TAXI EXPRESS – DULU DIGEMPUR TAXI “ONLINE”, SEKARANG TERPUKUL PANDEMI

Pukulan telak Pandemi Covid 19, Taxi Express terperosok lebih dalam akan hutang yang menggunung. Akankah Taxi Express bangkit dari keterpurukan tersebut ?


5
5 points

Sumber : WordPress.com

Moda transportasi di Indonesia sungguh beragam, salah satunya adalah Taxi, yang terdiri atas beberapa Merk. Nama PT Express Trasindo Utama Tbk atau kerap di sebut Taxi Express sudah tidak asing lagi di telinga pengguna taksi, tarif bersaing dibanding pemimpin pasar (Bluebird) serta ketersediaan armada yang mumpuni membuat Taxi Express menjadi salah satu pemain yang diperhitungkan di Indonesia. PT Express Trasindo Utama (Taxi Express) dahulu bernama PT Kasih Bhakti Utama, didirikan pada  11 Juni 1981, dan mulai beroperasi secara komersial di tahun 1989. Saat ini Taxi Express memiliki 5 line bisnis utama yaitu Taxi Express Regular, Tiara Express (khusus Alphard), Limousine Express (Penyewaan mobil CC besar) , Eagle High (Penyewaan Bus), dan Eagle Taxi. 

Pada awal didirikan, perusahaan hanya memiliki 20 Kendaraan dan berkembang pesat hingga memiliki kurang lebih 9000 Armada. Taxi Express mampu bertahan menghadapi 2 krisis besar yaitu Krisis Moneter pada tahun 1998 dan Krisis Dunia pada tahun 2003. Bahkan tercatat pada tahun 1998, disaat perusahaan lain mengalami kebangkrutan, Taxi Express mampu menambah 1000 armada. Taxi Express pun sempat beberapa kali menyabet penghargaan pada tahun 2013 antara lain The Best Innovation in Marketing dan The Best in Social Marketing. Express Group terpilih dikarenakan inovasi layanan konsumen yang berbasis teknologi dan juga penerapan program kemitraan dengan pengemudi. lalu mendapatkan penghargaan WOW Service Excellence Award 2016 pada kategori Taksi di Region Sumatera.

Taxi Express dengan nama emiten TAXI pertama kali melakukan Initial Public Offering pada 2 November 2012. Kala itu saham perdana yang dilepas 1051.280.000 dengan harga perdana Rp 560/saham, sehingga mengantongi sekitar Rp 589 miliar dana IPO. kenaikan tertinggi pernah mencapai Rp 1.500/saham pada 30 September 2013. Taksi Express memang sedang memiliki prospek usaha yang positif tercermin dari Financial Statement September 2013, perusahaan mampu membukukan laba bersih sebesar Rp 95,15 miliar atau meningkat 56% dibanding periode yang sama tahun 2012 yakni sebesar Rp 60,9 miliar. Perusahaan tersebut juga membukukan total pendapatan pada September 2013 sebesar Rp 506,28 miliar, meningkat 37% dari periode yang sama tahun sebelumnya yaitu Rp 370,19 miliar. Bahkan di tahun saat sahamnya meroket, Express berencana menambah armada sebanyak 2.000 unit taksi reguler, sehingga pada akhir tahun 2013 jumlah armada taksi regulernya ditargetkan menjadi sekitar 10.000 unit.

COVID-19 MEMUKUL MUNDUR KEJAYAAN TAXI EXPRESS 

Merebaknya pandemi Covid-19 sejak bulan Maret 2020 di Indonesia, memaksa hampir seluruh masyarakat untuk beraktivitas di rumah guna menekan penyebaran virus, belum lagi peraturan PSBB yang digalakkan oleh hampir seluruh pemerintah daerah, Hal tersebut tentu berimbas kepada sektor usaha transportasi khususnya bisnis taksi. Menurun drastisnya pengguna Taxi Express berdampak langsung terhadap  perusahaan. 

Hal tersebut tercermin pada keputusan perusahaan untuk melakukan PHK Massal, pemotongan gaji karyawan hingga 40%, penghentian operasional perusahaan antara lain taksi regular dan premium di Jabodetabek maupun luar kota, pembatasan operasional pada layanan sewa kendaraan dan layanan Limousine di Jakarta dan Bali serta penghentian layanan penyewaan Bus di Jabodetabek. Selain itu, terjadi penurunan karyawan dari 471 karyawan pada Desember 2019 menjadi 390 karyawan. Penurunan jumlah karyawan merupakan bagian dari penyelesaian atas masa kontrak karyawan yang sejalan dengan pembenahan atau restrukturisasi internal perseroan yang dilakukan melalui konsolidasi operasi baik di kantor pusat maupun pool, sehubungan dengan kondisi bisnis yang menurun sebagai dampak dari pandemi Covid-19.

Diketahui pula saat ini Taxi Express memiliki beberapa kewajiban, baik Jangka Panjang maupun Jangka Pendek per Juni dengan total sbb : Hutang Obligasi Rp. 515 milyar, Hutang Pajak Rp. 5.9 milyar, serta Hutang Usaha Jangka Pendek Pihak Ketiga Rp. 9.2 milyar dan Hutang Lain-Lain Pihak ketiga senilai Rp. 16 milyar. Atas hal tersebut, para kreditur Taxi Express melayangkan tuntutan untuk PKPU, untungnya tuntutan tersebut telah dicabut pada tanggal 7 Juli 2020. 

Kendati pencabutan PKPU sudah dilakukan, perusahaan masih menghadapi badai kencang antara lain hutang yang menggunung, PSBB dan Pandemi yang tidak kunjung usai, sehingga memaksa perusahaan untuk terus memutar otak agar perusahaan tidak gulung tikar. Berikut ini merupakan beberapa faktor pendukung yang menjadi fakta terpukulnya kejayaan Taxi Express di kala pandemi Covid-19 :

Sumber : Analisa Penulis dari Buku Principles of Corporate Finance dan Situs PT. Bursa Efek Indonesia

  1. Dari rasio likuiditas tercermin bahwa Bluebird lebih likuid bila dibandingkan dengan Express. Hal tersebut terindikasi pada :
    • Rasio lancar diatas 100%, menjelaskan bahwa Bluebird memiliki asset lancar yang mampu menutupi liabilitas Lancarnya.
    • Modal kerja bersih yang positif, menandakan bahwa Bluebird memiliki Aset lancar lebih banyak dibandingkan dengan Kewajiban Lancarnya, hal tersebut berbanding terbalik dengan Express yang memiliki Aset Lancar jauh lebih sedikit dibandingkan dengan Kewajiban Lancarnya sehingga mengakibatkan Defisiensi Modal Kerja Bersih.
    • Rasio lancar Express jauh lebih kecil dari angka 100%,  bila dibandingkan dengan Bluebird, menandakan bahwa saat ini Express mengalami Defisiensi Asset Super Liquid seperti Cash
  2. Dari Ratio Rentabilitas tercermin bahwa BlueBird masih dapat menghasilkan keuntungan untuk kelangsungan usaha. Hal tersebut terindikasi pada : 
    • Margin Laba Kotor dan Bersih Bluebird masih positif sehingga dapat disimpulkan bahwa Bluebird masih mendapatkan keuntungan. Hal tersebut berbanding terbalik dengan Express
    • Dalam hal kemampuan untuk berkontribusi terhadap ekuitas, skor kedua perusahaan tersebut hampir sama, masih mampu mengembalikan ekuitas meskipun masih dibawah angka indikator baik, yaitu 15-20%.
    • Dalam hal kemampuan kontribusi usaha terhadap asset, Bluebird memiliki Ratio yang positif . Menjelaskan bahwa perusahaan masih mampu menghasilkan laba untuk dikembangkan menjadi Aset, sedangkan Express sudah tidak mampu untuk menghasilkan laba kontribusi terhadap Aset.
  3. Dari Ratio Solvabilitas tercermin bahwa : 
    • Express mengalami defisiensi Ekuitas dikarenakan perusahaan menderita kerugian secara terus menerus, disisi lain Bluebird memiliki struktur permodalan yang cukup kuat, karena mampu terus membukukan laba sehingga menambah ekuitas yang dimilikinya. 
    • Express memiliki Hutang interest bearing dan non Interest Bearing yang jauh lebih besar bila dibandingkan dengan ekuitasnya, hingga dapat dipastikan akan mengalami kesulitan apabila hutang-hutang tersebut harus dibayarkan. Di sisi lain, Bluebird memiliki Ratio hutang yang jauh lebih kecil bila dibandingkan dengan ekuitasnya, yang menandakan bahwa Bluebird memiliki pondasi permodalan yang cukup kuat, dan prinsip kehati-hatian yang prudent dalam utilisasi hutang.

Dari ratio-ratio tersebut dapat disimpulkan bahwa Express sedang mengalami kesulitan serius dalam menjalankan usahanya. Penyebab utamanya ditenggarai oleh akumulasi kerugian yang diderita Express Group, serta besarnya hutang yang dimiliki perusahaan.

TAK HANYA TAXI EXPRESS, BLUEBIRD PUN TERPUKUL

Teringat pada tahun 2015 dimana taksi konvensional mengalami dampak gempuran taksi online dan semenjak kehadiran taksi online berbasis internet, persaingan mendapatkan penumpang semakin ketat, terutama di area Jakarta dan sekitarnya. Dua emiten taxi konvensional yang mengalami penurunan pendapatan sejak 2016 pasca booming-nya taksi online adalah  Bluebird dan Express. Dari laporan keuangan yang telah dipublikasikan, laba dua emiten ini pada tahun 2017 melaporkan bahwa Bluebird turun 14,6% menjadi 125,37 miliar dan Laba Taxi Express turun 64% menjadi -281,53 miliar. Taxi Express menderita kerugian serius di tahun 2017.

Description: https://yonulis.com/wp-content/uploads/2019/12/9-2.jpg

Sumber : Tirto.id

Sekarang ini dampak pandemi Covid-19 tak hanya berimbas terhadap Express, Bluebird pun mengaku terpukul akibat Covid-19. Namun, kondisi Express jauh lebih buruk dibandingkan dengan Bluebird. Manajemen Bluebird menyampaikan adanya penghentian operasional sebagian pada masa pandemic ini dan sejauh ini Bluebird juga menghentikan sementara layanan JAC (Jabodetabek Airport Connection) dan Big Bird Shuttle untuk tujuan Jakarta – bandung yang berdampak berkurangnya kontribusi pendapatan Blue Bird sebesar 25% dari total pendapatan 2019. 

Dampak dari pandemi diproyeksikan akan mengurangi pendapatan Bluebird tahun 2020 sebesar 25% – 50%. Kinerja dalam 3 bulan pertama (kuartal 1) tahun 2020, Bluebird hanya memperoleh laba Rp 13,74 Miliar, turun sebesar 84% dari tahun 2019. Dapat disimpulkan tahun 2020 merupakan penurunan laba terbesar dibandingkan tahun 2016 – 2019. Untuk mensiasati dampak pandemi ini, Bluebird mempertahankan 3 langkah strategi guna mempertahankan kinerja perseroan tahun 2020.

  • Kesepatakan dengan para kreditur untuk memperoleh relaksasi dalam pembayaran pokok hutang
  • Menciptakan peluang bisnis yang baru.
  • Efisiensi di lini operasional yaitu dengan memotong gaji karyawan hingga 50% terhadap 3.312 pekerja. 

 

Sumber : Katadata.co.id

SOLUSI UNTUK TAXI EXPRESS

Menyadari beratnya permasalahan yang dihadapi PT Express Trasindo Utama Tbk saat ini, perlu dilakukan inisiatif realistis untuk segera dijalankan guna mempertahankan perusahaan. Meninjau perbandingan kinerja keuangan Taxi Express dengan Bluebird terkini, tampak jelas bahwa Bluebird jauh lebih bertahan ketimbang Taxi Express. Kondisi ini didasari upaya-upaya Blue Bird yang lebih agresif dan militan dibandingkan Taxi Express. Dengan demikian, langkah Benchmarking dengan Bluebird menjadi salah satu pilihan selain membangun unit bisnis baru yaang fokus pada produk Office Pick Up Service dan Fleet Management Services . Pembahasan usulan solusi terhadap PT Express Trasindo Utama Tbk adalah sebagai berikut :

1. BENCHMARKING DENGAN INISIATIF BLUEBIRD 

Menanggapi perkembangan dari status pandemik virus Corona atau Covid-19 secara global, khususnya anjuran social distancing di Indonesia, Bluebird memperkenalkan program layanan Bluebird COD (Chat-Order-Delivery) melalui kampanye #TetapTerjaga. Langkah ini merupakan bagian dari antisipasi perusahaan terhadap penyebaran virus Covid-19, sekaligus mendukung kelancaran kegiatan dan kebutuhan masyarakat selama beraktivitas di rumah.

Dengan program Bluebird COD ini, perusahaan meningkatkan aksesibilitas dari masyarakat yang tetap berada di rumah, namun masih perlu melakukan berbagai kegiatan di luar rumah seperti memenuhi kebutuhan bahan makanan, kebutuhan rumah tangga, mengambil barang di kantor, atau kebutuhan lainnya. Layanan Bluebird COD dapat diakses dengan cukup menghubungi customer service Bluebird yaitu Bebi melalui nomor Whatsapp (081117941234).

Sumber : Otopedia.com

Menurut Direktur Marketing PT Blue Bird Tbk, dalam siaran pers yang diterima Otopedia, dalam melakukan pembayaran argo taksi dapat dilakukan melalui metode tunai maupun non-tunai via fitur Easy Ride di aplikasi My Bluebird, sedangkan pembayaran barang langsung dilakukan oleh pemesan ke merchant terkait. Pada situasi yang menantang saat ini, Bluebird berkomitmen untuk terus menjadi layanan andalan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka dengan cara yang aman tanpa harus keluar rumah melalui layanan Bluebird COD (Chat-Order-Delivery) di kampanye #TetapTerjaga. Hal ini merupakan langkah keberlanjutan dari perusahaan dalam menghadapi penyebaran Covid-19, yang mana sebelumnya Bluebird telah menerapkan berbagai tindakan preventif mulai dari pembersihan kabin mobil oleh pengemudi Bluebird setiap kali selesai beroperasi, penyediaan hand sanitizer hingga penyediaan masker reusable yang diberikan ke setiap pengemudi Bluebird.

2. LAYANAN OFFICE PICK UP SERVICES
Saat ini, 2 market leader perusahaan rental di Indonesia (TRAC Astra & ASSA) sedang disibukkan oleh permintaan beberapa perusahaan besar untuk menyediakan layanan office pick up service dengan jaminan pelaksanaan  protokol kesehatan. Salah satu alasan meningkatnya kebutuhan tersebut adalah penggunaan moda transportasi umum berbasis angkutan masal (Transjakarta) sudah dibatasi penggunaannya sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku. Melirik peluang ini, Taxi Express sangat berpotensi untuk menggarap produk layanan pick up service tersebut, dengan pertimbangan kapasitas armada Taxi Express yang mumpuni. 
Sumber : Interview dengan Senior Manager Product  Trac Astra – Iwan Hermawan

Sumber : Konsep Penulis


3. FLEET MANAGEMENT SERVICES (FMS)
Di Indonesia masih banyak perusahaan-perusahaan lokal berskala besar yang masih memelihara aset kendaraan. Industri dengan karakter kebijakan aset kendaraan didominasi oleh bisnis farmasi, FMCG, Logistik. Sementara penyedia layanan pengelolaan aset kendaraan millik perusahaan tersebut masih tergolong langka. Penyedia jasa masih banyak bermain di bisnis sewa kendaraan. Sementara size market nasional rental mobil hanya di kisaran 500.000 – 600.000 unit, faktanya perusahaan dengan skema yang memiliki aset kendaraan bisa sampai jutaan unit. Seperti yang kita pahami, bahwa job function yang paling diandalkan dari bisnis taxi selain driver adalah pekerjaan mekanik organik. Sebuah perusahaan taxi berskala besar, wajib memiliki workshop sendiri. Selama Pandemi Covid-19 dan kebijakan PSBB yang sudah berlangsung selama 7 bulan ini praktis berdampak pada workshop-workshop menjadi idle (menganggur). Dengan menciptakan produk Fleet Management Services tentunya dapat mengalihkan pekerja di departemen maintenance / pool sebagai cost center  bertransformasi menjadi profit center.

Sumber : Konsep Penulis

Dalam rangka mengimplementasikan konsep unit bisnis baru yang fokus pada produk Office Pick Up Services dan Fleet Management Services, seperti dijelaskan di atas, maka disusun struktur organisasi sebagai berikut : 

Merujuk pada buku Business Foundations “A Changing World”, O.C Farrel membagi 2 tipe perekrutan berdasarkan sumbernya. Yakni Perekrutan Internal dan eksternal. Sementara Gareth R. Jones  dalam bukunya Contemporary Management mengulas keuntungan memilih metode rekrutmen internal, diantaranya : 

  1. Kandidat sudah mengenal baik organisasi meliputi tujuan, budaya, aturan dan norma perusahaan
  2. Perekrut sudah mengantongi informasi penting terkait kemampuan, keahlian dan kecocokan karakter dengan posisi yang akan diisi. 
  3. Meningkatkan motivasi karyawan, karena menyadari peluang yang terbuka dalam perusahaan tempat bekerja. 

Berdasarkan pertimbangan di atas, maka disarankan melakukan perekrutan secara internal, dimana metode ini sejalan dengan rencana mempertahankan karyawan dari ancaman PHK. Apabila pada proses implementasi unit bisnis baru tersebut menghadapi hambatan common practice dan pengalaman lapanganmaka perusahaan secara paralel akan menyediakan konsultan ahli serta bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk mengawal eksekusi di lapangan. 

Beberapa rekomendasi Deskripsi pekerjaan / jabatan baru yang dapat menjadi penunjang dari dua ide produk baru diatas, adalah : 

1. MANAGER DIGITAL PLATFORM 

Deskripsi Pekerjaan :

  • Mencari solusi atas kebutuhan customer yang menggunakan Aplikasi Digital agar dapat digunakan secara efektif
  • Melakukan Approaching kepada Vendor terkait Aplikasi dhi Copywright, UI UX Design, Advertising
  • Mengawasi perkembangan (pertumbuhan maupun penurunan)  penggunaan Aplikasi
  • Merancang strategi untuk mengembangkan penggunaan Aplikasi

Kualifikasi Pendidikan :

  • Pria/Wanita usia 25-35 tahun
  • S1 lulusan Management atau IT
  • Berpengalaman minimal 2 tahun di bidang berkaitan dengan Digital Platform
  • Mampu bekomunikasi dengan baik serta percaya diri
  • Berpenampilan Menarik

2. KEPALA CABANG WILAYAH – Representative Express Kurir

Deskripsi Pekerjaan :

  • Mengelola dan menjamin kelancaran operasional dan administrative proses di wilayah yang di Kelola
  • Mencari solusi apabila terjadi suatu obstacle
  • Mendengarkan dan mencari solusi atas kritik dan saran dari driver sebagai mitra perusahaan
  • Melakukan pengontrolan terhadap kesesuaian absensi driver ke Pool
  • Melakukan Pembinaan atas Driver
  • Membuat laporan harian, mingguan dan bulanan terkait kendaraan dan jumlah orderan
  • Membuat Analisa terkait perkembangan jumlah orderan setiap bulan

Kualifikasi  Pendidikan:

  • Pria/Wanita usia 27-35 tahun
  • Minimal lulusan S1
  • Berpengalaman kerja minimal 2 tahun di bidang yang berkaitan dengan Delivery
  • Mampu bekomunikasi dengan baik serta percaya diri
  • Berpenampilan Menarik
  • Berani mengambil keputusan dengan resiko terukur
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia

3. PROJECT MANAGER (PIMPINAN PROYEK) – Pick Up Services dan Fleet Management 

Deskripsi Pekerjaan :

  • Memimpin dan mengkoordinasikan semua tim terkait atas proyek-proyek baru
  • Mempelajari operasional dan pengelolaan kendaraan perusahaan calon pelanggan selanjutnya mengidentifikasi masalah yang dihadapi di lapangan. 
  • Melakukan upaya tindak lanjut diagnosa atas masalah yang teridentifikasi untuk mengetahui penyebab akar masalah. 
  • Menyusun langkah-langkah perbaikan dan pengembangan pengelolaan fleet calon pelanggan. 
  • Menyiapkan usulan solusi dan panduan pelaksanaan di lapangan serta membuat daftar persiapan pelaksanaan. 

Kualifikasi  Pendidikan:

  • Pria/Wanita usia 35-45 tahun
  • Minimal lulusan S1
  • Berpengalaman kerja minimal 2 tahun di bidang yang berkaitan analisa dan pengembangan usaha 
  • Memiliki kemampuan presentasi dan meyakinkan khalayak 
  • Berpenampilan Menarik
  • Memiliki pengetahuan tentang pengelolaan armada kendaraan
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia

4. ACCOUNT MANAGER (KEPALA AKUN) – Servicing Team 

Deskripsi Pekerjaan :

  • Memimpin tim dalam memberikan pelayanan harian kepada perusahaan-perusahaan yang telah menjadi pelanggan. 
  • Mengelola operasional harian pelayanan meliputi traffic kendaraan, arus petty cash dan memonitor pengaturan supir. 
  • Menyajikan laporan berkala berikut analisa utilisasi kendaraan kepada perusahaan secara internal dan kepada pelanggan. 
  • Melaksanakan konsep Plan Do Check Action (PDCA). 
  • Membentuk budaya Continious Improvement, untuk peningkatan kualitas layanan berkesinambungan.

Kualifikasi  Pendidikan:

  • Pria/Wanita usia 35-45 tahun
  • Minimal lulusan S1
  • Berpengalaman kerja minimal 2 tahun di bidang yang berkaitan pengelolaan akun pelanggan (key account) 
  • Memiliki kemampuan kontrol dan teknik perbaikan operasional
  • Enerjik dan siap turun ke lapangan
  • Diprioristaskan bagi kandidat yang memiliki pengetahuan Teknik Quality Management (suggestion system, quality control cycle)
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia

5. DRIVER COUNSELOR (KOORDINATOR DRIVER)

Deskripsi Pekerjaan :

  • Mengelola dan menjamin kelancaran operasional dan administrative proses
  • Monitoring proses order konsumen agar kehadiran driver  100% tiba ke titik penjemputan
  • Mengatur ketersediaan driver dan mobil taksi
  • Melakukan pengontrolan terhadap kesesuaian absensi driver kepada pihak customer
  • Bertanggungjawab terhadap preventive maintenance unit kendaraan
  • Memastikan driver melakukan ceklist kendaraan dan safety
  • Membuat laporan harian, mingguan dan bulanan terkait kendaraan dan jumlah orderan
  • Melakukan pembinaan driver

 Kualifikasi Pendidikan :

  • Usia 25– 40 tahun
  • Pendidikan minimal D3
  • Pengalaman minimal 1 tahun dibidang supervisi driver
  • Percaya diri dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik
  • Mampu memimpin dan bekerja sama dengan team 

6. POOL HEAD

Deskripsi Pekerjaan :

  • Mengontrol dan mengkoordinasikan seluruh aktifitas pemeliharaan dan perbaikan untuk mencapai optimum efisiensi, kualitas pekerjaan dan integritas formasi
  • Merencanakan, mempersiapkan dan mengelola seluruh sumberdaya yang disediakan untuk melaksanakan pemeliharaan dan perbaikan alat secara efektif dan efisien bersama mekanik
  • Mengontrol,mengatur dan mengelola setiap kendaraan dengan baik untuk kebutuhan operasional
  • Melakukan review dan pengembangan kompetensi tim dengan cara memberikan training, coaching dan konseling sesuai kebutuhan
  • Memastikan kepatuhan dan implementasi standard, spesifikasi pemeliharaan – perbaikan di area kerja
  • Melakukan review, evaluasi dan interpretasi trend proses maintenance dan praktek kerja yang berjalan dan dikelola improvemen secara kontinu

Kualifikasi Pendidikan :

  • Pria Usia 30 – 45 tahun
  • Pendidikan minimal memiliki gelar D3, diutamakan jurusan Teknik Mesin
  • Pengalaman minimal 5 tahun dibidang pengelolaan pool 
  • Mengerti dan memahami teknik dan perencanaan pemeliharaan dan perbaikan
  • Mengerti dan memahami menggunakan manual operasional maintenance, part manual dan servis manual
  • Percaya diri dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik
  • Mampu memimpin dan bekerja sama dengan team
  • Mampu memberikan pelatihan dan konsultasi

Recruitment & Selection Process :

  • Rekrutment ditujukan kepada karyawan internal perusahaan (Promosi atau mutasi)
  • Minimal telah bekerja diperusahaan selama 5 tahun 
  • Proses seleksi dilakukan wawancara oleh bagian Human Resources
  • Proses Promosi atau mutasi karyawan wajib disetujui oleh bagian user department dan Human Resources

7.  MEKANIK  JUNIOR 

Deskripsi pekerjaan :

  • Mengerjakan perbaikan/perawatan kendaraan sesuai perintah work order dan standar operasional prosedur (SOP)
  • Melakukan pemeriksaan checklist item diluar perintah kerja work order
  • Menginformasikan kerusakan yang ditemukan diluar perintah kerja pada work order ke pengawas untuk ditindak lanjuti
  • Menjaga kebersihan kendaraan selama melakukan perbaikan
  • Memelihara peralatan kerja dan tempat kerja

Kualifikasi Pendidikan :

  • Usia 20 – 35 tahun
  • Pendidikan minimal SMK/STM otomotif
  • Pengalaman minimal 1 tahun dibidang perbaikan mesin mobil
  • Percaya diri dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik
  • Mampu bekerja sama dalam team

Recruitement Process & Selection :

  • Rekrutmen ditujukan kepada karyawan internal perusahaan
  • Minimal telah bekerja diperusahaan selama 2 tahun
  • Proses seleksi dilakukan wawancara oleh bagian Human Resources
  • Proses transfer karyawan wajib disetujui oleh bagian User dan Human Resources

Developing Workforce  Khusus Level Mekanik Junior :

  • Orientasi karyawan baru terhadap rekan kerja, sosialiasi prosedur pekerjaan dan pengenalan asset perusahaan
  • on the job training dengan durasi 1 bulan dengan pemberian pekerjaan harian
  • Diwajibkan untuk dilakukan coaching dan konseling dari senior mekanik 1 minggu sekali
  • Penilaian performa kerja dilakukan setiap 1 bulan sekali oleh Manager Plant

Managing Diversity :

Pekerjaan sebagai mekanik tentunya didapati memiliki latar belakang yang berbeda mulai dari usia, ras, etnik dan pengalaman lama bekerja. Dari perbedaan latar belakang tersebut perusahaan akan tetap berlaku adil dalam pengembangan karir karyawan dengan focus perusahaan berdasarkan orientasi hasil pekerjaan.

BEST PRACTICE 

Bisnis Car Sharing merupakan model usaha yang berkembang pesat di negara maju seperti Eropa, Australia, Jepang dan Cina. Konsep layanan ini terbilang praktis, karena pengguna dapat mengambil mobil dari tempat yang mudah di jangkau dan meninggalkan mobil tersebut di titik yang telah disediakan tanpa harus pusing memikirkan parkir kendaraan dan keamanan kendaraan. sistem tersebut dikenal dengan istilah station based. Sistem free floating merupakan pilihan yang lebih menarik, dimana pengguna bebas memarkir mobil di suatu tempat dan pengguna berikutnya dapat menemukan mobil itu lewat aplikasi telepon seluler.

DAFTAR PUSTAKA

Brealey, Richard A., Myers, Stewart C., Allen, Franklin. 2020. Principle of Corporate Finance. 13th Edition. New York : McGraw-Hill Education.

Cnbcindonesia.com. 2019. Hikayat Saham TAXI; Pernah Rp 1.500/saham, Kini Gocap. Diakses Pada 11 Oktober 2020. Dari https://www.cnbcindonesia.com/market/20190625112136-17-80440/hikayat-saham-taxi-pernah-rp-1500-saham-kini-gocap

Databoks.katadata.co.id. 2018. Kehadiran Transportasi Online Tekan Pendapatan Taksi Konvensional. Diakses Pada 12 Oktober 2020. Dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/03/26/ kehadiran-transportasi-online-tekan-pendapatan-taksi-konvensional

Deutsch Welle.com 2020

Idx.co.id. 2020. Laporan Keuangan Kuartal I 2020 PT. Express Trasindo Utama,Tbk dan PT. Blue Bird,TbkDiakses Pada 12 Oktober 2020. Dari https://www.idx.co.id/perusahaan-tercatat/laporan-keuangan-dan-tahunan/

Jones, Gareth R., George, Jennifer M. 2020. Contemporary Management. 11th Edition. New York : McGraw-Hill Education.

Katadata.co.id. 2020. BlueBird Siasati Sepi Penumpang Masa PSBB Lewat Layanan Logistik. Diakses Pada 11 Oktober 2020. Dari https://katadata.co.id/ekarina/berita/5f6bfd8c8e486/bluebird-siasati-sepi-penumpang-masa-psbb-lewat-layanan-logistik

Otopedia.com. 2018. LANGKAH TERBARU BLUEBIRD HADAPI PENYEBARAN VIRUS COVID-19. Diakses Pada 13 Oktober 2020. Dari https://otopedia.com/berita/langkah-terbaru-bluebird-hadapi-penyebaran-virus-covid-19/

Theprtalk.com. 2013. Taksi Express Sabet Penghargaan Marketing Award 2013. Diakses Pada 12 Oktober 2020. Dari https://www.theprtalk.com/newsroom/taksi-express-sabet-penghargaan-marketing-award-2013.html

Tirto.id. 2020. Pandemi COVID-19: Blue Bird Terpukul, Express Kian Terpuruk. Diakses Pada 12 Oktober 2020. Dari https://tirto.id/pandemi-covid-19-blue-bird-terpukul-express-kian-terpuruk-fH18

THE PRODIGY TEAM

  1. Andrew Parulian Manik
  2. H. J. Panahatan
  3. Rezki Arnita
  4. Yohana Olivia Yulistha

Like it? Share with your friends!

5
5 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
5
Fun
Genius Genius
8
Genius
Love Love
3
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
3
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format