Keinginan Customer menjadi Kunci Bangkit Tidaknya Traveloka di Masa Pandemi

Traveloka sangat terdampak dalam masa pandemi ini. Perlu terobosan baru dan solusi dalam menghadapi masa sulit ini.


0

Traveloka merupakan salah satu perusahaan start-up yang cukup terkemuka di Indonesia. Perusahaan Traveloka bergerak di bidang travel yang menyediakan layanan jual-beli tiket perjalanan hingga penginapan. Adapun analisis 4P dari Perusahaan Traveloka adalah sebagai berikut:

                  Sumber : WordPress.com

  • Product

Layanan jual-beli yang ditawarkan oleh Traveloka antara lain tiket pesawat tujuan domestik maupun internasional, tiket kereta api, tiket bus, jasa sewa mobil, pemesanan kamar hotel, wisata atraksi, hingga voucher kuliner.

  • Place

Perusahaan Traveloka menawarkan jasa pencarian tiket perjalanan melalui situs web www.traveloka.com serta Aplikasi Traveloka yang dapat diunduh di App Store maupun Play Store. Sementara itu, kantor pusat operasional Traveloka berada di Slipi, Jakarta Barat, Indonesia.

  • Price

Harga tiket perjalanan dan penginapan yang ada di Traveloka tergolong murah. Bahkan, harga yang ditawarkan Traveloka seringkali lebih murah jika dibandingkan dengan harga yang ada situs resmi maskapai penerbangan maupun situs resmi hotel. Hal tersebut dapat terjadi karena perusahaan Traveloka telah melakukan negosiasi dan kerja sama dengan perusahaan maskapai penerbangan maupun hotel untuk menggaet konsumen dalam jumlah besar, sehingga akan meningkatkan profit bagi kedua belah pihak.

  • Promotion

Perusahaan Traveloka melakukan promosi melalui media sosial, iklan televisi, billboard jalanan, serta layar pengumuman bandara. Promosi yang dilakukan Traveloka biasanya berupa diskon hingga cashback di akhir pekan maupun akhir tahun.

Traveloka dalam Lingkungan Pemasaran Mikro dan Mikro di Masa Pandemi

Traveloka merupakan perusahaan yang menyediakan layanan atau jasa pemesanan tiket pesawat dan hotel berbasis web dan aplikasi secara daring yang berfokus pada perjalanan domestik di Indonesia. Adanya pandemi covid-19 tentu saja berdampak pada perusahaan ini, mengingat rute penerbangan dan perjalanan antar daerah dibatasi guna meminimalkan penyebaran virus. Lingkungan mikro yang terpengaruh antara lain internal perusahaan yaitu karyawan. Traveloka telah memberhentikan 10% dari jumlah pegawainya seperti dilansir oleh Liputan6.com.

Perantara atau intermediasi juga terpengaruh yaitu maskapai penerbangan dan hotel yang omsetnya turun saat pandemi. Maskapai penerbangan juga memberlakukan pembatasan penumpang dan pembatasan jarak antar tempat duduk sehingga pesawat yang terbang tidak full capacity. Dengan adanya pandemi, kompetitor pun merasakan penurunan omset yang sama dengan traveloka antara lain tiket.com dan pegipegi. Pelanggan merasakan penurunan pendapatan dan mengesampikan rencana untuk berlibur dan menggunakan traveloka. Lingkungan makro seperti demografi, ekonomi, natural, teknologi, politik, dan kultural tentunya juga merasakan dampak dari pandemi. Pada lingkungan demografi generasi baby boomers, generasi X dan milenial lebih mengutamakan bertahan saat pandemi dan kesehatan. Sementara generasi Z yang masih bersekolah menghadapi sekolah daring atau perkuliahan daring. Ekonomi saat pandemi mengalami penurunan dan masuk ke jurang resesi. Baik masyarakat dengan kemampuan ekonomi menengah ke bawah, menengah, dan menengah ke atas sedang berfokus untuk berhemat di kala pandemi. Keadaan natural yang kita tahu akibat pandemi adalah meningkatnya protokol kesehatan seperti penggunaan masker, rutin mencuci tangan, penggunaan hand sanitizer, dan desinfektan lingkungan. Teknologi yang awalnya dapat digunakan untuk pemesanan tiket liburan dan hotel, kini tidak terlalu diminati karena masyarakat berfokus pada kesehatan saat pandemi. Keadaan politik dan sosial yang dihadapi saat pandemi antara lain kebijakan yang berubah-ubah dan ketidakjelasan aparatur negara dalam menghadapi pandemi. Selain itu masih sering terjadinya pelanggaran protokol kesehatan oleh masyarakat. 

Traveloka dalam membangun customer insight selama pandemi

Masa awal terjadinya pandemi, membuat hampir semua orang enggan dan takut untuk bepergian, seperti naik pesawat ataupun untuk melakukan staycation di hotel. Tentu saja hal tersebut memberikan dampak kepada traveloka dan mitranya. Kebanyakan customer dari mereka meminta penjadwalan ulang bahkan ada yang meminta pengembalian dana. Hal ini benar-benar dialami oleh Traveloka ketika pandemi mulai masuk ke Indonesia. Traveloka mendapat banyak permintaan dari para konsumen untuk membantu dalam penjadwalan ulang dan pengembalian dana sehingga Traveloka meningkatkan layanan konsumennya. Mengutip dari katadata.co.id, tercatat sampai dengan tanggal 7 Agustus 2020, Traveloka telah menyelesaikan 90% pengembalian dana dari penggunanya yang sudah terlanjur booking tiket sebelum masa pandemi ini. Persentase tersebut 10 kali meningkat lebih banyak daripada ketika situasi normal.

Sejak ditetapkannya new normal membuat masyarakat mengakali untuk bisa bepergian setelah beberapa bulan hanya bisa melakukan aktivitas dirumah saja apalagi ketika sedang diberlakukannya PSBB. Hal tersebut tentunya sangat membosankan sehingga kebanyakan dari mereka menginginkan bepergian seperti wisata untuk sekedar refreshing dan mengusir rasa bosan tetapi tetap aman. Kondisi membuat Traveloka berinovasi untuk bisa merealisasikan keinginan masyarakat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.  Langkah yang ditempuh oleh Traveloka ketika awal new normal yaitu mengadakan wisata virtual dengan menggandeng para mitranya melalui kanal marketing live streaming dengan tema LIVEstyle Flash Sale dengan memberikan diskon tiket sebesar 50%. Program ini juga sekaligus untuk mempromosikan kembali seperti tempat wisata, hotel serta restoran yang telah tutup selama pandemi ini. Antusiasme penonton program ini tinggi, sehingga membuat  Traveloka untuk mengadakannya beberapa kali dengan menambah mitra-mitranya. Dikutip dari detik.com, bahwa melalui program tersebut terjadi kenaikan lebih 1,100% pemesanan hotel. Hal ini sangat disyukuri oleh pihak Traveloka karena meskipun dengan jumlah tersebut di masa pandemi ini setidaknya dapat membangkitkan keterpurukan hotel-hotel. 

Selain itu, untuk memudahkan para customer dalam mengurus persyaratan bepergian dan menginap, Traveloka juga menyediakan layanan rapid test sehingga customer akan lebih mudah. Dikutip dari The Jakarta Post, dengan seiring berjalannya new normal ini, terdapat survei yang menyebut jika traveloka mengalami kenaikan 16% pada kepercayaan publik dalam mengelola perjalanan dan aktivitas outdoor sekalipun peningkatan itu berbeda jauh dari masa sebelum pandemi.

                                                                                        Sumber : traveloka.com

Solusi agar Traveloka Tetap Bertahan di Masa Pandemi

Traveloka adalah perusahaan teknologi penyedia layanan perjalanan dan gaya hidup berbasis digital terkemuka di Asia Tenggara yang memungkinkan pengguna untuk menemukan dan memesan beragam produk transportasi, akomodasi, dan gaya hidup. Traveloka sangat terdampak dalam masa pandemi ini. Perlu terobosan baru dan solusi dalam menghadapi masa sulit ini. Hal dapat dilakukan Traveloka untuk bertahan saat Pandemi ini adalah memberikan diskon pada tiket yang mereka jual dan juga memberikan voucher pada penggunanya Dan juga membuat terobosan membuat program "bayar sekarang, pakai nanti" dengan disertai benefit yang menarik bagi pengguna. Itulah hal yang sudah dilakukan oleh Traveloka di saat situasi pendemi ini. Sebenarnya Traveloka dapat membuat program penjualan dengan cara mengajak penggunanya untuk ikut membantu korban Pandemi ini dengan cara melakukan transaksi pembelian dengan Traveloka, dan sebagian dari keuntungan Traveloka akan didonasikan kepada tenaga medis dan peralatan kesehatan bagi masyarakat, dengan mempersuasi pengguna dan dikemas dengan menarik, hal tersebut dapat menarik pengguna untuk bertransaksi di Traveloka, sehingga dengan program tersebut Traveloka bisa mendapat pemasukan pada masa sulit ini. Bisa juga dengan mengurangi karyawan pada perusahaan atau merumahkan mereka dalam sementara waktu tetapi akan menyebabkan banyak polemik dan akan menimbulkan masalah pada kemudian hari pada semua pihak

Sumber

Burhan, Fahmi Ahmad. 2020. Traveloka Selesaikan 90% Permintaan Refund Pengguna Akibat Covid-19. Terdapat pada : https://katadata.co.id/febrinaiskana/digital/5f2d03a18ab28/traveloka-selesaikan-90-permintaan-refund-pengguna-akibat-covid-19 Dikutip pada : Sabtu, 26 September 2020

CNN  Indonesia.  2020. Corona, Traveloka Disebut PHK 100 Karyawan. Terdapat pada: https://m.cnnindonesia.com/ekonomi/20200415201320-92-493941/corona-traveloka-disebut-phk-100-karyawan Dikutip pada: Sabtu, 26 September 2020

Fauzia, Mutia. 2020. Kemenkeu Sebut RI Sudah Resesi, Ekonomi Melambat Sejak Kuartal I. Terdapat pada : https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/money/read/2020/09/25/110640226/kemenkeu-sebut-ri-sudah-resesi-ekonomi-melambat-sejak-kuartal-i Dikutip pada: Sabtu, 26 September 2020

Intan, Putu. 2020. Traveloka Gandeng Mitra Lakukan Wisata Virtual Selama Pandemi. Terdapat pada : https://travel.detik.com/travel-news/d-5070388/traveloka-gandeng-mitra-lakukan-wisata-virtual-selama-pandemi Dikutip pada : Sabtu, 26 September 2020

Murdaningsih, Dwi. 2020. Omzet Anjlok 75 Persen Tiket.com Jalankan Strategi Bertahan. Terdapat pada : https://www.google.com/amp/s/m.republika.co.id/amp/q8q9xw368 Dikutip pada : Sabtu, 26 September 2020.

Traveloka. 2020. About Traveloka. Terdapat pada: https://www.traveloka.com/en/about-us Dikutip pada : Sabtu, 26 September 2020

Wira, NI Nyoman. 2020. Public's Confidence in travel, outdoor activities incresing : Traveloka. Terdapat pada  : https://www.thejakartapost.com/travel/2020/08/19/publics-confidence-in-travel-outdoor-activities-increasing-traveloka.html Dikutip pada : Sabtu, 26 September 2020

Penulis 

Ega Bashiela Hartono

Rizqa Zidny Fatimah 

Elia Novita Sari

Ilham Adzaky


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
1
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
Rizqa Zidny

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format