Kitchen Nightmares – Sebastians Restaurant, Percaya Diri Pembawa Kegagalan

Memiliki sebuah restaurant sendiri dengan modal yang kuat tidak serta merta membawa kesuksesan akibat tidak di iringi dengan kapabilitas dan sifat buruk pemiliknya.


0

Dalam episode Kitchen Nightmares kali ini, Chef Gordon Ramsay mengunjungi Sebastian’s Restaurant di Toluca Lake California, didirikan oleh Sebastian Di Modica yang berprofesi sebagai seorang aktor paruh waktu. Dalam memperkenalkan dirinya, Sebastian adalah seorang koki otodidak dan semua pelatihan formal yang dia miliki diajarkan oleh ibunya sejak dini. Menurut sebastian, restorannya terkenal dengan pizza berbahan bakar kayu dan “konsep menu” yang sangat rumit dan unik. Sebastian De Modica menganggap dirinya sebagai orang yang mudah untuk bekerja dengannya, memiliki selera sempurna untuk pekerjaan yang tepat dan telah memecat 49 orang setahun terakhir dikarenakan sifatnya yang mood-swing. Namun, menurut stafnya dia adalah orang yang sangat sulit untuk bekerja sama. Akibatnya restoran itu mengalami kerugian besar sehingga membutuhkan Chef Gordon Ramsay. Sebastian membangun restoran ini bersama dengan istrinya dimana istrinya menginvestasikan dana sebesar $300 ribu.

Setibanya Gordon Ramsay di restoran, dia tidak suka dengan penampilan restoran yang dia anggap norak. Sebastian memperkenalkan menu di restoran yang sangat unik dengan konsep “20 gourmet flavor combinations” (pelanggan dapat memilih rasa gourmet yang berbeda) kepada Gordon. Gordon melihat menu dengan foto makanan yang tampak mengerikan yang sebastian ambil sendiri. Setelah itu gordon memesan makanan Calamari, Steak Strip New York dan Pizza  dan mencobanya, menurut gordon makanannya tidak enak, tidak fresh yang tidak sesuai dengan omongan sebastian, makanannya seperti makan kulit tas.

Selanjtnya Gordon tiba pada saat jam makan malam dan melihat staf atau pelayannya berjuang dengan memberi tahu pelanggan menu unik. Gordon masuk ke dalam freezer dan mengetahui 80% makanan dibekukan atau makanan beku. Dalam upayanya untuk mengesankan Gordon, Sebastian meminta juru masak Lou untuk mengambil beberapa bahan makanan lain dan mulai mengerjakan salad dan mengklaim dia bisa memasak apa pun yang dilemparkan kepadanya. Sial baginya, seorang pelanggan menemukan rambut dalam salad dan Sebastian memberikan lebih dari $ 300 senilai makanan secara gratis. Setelah layanan makan malam, Gordon memberi tahu Sebastian bahwa 95% makanan yang disajikan adalah makanan beku. Sebastian menjawab bahwa dia senang selama pelanggan memesan makanan dan dia sendiri dapat pergi dan bertemu pelanggan. Gordon duduk bersama staf dan sebastian dan memberi tahu mereka bahwa mereka perlu fokus pada oven pembakaran kayu dan Pizza buatan sendiri dan jika mereka melakukannya sendiri, restoran akan berhasil. Dia juga membawa dua tosser Pizza profesional yang melatih para staf untuk dapat membuat Pizza sendiri. Dalam semalam restoran mendapat makeover yang disukai seluruh staf. Gordon juga meluncurkan alat pembuat adonan Pizza baru yang membuat Lou menangis. Gordon juga berbagi menu baru dengan Sebastian dan staf yang jelas-jelas membuat Sebastian kesal. Dia tidak terlihat senang sama sekali dengan perubahan menu dan mengklaim bahwa tidak ada yang unik dalam menu yang disarankan.

Secara kebetulan, re-launching Sebastian’s Restaurant bertepatan dengan Academy Awards, ,karenanya, Gordon meluncurkan karpet merah di depan restoran. Restoran semakin penuh dalam waktu singkat. Namun hal ini tidak membuat Sebastian senang, Sebastian berdiri di sana dan dia mulai berteriak dan berteriak kepada stafnya memnyatakan bahwa ini adalah restorannya. Gordon memintanya untuk tetap tenang dan mengendalikan dapur, yang dilakukan Sebastian justru pergi ke kantornya sementara dapur sibuk dengan pesanan pelanggan.

Sementara itu, menu sederhana baru sangat populer dan pelanggan menyukai Pizza dengan bahan yang segar dan hidangan lainnya yang mereka disajikan. Melihat situasi ini Sebastian semakin kehilangan kendali dan ingin kembali ke menu lama, karena dia merasa apa yang dilakukan Gordon melukai kredibilitasnya di mata para staf. Pada akhir episode tersebut diceritakan akhirnya Sebastian merasa sadar bahwa apa yang dilakukan Gordon benar.

Namun kami melihat permasalahan yang ada di restoran sebastian cukup luas dan hal ini diakui oleh gordon ramsay. Berikut rincian permasalahan yang ada di restoran sebastian:

  1. Akar masalah dari restoran Sebastian’s adalah sang pemilik yang dapat tidak capable untuk menjalankan bisnisnya, dimana dia merasa mampu untuk dapat melakukan semuanya sendiri dengan apa yang di yakini benar padahal sebenarnya tidak.
  2. Menu yang ada di restoran sebastian sangat membingungkan. Sehingga membuat pelanggan bingung untuk memilih makanannya.
  3. Pihak pengelola restoran yaitu Sebastian Di Modica memiliki sifat yang egois dan arogan dalam menanggapi komentar dari staf dan pelanggan, akibatnya kualitas makanan tidak terjaga.
  4. Bahan baku makanan yang dijadikan menu di restoran sebastian adalah makanan beku atau dibekukan sehingga memiliki kualitas yang sangat buruk.

Melihat kondisi diatas kami mencoba melakukan analisa dan memerikan solusi sebagai berikut, yaitu:

  1. Pemilik restoran pertama-tama harus menyadari bahwa yang dia yakini benar bukanlah apa yang konsumen inginkan, dan hal ini adalah yang tersulit karena karakter Sebastian yang yang sangat self-minded dan sulit menerima kritik ataupun masukan.
  2. Sebaiknya sebastian mendengarkan masukan dari stafnya dan sekitar. Sehingga dapat melihat kekuran yang sebenarnya. Selain itu dapat memecahkan masalah yang terdapat di restoran ini. Membuat list apa saja yang harus di lakukan dan apa yang sebaiknya di tinggalkan bisa menjadi awal Sebastian memperbaiki restaurannya. Dimana sebenarnya dia memiliki modal yang kuat dari sang istri yang kaya.
  3. Bahan baku yang akan di sajikan menggunakan bahan baku fresh dan melakukan perencanaan persediaanya untuk tidak mengakibat kan kerugian bagi perusahaan dan juga dapat meningkat kualitas dari makanannya, dalam hal ini manajemen bahan baku yang di miliki Sebastian tidaklah sangat buruk, dia bermain aman dengan menggunakan bahan-bahan frozen. Namun dengan resources dari modal yang dia miliki seharusnya dapat dimaksimalkan dengan bahan baku yang berkualitas, karena hal tersebut dapat mempengaruhi rasa dari menu yang dia sajikan. Dengan modal yang kuat Sebastian dapat merekrut seorang yang ahli di bidang supply chain yang mengerti mengenai Inventory Management dan Material-Requirements Planning restaurant agar memastikan bahan baku yang di sediakan selalu dalam keadaan fresh.
  4. Menu yang ada di restoran sebastian di ganti sesuai dengan keinginan pelanggan yang dimana dapat memudahkan pelanggan dalam memilih pesan, dimana hal ini dapat dilakukan dengan melakukan riset pasar dimana restorannya berada, berada di California yang sangat dinamis dan beragam sebenarnya sudah sebuah keuntungan bagi Sebastian dimana keinginan dia untuk dapat membuat menu yang unik dapat lebih bisa diterima. Namun yang perlu diperhatikan adalah kebutuhan pasar dimana di daerah dengan penduduk yang sangat dinamis akan enggan untuk memikirkan nama menu yang sulit dan rumit sebaliknya dengan menu yang unik namun dengan penampilan visual yang menarik dan nama yang simpel namun eye-cathing dapat menarik perhatian.
  5. Harus disadari bahwa skill yang dimiliki oleh Sebastian dalam memasak sangat tidak capable untuk menjadi koki utama di restoran, dalam hal ini jika Sebastian bercita-cita menjadi koki untuk restaurant nya sendiri dia bisa memulai dengan hal terkecil seperti membantu karyawannya untuk melayani pelanggan, mengetahui kemampuannya yang terbatas juga dapat membuatnya memiliki keinginan untuk belajar kepada kokiyang lebih berpengalaman dan hal tersebut hanya dapat dilakukan jika Sebastian sadar dan mau membuka diri.

Sumber :

Youtube : Kitchen Nightmares

Gambar : https://mandalyn.wordpress.com/tag/sebastians/

Disusun Oleh :

Hary Sudarsono

Kusuma Widya Tantri

Ibnu Suhartanto

Fitria Silviana

Sebastian's | Season 1 Episode 6 | Kitchen Nightmares USA (Uncensored)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
1
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
1
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format