Harganya Fantastis! Rasakan Liburan di Luar Angkasa

Liburan ke luar angkasa bukanlah impian belaka, lantas apakah Indonesia dapat mencicipinya


0

Liburan ke luar negeri sudah menjadi hal biasa bagi mereka yang berduit. Tapi, pernahkan Anda berpikir bahwa di dunia ini ada liburan yang sangat anti-maintstream, yaitu wisata ke luar angkasa. Ya, sudah ada negara yang mampu menerbangkan pesawat luar angkasa membawa penumpang dengan tujuan berwisata. Wisatawannya pun bukan sembarang orang, yakni biasanya pebisnis kelas atas atau ilmuwan. Hal ini dikarenakan tingginya biaya-biaya untuk menjalankan wisata ini sehingga tarifnya pun ikut tinggi. Di dalam wisata ini, hal yang dijual oleh si penyedia wisata yaitu pengalaman. Pengalaman yang tidak mungkin dirasakan oleh mayoritas orang di dunia, seperti mengambil gambar bumi atau hidup berhari-hari di stasiun luar angkasa atau International Space Station yang biasa disingkat ISS. Orang yang memiliki kemampuan daya beli yang tinggi dibarengi dengan keinginan untuk menjajal pengalaman ke luar angkasa adalah pasar dari bisnis wisata ini. Selain itu bagi seorang ilmuwan, wisata ini dapat menjadi solusi untuk memperlancar risetnya, seperti melakukan riset AIDS dan genom (oleh Mark Shuttleworth), melakukan eksperimen medis buat Badan Antariksa Eropa (Oleh Charles Simonyi), pengujian kamera resolusi tinggi milik Jepang (oleh Charles Simonyi), serta melakukan percobaan ilmiah (Yi So-Yeon melakukan 18 percobaan). Untuk pertama kalinya bisnis ini dilakukan menggunakan pesawat luar angkasa SOYUZ dari Rusia. Meski dari Rusia, wisatawan yang telah menikmati ini tidak hanya dari negara Rusia saja. Berikut adalah daftar turis antariksa menggunakan pesawat SOYUZ dengan tujuan ISS.

Hutahaean, Pardamean. 2010. “BISNIS KOMERSIAL WISATA ANTARIKSA”. Jurnal Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional

Karakterstik Pembeli

Wisata ini tak disangka berhasil mendatangkan antusiasime yang besar. Dilansir dari laman warta ekonomi.co.id, antusiasme ditandai dengan registrasi perjalanan ke luar angkasa oleh pihak Virgin Galatic mencapai 7.957 orang yang tersebar hampir di seluruh dunia.  Pendaftar ini bermunculan setelah uji coba penerbangan dilaksanakan pada tahun 2018. Minat wisatawan yang tinggi disebabkan oleh dua faktor, yaitu personal, psikologi, dan budaya.

Faktor pertama, karakteristik personal terlihat dari situasi ekonomi dan pekerjaan para pendaftarnya. Dengan biaya perjalanan hingga Rp3,6 miliar, tentu saja orang-orang yang mendaftar wisata ke luar angkasa bukanlah orang sembarang. Mereka pasti berasal kalangan konglomerat dengan situasi ekonomi yang memiliki limpahan harta. Selain itu, pelayanan jasa piknik keluar angkasa juga diperuntukan kepada peneliti yang ingin melakukan riset tentang bagaimana kondisi di luar angkasa. Layanan ini bisa dijadikan ajang untuk penelitian dan mendalami teknologi-teknologi baru yang mungkin bisa dikembangkan oleh peneliti.

Faktor kedua, karakteristik psikologi tampak dari sisi motivasi. Berdasarkan teori  Maslow's Hierarchy of Needs, motivasi seseorang didasari oleh tingkatan kebutuhan yang satu persatu dari paling bawah ke paling atas perlu dipenuhi terlebih dahulu terdiri atas psychological needs, safety needs, social needs, esteem needs, dan self actualization. Pendaftar wisata ini diyakini telah memenuhi kelima tingkatan tersebut, yang biasanya orang-orang tersebut secara psikologisnya cenderung membutuhkan pemenuhan kebutuhan yang jauh lebih besar. sehingga mampu untuk melakukan registrasi wisata ke luar angkasa.

Faktor ketiga, karakteristik budaya dapat diidentifikasi dari kelas sosial. Jasa piknik ke luar angkasa lebih diperuntukkan untuk orang-orang yang berada di kelas sosial atas atau upper upper class berdasarkan kelas sosial yang ada di Amerika. Hal ini dapat djumpai pada pelanggan layanan ini yang memiliki kekayaan melimpah dan termasuk orang berpengaruh di dunia, misalnya Dennis Tito sebagai turis pertama wisata ke luar angkasa merupakan seorang pebisnis dan ilmuwan.

Dennis Tito, turis pertama wisata ke luar angkasa pada tahun 2001

sumber: https://www.bbc.com/news/science-environment-13208329

Pengambilan Keputusan

Pembeli wisata ke luar angkasa mengambil keputusan setelah melalui lima tahapan, yaitu need recognition (pengakuan kebutuhan), information search (pencarian informasi), evaluation of alternatives (mengevaluasi beberapa alternatif), purchase decision (keputusan pembelian), dan postpurchase behavior (perilaku setelah pembelian).

Pertama, pembeli menyadari bahwa mereka ingin merasakan pengalaman langka untuk berkunjung ke luar angkasa sekaligus melakukan liburan.

Kedua, pencarian informasi dilakukan terkait wisata ke luar angkasa, meliputi perusahaan mana saja yang menyediakan layanan ini, berapa biaya yang harus dilakukan, bagaimana prosedur registrasi, apakah perlu dilakukan tes kesehatan, dan lain lain.

Ketiga, penyedia layanan perjalanan ke luar angkasa ada tiga perusahaan, yaitu Virgin Galatic, Blue Origin, dan Space X. Selain itu, layanan yang ditawarkan ketiga perusahaan ini cukup beragam, misalnya Virgin Galatic menyediakan perjalanan satu malam dan perjalanan satu minggu. Calon pelanggan akan mengevaluasi ketiga pilihan perusahaan dan layanan yang ingin diambil.

Keempat, keputusan di antara pilihan yang tersedia perlu ditetapkan, misalnya pembeli memutuskan untuk menggunakan layanan wisata ke luar angkasa selama satu minggu yang diajukan oleh Virgin Galatic.

Terakhir, bagaimana perilaku pelanggan setelah terjadi pembelian. Contohnya adalah pelanggan merasa puas akan perjalanan yang dia laksanakan, tetapi pembelian wisata ke luar angkasa cukup sekali dilakukan.

sumber:https://fntalk.com/tech/virgin-galactic-rocket-launch-aims-for-edge-of-space-in-test-flight-today-four-years-after-pilot-died-in-catastrophic-breakup/

Interor kabin pesawat yang dimiliki oleh Virgin Galatic

sumber: https://observer.com/2020/07/virgin-galactic-spaceship-cabin-design-reveal/

The Environment of Market : Analisis Marketing Mix 4P

Pemasaran pada prinsipnya adalah “menjual produk yang tepat, di tempat yang tepat, di waktu yang tepat dan dengan harga yang tepat”. Dengan melakukan analisis pada lingkungan pemasaran (the environment of market) maka akan meningkatkan performa suatu bisnis yang dijalankan. Berikut kami mencoba menganalisis the environment of market dengan membedah variabel marketing mix 4P yakni Product, Price, Promotion dan Place. Disini kami mencoba untuk menganalisis  variabel dari marketing mix 4P sebagai berikut,

Product 

Untuk saat ini pembicaraan mengenai piknik ke luar angkasa mungkin masih awam bagi masyarakat Indonesia. Namun siapa sangka bahwa ada pihak pihak seperti Blue Origin, Virgin Galactic dan Spacex sudah merencanakan bahkan sudah menjual tiket untuk wisata ke luar angkasa ini. Paket wisata anti mainstream ini menawarkan kepada wisatawan untuk merasakan pengalaman penerbangan luar angkasa. Jadi, untuk siapapun yang menginginkan wisata ke luar angkasa  sudah bukan hanya angan angan belaka dan yang pasti dapat terealisasikan! Jika usaha paket wisata ini dibuka di Indonesia maka kemungkinan akan menggaet keuntungan yang sangat besar. Karena akan banyak orang (dari segmentasi atas) tertarik untuk mencoba dan  merasakan sensasi perjalanan ke luar angkasa ini. 

Price 

Untuk dapat menikmati piknik  ke luar angkasa ini memanglah tidak murah. Namun hal ini sebanding dengan biaya yang dikeluarkan untuk penelitian yang dilakukan oleh para ilmuan, penggunaan pesawat terbang, bahan bakar, fasilitas, pengalaman yang akan didapat dll. Segmentasi pasar dari piknik ke luar angkasa ini memang ditujukan untuk masyarakat kelas atas, dimana mereka cenderung akan memenuhi kebutuhan kepuasan dirinya. Dengan dibukanya piknik ke luar angkasa ini di Indonesia maka masyarakat kelas atas dapat melakukan dan mencoba piknik yang anti mainstream ini untuk pemenuhan self actualization need mereka. Untuk segi harga, perusahaan di luar negeri membandrol dengan harga yang berbeda beda.  Piknik ini dibandrol dengan harga bervariasi karena tergantung berapa penumpang yang ikut serta, fasilitas, dan biaya yang digunakan dan dikeluarkan. Sebagai contoh perusahaan swasta Blue Origin memberi bandrol 3-4,5 miliar sedangkan untuk Virgin Atlantic membandrol dengan 3,7 miliar. 

Promotion 

Untuk segi promosi piknik ke luar angkasa ini belum dipromosikan secara menyeluruh di social media, hanya menggunakan situs web dan melalui pengumuman dari perusahaan penyelenggara piknik ini.  Melalui beberapa daftar artis dunia yang masuk dalam penerbangan seperti Lady Gaga, Ashton Kutcher, Angelina Jolie, Katty Perry ini diharapkan dapat meng influence masyarakat agar tertarik mencoba dan mendaftarkan diri untuk piknik perjalanan luar angkasa. Seperti yang kita tahu bahwa ketika kita membawa atau menggaet bintang nama yang terkenal (influencer) maka dengan  produk yang kita tawarkan dan jual akan dengan mudah untuk diterima masyarakat dan akan banyak dari masyarakat yang akan mengikuti para influencer tersebut.

Place 

Penawaran paket wisata luar angkasa ini adalah hal yang sangat baru bagi masyarakat dunia terlebih lagi di Indonesia. Dari pihak NASA mengizinkan masyarakat umum tinggal di International Space Station (ISS) dengan durasi waktu maksimal 30 hari. Bagi masyarakat yang tertarik dan mampu untuk melakukan perjalanan ini, NASA membuka kesempatan untuk ini. Hal ini tentunya menarik karena perjalanan ini adalah perjalanan piknik ke luar angkasa yang langka dan masyarakat akan mendapatkan pengalaman yang sungguh luar biasa.

sumber:https://www.researchgate.net/figure/Factors-Influencing-Consumer-Behavior-Source-Kotler-and-Armstrong-2012_fig2_335173755

Pengembangan ke Indonesia 

Untuk mengembangkan bisnis ini ke Indonesia mungkin terasa agak sulit, karena mayoritas masyarakat Indonesia jika dilihat dari sisi psikologisnya cenderung banyak yang masih dalam tahap memenuhi kebutuhan dasarnya, sehingga untuk mengakali fakta tersebut kita bisa membuat pameran dengan memberikan sensasi luar angkasa kepada masyarakat Indonesia. Kita bisa membuat planetarium dan observatorium yang menyuguhkan sensasi yang sama dengan ekspektasi masyarakat terhadap luar angkasa dengan memberikan pertunjukan simulasi langit, menciptakan pameran yang bisa kita isi dengan beraneka peraga astronomi, menampilkan film astronomi guna memberikan wawasan ilmu pengetahun tentang benda-benda langit, dan memberikan interior yang identik dengan ruang angkasa. Sehingga masyarakat yang memiliki kemampuan ekonomi menengah juga bisa merasakan sensasi liburan keluar angkasa dengan budget yang ringan di kantong. Namun jasa piknik keluar angkasa masih bisa ditawarkan kepada para kaum eksklusif di Indonesia, tentunya dengan beberapa pendekatan khusus yang dapat menarik para kaum eksklusif. Baik dari segi harga, promo yang ditawarkan, aplikasi untuk mempermudah pengaksesan, dan lokasi utama untuk melakukan penerbangannya. Selain itu perusahaan jasa layanan piknik ke luar angkasa dapat melakukan riset kepada para penumpang yang sudah merasakan layanan yang diberikan oleh perusahaan ini sehingga kita bisa mengevaluasi layanan yang telah diberikan. Strategi lainnya kita bisa memberikan buah tangan kepada orang-orang yang berkunjung ke luar angkasa tersebut.

Sumber

Syahrianto, Muhammad. 2020. “Wow! Tak Disangka Peminat Wisata Luar Angkasa Jumlahnya Membludak hingga Ribuan.” Warta Ekonomi, 26 Februari 2020. Diakses pada 2 Oktober 2020. https://www.wartaekonomi.co.id/read273850/news_post.php

Jihan Putri Surya

Lovieko Putra Hidayat

Riski Ani Wahyu W

Yohanika Kurnia Putri


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
Yohanika22

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format