Stres karena di rumah aja? Yuk simak 3 manfaat berkenalan dengan orang-orang yang tinggal di sekitar kita!

Kurangnya aktivitas sosial bisa meningkatkan resiko stres. Yuk kurangi stres dengan mulai menyapa orang yang tinggal di sekitar kita.


0

Tidak terasa sudah hampir dua bulan lebih sejak pemerintah mengumumkan untuk “di rumah aja” demi menghindari penyebaran virus COVID-19. Pekerja tidak bisa pergi bekerja, pelajar tidak bisa belajar di sekolah. Di rumah aja selama kira-kira 2 bulan pasti sangat membosankan dan merindukan kehidupan sosial di luar rumah. Kerinduan dengan teman dan keluarga yang jauh hanya bisa disalurkan lewat telepon atau panggilan video. Namun jika dibiarkan begitu saja, bisa-bisa kita jadi stres dan sakit.

Selama karantina, kita dianjurkan tetap produktif dan banyak bergerak untuk menghindari stres. Namun ada hal lain yang bisa dilakukan untuk menghindari stres,yaitu menyapa tetangga kita. Kita tahu sendiri, semenjak perkembangan teknologi internet, masyarakat di dunia mulai memiliki sifat individualis yang tinggi. Bahkan terkadang kita lebih sering di luar daripada di rumah sendiri dan tidak sempat mengenal lingkungan di sekitar rumah. Yang tinggal di kos-kosan juga banyak yang tidak mengenal orang yang tinggal di sebelah kamarnya. Nah, selagi semuanya lagi di rumah aja, mari kita mulai menyapa orang-orang yang tinggal di sekitar kita, karena hanya dengan saling menyapa saja sudah sangat memberikan manfaat terutama dalam situasi seperti yang kita hadapi saat ini, tapi jangan lupa untuk tetap menjaga jarak ya.

1. Mengurangi stres
Karena saat ini kita dipaksa untuk mengurangi kegiatan sosial, kita bisa jadi stres dan sakit. Dengan menyapa tetangga kita atau sekedar melemparkan senyuman sudah bisa mengurangi kemungkinan kita terkena stres lho.

2. Memberikan pertolongan
Saat ini Indonesia sedang krisis kesehatan dan kita tahu sendiri bahwa virus COVID-19 menyebar cukup cepat. Kita bisa terpapar virus dimana saja dan kapan saja. Bahkan bukan hanya virus tapi banyak penyakit lainnya. Di saat sakit dan kita tinggal sendiri, kita bisa saja mendapat bantuan dari sekitar kita, seperti membantu untuk menghubungi rumah sakit atau membantu untuk memenuhi kebutuhan harian kita.

3. Menjaga tempat kita tinggal
Saat krisis ekonomi dan kesehatan seperti ini, kriminalitas juga meningkat. Kita harus tetap waspada dan menjaga diri serta tempat tinggal kita. Namun, terkadang kita tetap harus pergi keluar rumah untuk membeli kebutuhan. Nah, jika kita memiliki hubungan yang baik dengan tetangga kita, mereka bisa membantu menjaga tempat kita tinggal dan melihat jika ada orang yang mencurigakan di sekitar tempat tinggal. Hal ini penting terutama bagi mereka yang tinggal di kos-kosan atau tinggal sendiri.

Karena itu, mari mulai saling mengenal dan menjalin hubungan baik dengan orang-orang yang tinggal di sekitar kita.
 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
omiigrefina

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format