Telaah dan Guna New Normal

Tatanan hidup baru ditengah pandemi


1
1 point

Hingga kini, virus corona telah menginfeksi lebih dari lima juta penduduk dunia dan peneliti dari berbagai belahan dunia masih terus mengembangkan vaksin virus yang berasal dari kota Wuhan tersebut. Virus corona di Indonesia sendiri telah menginfeksi kurang lebih 22 ribu masyarakat Indonesia. 

Pemberlakuan PSBB yang diharapkan dapat menekan angka persebaran virus sekaligus menopang kegiatan ekonomi agar terus berjalan, nyatanya tidak dapat mendukung pertumbuhan ekononomi dalam jangka panjang. Setelah dua bulan ditetapkannya kegiatan berlangsung dari rumah (karantina), kondisi pertumbuhan ekonomi Indonesia menunjukkan penurunan, yaitu hanya 2,97%. Pemerintah mempertimbangkan bahwa angka pertumbuhan ekonomi yang akan terus merosot, apabila vaksin tak kunjung ditemukan dan kegiatan ekonomi terus terhambat. 

Presiden Joko Widodo, memperkenalkan New Normal sebagai salah satu bentuk upaya menanggapi situasi ini. New normal merupakan tatanan hidup baru, yang mana masyarakat akan menjalani hidup seperti biasanya, akan tetapi tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19. Dengan kata lain, new normal merupakan upaya untuk hidup berdampingan dengan virus corona hingga vaksin ditemukan.

Gerakan new normal diusung demi mendorong tetap bergeraknya ekonomi dalam situasi pandemi seperti sekarang ini. Tatanan hidup baru ini juga melonggarkan kebijakan yang telah berlaku sebelumnya, yaitu Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Beberapa daerah wisata dan jalur transportasi juga akan dibuka kembali secara bertahap. Dengan dibuka secara perlahan seperti kantor, mall, sekolah, serta daerah wisata diharapkan dapat mendorong ekonomi Indonesia untuk tetap bergerak dan tidak mengalami pertumbuhan ekonomi yang negatif.

Berdasarkan pernyataan ekonom Centre of Reform on Economics (CORE), Yusuf Rendy Manilet, menyatakan bahwa pada kuartal I pertumbuhan ekonomi menempati angka 2%, ia juga memperkirakan kuartal II akan lebih rendah dibandingkan kuartal I. Beliau juga berkata, bahwa kisaran maksimal berada pada angka dua persen saja. Selain itu, ia juga memperkirakan scenario terburuk ekonomi Indonesia akan menempati minus dua persen.

Pembukaan bertahap berbagai kegiatan, tidak berarti kita melupakan kehati-hatian kita terhadap virus ini. New normal, tatanan hidup baru, memang mengajak kita untuk hidup berdampingan dengan virus corona. Akan tetapi, protokol kesehatan seperti memakai masker, rajin mencuci tangan, serta menerapkan physical distancing tetap harus diberlakukan secara disiplin. Kita sebagai masyarakat juga harus berperan dalam menghadapi perang pandemi ini.

Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/news/20200519175719-8-159647/new-normal-ekonomi-akibat-covid-19

https://bisnis.tempo.co/read/1345059/new-normal-covid-19-pemerintah-siapkan-daerah-percontohan


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
1
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format