Upaya Bertahan Happy Puppy di Tengah Pandemi COVID-19


0

PT. Imperium Happy Puppy merupakan pelopor tempat karaoke nomor satu di Indonesia telah berdiri selama 28 tahun sejak 1992.  Perusahaan ini berhasil dianugerahi Sertifikat Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai pelopor karaoke keluarga di Indonesia. Konsep usahanya bermula dari mengadaptasi hiburan karaoke asal Jepang dan Korea. Namun, citra hiburan ini masih memiliki stigma  negatif di mata masyarakat akibat maraknya hiburan malam saat itu. Pemilik PT. Imperium Happy Puppy, Susanto, berinisiatif untuk menambahkan unsur kekeluargaan agar mampu menampilkan citra sebagai hiburan yang baik bagi keluarga. Produk yang ditawarkan melalui skema kerja waralaba, antara lain Happy Puppy, Suka Suka, dan Happup.

Harga yang ditawarkan PT. Imperium Happy Puppy sangat beragam bergantung pada ruangan yang dipesan, zona waktu yang dipilih, dan lokasi outletnya. Kisaran harga pada Happy Puppy adalah sebagai berikut.

  1. Small room yang hanya boleh menampung maksimal 4 orang: Rp35.000 – Rp80.000

  2. Medium room yang menampung maksimal 8 orang: Rp45.000 – Rp85.000

  3. Large room yang menampung maksimal 14 orang: Rp65.000 – Rp135.000

  4. VIP room yang menampung maksimal 18 orang: Rp85.000 – Rp170.000

  5. Penthouse room yang menampung maksimal 35 orang: Rp130.000 – Rp260.000

Selain itu, kisaran harga pada Suka Suka, antara lain:

  1. Studio room yang menampung maksimal 3 orang: Rp28.000 – Rp45.000

  2. Small 32 room yang menampung maksimal 6 orang: Rp32.000 – Rp50.000

  3. Small 42 room yang menampung maksimal 6 orang: Rp36.000 – Rp55.000

  4. Medium room yang menampung maksimal 8 orang: Rp44.000 – Rp65.000

  5. Large room yang menampung maksimal 10 orang: Rp56.000 – Rp85.000

  6. VIP room yang menampung maksimal 14 orang: Rp80.000 – 120.000

  7. Royal suite yang menampung maksimal 18 orang: Rp100.000 – Rp Rp150.000

Outlet Happy Puppy tersebar hampir di seluruh Indonesia, meliputi Sumatra, Kalimantan, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sulawesi, Bali, Kupang, Papua, DKI Jakarta, dan Jawa Timur. Upaya promosi yang dilakukan pun cukup beragam dengan memanfaatkan sosial media, seperti Instagram dan Facebook. Selain itu, pemberian promo gencar dilakukan bagi pelanggan yang beruntung dan pengadaan berbagai event menarik. Demi kenyamanan pelanggan dalam memesan tempat, perusahaan ini menyediakan website bernama club.happypuppy.id dengan cara melakukan pendaftaran membership terlebih dahulu. 

Sumber:
https://pusatwaralaba.com/waralaba-happy-puppy/foto-ruangan-gerai-waralaba-happy-puppy/

Konsep Lingkungan Pemasaran Mikro dan Makro

Dalam menjalankan bisnis karaokenya Happy Puppy memiliki struktur organisasi yang jelas sehingga dapat membantu memaksimalkan pekerjaan dalam menyampaikan manfaat kepada para konsumennya. Setiap cabang karaoke yang dimiliki, selalu ada kepala outlet, manajer supervisor, akuntan, admin, IT support, kasir, waiter, dan general affair. Happy Puppy juga bekerja sama dengan beberapa suppliers untuk memberikan komponen-komponen pendukung, diantaranya komputer dan server untuk menghandle sistem, touchscreen di dalam ruangan untuk memilih lagu, mic, perangkat audio visual, bahan-bahan dan peralatan dapur untuk membuat makanan dan minuman, mesin sidik jari untuk presensi, listrik, dan sebagainya. 

Target pasar dari perusahaan Happy Puppy sendiri adalah keluarga yang mempunyai misi untuk menghilangkan image negatif dari bisnis karaoke yang identik dengan tempat club dan hiburan malam. Happy Puppy mampu merubah image negatif tersebut dan menarik para pelanggan yang mayoritasnya adalah para keluarga yang ingin quality time. Selain keluarga, target yang diincar oleh Happy Puppy adalah pekerja kantoran yang biasanya mereka sering merasa jenuh dengan pekerjaan sehingga hiburan karaoke diharapkan dapat membuat mereka merasa lebih enjoy dan dapat meningkatkan efektivitas mereka dalam bekerja.

Dengan adanya fakta tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa perubahan zaman mampu merubah behaviour masyarakatnya sendiri. Kaum milenial dipercaya memiliki gaji yang lebih tinggi dibanding kaum baby boomers. Tentu saja, hal ini berbanding lurus dengan tuntutan pekerjaan yang diberikan. Dengan demikian, tidak heran kejenuhan sering muncul dan membuat setiap orang butuh akan hiburan dan hiburan karaoke merupakan salah satu opsinya.

Selain itu, Happy Puppy sendiri juga melihat adanya perbedaan distribusi pendapatan antar  pelanggan, sehingga menimbulkan inisiatif bagi perusahaan ini untuk memberikan beragam pilihan fasilitas guna pemenuhan kebutuhan pasarnya. Happy Puppy memberikan pilihan ruangan berdasarkan kapasitas dan fasilitas tertentu untuk memanjakan para konsumen dan mampu mempelajari kecenderungan yang dimiliki orang Indonesia dengan mayoritas lebih suka dilayani daripada melakukan self service. Keadaan ini menyebabkan Happy Puppy merekrut lebih banyak pelayan. 

Consumer Insight pada Masa Pandemi

Secara garis besar, consumer insight adalah kemampuan perusahaan dalam mempelajari dan memahami kebutuhan pelanggannya. Dalam dunia bisnis, kemampuan ini wajib dimiliki setiap entitas guna menciptakan hubungan yang saling menguntungkan di antara kedua pihak, yakni pelanggan dan produsen. Sehingga, hal ini menjadi penting untuk diterapkan meskipun pada kenyataannya setiap perusahaan tidak mudah memperoleh informasi tentang apa yang diinginkan dan dibutuhkan calon pelanggannya. Semakin banyak informasi yang baik/relevan, maka akan semakin efektif penggunaan dan pemanfaatan informasi tersebut.

Pandemi Covid-19 saat ini menciptakan banyak perubahan di masyarakat, salah satunya perilaku masyarakat itu sendiri. Mengingat begitu mudahnya penyebaran virus Covid-19 ini, social distancing atau physical distancing menjadi salah satu solusi untuk menekan angka pertumbuhan kasus Covid-19. Situasi ini mengakibatkan aktivitas di dalam rumah menjadi tinggi. Kegiatan di luar rumah, seperti belanja langsung di mal, belajar tatap muka di sekolah/perguruan tinggi, dan nonton film di bioskop menjadi tidak dapat dilakukan. Apalagi yang sifatnya mengumpulkan banyak orang (berkerumun), seperti konser musik di lapangan terbuka. Berdasarkan fenomena ini, maka naiklah minat serta kebutuhan masyarakat untuk menjalankan aktivitasnya secara online, seperti membeli barang melalui online shop, sekolah via online meeting room, hingga streaming film dan main game online di rumah. 

Intinya, hampir semua lini di kehidupan ini terkena dampaknya, mulai dari bidang pendidikan, perekonomian, pariwisata, hingga tempat-tempat hiburan seperti karaoke. Happy Puppy sebagai pelopor tempat karaoke keluarga di Indonesia pun ikut terkena dampaknya. Beberapa minggu sejak adanya kasus Covid-19 di Indonesia, banyak outlet Happy Puppy yang tutup karena permasalahan izin operasi yang mewajibkan menerapkan protokol kesehatan. Setelah tidak beroperasi cukup lama, akhirnya pada bulan Juni lalu beberapa outlet Happy Puppy di Indonesia sudah dapat izin beroperasi. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat seperti mengurangi jumlah orang di dalam ruangan hingga sebesar 50% dari kapasitas biasanya. Meski sudah dibuka kembali, tetap saja pengunjung yang datang masih sedikit. Seperti yang terjadi di salah satu outlet Happy Puppy Samarinda. Pihaknya mengatakan kalau pada waktu normal, pengunjung yang check-in bisa mencapai 70 orang per hari. Sedangkan kondisi pandemi saat ini saja paling banyak 30 orang check-in per hari. Di Jawa Tengah, Koordinator Outlet Happy Puppy mengatakan bahwa selama pandemi ini sangat sepi pengunjung. Beliau turut menambahkan bahwa okupansinya hanya 20-30% saja dan omzetnya turun hingga 60%.

Sumber:
https://radarjogja.jawapos.com/2020/08/11/berlakukan-prokes-secara-ketat/

Solusi Bertahan pada Masa Pandemi

Dalam kondisi pandemi seperti ini beragam solusi kreatif sangat dibutuhkan agar bisnis tetap berjalan dan bertahan. Terlebih lagi untuk bisnis di bidang jasa, seperti Happy Puppy perlu memutar otak agar bisnis tidak mati begitu saja. Untuk itu, kami mencoba memberikan solusi kreatif supaya Happy Puppy tetap bertahan di masa pandemi. Ide yang kami tawarkan, yakni dengan sistem rental paket karaoke-an. Bagi keluarga yang membutuhkan hiburan dan mengurangi interaksi (social distancing),  Happy Puppy bisa menyediakan jasa rental paket sound system untuk karaoke-an di rumah aja. Pun dengan pemesanan rental ini dapat diakses melalui website club.happypuppy.id. Pengantaran rental paket karaoke-an ini dapat bebas biaya dengan maksimal jarak tertentu dari tempat karaoke. Apabila jarak tempuh lebih dari yang ditentukan, maka ongkos pengantaran dapat ditangguhkan kepada pelanggan. Jadi, customer masih bisa menikmati euforia karaoke walaupun di rumah aja. 

Solusi kedua yang kami pikirkan adalah beralih ke bisnis digital yakni dari pihak Happy Puppy membuat atau menyediakan aplikasi, yang mana aplikasi ini mudah diakses melalui  smart TV, laptop, komputer maupun handphone. Pemesanan paket room karaoke dan pembayaran dapat dilakukan melalui aplikasi atau website. Untuk mendapatkan akses masuk ke dalam room, customer terlebih dahulu harus melakukan pembayaran. Kemudian, pihak Happy Puppy memberikan kode referral agar pelanggan memasuki room karaoke online tersebut. Selain itu, teknis karaokenya dapat menggunakan mic dan set alat karaoke pribadi. Dan tentunya dari pihak Happy Puppy sendiri dapat melakukan dan memperbanyak promosi atau iklan-iklan terkait dengan penggantian metode pelayanan dari offline ke online. Dengan demikian, besar kemungkinan bisnis ini akan tetap bertahan dan berjalan.

Referensi: 

Lydia. 2020. Happy Puppy Kembali Dibuka, Bahauddin Ingatkan Tetap Jalankan Protokol Kesehatan. https://www.infosatu.co/happy-puppy-kembali-dibuka-bahauddin-ingatkan-tetap-jalankan-protokol-kesehatan/ diakses pada Minggu, 27 September 2020

Maruli. 2020. Belum Semua Outlet Happy Puppy Beroperasi, Pengunjung dari Luar Samarinda Wajib Bawa Syarat Ini Jika Ingin ke Happy Puppyhttps://korankaltim.com/read/ekonomi-bisnis/32213/belum-semua-outlet-happy-puppy-beroperasi-pengunjung-dari-luar-samarinda-wajib-bawa-syarat-ini-jika-ingin-ke-happy-puppy diakses pada Minggu, 27 September 2020

Tim Radar Jogja. 2020. Berlakukan Prokes secara Ketat. https://radarjogja.jawapos.com/2020/08/11/berlakukan-prokes-secara-ketat/ diakses pada Minggu, 27 September 2020

Website Happy Puppy. (2011). www.happy-puppy.co.id/home.php diakses pada Jumat, 25 September 2020

Yuswohadi. 2020. Dunia Hiburan Terkoyak Pandemi. https://www.yuswohady.com/2020/09/04/dunia-hiburan-terkoyak-pandemi/ diakses pada Jumat, 25 September 2020

Disusun oleh anggota Fifty Shades of Awesome:

1. Jihan Putri Surya

2. Lovieko Putra Hidayat

3. Riski Ani Wahyu Wigati

4. Yohanika Kurnia Putri


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
lovieko

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format