Parfum Zwitsbaby yang Tak Lagi Hanya untuk Bayi


0

Parfum adalah salah satu aksesoris wajib atau bahkan menjadi kebutuhan pokok untuk banyak kalangan individu. Baik untuk acara formal maupun nonformal, menggunakan parfum tidak pernah menjadi hal yang salah. Ada banyak merk parfum dengan harum yang beragam pula. Karena setiap orang memiliki selera masing-masing untuk wangi parfum favorit mereka. Teman-teman mungkin pernah mencium wangi bayi ketika tidak sedang berada di dekat bayi. Atau malah jangan-jangan temen-temen sendiri nih yang suka pake parfum bayi? Nah itulah yang akan kita bahas pada artikel ini, yaitu produk parfum bayi yang sering juga digunakan oleh orang dewasa. Di artikel ini, kami akan berusaha membahas mengenai segmentasi, targeting, diferensiasi, dan juga positioning baik dari parfum bayi yang salah sasaran maupun dari produk parfum untuk orang dewasa yang tepat sasaran. Untuk mempermudah pembahasannya, kami akan menggunakan contoh parfum Eau De Zwitsbaby yang salah sasaran dan produk Miniso Zodiac Eau De Parfum sebagai produk yang tepat sasaran.

Differensiasi

Perbedaan antara parfum Eau De Zwitsbaby dan Miniso Zodiac Eau De Parfum dapat dilihat melalui karakteristik kedua produk tersebut. 

Tabel Karakteristik Produk

Eau De Zwitsbaby

Miniso Zodiac Eau De Parfum

Wangi yang soft umumnya digunakan bayi.

Wangi yang neutral, dapat digunakan oleh baik laki-laki maupun perempuan.

Wangi yang relatif kurang tahan lama (minim alkohol dan konsentrat).

Wangi yang tahan lama.

Hanya terdapat satu variasi.

Jenis yang bervariasi sesuai jumlah zodiak pada horoskop.

Packaging yang menimbulkan kesan murni dan tulus, kesan yang melekat pada balita.

Packaging yang menimbulkan kesan energik, kesan yang melekat pada remaja.

Positioning

Positioning merupakan cara produk didefinisikan oleh konsumen terhadap atribut penting-tempat di mana produk berada dalam pikiran konsumen dibandingkan produk pesaing. Zwitsbaby eau de parfum merupakan produk yang berasal dari Saudi Arabia. Produk ini diperkenalkan sebagai parfum yang dikhususkan untuk bayi dengan aroma yang menyegarkan namun tidak mencolok seperti bedak bayi.  Saat produk ini masuk ke pasaran Indonesia, banyak masyarakat yang merespon secara positif. Namun, posisi produk yang seharusnya digunakan untuk bayi justru bergeser ke arah universal, yaitu dipakai oleh khalayak umum di segala usia dari berbagai gender. Hal ini dikarenakan masyarakat cenderung menyukai parfum dengan aroma yang soft dan menyegarkan seperti yang ditawarkan oleh Zwitsbaby eau de parfum. Adanya produk ini jelas menggeser kompetitor lain yang terlebih dahulu memposisikan dirinya sebagai parfum universal seperti Miniso Zodiak eau de parfum. Banyak masyarakat yang beralih dari parfum milik Miniso ini dikarenakan wangi yang dianggap terlalu kuat atau mencolok sehingga tidak cocok bagi sebagian kalangan.

Disisi lain, produk Zwitsbaby eau de parfum ini begitu mudah didapatkan di online shop dengan harga yang ditawarkan relatif murah. Karena harga parfum Zwitsbaby ini dapat berbeda sesuai dengan harga dan diskon yang ditawarkan oleh online shop tertentu. Sedangkan untuk produk Miniso Zodiak eau de parfum, harga yang ditawarkan terbilang rata baik di toko offline maupun online shop karena produk ini hanya dipasarkan di official store Miniso. 

Positioning Map

Segmentasi 

Segmentasi adalah suatu usaha membagi kelompok konsumen yang besar menjadi kelompok-kelompok konsumen kecil berdasarkan karakteristik yang mereka miliki, seperti berdasarkan letak geografis, demografis, psikografis, dan tingkah laku. Segmentasi produk Eau De Zwitsbaby sendiri tidak terlalu dapat diidentifikasi karena hanya terdapat satu varian dari produk ini. Namun secara segmentasi demografis, produk ini lebih didesain untuk memenuhi kebutuhan kelompok umur balita atau ibu-ibu yang sedang memiliki anak balita. Secara psikografis, produk ini didesain untuk ibu-bu yang memiliki gaya hidup dan perhatian kepada balita yang dimilikinya. 

Sementara produk Miniso Zodiac Eau De Parfum memiliki banyak varian. Varian dari produk ini adalah adanya pilihan produk menurut zodiak tertentu dan setiap zodiak memiliki aroma parfum yang berbeda. Oleh karena itu, produk ini disegmentasikan berdasarkan demografis konsumen. Konsumen dimasukkan kedalam variabel bulan lahir untuk memberikan produk dengan varian yang berbeda-beda. Selain itu, segmentasi berdasarkan demografis lainnya yaitu produk ini lebih didesain untuk pemakaian oleh remaja karena desain produk yang lebih dewasa daripada Eau De Zwitsbaby.

Targeting

Dengan berbagai macam segmentasi pasar, baik Eau De Zwitsbaby maupun Miniso Zodiac Eau De Parfum sama-sama melalui proses Differentiated atau Segmented Marketing. Pada proses tersebut perusahaan melakukan segmen pasar dengan memasarkan produk keduanya sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Mengembangkan rencana differentiated marketing membutuhkan penelitian pemasaran ekstra, peramalan, analisis penjualan, perencanaan promosi, dan manajemen saluran. Kemudian percobaan menjangkau segmen pasar yang berbeda dengan kampanye iklan yang berbeda akan meningkatkan biaya promosi. Dengan demikian, perusahaan harus mempertimbangkan peningkatan penjualan terhadap peningkatan biaya ketika memutuskan strategi pemasaran yang berbeda.

Targeting Eau De Zwitsbaby

Dilihat dari packaging yang ditawarkan Eau De Zwitsbaby, ditampilkan unsur seorang bayi yang bahagia. Hal ini tentunya menarik keberadaan Ibu-ibu dengan target konsumen yakni bayi baru lahir, balita, serta anak-anak. Hal ini secara tidak langsung menyiratkan bahwa Eau De Zwitsbaby membuat balita bahagia berkat aromanya, terlepas dari umur balita yang belum mampu memahami kenikmatan yang diciptakan oleh wewangian.

Targeting Miniso Zodiac Eau De Parfum

Packaging produk Miniso Zodiac Eau De Parfum sengaja memfokuskan pada logo horoskop yang umumnya digemari oleh usia remaja. Dalam mengidentifikasi keadaan dan mengambil tindakan pun, terkadang para remaja menggunakan ramalan horoskop sebagai petunjuknya. Hal ini tentunya banyak menarik perhatian para remaja, melalui sugesti bahwa zodiak tertentu memiliki karakteristik khusus, yang mampu digambarkan secara tegas oleh aroma wewangian Miniso Zodiac Eau De Parfum.

Solusi

Parfum Miniso Zodiac dan Zwitsbaby memiliki target pasar yang berbeda. Parfum Zwitsbaby ditujukan untuk bayi dan anak-anak sedangkan parfum Miniso dipasarkan untuk semua kalangan usia. Berasal dari Saudi Arabia serta memiliki kadar alkohol yang rendah menjadi salah satu alasan kenapa Zwitsbaby banyak digemari, khususnya oleh para perempuan muslim. Selain itu, wangi yang lembut juga lebih banyak diminati karena dianggap lebih natural dan tidak mengganggu orang lain. Itulah mengapa akhirnya parfum Zwitsbaby lebih banyak dibeli oleh masyarakat dewasa dibanding bayi dan anak-anak sehingga terjadi “salah sasaran”. Sedangkan Parfum Miniso Zodiac sudah sesuai target pasar karena pembeli produk ini merupakan orang dewasa, bukan bayi atau anak-anak. Dari segi bau, varian wangi yang dimiliki parfum Miniso cenderung kuat serta mengandung komposisi yang kurang cocok apabila digunakan anak kecil. Solusi yang kami tawarkan adalah supaya Zwitsbaby tetap mempertahankan wangi bayi yang menjadi penawaran utama produk mereka. Karena yang menjadi pertimbangan konsumen bukan hanya harumnya saja, namun komposisi serta asal produksi juga diperhatikan. Kondisi pasar memang tidak selalu dapat ditentukan. Meskipun tidak sesuai dengan target pasar awal mereka, namun pasar baru yang tercipta juga menguntungkan.

Sumber Gambar:

https://reviews.femaledaily.com/products/fragrance/edp/zwitsal/eau-de-zwitsal-09 (diakses pada 13 Oktober 2020)

https://reviews.femaledaily.com/products/fragrance/edp/miniso/miniso-official-universe-zodiac-perfume-cancer-05?cat=&cat_id=0&age=&order=nrd&page=1 (diakses pada 13 Oktober 2020)

Penulis:

Aji Pangestu Nuswantoro

Berliana Cahya Pertiwi

Dimas Dharmawan

Mustika Imalia Indira Hapsari


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
BerlianaCahya

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format