Chappy’s Restaurant (Pembahasan Film Kitchen Nightmares Season 5 Episode 15)

Kitchen Nightmares Season 5 Episode 15


0

Pada awal video kita diberitahukan bahwa Chappy’ restaurant sebelumnya berlokasi di Long Beach, New Orleans, Mississippi dan didirikan pada tahun 1984 dan merupakan restaurant yang terbilang sukses. Namun pada tahun 2005 terjadi badai Katrina yang merusak Chappy Restaurant,sehingga membuat mereka harus pindah ke Nashville,Tennesse. Di Lokasi baru ini Chappy merasa bahwa orang-orang di Nashville tidak mengerti soal makanan yang dibuatnya sehingga tidak menyukai masakan yang disajikannya,namun para staf restaurant beranggapan bahwa Chappy lah yang keras kepala dan tidak mau menerima masukan. Istri Chappy,Star juga merasakan demikian,bahwa suaminya sangat sulit diatur, sehingga ia merasa harus ada yang memberikan masukan agar bisnis nya dapat berkembang untuk mencapai tahap yang lebih tinggi.

Hari pertama Ramsay berkunjung ke restoran ini, ia dikejutkan dengan patung yang sangat aneh serta dekorasi restaurant yang sangat berantakan dan jadul,di hari ini ia bertemu dengan Chappy untuk pertama kalinya dan berbincang-bincang mengenai restaurant, Chappy mengatakan berat baginya saat pertama kali memulai di kota Nashville karena restaurant nya tidak mengusung makanan tradisional Nashville, tapi mengusung makanan dengan tema New Orleans Cuisine. Pada hari ini ramsay memesan makanan  ia melihat menu lalu terheran-heran dengan  menu yang sangat bervariasi serta dikelompokkan tetapi terjadi pengulangan menu antara menu makan siang dan makan malam serta harga yang jauh lebih mahal pada menu malam tetapi tidak ada perubahan dari segi makanan. Ramsay lalu memesan 3 makanan,yaitu fried green tomato,chicken sausage gumbo dan steak lobster rocket,tak ada satu makanan pun yang Ramsay sukai, ia mengatakan kalau green tomato terlalu butter blend, chicken sauge terlampau cair dan tidak hangat dan steak lobster bertekstur kenyal. Namun Chappy membantah semua komentar Ramsay soal masakan buatannya dengan mengatakan kalau Ramsay tidak mengerti soal makanan. Langkah selanjutnya Ramsay pergi secara langsung ke dapur dan mengeluarkan kekesalannya di depan staf dan pemilik restaurant,namun semua dibantah oleh sang pemilik restaurant,mendengar itu Ramsay keluar dari restaurant untuk menghirup udara segar.

Hari kedua Ramsay datang di jam makan malam dan langsung melakukan inspeksi dapur, disana ia kembali dibuat kesal dengan teknik memasak Chappy yang buruk, Oyster yang tidak panas dan penggabungan antara ikan dan daging saat menggoreng, Ramsay menyatakan penggabungan makanan di 1 penggorengan ini tidak hanya menyalahi aturan namun dapat berbahaya bagi konsumen yang alergi terhadap sebuah makanan. Setelah  itu ia melakukan inspeksi gudang dan kembali di buat kesal dan terkejut karena ia menemukan banyak persedian makanan yang sudah kadaluarsa dan ditambah dengan dapur yang berantakan dan kotor,ia memanggil kedua pemillik restoran dan menyampaikan kekesesalan dan kemarahannya terhadap pemilik restoran perihal kondisi gudang,namun kembali lagi semua kritikan Ramsay dibantah,sehingga membuat Ramsay bertambah marah. Karena kesal dengan sikap Chappy, ramsay berbicara empat mata dengan Star, ramsay mengatakan ia tidak bisa membantu jika Chappy terus bersikap keras kepala, Star lalu meyakinkan Ramsay kalau Suaminya dapat berubah dan akan berbicara langsung dengan Chappy

Pada keesokan paginya Ramsay mengumpulkan para staf restaurant dan mengatakan untuk menyampaikan seluruh kritikan mereka terhadap Chappy langsung dihadapan sang pemilik restaurant,pendapat para staf beragam,ada yang mengatakan bahwa masalahnya terletak pada komunikasi,ada yang mengatakan kalau Chappy sangat keras kepala dan kasar,ada juga yang mengatakan kalau Chappy sering menyuruh staf  untuk berbohong kepada konsumen. Ramsay bertanya kepada Chappy apakah ia bisa menerima seluruh masukan para staf dan Chappy mengatakan kalau ia menerima masukan tersebut. Star lalu berbicara dan menyemangati seluruh orang di restaurant untuk merubah Chappy’s restaurant kearah yang lebih baik

Selanjutnya mereka melakukan survey lapangan dan bertanya tanggapan konsumen menganai pengalaman mereka makan di Chappy’s  restaurant,semua narasumber mengatakan kalau punya pendapat buruk terhadap restoran tersebut,setelah mendengar pendapat konsumen,pemilik restaurant merasa pikiran mereka terbuka untuk perubahan.

Selanjutnya Ramsay mendekor ulang seluruh restaurant,baik pakaian staf hingga menu yang dipersingkat. Ramsay juga merekrut seorang Chef profesional untuk membantu Chappy di dapur serta mengajari Chappy bagaimana cara memasak yang benar.

Pada hari ketiga Chappy’s restaurant kembali beroperasi dengan wajah yang baru,pada jam makan siang mereka mendapati banyak sekali konsumen yang berdatangan dan membuat mereka sibuk. Semua kesibukan itu membuat Chappy bingung serta ditambah dengan teknik memasak yang  penuh kedisiplinan membuatnya kewalahan,dikarenakan hal tersebut Chappy kembali menjadi sosok keras kepala,ia tidak mendengar masukan Ramsay sehingga membuat Ramsay menyuruhnya berhenti untuk memasak dan dapur diambil alih oleh chef profesional,barulah semua menu yang dipesan  konsumen dapat dihidangkan dengan baik.

Sebelum Ramsay selesai dengan Chappy’s restaurant ia memberikan beberapa masukan,namun Chappy tetaplah Chappy,tidak lama setelah beberapa hari Ramsay pergi meninggalkan restaurant, semua kembali seperti semula. Menu, cara memasak dan sifat Chappy, Semua kembali seperti semula.

Deskripsi Masalah yang terjadi di Chappy's Restaurant

Manajemen Inventory yang Buruk

Perencanaan proses operasional melibatkan perencanaan kapasitas dan fasilitas. Perencanaan kapasitas berpusat pada nilai beban maksimum yang dapat dioperasikan oleh sebuah bisnis. Kapasitas maksimum dapat mengacu pada input yang disediakan dan dalam kasus Chappy’s berkaitan dengan jumlah inventori. Sedangkan perencanaan fasilitas merupakan strategi perusahaan dalam memenuhi fasilitas utama dan pendukung agar proses produksi dapat terjadi

Kurangnya kontrol berkala terhadap stok dan kondisi inventori

Pengendalian inventory adalah proses menentukan banyak persediaan yang dibutuhkan serta mencatatkan kuantitasnya secara berkala1. Ramsey menemukan apabila beberapa bahan baku Chappy’s tidaklah segar. Padahal apabila karakteristik bahan sudah berubah akan mempengaruhi rasa dan aromanya, sehingga memungkinkan kualitas makanan berkurang. Selain itu, adanya stok bahan baku yang sudah kadaluarsa namun masih disimpan menunjukkan perputaran inventori Chappy’s yang lama dan hal ini dapat diakibatkan oleh tidak tepatnya Chappy’s dalam melakukan strategi pembelian. Terdapat 3 metode yang umum seperti Economic order quantity model (EOQ), Just-in time inventory management (JIT), atau Material requirements planning (MRP)1. Oleh karena itu, Chappy’s dapat menggunakan metode yang sesuai berdasarkan frekuensi kebutuhan bahan baku restaurant.

Fasilitas penyimpanan inventory yang tidak optimal dan kotor

Tempat penyimpanan bahan baku restaurant juga kotor dan dipenuhi dengan kotoran tikus. Hal ini menunjukkan tidak terpenuhinya standar fasilitas inventori, khususnya dalam menjaga kualitas bahan baku dan kebersihannya. Bahkan Chappy’s menggabungkan letak daging yang sudah dimasak dengan daging mentah bersebelahan.

 

Bahan-bahan seperti daging sapi, ikan, ataupun daging ayam merupakan bahan yang memiliki nilai gizi tinggi dan menjadi media potensial untuk pertumbuhan bakteri dan jamur.

 Jumlah jamur pada daging pada perbedaan suhu dan lama penyimpanan (Suhu  kamar(20 sd 350C), Refrigerator (5 sd 70C) dan freezer  (0 sd -50C)2caption

Kualitas makanannya 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Chappy telah sukses memulai bisnis restorannya di Long Beach. Dengan kesuksesannya di masa lampau ini, dia merasa bahwa tidak ada masalah pada kualitas makanan yang ia masak, hal ini disebabkan semua pelanggannya di Long Beach dapat menerima makanan yang ia masak dengan baik. Namun setelah pindah ke Nashville dan membuka restorannya lagi, respon dari pelanggan di Nashville berbeda dengan respon yang diberikan oleh pelanggan-pelanggan dia sebelumnya di Long Beach. Dengan pengalamannya di Long Beach, Chappy’s masih merasa bahwa tidak ada yang salah dari masakan yang ia buat, justru ia menyalahkan para pelanggannya. Hal ini membuatnya tidak bisa menerima masukan dari para pelanggannya tentang kualitas makanan yang ia masak.

Di video ditunjukkan bahwa Ramsey memesan beberapa menu yang terdapat di daftar menu yang diberikan kepadanya. Setiap makanan yang dihidangkan kepada Ramsey, selalu saja ada masalah dari masakannya, mulai dari teksturnya yang buruk, rasanya yang hambar, daging yang alot, kuah yang terlalu encer dan lain-lain. Hal ini menunjukan bukan hanya para pelanggan saja, namun dari chef profesional pun memberikan penilaian yang sama pada masakan Chappy’s.

Strategi harga yang tinggi tidak sebanding dengan value yang diperoleh konsumen 

Selain kualitas makanan, segi pelayanan, ada juga yang dikeluhkan pelanggan adalah harga yang mahal. TJ, pelayan Chappy’s, mengatakan menu makan siang dan makan malam memiliki sajian yang sama, tetapi harga menu makan malamnya tiga kali lipat dari makan siang. Hal ini tidak masuk akal bagi Ramsey karena tidak ada yang berubah terhadap makanannya dengan kenaikan harga yang signifikan.

Hubungan harga dan nilai produk/jasa

Menurut Steffey (2011) dalam website SocialMediaToday menyatakan bahwa semakin sering seseorang membeli atau melakukan transaksi terhadap suatu produk/jasa menunjukkan apabila semakin berharga nilai yang diterima dari produk/jasa tersebut4. Ilustrasi terlihat pada Gambar Y yang mana konsumen harus bisa merasakan dan mengetahui nilai yang mereka peroleh dari sebuah produk. Ketika mereka sudah ke tahap tersebut, akan mudah untuk menjalin hubungan baik dengan konsumen.

Solusi Yang Dapat Diberikan Untuk Chappy's Restaurant

  1. Sebaiknya restoran Chappy menggunakan sebuah sistem untuk mengatur bahan baku yang masuk dan keluar. Hal ini dimaksudkan agar bahan baku yang digunakan bisa selalu fresh. Tanpa pengadaan bahan baku yang tepat, baik jumlah maupun waktu kedatangannya, maka akan berdampak pada rencana produksi yang sudah dibuat. Oleh karena itu, manajemen persediaan sangat penting untuk diterapkan dalam mengelola suatu bisnis.
  2. Melakukan Perencanaan Persediaan. Persediaan yang kurang maupun berlebih akan mengakibatkan kerugian bagi perusahaan. Untuk itu Chappy perlu melakukan perencanaan dalam mengelola perencanaan persediaan barang. Selain untuk mengurangi risiko kerugian, perencanaan persediaan akan membantu pengusaha saat akan melakukan pemesanan barang. Dengan perencanaan yang matang, persediaan barang akan sesuai dengan kebutuhan.

  3. Sebaiknya Chappy memperhitungkan masukan-masukan yang diterima dari orang yang bekerja dan sekitarnya. Dengan menyuarakan pendapat secara bebas, sehingga dapat melihat masalah dari sisi yang berbeda, dan dapat mengidentifikasi, menyelesaikan masalah yang sebenarnya. Selain itu, dengan mendengarkan masukan-masukan dari orang, pemecahan masalah dirasa sebagai usaha bersama sehingga memperkuat kerja sama tim antara pemimpin dan orang yang dipimpinnya.

  4. Skill yang dimiliki oleh Chef dan karyawan yang bertugas di dapur untuk  memasak menjadi permasalahan dari Chappy’s. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan memberikan pelatihan atau training terhadap karyawan sesuai dengan tugasnya, agar kualitas makanan tetap terjamin dan aman untuk dikonsumsi serta kebersihan ruangan dan dapur juga akan selalu diperhatikan. Sumber daya manusia menjadi faktor penting dalam suatu organisasi sehingga dapat memajukan perusahaan sesuai dengan tujuannya.

  5. Membuat struktur organisasi yang jelas di dalam restoran dengan menjabarkan secara detail mengenai tugas-tugas masing-masing. Membuat pertemuan mingguan atau bulanan untuk menemukan masalah dan solusi secara bersama. Melakukan mentoring kepada karyawan-karyawan secara berkala dan memberikan motivasi serta penghargaan.

Referensi

Ferrell, O. C., Hirt, G. A., & Ferrell, L. (2020). Business Foundations A Changing World. New York: McGraw-Hill Education.

 Priharsanti, A. H. (2009). Populasi Bakteri dan Jamur pada Daging Sapi dengan Penyimpanan Suhu Rendah. Sains Peternakan, 66-72.

Peterson, M. (2017, December 6). Create Jobs by Adding Value to Your Community Assets – Part II. Retrieved from University of Arkansas System: https://www.uaex.edu/business-communities/ced-blog/posts/2017/december/Create-Jobs-by-Adding-Value-to-Your-Community-Assets.aspx

Steffey, K. (2011, Juni 8). 10 Ways That You Can Add Value To Your Product Or Service. Retrieved from SocialMediaToday: https://www.socialmediatoday.com/content/10-ways-you-can-add-value-your-product-or-service-0

Anggota Kelompok UNITED STATE OF AWESOME

(1) ARSY ELIA PERTIWI

(2) DESTI PATONAH

(3) DONAL ANRY JAYA SINURAT

(4) FAISAL MALIK WIDYA PRASETYA

(5) RIDHA JULIANSYAH


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format