Peluang Agoda dalam Meminimalkan Dampak Pandemi Covid-19

Agoda merupakan salah satu situs booking online yang terdampak oleh masa pandemi Covid-19 sehingga terpaksa melakukan PHK pada 1.500 karyawannya di dunia


0

Agoda adalah salah satu platform pemesanan perjalanan online yang berkembang paling pesat di dunia. Perusahaan yang awalnya didirikan th 1990 an oleh Michael Kenny ini bernama PlanetHoliday.com berkembang cepat di Asia Pasifik dan pada tahun 2007 diakuisisi oleh Priceline.com. Kantor utama Agoda berada di Singapura, memiliki 53 cabang di kota-kota besar yang berada di 30 negara dengan total karyawan 3700 diseluruh dunia. Agoda menyediakan lebih dari  2 juta property akomodasi, termasuk apartemen, villa, rumah dan hotel. Kini kepemilikan Agoda ada di bawah Agoda Company Pte Ltd. 

    Gambar 1. Fitur layanan Agoda (Sumber aplikasi Agoda)

Raksasa situs booking online penerbangan dan hotel Agoda  sudah melakukan PHK terhadap 25 persen pekerjanya di 30 negara. Atau sekitar 1.500 pekerja yang akan terkena dampak.CEO Agoda, John Brown, menjanjikan pemutusan kerja itu merupakan langkah pertama dan terakhir yang dilakukan perusahaannya untuk meminimalkan dampak virus Corona pada kas perusahaan. Walaupun usaha-usaha sudah dilakukan untuk menahan opsi PHK seperti mencoba mengurangi biaya usaha, CEO John Brown sudah tidak mengambil gajinya sampai akhir tahun, Selain pemotongan pekerja. namun dampak corona yang lebih panjang dari prediksi, membuat Agoda mengambil langkah tersebut.

Gambar 2. Visualizing Layoffs at Prominent Startups Triggered by COVID-19

Pengurangan pekerja paling banyak terjadi dalam tim CEG (Customer Experience Group) dan  juga mereka yang bekerja di bidang IT, produk, keuangan, layanan mitra, pemasaran dan Rocketmiles. Selain pemotongan pekerja, Agoda juga akan mengurangi gaji semua manajemen senior sebesar 20 persen mulai 1 Juni 2020.

Pemotongan 1.500 staf di 30 negara ini memang cukup besar, tapi CEO Agoda menyatakan bahwa  ini akan menjadi satu-satunya langkah yang diambil perusahaan untuk mencegah kekhawatiran pekerja yang masih tersisa.

Gambar 3. Visualizing Layoffs at Prominent Startups Triggered by COVID-19

Saat ini Agoda  tengah berupaya melakukan inovasi produk yang akan memberikan fleksibilitas, sebagai contoh pada bulan Maret 2020, Agoda memperkenalkan EasyCancel, memungkinkan hotel dan properti mitra yang berpartisipasi di seluruh dunia untuk menawarkan fleksibilitas pemesanan yang lebih besar untuk para tamu dan opsi untuk membatalkan hingga 24 jam sebelum kedatangan. Fitur baru ini dikeluarkan Agoda untuk menanggapi keinginan pelanggan untuk solusi pemesanan yang lebih fleksibel.

Semua usaha yang dilakukan Agoda tetap belum mampu membendung PHK karyawannya, karena memang industry pariwisata maupun dunia usaha sedang lesu karena pandemic ini. Industri yang masih bisa bertahan adalah yang berhubungan dengan kesehatan sehingga salah satu hal yang bisa membantu menyelamatkan Agoda adalah melebarkan pelayanan yang dikaitkan dengan kondisi pandemic/kesehatan dalam hal ini adalah Pelayanan Isolasi Mandiri, seperti kita ketahui bersama bahwa Covid-19 ini menular dengan sangat mudah dan cepat, bahkan seringkali tertular tanpa gejala, sehingga orang yang pernah kontak erat dengan pasien Corona tentunya diharapkan isolasi mandiri. Pemerintah sudah menfasilitasi beberapa tempat seperti wisma atlet untuk isolasi mandiri tapi tentunya ada prosedur dan prioritas yang harus dilalui, belum lagi ada keterbatasan tempat.

          Gambar 4. Kasus Covid di Indonesia dan Beberapa Negara (sumber BNPB)

Dari gambar 2 di atas menunjukkan bahwa kasus positif corona hampir menyebar di seluruh dunia dan angkanya cukup tinggi, seperti India 6.473.544 orang dan Inonesia 303.498 pada tgl 4 okt 2020 dan kecenderungannya masih naik, data ini memberi gambaran bahwa orang yang kontak erat maupun probable juga sangat tinggi, dimana memerlukan suatu tempat untuk isolasi mandiri, untuk menghindari penularan lebih banyak lagi. 

             Tabel 1. Kasus Covid tgl 3 Oktober 2020 di Indonesia (sumber BNPB)

Dari tabel 1 di atas menunjukkan bahwa pasien suspek di Indonesia cukup banyak 139.099 orang dan tentunya pasien kontak erat dan kasus probablenya jauh lebih tinggi. Penyebarannyanya di Indonesia juga meliputi 34 Provinsi dan 497 kota pada 3 Oktober 2020.

Beberapa kasus seperti kasus probable dan kontak erat dalam penggolongan penularan Covid memerlukan rumah/hotel untuk melakukan isolasi mandiri bisa menjadi target pasar untuk mendapatkan pelayanan fasilitas Agoda. 

Kasus probable  adalah orang yang masih dalam kategori suspek dan memiliki gejala ISPA berat, gagal napas, atau meninggal dunia, namun belum ada hasil pemeriksaan yang memastikan bahwa dirinya positif COVID-19. Untuk memastikan atau mengonfirmasi kasus COVID-19, seseorang perlu menjalani pengambilan sampel dahak atau swab tenggorokan.

Kontak erat adalah kondisi ketika seseorang melakukan kontak dengan orang yang termasuk ke dalam kategori konfirmasi dan probable, baik kontak fisik secara langsung, bertatap muka dengan jarak kurang dari 1 meter setidaknya selama 15 menit, atau merawat orang dengan status konfirmasi dan probable.

Pelaku perjalanan, setiap orang yang melakukan perjalanan dari wilayah dengan angka kasus COVID-19 yang tinggi, baik dalam maupun luar negeri, dalam waktu 14 hari terakhir dan sebelum kembali ke rumah perlu memastikan tidak tertular juga bisa memanfaatkan layanan tempat isolasi mandiri yang nyaman dan aman. Tempat  isolasi mandiri yang diharapkan oleh pasien probable atau orang yang kontak erat tentunya diharapkan aman, bersih, higienis, dekat dengan bantuan medis dan bisa memenuhi ekspektasi mengisolasi mandiri termasuk kemungkinan justru akan tertular di tempat isolasi. Kriteria ini yang harus dipenuhi oleh Agoda untuk menyediakan tempat yang terintegrasi kenyamanan dan dukungan kesehatan.

Agoda bisa membentuk satu fitur layanan penyediaan fasilitas isolasi mandiri yang bisa bekerja sama dengan Intansi Pemerintah atau Perusahaan Swasta. Paket isolasi mandiri bisa dibuat dalam beberapa kelas maupun durasinya, bisa dibuat dengan fasilitas kelas Bintang 5 selama 14 hari, atau selama 7 hari tergantung potensi terbanyak yang dimintai pasar, tentunya harga sudah disesuaikan dengan potongan harga yang menarik untuk tinggal cukup lama selama isolasi. Program inipun bisa menunjang program pemerintah terutama dalam tahap pengendalian penyebaran virus Covid-19.

Adapun Job Deskripsi Manager Fitur Layanan Isolasi Mandiri adalah:

  1. Mengkoordinir  sebuah kerjasama yang terintegrasi dengan hotel, villa, rumah yang memenuhi kriteria untuk tempat isolasi mandiri
  2. Melakukan kerjasama dengan Medis/ Rumah Sakit untuk melakukan pemantauan dan juga first action jika ada yang mengalami gejala terpapar.
  3. Melakukan kerjasama dengan hotel maupun restoran untuk menyediakan full service makanan bergizi dan vitamin yang diperlukan untuk meningkatkan imunitas
  4. Memberikan integrasi layanan dari transportasi, tempat isolasi dan pemantauan medis, seperti menyediakan layanan call center 24 jam untuk memantau keluahan client yang bisa dilakukan dengan kerjasama Team Medis
  5. Memberi layanan psikologis untuk membantu client menghadapi tekanan saat isolasi mandiri.

Job Spesifikasinya untuk layanan ini adalah

  1. Mempunyai pengalaman koordinasi yang baik dengan hotel, transportasi, restoran minimal 10 tahun
  2. Mempunyai pengetahuan yang cukup baik mengenai penyakit yang disebabkan virus Covid19 dan implikasinya
  3. Pria/wanita tidak menjadi hambatan, tapi mempunyai kondisi kesehatan yang fit dan tidak mempunyai penyakit penyerta (komorbid) karena akan bekerja dan koordinasi di lapangan dalam kondisi pandemic.

Proses seleksinya , diutamakan dilakukan dari internal job posting karena layanan isolasi mandiri merupakan layanan konvesional yang sudah eksisting dalam fitur Agoda hanya ditambah dengan diintegrasikan bersama layanan kesehatan dan full service isolasi mandiri karena client akan lebih banyak tinggal di room/rumah/villa.

Legal Isue dari penambahan fitur baru untuk Pelayanan Isolasi Mandiri, perlu dipastikan dan dikoordinasikan dengan Pemerintah Pusat maupun Daerah seperti BNPB dan BNPD di daerah ataupun Satgas Covid, Sasaran utama untuk isolasi mandiri ini adalah orang yang terlanjur kontak erat dengan pasien positif dan sedang menunggu tes swab ataupun menunggu kepastian, jadi bukan pasien positif corona. Untuk pasien positif tentunya perlu prosedur khusus oleh pihak berwenang yang menangani.

Terkait dengan Developing Workforce di Perusahaan ini bisa banyak dikembangkan  ketika sudah mendapatkan potensi baru untuk mendapatkan banyak client dalam masa pandemic ini, sehingga bisa mengurangi bahkan menghindari terjadinya PHK di Perusahaan.

Beberapa hotel di Yogyakarta dan Nusa Tenggara ada yang sudah menawarkan program isolasi mandiri ini seperti Hotel Aruna Senggigi, hotel Jayakarta Senggigi (Sumber Tirto,April 2020), sehingga fitur Agoda yang secara massif menawarkan program isolasi mandiri pada era new normal diharapkan berhasil menarik banyak konsumen.

Sumber :

  1. https://tirto.id/dihantam-corona-hotel-beralih-ke-pesan-antar-hingga-paket-isolasi-eNsj
  2. https://travel.detik.com/travel-news/d-5020417/agoda-sudah-tak-tahan-lagi-phk-1500-karyawan
  3. https://www.kompas.tv/article/81917/1-500-karyawan-agoda-di-phk-imbas-virus-corona-gaji-pimpinan-dipotong
  4. http://dppkspsi.com/imbas-virus-corona-agoda-phk-1-500-karyawan/
  5. https://bisnis.tempo.co/read/1354462/pandemi-perusahaan-startup-ramai-ramai-phk-karyawan
  6. https://www.agoda.com/id-id/info/about-agoda.html
  7. http://www.hotelmurahindonesia.com/2014/04/apa-itu-agoda-kelebihan-mengapa-memilih-agoda.html?m=0
  8. https://covid19.go.id/
  9. https://www.alodokter.com/mengenal-arti-kasus-suspek-kasus-probable-dan-kasus-konfirmasi-dan-istilah-baru-lainnya-pada-covid-19
  10. https://www.visualcapitalist.com/layoffs-prominent-startups-covid-19/

Penulis  Kelompok Corona Conquerors :

  1. Ibnu Suhartanto
  2. Fitria Silviana
  3. Hary Sudarsono
  4. Kusuma Widya Tantri


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format