Strategi Mempertahankan Bisnis ditengah Pandemi Covid 19


0

Dunia saat ini masuk ke dalam status waspada karena penyebaran virus baru yang penyebarannya semakin hari semakin masif. Virus ini pertama kali muncul dan ditemukan di Wuhan, Cina tahun 2019. Virus ini dikenal dengan Coronavirus (CoV) yang merupakan bagian dari keluarga virus seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS-CoV) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS-CoV) yang menyerang saluran pernapasan. Pada awal maret 2020 World Health Organitazion telah menetapkan virus corona sebagai pandemi global. Status pandemi atau epidemi global ini menandakan bahwa penyebaran Covid 19 ini dinamis dan menyebar hingga hampir ke seluruh dunia.

Indonesia merupakan salah satu negara yang termasuk ke dalam negara terdampak Covid 19. Indonesia melalui BNPB atau Badan Nasional Penanggulangan Bencana Republik Indonesia mengeluarkan surat keputusan No 13 A tahun 2020 yang menyatakan bahwa status keadaan darurat bencana wabah virus corona terhitung sejak 29 Februari 2020 diperpanjang sampai dengan 29 Mei 2020. Dalam pencegahan akselerasi penyebaran virus corona ini pemerintah telah mengeluarkan berbagai macam kebijakan, salah satunya melalui Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 mengenai Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Desease 2019 (Covid-19). Hal tersebut berdampak langsung kepada pelaku usaha kecil menengah. Mulai dari sulitnya mencapai target-target karena lesunya perekonomian karena wabah virus corona dan bahkan bangkrut.

Berikut beberapa tips agar usia kecil menengah dapat bertahan ditengah pandemi Covid 19:

1.  Strategi Marketing 

Untuk mempertahankan bisnis ditengah pandemi kali ini perlu adanya strategi yang baru bagi UKM yang belum menggunakan atau memaksimalkan Media Sosial dalam memasarkan bisnis yang sedang di kerjakan. Dengan memanfaatkan dan memaksimalkan Media sosial dapat membantu atau meminimalisir pendapatan yang menurun di tengah pembatasan sosial berskala besar. Selain menggunakan Media Sosial dalam memasarkan produk yang kita jual, perlu juga adanya usaha untuk memperhatikan pelayan dan juga empati. Pelayanan dan empati yang dimaksud disini bukan cuman sekedar pelayanan service yang baik, melainkan pelayanan untuk memberikan informasi dari keadaan terkini dengan memberikan konten edukasi, hiburan maupun optimisme dan tak lupa untuk berbagi.

2. Mengatur Cash Flow

Dalam situasi dan keadaan seperti ini mengatur cash flow merupakan hal yang harus diperhatikan oleh para pelaku UKM agar bisa bertahan dan memiliki cash flow yang senantiasa positif. Supaya memudahkan mengatur Cash Flow maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti halnya mencatat pola pengeluaran yang berkaitan dengan biaya operasional bisnis, biaya kewajiban seperti upah karyawan, kebutuhan sekunder maupun kebutuhan investasi yang bertujuan untuk akselerasi bisnis. Usahakan agar bisnis senantiasa memiliki cash flow yang positif di tengah pandemi seperti ini yaitu dengan memangkas biaya yang tidak perlu dan mengalokasikan untuk kebutuhan operasional bisnis agar tetap bertahan dalam masa pandemi.

3. Memproyeksikan Kemungkinan Resiko terburuk dan Membuat Rencana Bisnis Terbaru

Untuk memproyeksikan menghadapi potensi kemungkinan resiko terburuk yang terjadi akibat virus corona terhadap bisnis yaitu perlu adanya analisa seperti melihat pencatatan selama beberapa periode, apakah cash flow mengalami positif dan mampu bertahan selama pandemi atau cash flow negatif. Apabila terjadi resiko terbesar seperti resiko terburuk, maka langkah berikutnya adalah membuat rencana bisnis terbaru dengan melihat kebutuhan dan kemampuan daya beli calon konsumen di tengah pandemi saat ini.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
wiwitsubagio

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format