Langkah kedua ini sangat krusial, iya, menetapkan target. Manusia cenderung akan menunda atau paling tidak bersantai jika mengerjakan sesuatu hal yang tidak ada targetnya. Termasuk dalam proses mengubah kebiasaan buruk, kalian harus punya target-target yang kalian ingin capai.

    Dalam membuat target, kalian harus terlebih dahulu mengetahui kemampuan diri kalian sendiri dengan baik. Tidak perlu membuat target yang "wah" namun sangat sulit untuk dicapai. Lebih baik membuat beberapa target yang bertahap dan cenderung mudah dicapai namun tetap memberikan progress dalam proses perubahan kalian.

    Contohnya jika kalian ingin mengubah kebiasaan kalian tidur selalu lewat dari jam 1 dini hari. Tentunya akan sulit jika tiba-tiba kalian ingin mengubah menjadi tidur jam 9 malam dalam satu hari. Akan lebih baik jika kalian memajukan jam tidur sedikit demi sedikit dalam kurun waktu seminggu hingga tercapai tidur pada jam 9 malam.

  3. 1 EVALUASI


    Setelah menetapkan target pastinya target tersebut tidak bisa selalu tercapai. Adakalanya kita gagal mencapai target yang ingin kita capai. Ada banyak faktor yang bisa membuat kita gagal mencapai target. Oleh karena itu, kita perlu untuk melakukan evaluasi atas proses kita untuk mengubah kebiasaan buruk kita.

    Apabila target yang kita buat sulit tercapai kita harus mengevaluasinya. Misal mencari tau faktor apa yang menyebabkan target tersebut sulit dicapai. Apakah karena target tersebut terlalu muluk dan tidak rasional, atau karena kita sendiri kurang berkomitmen untuk berubah. Setelah mengetahui apa yang salah, kita harus dapat mengubah dan mencari solusi atas permasalahan tersebut serta tidak mengulangi kesalahan. Kita harus selalu berbenah hingga proses perubahan kita berjalan dengan baik dan menunjukan kemajuan bahwa kebiasaan buruk kita mulai hilang dan berubah menjadi kebiasaan yang lebih baik.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
Satriamw

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format