Menyeimbangkan Penampilan Bibir dengan Lipbalm dan Lipstik

Lip balm dan Lipstik, keduanya merupakan produk kecantikan yang digunakan untuk memperindah tampilan bibir namun memiliki target pemasaran yang berbeda


0

Maybelline adalah sebuah perusahaan kosmetik raksasa dunia asal New York yang didirikan pada tahun 1915 oleh Tom Lyle Williams. Maybelline merupakan gabungan dari kata Maybel dan Vaseline. Maybel sendiri merupakan nama adik perempuan TL Williams, sedangkan vaseline adalah bahan yang kerap digunakan Maybel sebagai bahan campuran pelentik bulu matanya. Perusahaan ini diambil alih oleh L’Oreal Group sejak 1996, setelah sebelumnya sempat diambil alih oleh Plough Inc. Pada 1967 (yang kemudian berubah nama menjadi Schering-Plough Corporation pada 1971) dan grup investor Wasserstein Perella & Co pada tahun 1990. Dua lini produk yang diciptakan oleh Maybelline adalah lip balm dan lipstick. Keduanya merupakan produk kecantikan yang digunakan untuk memperindah tampilan bibir, namun memiliki target pemasaran yang berbeda.

Dua lini produk dari Maybelline dapat dianalisis berdasarkan Value Driven Strategy yang diterapkan oleh perusahaan ini. Maybelline Lip Balm dan Maybelline Lipstick memiliki pendekatan value-driven marketing strategy yang berbeda. Maybelline Lipstick menerapkan selling concept, sedangkan Maybelline Lip Balm menerapkan marketing concept.

Maybe she’s born with it. Maybe it’s Maybelline.

Maybelline Lipstick memiliki segmentasi pasar yang terbilang cukup luas di masyarakat, khususnya untuk kaum wanita. Upaya targeting dilakukan untuk menarik konsumen yang menginginkan tampilan profesional demi memenuhi kebutuhan estetikanya. Lini produk lipstick mengakui positioning sebagai produk kecantikan yang diandalkan oleh Gigi Hadid, model profesional ternama, serta Pevita Pearce sebagai aktris ternama nasional. Positioning yang dilakukan dengan menggandeng kedua individu tersebut sebagai brand ambassador bertujuan untuk menciptakan kesan bahwa produk lipstick Maybelline digunakan oleh pekerja seni kelas atas, sehingga timbul stigma elegansi dengan penggunaan lipstick Maybelline. Diferensiasi lipstick Maybelline dengan lipstick dari merek lain adalah rasa yang nyaman ketika diaplikasikan, tidak mudah luntur, dan juga memiliki pilihan warna yang bervariasi.

Segmentasi pasar yang dimiliki Maybelline Lip Balm mayoritas ditujukan untuk masyarakat berusia remaja dan dapat digunakan oleh berbagai gender. Targeting untuk produk Lip Balm lebih kepada konsumen yang memiliki kesadaran untuk merawat kesehatan  bibir serta menyukai tampilan make up yang lebih natural. Lini produk Lip Balm ini lebih diposisikan sebagai produk pelembab bibir yang tetap dapat menunjang penampilan dengan warna natural dan tidak mencolok. Dalam hal diferensiasi, lip balm Maybelline memiliki beberapa varian rasa, warna, ukuran produk, serta harga yang beragam sehingga dapat mencangkup berbagai lapisan konsumen. Selain itu, Lip Balm Maybelline juga terasa ringan apabila dipakai di bibir dan tidak menimbulkan efek bibir pecah-pecah maupun kering walaupun digunakan dalam jangka waktu seharian.

Ditinjau dari segi BCG-Growth Share Matrix, maka kedua produk yaitu Maybelline Lipstick dan Maybelline Lip Balm bisa dibilang memiliki perbedaan yang cukup drastis. Maybelline Lipstick berada pada posisi Star karena merupakan produk yang sangat diminati saat ini di masyarakat terutama kaum wanita untuk mempercantik penampilan wajah dan memenuhi fungsi estetika serta memiliki potensi untuk dikembangkan yaitu dengan menambah variasi warna seiring berjalannya waktu serta menciptakan variasi desain lain seperti pada pengemasan produk.

Maybelline Lip Balm berada dalam posisi Cash flow, hal ini disebabkan oleh belum adanya potensi untuk mengalahkan popularitas lipstick karena variasi warna yang ditawarkan lip balm hanya mengusung warna transparan, yang kontras dengan kepekatan yang dihadirkan oleh lipstick, disertai rasa tertentu serta dari segi pengemasan yang hanya dibedakan oleh warna sesuai dengan rasa yang ditawarkan. Terlepas dari itu, lip balm dinilai memiliki potensi pasar yang dapat meningkat karena meningkatnya kesadaran untuk menjaga kelembaban bibir serta tak menutup kemungkinan bahwa nantinya lip balm juga akan memiliki varian warna yang semakin beragam sehingga tidak hanya transparan, walaupun hal itu juga tidak dapat dipastikan karena hingga saat ini, produk lip balm belum pernah mengalami perubahan dan inovasi yang signifikan.

Kedua produk tersebut ditujukan untuk target pasar yang berbeda. Maybelline Lipstick lebih ditujukan untuk wanita dewasa dan membutuhkan tampilan bold sedangkan Maybelline Lip Balm lebih ditujukan untuk konsumen berusia muda atau remaja yang menyukai tampilan natural. Ditinjau dari segi profesi, maka Maybelline Lipstick lebih menargetkan wanita karir atau pekerja yang dituntut tampil elegan, sedangkan Maybelline Lip Balm lebih menargetkan pelajar atau mahasiswa sebagai konsumen utama. Dan dari segi jenis kelamin, Maybelline Lipstick menargetkan perempuan, sedangkan Maybelline Lip Balm tidak secara spesifik ditujukan untuk gender tertentu. 

https://www.youtube.com/watch?v=XMUDcKnuD9g

Anggota Kelompok:

Dimas Dharmawan (17/414138/EK/21540)

Aji Pangestu Nuswantoro (19/441448/EK/22466)

Berliana Cahya Pertiwi (19/441450/EK/22468)

Mustika Imalia Indira Hapsari (19/438721/EK/22254)

Sumber Gambar :

Maybelline Lipstick. (2020). Retrieved from https://id.pinterest.com/pin/402790760413996276/?nic_v2=1a1BTGu3l [Sabtu, 19 September 2020]

Maybelline Lip Balm. (2020). Retrieved from  https://www.amazon.com/Maybelline-New-York-Moisturizing-Cherry/dp/B004Y9H1QO [Sabtu,19 September 2020]


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
AjiPangestu

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format