KONSEP ALTERNATIF BISNIS DAN JABATAN BARU UNTUK MENGANTISIPASI PHK DI HOTEL HILTON


0

Hilton Worldwide Holdings Inc., sebelumnya Hilton Hotels Corporation, adalah perusahaan perhotelan multinasional Amerika yang mengelola dan mewaralabakan portofolio hotel dan resort. Hilton berkantor pusat di Tysons Corner, Virginia. Per 30 Juni 2020, Hilton memiliki 6.215 properti dengan 983.465 kamar di 118 negara dan wilayah, termasuk 690 yang dikelola dan 5.405 yang diwaralabakan dengan gabungan properti yang dikelola dan diwaralabakan memiliki total 953.946 kamar. Selain itu terdapat 65 properti yang dimiliki atau disewa yaitu 57 properti yang dimiliki atau disewa seluruhnya, satu dimiliki oleh entitas yang tidak dimiliki sepenuhnya secara konsolidasi, dua yang disewa oleh entitas variable interest entities(VIE) dan lima yang dimiliki atau disewa oleh afiliasi yang tidak terkonsolidasi.

Hilton memiliki 18 merek di berbagai segmen pasar, antara lain Conrad Hotels & Resorts, Canopy by Hilton, Curio – A Collection by Hilton, Hilton Hotels & Resorts, DoubleTree by Hilton, Embassy Suites Hotels, Hilton Garden Inn, Hampton by Hilton, Homewood Suites by Hilton, Home2 Suites by Hilton, Hilton Grand Vacations, LXR Hotels and Resorts by Hilton, Waldorf Astoria Hotels & Resorts, Signia by Hilton, Tru by Hilton, Tapestry Collection by Hilton, Tempo by Hilton and Motto by Hilton.

Konsep yang ditawarkan oleh Hilton Hotels adalah melalui pendekatan produk, fasilitas dan layanan inovatif yang kemudian membuat Hilton Hotels menjadi salah satu hotel yang terkemuka di dunia. Pada tahun 1927, Hilton membuka hotel pertamanya yang diberi nama Waco Hotel dengan fasilitas pendingin udara (AC) dan pendingin air di ruang publik. Roosevelt Hilton yang terletak di New York menjadi hotel pertama di dunia yang menyediakan televisi di kamar tamu. Perkembangan yang dicapai Hilton semakin tinggi. Hal ini tak khayal karena Hilton selalu memberikan inovasi terbaru dalam bisnis perhotelan. Selanjutnya pada tahun 1948, Hilton menjadi perusahaan di bidang perhotelan pertama yang memperkenalkan sistem multi-reservasi hotel, yang merupakan awal berkembangnya sistem reservasi hotel yang dilakukan saat ini.


EFEK COVID-19

Sektor perhotelan sangat terguncang dengan COVID-19 yang terus menyebar ke seluruh dunia. Hal ini berdampak langsung pada tingkat hunian (occupancy rate) dan pendapatan hotel yang dapat dicapai hotel per kamar yang tersedia karena negara-negara di seluruh dunia memberlakukan larangan perjalanan, karantina wilayah, dan mengisolasi warganya yang terinfeksi dalam upaya menghentikan penyebaran virus. 

Sejak pandemi COVID-19 mulai meningkat pada pertengahan Februari di Amerika Serikat, hotel telah kehilangan lebih dari $ 46 Miliar pendapatan kamar. Hotel kehilangan pendapatan kamar hingga $ 400 juta per hari berdasarkan tingkat hunian dan tren pendapatan saat ini. STR Tourism Economics memprediksikan industry hotel kehilangan pendapatan hingga lebih dari 50% pada tahun 2020. The Bureau of Labor Statistics Amerika juga melaporkan bahwa 4,8 Juta pekerja kehilangan pekerjaan pada industry hospitality. Beberapa hotel di Amerika juga telah memprediksikan tingkat hunian (occupancy rate) dibawah 20%, yang mana pada kondisi tingkat hunian dibawah 35% hotel hotel diprediksikan akan tutup dan akan menyebabkan banyak indsutri kecil yang berdampak akan hal tersebut. Selain itu, STR melaporkan bahwa operating profits pada industry perhotelan diprediksikan turun 105% dibanding tahun sebelumnya. 

Di Amerika, industri perhotelan mendukung hampir 8,3 Juta pekerjaan. Dengan kondisi pandemi COVID-19 dan penurunan drastis occupancy rates akan mengarah pada tingkat PHK yang tinggi. Oxford Economic Study Data memprediksikan hampir 4 Juta pekerja akan terdampak baik pada industry perhotelan langsung atau industri terkait. 

Jaringan Hotel Hilton telah melakukan PHK terhadap 2.100 karyawannya. Hal tersebut dilakukan karena Hilton mengalami tekanan finansial akibat COVID-19. Sebelum memutuskan untuk memberhentikan karyawannya, Hilton telah memberikan cuti tanpa dibayar (unpaid leave) bagi karyawannya selama 90 hari serta memberlakukan pemotongan gaji bagi para eksekutif pada akhir Maret lalu. Jam kerja operasional hotel dan karyawan pun turut dikurangi.

Di era New Normal saat ini beberapa aktifitas sudah dapat dilakukan. Salah satunya adalah berjalannya kembali industri perhotelan namun dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Setiap tamu akan dilakukan pengukuran suhu, wajib menggunakan masker, tersedianya fasilitas sanitasi yang memadai, prosedur pembersihan yang lebih ketat terhadap kamar dan fasilitas hotel lain, dan protokol kesehatan lain yang diperlukan untuk memastikan setiap pengunjung hotel merasa nyaman dan aman. Pulihnya kembali indsutri perhotelan di era new normal sudah tampak terlihat di China sebagai negara yang pertama mampu menstabilkan kondisi negaranya dari dampak COVID-19. Sampai saat ini 87% hotel di China telah buka dan occupancy rate mulai meningkat. 

Situasi pandemi COVID-19 memberikan tantangan bagi industri perhotelan untuk dapat bertahan. Strategi Sumber Daya Manusia adalah salah satu hal yang perlu direview kembali untuk dapat membawa perusahaan terhindar dari potensi gelombang PHK. Karyawan hotel merupakan jantung utama industri perhotelan. Memberlakukan strategi yang lebih baik perlu dilakukan untuk mengatasi masalah retensi staf dalam keadaan seperti saat ini, di mana aktivitas bisnis dapat secara tiba-tiba terhenti. 


PEMBAHASAN

Strategi yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan diversifikasi orientasi bisnis baru yang tidak hanya mengandalkan tingkat hunian kamar namun dapat dilakukan dengan pengembangan pada sektor bisnis lainnya yang berkaitan dengan industri perhotelan. Di era New Normal ini Hilton harus menerpakan protokol kesehatan untuk menjaga kenyamanan tamu, memastikan bahwa Hilton bukan tempat penyebaran COVID-19 serta sebagai promosi baru bagi Hilton untuk menarik tamu untuk menginap di Hilton. Hal tersebut perlu dilakukan untuk dapat meningkatkan occupancy rate sehingga Hilton tidak terbebani dengan beban operasional dan beban keuangan. Untuk itu jabatan baru yang dapat diciptakan Hilton agar dapat menahan gelombang PHK karyawan serta memastikan operasional Hotel berjalan dengan baik.

Berikut adalah Job yang dapat menjadi alternatif untuk menahan gelombang PHK yang terjadi di sektor Pariwisata dan Perhotelan :

  • Perkuatan Fungsi K3 dan Kesehatan.

Bertanggungjawab memastikan Pelayanan dengan Protokol Covid-19 yang ketat dan terukur untuk memastikan tidak ada penyebaran Covid-19, dengan Job Description sebagai berikut :

Health Screeners 

Job Title

:

Health Screeners

Job Loaction

:

Hilton Hotel Property

Job Summary

:

Menyapa, menyaring dan menanyakan pertanyaan terkait kesehatan kepada semua orang yang memasuki properti Hilton. Fungsi ini untuk memastikan bahwa Hilton Properti adalah lingkungan yang aman dan sehat untuk semua orang baik tamu maupun karyawan

Reporting To

:

Executive Asst. Manager

Working Conditions

:

Posisi ini bekerja di lingkungan Hotel dan sering berhubungan dengan tamu dan karyawan. Karena risiko paparan, penggunaan pelindung diri peralatan (APD) diperlukan untuk posisi ini. Health Screeners COVID-19 akan berfungsi mendeteksi kemungkinan paparan COVID-19 yang berpotensi tinggi. Dengan risiko kesehatan terkait maka haru mempertimbangkan risiko ini sebelum menerima posisi ini. 

Job Duties

:

-) Menanyakan pertanyaan terkait kesehatan dan pertanyaan terkait protokol kesehatan 

-) Menggunakan alat untuk mengukur suhu tubuh tamu atau karyawan

-) Mengevalusasi hasil suhu tubuh dan menentukan protokol kesehatan selanjutanya yang harus dijalankan

-) Memastikan setiap orang menggunakan masker atau APD sebelum memasuki lingkungan Hotel

-) Menjawab semua pertanyaan yang ditanyakan tamu

-) Menggunakan selalu APD dan melakukan prosedur pencegahan COVID019 

-) Memastikan setiap tamu dan karyawan mensanitasi diri sebelum memasuki area Hotel

-) Menyapa semua orang yang datang baik tamu maupun karyawan

-) Pekerjaan lain yang akan ditugaskan

Education

:

SMA Sederajat

Experience

:

Tidak diperlukan pengalaman, akan diberikan On the Job Training

Skills

:

-) Memiliki interpersonal skills untuk berinteraksi dengan tamu

-) Kemampuan untuk konsisten menjalankan protokol COVID-19

-) Kemampuan interpersonal dan pelayanan pelanggan yang ekselen

-) Memiliki kemampuan berbahasa Inggris 

-) Memiliki kemampuan untuk menyampaikan informasi yang berkaitan dengan pertanyaan tamu

-) Memiliki kemampuan untuk bekerja tanpa distraksi

Recruitment Process

:

Rekrutment ditujukan kepada karyawan Hilton yang terdampak karena turunnya Occupany Hotel

Proses Seleksi:

-) Interview – Dilakukan oleh bagian HR

-) Tes – Menilai kemampuan dan kinerja digunakan untuk menentukan apakah pelamar memiliki keterampilan yang diperlukan untuk pekerjaan itu

-) Tes Kesehatan – Pemeriksaan fisik untuk menentukan kesesuaian mereka terhadap pekerjaan termasuk tes narkoba

Developing the Workforce

:

-) Training dilakukan dengan cara On the Job Training

-) Penilaian Kinerja dan Mentoring akan dilakukan setiap sebulan sekali oleh Executive Asst. Manager

Work Hour

:

40 Jam per Minggu

Compensation

:

Rp 5.000.000,-

Benefits

:

-) Plafon Kesehatan

-) Cuti Dibayar

-) Cuti Haid

-) BPJS Kesehatan dan BPJS TK

-) Lembur

  • Inovasi digital Perhotelan

Bertanggungjawab menciptakan inovasi terbaru untuk meningkatkan pendapatan (revenue) perusahaan yang berbasis teknologi, dengan Job Description sebagai berikut:

Job Title

:

Terdiri dari 1 tim : 

-) Perumus ide 

-) Perekam video 

-) Pengedit video

-) Penerjemah 

-) Talent-talent, salah satunya yaitu host 

-) Pemasaran

Yang nantinya akan diupload di platform digital

Job Location

:

Hilton Bali Resort (Bali), Hilton Bandung (Bandung), Conrad Bali (Bali), Hilton Garden Inn Bali Ngurah Rai Airport (Bali), DoubleTree by Hilton Surabaya (Surabaya) dan DoubleTree by Hilton Hotel Jakarta – Diponegoro (Jakarta)

Job Summary

:

-) Perumus ide : menciptakan ide yang akan diangkat dan penyusunan konsep, seperti: room tour hotel (bisa ditunjukan fasilitas hotel, tipe kamar hotel dan fasilitas di dalam kamar, informasi mengenai penerapan protokol kesehatan di hotel), virtual tempat wisata di daerah tersebut (untuk mengobati sedikit rasa kangen masyarakat yang tidak dapat berlibur), membuat webseries

-) Perekam video : melakukan perekaman video dengan berbagai posisi yang bagus

-) Penerjemah : membuat subtitle bahasa, minimal bahasa Inggris

-) Pengedit video : melakukan editing video yang menarik

-) Talent-talent : disesuaikan dengan ide yang ada dimana salah satunya yaitu host dengan penampilan menarik

-) Pemasaran : melakukan promosi agar masyarakat mensubscribe/ menonton konten video

Reporting To

:

Manager

Working Conditions

:

Bekerja di lingkungan hotel/ di luar hotel.

Job Duties

:

-) Bekerja sebagai 1 tim untuk menghasilkan konten video yang menarik (durasi video 15-20 menit) dan melakukan upload video selama 3 minggu 1 x untuk awalnya dan kedepannya akan dievaluasi durasi upload video

-) Khusus untuk pemasaran : membuat promosi-promosi yang menarik, seperti : memberikan give away berupa voucher menginap di Hotel Hilton, dll

Education

:

Minimal SMA Sederajat

Experience

:

Berpengalaman khususnya untuk perekam video dan editing video 

Skills

:

-) Perumus ide : memiliki ide-ide yang luas

-) Perekam video : memiliki kemampuan mengoperasikan kamera dan memiliki kemampuan untuk merekam video dengan posisi dan sudut yang menarik

-) Penerjemah : memiliki kemampuan minimal bahasa Inggris yang baik

-) Pengedit video : memiliki kemampuan editing video yang menarik dan mampu bekerja dibawah tekanan

-) Talent-talent, yaitu host : memiliki penampilan menarik, tutur kata bahasa yang baik dan attitude yang baik

-) Pemasaran : memiliki kemampuan membuat promosi yang menarik diberbagai media sosial

Recruitment Process

:

Rekrutment ditujukan terutama kepada karyawan Hotel Hilton yang tersebar di beberapa kota di Indonesia 

Proses seleksi :

-) Interview à dilakukan oleh HRD dan nantinya user

-) Tes à membuat proyek video room tour hotel dalam 1 tim

Developing the Workforce

:

Akan dilakukan evaluasi terhadap jumlah viewers setiap minggunya

Work Hour

:

Disesuaikan dengan jadwal perekaman 

Sumber :

https://www.cnbc.com/2020/06/27/coronavirus-sinks-jobs-for-hospitality-grads-but-experts-see-opportunity.html

https://www.ahla.com/covid-19s-impact-hotel-industry

https://www.ahla.com/sites/default/files/Compiled%20State%20Job%20Loss%20Impact-COVID_0.pdf

https://skift.com/2020/06/17/hilton-cuts-nearly-a-quarter-of-its-corporate-workforce-will-it-regret-the-deep-layoffs/

https://www.hospitalitynet.org/opinion/4098660.html

https://www.thebalancecareers.com/hospitality-job-titles-2061496

https://hospitalityinsights.ehl.edu/covid-19-impact-hospitality-workforce

PENULIS :

Team WolfPack

  1. Andesta
  2. Deamy Filianto Nugroho
  3. Edward Simon Situmorang
  4. Yuli Mariana

Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
1
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
2
Win
Yuli Mariana

One Comment

  1. keren artikelnya.. memang butuh keberanian yang luar biasa untuk changing bisnis yang mungkin saja jauh dari bisnis utama.. Bagi Perusahaan yang sangat sulit berubah, bisa jadi akan terlempar dari bisnis saat ini,,, nice share

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format