AQUA VS MIZONE : SATU LINI BEDA SEGMEN

Aqua dan Mizone diproduksi melalui perusahaan dan berada pada lini yang sama, tetapi memiliki perbedaan pada strategi pemasarannya.


0

Danone merupakan salah satu perusahaan multi divisi yang memproduksi berbagai jenis produk salah satunya yaitu air mineral dalam kemasan (AMDK) yaitu Aqua dan Mizone. Dalam produksi AMDK Danone yang lebih merujuk pada Danone-AQUA diproduksi PT AQUA Golden Mississippi. Produk Aqua diproduksi sejak tahun 1973 sedangkan Mizone pertama kali diproduksi pada tahun 2005. Aqua dan Mizone diproduksi melalui perusahaan dan berada pada lini yang sama, tetapi memiliki perbedaan pada strategi pemasarannya. Keduanya memiliki gaya pemasaran dan segmentasi pasarnya masing-masing yang khas untuk memberikan  value  produk mereka kepada para target pasarnya untuk mencapai visi dan misinya.

Visi Misi :

"Menginspirasi Masyarakat untuk Hidrasi yang Lebih Sehat"

"Melalui misi dan komitmen ganda untuk kemajuan bisnis dan sosial, Danone memiliki tujuan membangun masa depan yang lebih sehat dari gaya hidup yang sehat, bumi yang sehat dan ekosistem yang sehat."

Value-Driven Strategy Aqua dan Mizone

Kedua produk tersebut menggunakan value-driven marketing strategy. Pada air minum merek Aqua, value yang diangkat oleh Danone adalah air minum keluarga yang melindungi keluarga karena berasal dari sumber yang terlindungi. Hal ini dapat dilihat dari iklan Aqua yang menampilkan sosok ibu dan anak yang melambangkan keluarga. Pada iklan Aqua juga jelas tertulis 

Melindungi dengan Air Mineral yang Sumbernya Terlindungi

AQUA melindungi kealamian ekosistem sumber airnya sehingga kekayaan mineralnya terjaga 

Pada dua kalimat ini menunjukkan Aqua adalah air mineral yang berkualitas karena berasal dari sumber mineral yang terjaga. Air yang berkualitas inilah yang pantas digunakan keluarga karena berasal dari sumber yang terlindungi. 

Sementara itu, produk minuman Mizone menawarkan value berupa minuman bervitamin yang dapat menyegarkan tubuh dan pikiran. Munculnya produk Mizone di Indonesia sendiri dilatarbelakangi karena Indonesia memiliki iklim tropis dengan cuaca panas terutama di daerah perkotaan. Banyaknya aktivitas sehari-hari, ditambah panas terik matahari menyebabkan seseorang kehilangan banyak cairan tubuh. Hal tersebut dapat menyebabkan kelelahan, penurunan konsentrasi, stres, dan kehilangan semangat. Mizone hadir sebagai minuman menyegarkan yang dapat menggantikan cairan tubuh, kaya akan vitamin, serta memiliki rasa buah-buahan yang sesuai dengan selera masyarakat Indonesia. Tujuannya, agar kaum muda tetap bersemangat dalam menghadapi setiap tantangan, optimis, serta bergaya hidup aktif.

Selain itu, untuk membangun customer relationship, Aqua dan Mizone merangkul para target pasarnya untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Salah satu kegiatan yang pernah diadakan oleh Aqua yaitu kampanye kepada masyarakat dengan tema #AdaAqua. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak  target pasar pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk mengonsumsi air putih secara rutin serta mengajak mereka untuk memilih produk Aqua bukan yang lainnya. Sedangkan Mizone pernah mangadakan kegiatan salah satunya yaitu Tantangan Mizone Jadi 100% Kamu. Tantangan ini banyak diikuti oleh masyarakat khususnya para kaum muda dengan mengonsumsi Mizone selama beberapa hari. Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan salah satu bagian dari strategi pemasaran perusahaan untuk mencapai targetnya.

Dimanakah posisi Aqua dan Mizone berdasar BCG-Growth Market Matrix?

Banyaknya produk yang diproduksi oleh Danone membuat perusahaan tersebut harus memperhatikan pemasaran setiap unit bisnis atau lini produk yang diproduksi agar menjangkau pasar yang luas. Terlebih lagi terdapat produk-produk yang memang diproduksi dengan jenis yang hampir sama. Aqua dan Amazon tersebut yang menjadi contohnya. Keduanya sama-sama jenis air minuman dalam kemasan (AMDK) hanya saja yang membedakan keduanya yaitu Aqua dipasarkan sebagai air mineral sedangkan Mizone dipasarkan sebagai minuman isotonik. Untuk mengembangkan strategi dalam pemasaran ada suatu pendekatan analisis yang bernama BCG (Boston Consulting Group)-Growth Share Matrix

BCG-Growth Share Market merupakan suatu metode  perencanaan portofolio bisnis untuk mengevaluasi SBUs berdasarkan tingkat tinggi rendahnya pertumbuhan pasar (market growth) dan pangsa pasar (market share).

 BCG-Growth Share Matrix didesain untuk membantu perusahaan yang memiliki berbagai produk atau multi divisi untuk mengelola portofolio bisnisnya dengan melihat posisi antar produknya berdasarkan pertumbuhan pasar (market growth) dan pangsa pasar (market share). 

Merujuk pada pendekatan BCG-Growth Share Market, Aqua menduduki posisi kuadran II yaitu “star”. Hal ini menunjukkan bahwa Aqua berada di pertumbuhan pasar yang tinggi (high market growth) dengan pangsa pasar yang tinggi (high market share). Produk ini memerlukan investasi yang besar untuk selalu mengembangkan dan mempertahankan eksistensinya dalam pasar. Investasi tersebut digunakan Aqua untuk meregenerasi dan mem-branding produknya dengan berbagai ide-ide baru yang disesuaikan dengan tren pasar. Oleh karena itu, meski sudah berdiri sejak 1973 hingga kini merek air mineral tersebut masih tetap eksis walaupun muncul produk pesaing baik dari yang satu perusahaan ataupun dari perusahaan yang lain. Bahkan sering sekali terdengar kebanyakan masyarakat menyebut segala jenis air mineral dari merek lain sebagai Aqua. Fenomena tersebut membuktikan jika Aqua sudah sangat melekat di kalangan masyarakat. Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu Aqua ini dapat bergeser ke posisi “cash cow” jika tetap bisa mempertahankan eksistensi produknya di pasar dengan pertumbuhan pasar yang rendah (low market growth).

Berbeda dengan Aqua, pada pendekatan BCG-Growth Share Market, Mizone berada di kuadran III yaitu “cash cow” yang menunjukkan bahwa Mizone berada pada pertumbuhan pasar yang rendah (low market growth) dengan pangsa pasar yang tinggi (high market share). Mizone memiliki keuntungan yang melebihi dari biaya operasional sehingga Mizone dikatakan sebagai produk yang mapan dan tidak memerlukan banyak investasi. Artinya Mizone juga mengalokasikan dananya untuk pengembangan produk lainnya di perusahaan yang masih berada di tahap “question mark”. 

Segmentasi Pasar Aqua dan Mizone

https://www.youtube.com/watch?v=FsgjImy7GdU

https://www.youtube.com/watch?v=Ng__kb4ja_I

Berdasarkan vidio iklan kedua produk tersebut (Aqua dan Mizone), bahwa mereka memiliki target pasar yang berbeda. Akan tetapi, pada kenyataannya keduanya bisa dinikmati oleh semua segmen. Iklan yang ditujukan oleh Aqua adalah keluarga. Lebih khususnya, Aqua ditujukan untuk keluarga kelas sosial menengah. Berbeda dengan Mizone yang ditujukan untuk anak muda karena Mizone memberikan banyak varian rasa, isotonik dan vitamin pada produk minumannya. Produk Mizone umumnya disenangi oleh kalangan muda sehingga dalam promosi Mizone, iklan yang ditampilkan adalah anak muda milenial. Sedangkan Aqua merupakan produk minuman yang isinya air mineral pegunungan yang plain atau tidak ada rasanya dan berasal dari sumber yang terlindungi yang cocok untuk keluarga kelas sosial menengah, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk anak muda bahkan segmen pasar yang lain untuk menikmatinya.

Referensi

Danone. (n.d). Mizone. Retrieved from danone.com/brands/waters/mizone

Mizone. (2020). Retrieved from https://images.app.goo.gl/wVUGDn9WJPnWBqaC7 [Jumat, 18 September 2020]

Sehat Aqua. (2020). Retrieved from https://www.sehataqua.co.id/ [Jumat, 18 September 2020]

Kotler, P. and Armstrong, G. (2018), Principles of Marketing, 17th ed. Harlow, UK: Pearson Education Ltd.

Penulis

Ega Bashiela Hartono

Rizqa Zidny Fatimah

Ilham Adzaky

Elia Novita Sari


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
1
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
1
OMG
Win Win
0
Win
Rizqa Zidny

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format