Toyota Agya VS Daihatsu Ayla: Persaingan Tanpa Henti 2 Mobil LCGC

Persaingan Toyota Agya VS Toyota Ayla dengan tipe LCGC-nya yang terjangkau namun kompetitif selalu menjadi perhatian yang menarik bagi para pengamat otomotif mobil.


0

Ketika kamu mendengar Agya, apa yang terlintas di pikiranmu? Mungkin, kamu akan memikirkan tentang harganya yang murah, mobilnya yang kecil, dan jumlahnya yang sangat banyak. Nah, saat mendengar Ayla, apa yang kamu pikirkan? Kamu tidak sendiri jika menganggap Ayla dan Agya adalah mobil dengan tujuan promosi yang sama. Bagaimana bisa? Kelompok kami akan mengulasnya melalui penjelasan di bawah ini.

Sebelum mengulas lebih jauh lagi mengenai kedua mobil tersebut. Kita harus mengetahui bahwa Toyota Agya dan Daihatsu Ayla merupakan 2 mobil dengan kelas yang sama namun berbeda anak perusahaan yang memproduksinya. Kedua mobil tersebut berada dalam satu naungan induk perusahaan yang bernama Astra Internasional. Astra International merupakan perusahaan konglomerasi multinasional yang memiliki anak perusahaan Daihatsu Sales Operation dan Toyota Sales Operation. Masing-masing anak perusahaan tersebut memiliki Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) yang berperan sebagai supplier utama dari produk Toyota Agya dan Daihatsu Ayla.

Di Indonesia sendiri kedua mobil tersebut sudah sangat familiar. Menjelang tahun 2013 mobil LCGC telah menjamur dan mengambil hati para konsumen. Miskonsepsi yang terjadi di masyarakat pada suatu produk cukup sering terjadi. Pada kasus Ayla dan Agya, kedua produk ini kadang tertukar positioningnya. Image yang terbentuk di masyarakat seringkali men-generalisir antara produk Ayla maupun Agya, padahal keduanya memiliki fitur dan kelengkapan penggunaan teknologi yang tentunya berbeda. Sebenarnya, apa yang ingin disampaikan oleh kedua brand tersebut? Pertanyaan tersebut dapat kita jawab dengan menganalisisnya menggunakan value-driven marketing strategy dan BCG-Growth Share Matrix.

Theoretical Framework Of Study 

Marketing strategy

Marketing Strategy atau strategi pemasaran merupakan sebuah strategi yang diambil oleh perusahaan dengan harapan produk yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan dapat menciptakan nilai bagi customer sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan. Dalam hal ini, perusahaan harus memutuskan pelanggan mana yang akan mereka layani (segmentasi dan target) serta bagaimana caranya (diferensiasi dan posisi). Melalui strategi ini, perusahaan dapat mengidentifikasi total pasar dan kemudian membaginya menjadi beberapa segmen yang lebih kecil setelah itu memilih segmen yang dianggap ‘kuat’ untuk ditekuni.

Customer Value-Driven Marketing Strategy

Pada marketing strategy dijelaskan bahwa perusahaan harus memilih pasar yang terbaik untuk ditekuni karena perusahaan tahu bahwa mereka tidak dapat secara langsung memenuhi semua segmen. Sebagian besar perusahaan berada dalam posisi untuk melayani beberapa segmen lebih baik dari yang lain. Oleh karena itu perusahaan akan melayani segmen terpilih secara menguntungkan. Dalam proses customer value-driven marketing, perusahaan akan melibatkan segmentasi pasar, penargetan pasar, diferensiasi, dan positioning.

Market Segmentation

Market Segmentation atau segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Produk dari segmentasi adalah segmen pasar. Segmen pasar adalah sekelompok konsumen yang merespon sebuah teknik promosi dengan cara yang sama.

Market Targeting 

Market Targeting atau menarget pasar adalah proses mengevaluasi daya tarik setiap segmen pasar dan memilih satu atau lebih segmen yang menjadi target pemasaran.

Market Positioning

Market Positioning adalah proses mengatur agar produk menempati tempat yang jelas, tempat yang khas dan lebih diinginkan daripada terhadap produk pesaing di pikiran konsumen sasaran.

Differentiation

Differentiation atau diferensiasi adalah tahap awal dari proses positioning.

BCG-Growth Share Matrix

BCG-Growth Share Matrix adalah alat analisis yang digunakan untuk mengklasifikasikan produk perusahaan dengan matriks pangsa pertumbuhan untuk mengambil keputusan yang diambil perusahaan selanjutnya.

Analisis Market Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

Market Segmentation 

  • Geografi

    Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang beridentitaskan sebagai mobil Low cost green car (mobil murah ramah lingkungan) memiliki sasaran geografis yang sama. Para  calon konsumen LCGC membutuhkan performa yang baik ketika di kecepatan rendah serta menengah sebab kebanyakan rule tempuhnya adalah perkotaan yang padat lalu lintas. Oleh karena itu baik Toyota Agya dan Daihatsu Ayla  didesain sedemikian rupa untuk menjadi city car atau mobil kota.

  • Demografi

    Berdasarkan hasil forum wartawan otomotif Indonesia tahun 2017, mobil LCGC sangat diminati oleh kaum muda. Hal ini disebabkan oleh tampilan yang cukup memukau dan fitur kendaraan yang cukup bagus. Selain kaum muda, toyota agya dan daihatsu ayla sangat diminati para keluarga di Indonesia. Hal ini karena kendaraan keluarga sudah sangat kuat di kalangan konsumen Indonesia. 

  • Psikografi


    Dengan total 81 responden, sebuah survei memberikan fakta bahwa citra mobil LCGC Toyota Agya dan Daihatsu Ayla dengan 43,2% atau 35 responden menyatakan bahwa citra mobil LCGC adalah mobil hemat bahan bakar/energi. Sementara 42% atau 34 responden menyatakan bahwa citra mobil LCGC adalah mobil murah. 12,3% atau 10 responden menyatakan bahwa citra mobil LCGC adalah mobil ukuran kecil dan 2,5% atau 2 responden menyatakan bahwa citra mobil LCGC adalah mobil dengan desain yang menarik. Dapat disimpulkan bahwa mayoritas responden menyatakan citra mobil LCGC adalah mobil hemat bahan bakar/energi dan mobil murah.

  • Behavioral

    Dari segi Eksterior, Toyota Agya dan Daihatsu Ayla sama-sama mengusung desain yang disebutnya Stylish, namun masing-masing memperlihatkan karakter yang berbeda. Sementara Agya terlihat lebih sporty dengan wajah yang agresif, Ayla tampak dinamis dengan wajah yang anggun. Tidak salah lagi bahwa agya ditujukan untuk orang-orang yang lebih punya mobilitas tinggi dengan kendaraannya dan cocok untuk laki-laki. Sedangkan Ayla ditujukan sebagai mobil keluarga yang tidak memiliki mobilitas terlalu tinggi dan cocok untuk perempuan atau ibu-ibu. Jimmy Irawan, Kepala Cabang Auto 2000 Setiabudi Bandung mengemukakan pembeli produk Agya bukan dari kalangan keluarga atau kalangan atas sehingga yang dicari pun bukan harga melainkan keindahan bentuk baik interior maupun eksterior sehingga yang paling dicari adalah Toyota Agya TRD yang mempunyai desain berbeda dengan tipe lainnya yang terkesan mewah (montirgw.com, 2016). Toyota Agya TRD mempunyai bentuk interior dan eksterior lebih elegan yang berbeda dengan Agya tipe lainnya dan mayoritas konsumen memilih tipe tersebut dibandingkan dengan tipe lainnya, hal tersebut menunjukan konsumen lebih mempertimbangkan desain baik interior maupun eksterior.

Market Targeting 

Target pasar dari mobil Daihatsu Ayla dan Toyota Agya berbeda meskipun keduanya merupakan jenis mobil yang sama yaitu Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2) atau biasa disebut Low Cost Green Car (LCGC). LCGC merupakan suatu jenis mobil dengan harga terjangkau serta hemat energi, jenis ini muncul setelah adanya peraturan pemerintah tentang barang kena pajak yang tergolong barang mewah berupa kendaraan bermotor (PP No.41/2013). Hal ini diharapkan mampu memperbesar serta memperluas pasar otomotif di Indonesia dengan menciptakan segmen pasar yang baru di masyarakat. Program tersebut langsung mendapatkan perhatian dari Toyota dan Daihatsu dengan mengeluarkan dua mobil LCGC pertama di Indonesia, yaitu Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Berdasarkan harga, mobil Daihatsu Ayla dimulai dari Rp 102 juta (tipe 1.0 D MT)  – Rp 159 juta (tipe 1.2 R Deluxe AT). Sedangkan harga mobil Toyota Agya dimulai dari  Rp 143 juta (tipe 1.0 G M/T) – Rp 169 juta (tipe 1.2 G A/T TRD). Daihatsu Ayla diposisikan lebih murah ditujukan untuk membidik pasar di kalangan menengah. Sedangkan Toyota Agya memiliki fitur yang lebih lengkap dan elegan  untuk  membidik pasar di kalangan anak muda atau kalangan menengah.

Market Positioning

Toyota Agya dan Daihatsu Ayla hadir dengan rangkaian fitur yang sudah cukup canggih sesuai dengan kebutuhan pelanggan pada target marketnya yang mana masing-masing setidaknya dilengkapi dengan AC, radio player, pintu otomatis dengan keamanan sentral, dan panel pengatur kaca otomatis. Meski begitu Toyota Agya mengusung fitur dan desain interior dengan teknologi yang lebih unggul dibandingkan dengan Daihatsu Ayla. Tentunya hal ini juga didukung dengan fitur layanan aftersales yang sudah memiliki jaringan luas di seluruh Indonesia sehingga memudahkan bagi pelanggan. Toyota memiliki dealer resmi Auto 2000 dengan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) lainnya dengan lebih dari 200 dealer yang tersebar di seluruh Indonesia. Pun begitu dengan Daihatsu yang memiliki lebih dari 200 cabang yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Toyota merupakan perusahaan pioner yang memperkenalkan layanan Toyota Home Service (THS) yang memudahkan konsumen untuk melakukan layanan service rumahan dari dealer resmi Auto 2000.Selain itu baik Toyota maupun Daihatsu memberikan kemudahan akses klaim service gratis di seluruh dealer resmi yang tersebar di Indonesia, baik yang under Astra Internasional maupun ATPM-nya. Kedua merek tersebut memberikan desai serupa yang menonjolkan segi kekuatan, fleksibel, efisien, dan dinamis di kalangan compact car penandingnya. Merek ini memiliki image masing-masing di kalangan masyarakat yang dari segi anak perusahaan yang menaunginya sendiri telah berhasil menjadi representasi akan ketertarikan dan daya beli konsumen di Indonesia. Toyota Agya dengan desain dan promosinya mengusung kesan yang lebih elegan dan berkelas dengan harga produk yang dibanderol lebih tinggi dibandingkan dengan merek Daihatsu Ayla.

Differentiation

Iklan-iklan yang ditampilkan oleh Agya menunjukkan dominasi warna hitam, desain mobil yang eksklusif, serta kelincahan berkendara. Warna hitam menjadi simbol kemewahan dan suatu kemapanan. Latar belakang warna hitam juga bisa memunculkan kesan misterius dari kesan gelap. Di sisi lain, iklan Ayla menunjukkan berbagai macam warna yang lebih cerah. Iklan Ayla memberikan kesan mobil yang lebih ramah, menyenangkan, dan diinginkan oleh siapa saja.

Toyota Agya tersedia dalam pilihan mesin Bensin di Indonesia Hatchback baru dari Toyota hadir dalam 12 varian. Bicara soal spesifikasi mesin Toyota Agya, ini ditenagai dua pilihan mesin Bensin berkapasitas 1197 cc. Agya tersedia dengan transmisi Manual and Otomatis tergantung variannya. Agya adalah Hatchback 5 seater dengan panjang 3660 mm, lebar 1600 mm, wheelbase 2450 mm. Hatchback terbaru dari Toyota, Agya, hadir dengan 6 varian. Varian tertinggi hadir dengan mesin Petrol 1197 cc, yang mampu menghasilkan tenaga hingga 87 hp dan torsi puncak 108 Nm. Agya 1.2L TRD A/T berkapasitas 5-penumpang dibekali juga dengan transmisi 4-Speed Automatic. Sistem keamanannya dibekali Anti Theft Device & Anti-Theft Alarm.

Daihatsu Ayla tersedia dalam pilihan mesin Bensin di Indonesia Hatchback baru dari Daihatsu hadir dalam 24 varian. Bicara soal spesifikasi mesin Daihatsu Ayla, ini ditenagai dua pilihan mesin Bensin berkapasitas 1197 cc. Ayla tersedia dengan transmisi Manual and Otomatis tergantung variannya. Ayla adalah Hatchback 5 seater dengan panjang 3660 mm, lebar 1600 mm, wheelbase 2450 mm. serta ground clearance 180 mm. Hatchback terbaru dari Daihatsu, Ayla, hadir dengan 12 varian. Varian tertinggi hadir dengan mesin Petrol 1197 cc, yang mampu menghasilkan tenaga hingga 87 hp dan torsi puncak 108 Nm. Ayla 1.2L R AT DLX berkapasitas 5-penumpang dibekali juga dengan transmisi 4-Speed Automatic. Sistem keamanannya dibekali Power Door Locks & Anti Theft Device.

  • Komparasi Daihatsu Ayla vs Toyota Agya

Berdasarkan harga, spesifikasi dan fitur untuk Daihatsu Ayla dan Toyota Agya. Harga Daihatsu Ayla berkisar antara Rp 102,15 – Rp 159,9 Juta. Sementara Toyota Agya dihargai Rp 143,8 – Rp 169,29 Juta. Secara spesifikasi, Daihatsu Ayla 1.0L D MT, memiliki mesin 998 cc, sementara Toyota Agya 1.0L G M/T memiliki mesin berkapasitas 998 cc.

BCG-Growth Share Matrix

Hasil analisis terkait posisi Toyota Agya dan Daihatsu Ayla adalah sebagai berikut.

Hasil Analisis BCG-Growth Share Matrix
 

Hasil ini didapatkan dengan menganalisis persentase pertumbuhan penjualan produk mobil relatif terhadap persentase pertumbuhan penjualan produk lain seperti smartphone, internet service provider, dan barang-barang lain. Selain itu, informasi market share merupakan hasil analisis dari data penjualan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla sejak Januari hingga Maret 2020 dan trend penjualan mobil sejak Januari hingga Juni 2020.

http://www.theiconomics.com/accelerated-growth/juni-2020-penjualan-mobil-kembali-naik/
 

Pada tahun 2020, terjadi penurunan penjualan pada rentang Bulan April hingga Bulan Juni. Sejak Januari hingga Juni 2020, total penjualan mobil mencapai 260.000 mobil. Total penjualan pada Bulan April, Mei, dan Juni kurang lebih mencapai 24.000 mobil. Artinya, penjualan mobil pada Bulan April hingga Juni 2020 menyumbang tidak lebih dari 10% dari penjualan Bulan Januari hingga Juni 2020.

https://www.liputan6.com/otomotif/read/2849723/rapor-penjualan-mobil-di-asean-tahun-2016
 

Apabila kita melihat dari data diatas, pertumbuhan penjualan mobil di Indonesia relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan negara ASEAN sekitar terutama Singapura. Berdasarkan komparasi produk sejenis, pertumbuhan pasar otomotif mobil dapat digolongkan ke dalam Low Market Growth.

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/05/29/penjualan-mobil-q1-2020-toyota-raja-domestik-ekspor-daihatsu-melaju
 

Berdasarkan data penjualan ritel Q1 2020, secara umum Toyota masih memimpin penguasaan pasar sebesar 30,8% dan diikuti oleh Daihatsu di peringkat 2 dengan persentase sebesar 18,2%. Hasil ini memberikan gambaran bahwa secara akumulatif Toyota Agya berkemungkinan besar memimpin pasar penjualan di pasar otomotif mobil dibandingkan Daihatsu Ayla. Untuk menguji hipotesis diatas, kita dapat menganalisis dengan lebih spesifik terkait penjualan yang dihasilkan oleh Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. 

https://halloriau.com/m/read-128259-2020-04-08-penjualan-toyota-indonesia-maret-2020-naik-meski-terdampak-corona.html
 
https://www.carmudi.co.id/journal/penjualan-mobil-daihatsu-periode-januari-sampai-juni-2020/)
 

Total penjualan Toyota Agya sejak Bulan Januari hingga Maret 2020 adalah 5.502 unit. Di sisi lain, total penjualan Daihatsu Ayla sejak Bulan Januari hingga Juni 2020 adalah 13.814. Data penjualan Daihatsu Ayla kemudian dianalisis dengan menggunakan data trend persentase penjualan mobil di Indonesia sehingga perkiraan penjualan Daihatsu Ayla sejak Januari hingga Maret adalah 12.433 unit. Oleh karena itu, kita dapat menyimpulkan bahwa Daihatsu Ayla memimpin market share penjualan mobil tipe sejenis yaitu LCGC.

Konklusi

Secara umum, produk mobil di Indonesia memiliki pertumbuhan yang relatif rendah jika dibandingkan dengan negara lain. Oleh karena itu, kedua produk mobil baik Toyota maupun Daihatsu berada pada kuadran Low Market Growth pada BCG-Growth Share Matrix. Toyota memiliki market share terbesar di Indonesia sedangkan Daihatsu menyusul berada di peringkat kedua. Namun, produk Ayla yang dikeluarkan oleh Daihatsu menjadi unggulan para pembeli dengan memimpin pasar LCGC. Agya yang menjadi pesaing Ayla harus duduk di peringkat kedua pada pasar LCGC. Oleh karena itu, persentase market share Toyota secara umum lebih besar dibandingkan Daihatsu. Namun, untuk pasar LCGC, Daihatsu Ayla memiliki market share yang lebih besar jika dibandingkan dengan Toyota Ayla.

Baik Toyota maupun Daihatsu berada pada posisi menengah dari segi harga produk, fasilitas yang ditawarkan, dan penggunaan teknologinya jika dibandingkan dengan produk kendaraan roda empat lainnya. Harga yang murah dan desain mobil yang stylish membawa Agya dan Ayla masuk ke pasar mobil di Indonesia dengan persaingan yang cukup ketat. Tidak hanya ekonomi, melainkan juga estetika dan fitur-fitur yang diberikan oleh kedua mobil tersebut juga cocok dengan kepentingan masyarakat dan kondisi geografi Indonesia sehingga produk tersebut memiliki image tersendiri di kalangan masyarakat terutama di Indonesia.

Referensi

“Bagaimana Nasib Mobil LCGC di Masa Datang? – GAIKINDO.” Diakses 19 September 2020. https://www.gaikindo.or.id/bagaimana-nasib-mobil-lcgc-di-masa-datang/.

Oto. “Daihatsu Ayla vs Toyota Agya - Mana Yang Lebih Baik?” Diakses 19 September 2020. https://www.oto.com/bandingkan-mobil/daihatsu-ayla-and-toyota-agya.

Iman, Mustafa. “Penjualan Mobil Q1 2020: Toyota Raja Domestik, Ekspor Daihatsu Melaju | Good News From Indonesia.” Diakses 19 September 2020. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/05/29/penjualan-mobil-q1-2020-toyota-raja-domestik-ekspor-daihatsu-melaju.

Indonesia, Daihatsu. “Daihatsu Indonesia - Merk Mobil Keluarga Terbaik, Mobil Terlaris 2020.” Daihatsu Indonesia. Diakses 19 September 2020. https://daihatsu.co.id/product/ayla.

Iconomics. “Juni 2020, Penjualan Mobil Kembali Naik,” 15 Juli 2020. http://www.theiconomics.com/accelerated-growth/juni-2020-penjualan-mobil-kembali-naik/.

“Kemenperin: Low Cost Green Car, Picu Idustri Otomotif Dalam Negeri: Syaratnya, Dirakit di Indonesia.” Diakses 19 September 2020. https://kemenperin.go.id/artikel/6437/Low-Cost-Green-Car,-Picu-Idustri-Otomotif-Dalam-Negeri:-Syaratnya,-Dirakit-di-Indonesia.

“Kenapa Mobil LCGC Laku di Indonesia? : Okezone Otomotif.” Diakses 19 September 2020. https://otomotif.okezone.com/read/2017/03/23/15/1649939/kenapa-mobil-lcgc-laku-di-indonesia.

Liputan6.com. “Rapor Penjualan Mobil di ASEAN Tahun 2016.” liputan6.com, 8 Februari 2017. https://www.liputan6.com/otomotif/read/2849723/rapor-penjualan-mobil-di-asean-tahun-2016.

“Mobil murah ramah lingkungan.” Dalam Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, 28 Juni 2020. https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Mobil_murah_ramah_lingkungan&oldid=17119206.

“Penyebab Mobil LCGC Gagal dan Usia Tak Panjang - Otomotif Tempo.co.” Diakses 19 September 2020. https://otomotif.tempo.co/read/1289292/penyebab-mobil-lcgc-gagal-dan-usia-tak-panjang.

“Perbandingan Toyota Agya dan Daihatsu Ayla 2019 - ACC.” Diakses 19 September 2020. https://www.acc.co.id/news/read/perbandingan-toyota-agya-dan-daihatsu-ayla-2019.

Sirait, Santo. “Penjualan Mobil Daihatsu Periode Januari Sampai Juni 2020.” Carmudi Indonesia (blog), 10 Juli 2020. https://www.carmudi.co.id/journal/penjualan-mobil-daihatsu-periode-januari-sampai-juni-2020/.

Oto. “Spesifikasi Daihatsu Ayla 2020 - konfigurasi & Fitur.” Diakses 19 September 2020. https://www.oto.com/mobil-baru/daihatsu/ayla/spesifikasi.

“Topik tentang Wikipedia:Warung Kopi (Bantuan).” Dalam Wikipedia, the free encyclopedia. Diakses 19 September 2020. https://id.wikipedia.org/wiki/Topik:V27dmpawr3otzmaw.

“Toyota Agya - Mobil Kecil Terbaik yang Funky dan Stylish pilihan Millenial.” Diakses 19 September 2020. https://www.toyota.astra.co.id/product/agya.

www.halloriau.com. “Penjualan Toyota Maret Naik Meski Terdampak Corona.” halloriau.com. Diakses 19 September 2020. https://www.halloriau.com/read-toyota-128259-2020-04-08-penjualan-toyota-maret-naik-meski-terdampak-corona.html.


Penulis

  • Francisca Puspalinda

  • Irma Afifah Humaira

  • Muhammad Zaky Z. I.

  • Fathiya Fithratun Nisa


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
Zaky Zulfahmi

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format