Tresemme dan Clear: Persaingan Dua Sampo Berkelas


0

Siapa sih yang tidak mengenal dua produk bermerek terkenal ini? Produk yang sama-sama berasal dari perusahaan terkemuka di dunia yakni Unilever. Seperti yang sudah diketahui bersama, perusahaan multinasional ini menguasai berbagai lini produk seputar kebutuhan rumah tangga kita. Dengan logo U sebagai ciri khasnya yang pasti ada di setiap sudut rumah. Tidak perlu ditanyakan lagi, kualitas dari produk-produk keluaran Unilever, patut diacungi jempol. Di artikel ini akan dibahas dua produk sampo keluaran Unilever, yakni Tresemme dan Clear yang sama-sama menerapkan value driven marketing strategy (menerapkan dan berusaha menciptakan nilai yang mendalam bagi kehidupan pelanggannya).

Sampo Tresemme

Target marketing sampo Tresemme menyasar kalangan menengah ke atas dengan segmen Style Seeker. Tresemme menggunakan dan mengangkat istilah Style Seeker ini ditujukan untuk para wanita yang mencari dan mengutamakan kualitas dan perawatan rambut. PT. Unilever menciptakan brand sampo Tresemme ini diperuntukan bagi wanita Asia, untuk menciptakan dan mengembangkan sampo sebagai produk perawatan rambut indah dan tatanan seperti keluar dari salon setiap harinya. 

Tresemme gencar sekali dalam melakukan aktivitas pemasarannya, salah satunya adalah menjadi official hair care partner dalam ajang Asia’a Next Top Model. Otomatis dengan menjadi sponsor dalam acara ini akan mengangkat branding dari Tresemme ini sendiri. Dan tidak bisa dipungkiri bahwah produk ini memang banyak dicari dan dipakai oleh masyarakat karena brand awareness produk Tresemme dipakai oleh para model kelas dunia. Jadi, Tresemme ini berusaha untuk menanamkan brand awareness “ketika seseorang menginginkan tatanan dan perawatan rambut seperti model maka dengan menggunakan sampo Tresemme adalah solusinya”

Sampo Clear 

Brand sampo Clear berfokus pada perlindungan rambut terhadap ketombe dan perawatan rambut. Inovasi terus dilakukan oleh tim produksi Clear agar produk ini tidak hanya melindungi rambut dari ketombe, namun juga bisa mencegah ketombe untuk datang kembali. Formula-formula terbaru dikembangkan oleh Clear untuk melakukan inovasi produk sampo agar dapat merawat rambut dan kulit rambut secara total dan maksimal. Hal ini dikarenakan permasalahan ketombe rambut adalah yang paling banyak dialami bagi sebagian masyarakat Indonesia. Dengan menawarkan dan memberikan produk sampo anti ketombe ini diharapkan dapat menguatkan pertahanan alami kulit rambut dari ketombe sehingga rambut dapat bersih maksimal dari ketombe.

Selain terus melakukan inovasi pada formula formula sampo, Clear juga melakukan inovasi pada kemasan produknya. Adapun pada awalnya tutup sampo menggunakan metode flip-flop dalam membukanya, namun dengan inovasi terbaru menggunakan metode swipe-up sehingga memudahkan penggunanya. Kemudian Clear juga mengembangkan kemasan lebih ramah lingkungan yakni hanya menggunakan volume plastik 6-10% saja. 

Selain itu, untuk target pasar ini clear menyasarkan kepada kalangan menengah ke bawah. Harganya yang terjangkau membuat produk ini laris terjual. Strategi pemasaran yang digunakan pun cukup menarik, seperti melakukan banyak gerakan, campaign dan menghadirkan brand ambassador Indonesia yang go-internasional yakni Agnes Mo yang memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Sehingga produk ini banyak digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Untuk nilai yang ingin ditanamkan oleh Clear kepada masyarakat adalah ketika seseorang menginginkan rambut bersih tanpa ketombe maka sampo yang harus digunakan adalah Clear.

BCG MATRIX 

TRESemme maupun Clear

(data dari produk home & personal care)

  •  Penjualan bersih 2018 = Rp28.723.176.000.000

  •  Penjualan bersih 2019 = Rp29.862.357.000.000

Tingkat Pertumbuhan Pasar

= [ (Total penjualan tahun kedua – Total penjualan tahun pertama) / Total penjualan tahun pertama ] x 100%                                   

= [ (29.862.357.000.000 – 28.723.176.000.000) / 28.723.176.000.000 ] x 100%

= 3,9%

Pangsa Pasar Relatif

= Volume penjualan tahun pertama TRESemme / Volume penjualan tahun pertama Clear

= 28.723.176.000.000 / 28.723.176.000.000

= 1

 

Target Pasar

Clear merupakan sampo yang memiliki keunggulan dalam menjaga kesehatan rambut dengan mengusir ketombe dan mengontrol minyak yang ada di rambut. Clear menggunakan formula anti-dandruff yang mana formula ini dapat menutrisi kulit kepala sehingga bisa menyeimbangkan kelembapan kulit kepala. Hal tersebut dikarenakan perusahaan ini telah melakukan riset bahwa kulit kepala pria sangat jauh berbeda dengan kulit kepala wanita sehingga cara perawatannya pun berbeda. Kulit kepala pria cenderung lebih mudah berminyak dibandingkan dengan kulit kepala wanita yang cenderung lebih kering. Hal tersebut dikarenakan kulit kepala pria lebih banyak menghasilkan sebum yang dapat memicu munculnya minyak berlebih sedangkan wanita cenderung banyak melakukan perawatan rambut dengan bahan kimia yang dapat membuat rambut wanita rentan akan kekeringan. Sehingga dengan adanya perbedaan kebutuhan antara pria dan wanita, clear membedakan formulasi yang ditawarkannya agar dapat memastikan para konsumennya dapat memiliki rambut sehat yang bebas ketombe. Sampo Clear juga identik dengan sampo yang menawarkan kesegaran dalam penggunaannya, hal tersebut disebabkan karena produk Clear juga ada yang menggunakan formulasi cooling menthol yang mana dapat membawa para konsumennya merasakan sensasi kulit kepala dingin dan segar. Dengan mengetahui kenyataan tersebut, dapat kita lihat bahwa target pasar Clear adalah konsumen yang berada dalam rentang umur remaja dan dewasa. Orang berusia remaja dan dewasa adalah konsumen yang sedang gencar-gencarnya mengalami permasalahan ketombe yang diakibatkan oleh banyaknya aktivitas yang dilakukan. Clear juga menargetkan konsumen berdasarkan kondisi geografisnya. Perusahaan ini mengetahui bahwa negara-negara yang memiliki iklim tropis cenderung mudah mengalami permasalahan ketombe pada rambutnya. Selain itu, jika dibandingkan dengan sampo merek lain, harga yang ditawarkan Clear berada di tengah-tengah yang mana tidak terlalu murah dan tidak juga terlalu mahal.

Sedangkan Tresemme merupakan produk yang terinspirasi dari salon dan telah teruji kualitasnya untuk membantu setiap perempuan menciptakan gaya rambutnya sendiri dan merasakan sensasi rambut indah salon setiap harinya. Tresemme juga memiliki banyak variasi produk yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumennya seperti rambut kering dan rusak, rambut kusut dan kusam, rambut rontok, hingga rambu berketombe. Selain itu, untuk menjaga keindahan rambut, Tresemme tidak hanya mengeluarkan sampo namun perusahaan ini juga mengeluarkan kondisioner, hair spray, dan heat protect spray. Sehingga dari kenyataan yang ada, dapat kita lihat bahwa target pasar yang ingin dikuasai tresemme adalah para wanita yang suka melakukan perawatan rambut akibat tuntutan yang mengharuskan mereka bergonta-ganti gaya rambut, yang mana aktivitas tersebut tentunya akan berdampak terhadap kualitas kesehatan rambut. Selain itu, dengan melihat harga yang ditawarkan oleh tresemme cenderung lebih mahal dibandingkan para kompetitornya sehingga bisa disimpulkan bahwa sampo ini ditujukan untuk masyarakat menengah ke atas. 

Oleh karena itu, target pasar dari kedua merek tersebut berbeda, karena jika kita mencoba menganalisis terdapat perbedaan fokus yang ditawarkan oleh masing-masing merek. 

Referensi:

Fisamawati. 2014. “Tresemme Bidik Segmen Style Seeker” https://marketing.co.id/tresemme-bidik-segmen-style-seeker/ diakses pada 19 September 2020.

Riswandi, Riki, Sugih Prakoso, dan Nurrohmah Fauziah. 2017. “Suatu Tinjauan Strategi Pemasaran Melalui BCG (Boston Consulting Group) Studi Kasus pada PT. Unilever Tbk.” Jurnal Ekonomak, no. 1 (April): 85. diakses pada 19 September 2020.

Tim Kumparan. 2018. “Kelebihan Sampo Clear untuk Perawatan Rambut” https://kumparan.com/abdul-majid/kelebihan-kelebihan-sampo-clear-untuk-perawatan-rambut/full diakses pada 19 September 2020

Tim Clear. https://www.clearhaircare.com/id/perawatan-kulit-kepala/haruskah-pria-dan-wanita-menggunakan-shampo-yang-sama.html diakses pada 19 September 2020

Unilever. Laporan Tahunan. https://www.unilever.co.id/investor-relations/publikasi-perusahaan/laporan-tahunan.html diakses pada 19 September 2020.

Wicaksono. 2018. “Sikat Habis Ketombe dengan CLEAR Generasi Baru” https://marketing.co.id/sikat-habis-ketombe-dengan-clear-generasi-baru/ diakses pada 19 September 2020

Penulis:

Jihan Putri Surya (19/438715/EK/22248)

Lovieko Putra Hidayat (17/411774/EK/21424)

Riski Ani Wahyu Wigati (19/440735/EK/22355)

Yohanika Kurnia Putri (19/439928/EK/22296)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
lovieko

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format