5 Besar Ekspor Pertanian Terbesar, Indonesia masih Impor Buah

Indonesia sebagai negara agraria dengan luas 570 ribu kilometer persegi dan masuk dalam 5 besar negara eksportir terbesar, akan tetapi indonesia masih impor buah


1
1 point

Indonesia memiliki ragam buah-buahan lokal yang memiliki nilai gizi yang baik untuk kesehatan, mulai dari pisang, jambu biji, apel, dan lain sebagainya. Namun kenyataannya masyarakat Indonesia tergolong minim dalam mengkonsumsi buah-buahan. Dalam memulai gaya hidup sehat, salah satu nasihat yang mungkin sering terlintas di telinga Anda adalah "makan lebih banyak buah ya". Nasihat ini tentunya bukan isapan jempol belaka. Manfaat buah untuk kesehatan dapat menghindarkan kita dari risiko penyakit dan membantu tubuh tetap sehat – plus dipercaya berkontribusi pada penurunan berat badan. Krisis akibat Covid-19 menunjukkan minimnya ketahanan pangan di dalam negeri karena beberapa komoditas masih membutuhkan impor dari negara lain. Sehingga secara umum, impor pangan Indonesia sudah tergolong tinggi dan ditambah lagi pasca pandemi virus corona, banyak konsumen yang mulai semakin sadar untuk menjaga kesehatan. Salah satunya dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur sebagai sumber vitamin. 

Selain sayuran, Indonesia juga tercatat sebagai pengimpor buah-buahan yang tinggi dimana Indonesia sendiri merupakan negara agraris. Sebagian besar buah yang masuk ke Indonesia berasal dari negara subtropis. China, Amerika Serikat, dan Selandia Baru. Berdasarkan data BPS, volume impor buah-buahan pada 2015 sebanyak 435 ribu ton dengan nilai 666,3 juta dollar AS atau setara dengan Rp 9,8 triliun (kurs Rp 14.700). Sedangkan data tahun 2019 volume impor buah melonjak drastis menjadi 724,1 ribu ton dengan total US $ 1,5 miliar atau Rp 22,5 triliun. Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) meminta pemerintah mewaspadai meningkatnya impor buah ke Indonesia. Kadin menilai potensi produksi berbagai buah-buahan dalam negeri cukup besar dan diminati banyak negara. Apalagi, berdasarkan data BPS, Indonesia mengalami defisit perdagangan buah mencapai 1,16 miliar dolar AS tahun lalu. nilai impor buah-buahan ke Indonesia sudah mencapai lebih dari Rp 22 triliun. Ini jumlah yang besar dan kita patut waspada karena berikutnya banyak hal yang harus kita hadapi.

(Sumberr : tribun.com)

Meski tergolong negara agraris, impor sayur dan buah Indonesia tergolong tinggi, mencapai Rp34 triliun per tahun. Upaya peningkatan produksi buah dalam negeri diharapkan tidak hanya dilakukan untuk meningkatkan ekspor. Produksi lokal dinilai perlu didorong untuk mengurangi impor buah tropis yang masih berlangsung hingga saat ini. Kementerian Pertanian (Kementan) menyatakan, peningkatan jumlah buah impor di "Indonesia" merupakan suatu kebutuhan. Karena Indonesia merupakan anggota Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), impor buah tidak dapat dihindari karena konsekuensi logis dari sistem perdagangan bebas dunia.

Perlunya peran pemerintah, produsen dan konsumen untuk dukung ekspor buah

Guna mendukung tercapainya target ekspor buah, pemerintah melalui Kementerian Pertanian perlu melakukan berbagai langkah nyata. pemerintah perlu memangkas perizinan ekspor agar semakin mudah dan cepat dapat dengan melalui sistem pengurusan perizinan online. Dengan adanya sistem tersebut, pengurusan izin ekspor dapat mempercepat dan diharapkan meningkatkan pelaku – pelaku usaha buah untuk meningkatkan produksinya selain untuk kebutuhn dalam negeri dan juga untuk pangsa pasar ekspor, sehingga diharapkan pengurusan perizinan tengtang ekspor buah harus nya agar lebih udah di bandingkan dengan impor jika memang pemerintah serius menanggapi tentang impor buah-buahan dimana pada dasar nya indonesia sendiri adalah negara agraria dan memiliki iklim yang teropis sehingga banyak jenis yang dapat di tanam selain itu indonesia juga memiliki lahan pertanian yang luas di bandingkan negara-negara ASEAN lainya. Indonesia memiliki total luas lahan sebesar 191 juta hektar, diantaranya 100 juta hektar masih hutan, 8 juta hektar lahan kelapa sawit, 8 juta hektar sawah, dan sisanya lahan semak belukar. lahan-lahan tersebut dapat dimanfaatkan untuk menanam hortikultura. Jika serius bisa diatasi sehingga bisa mengurangi impor Selain cara tersebut, ada langkah lain yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kempuan  pemenuhan kebutuhan buah nasional dan ekspor berbagai komoditas khususnya komuditas buah-buahan. Salah satunya dengan mengajak produsen lokal agar meningkatkan kualitas produk, hingga akhirnya dapat menyaingi kualitas produk impor dan nantinya juga berani untuk mengekspor ke luar negeri. Kita sebagai konsumen juga dapat membantu produsen lokal untuk meningkatkan hasil tanamnya dengan terus membeli dan mengonsumsi buah-buahan lokal. Kalau buah-buahan produksi Indonesia saja sudah disukai oleh masyarakat dunia, kenapa kita harus pilih yang impor?

(sumber : https://lokadata.beritagar.id/topic/perdagangan?page=14

Terlepas dari impor barang konsumsi terutama buah-buahan yang naik, kenaikan impor itu merupakan bukti bahwa pasar negara ini sangat besar sekali. Tak dipungkiri, buah impor itu sangat menarik dan cantik. Wajar saja, konsumen lebih tertarik dengan buah impor tersebut. Namun, persoalannya adalah negara kita sangat kaya terhadap produk holtikutura, tak kalah dengan buah-buahan dari impor itu. Kenapa apel atau jeruk lokal kalah bersaing dengan buah impor itu? Ini tantangan bagi negara kita tak hanya pemerintah akan tetapi kita konsumen dan khusus nya produsen yang harus saling turut andil dalam memajukan untuk menjadi negara swasembada buah. Saat ini Sudah bukan rahasia umun lagi Indonesia masih tergantung terhadap barang-barang impor, termasuk pangan. Bahkan, buah-buahan seperti apel dan jeruk sampai kedelai yang sebenarnya bisa diproduksi di dalam negeri, tapi masih diimpor. China menjadi negara yang gencar mengimpor produk-produknya ke Indonesia.

Sehingga perlu adanya manajemen servis dan oprasi yang tertata seperti standarisasi produk buah yang baik seperti apa, bagaimana pengemasan atau penaatan yang baik ketika di jual, atau pun pengembangan-pengembangan dari produk tersebut seperti menjadi bahan olahan ataupun mengeluarkan inovasi menjadi siap santap yang memudahkan para konsumen untuk mengkonsumsinya dengan mudah agar supaya nantinya dari standarisasi yang baik pengelolaan yang lebih inovasi atau lebih baik sehingga para konsumen lokal mulai beralih ke produk-produk dalam negeri dan diharapkan dengan peningkatan konsumsi dalam negeri para produsen mulai berfikir dan bekerja untuk meningkatkan kapasitas produksi buah mereka dan akhir nya buah lokal sendiri dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri dan tidak mengandalkan impor sehingga negara indonesia sendiri sebagai negara agraris mampu menyuplai kebutuhan buah-buahannya sendiri.

Peran pemerintah untuk serius dalam hal impor buah ini sangatlah penting karena dapat mengeluarkan peraturan-peraturan atau kebijakan yang membantu menjaga produksi maupun pasar buah di indonesia sendiri, selain itu pengaruhnya besar bagi rantai supplai buah. Rantai suplai buah sendiri perlu ada nya pengawasan dan pengaturan agar menjaga tidak ada pengusaha atau produsen yang memainkan suplai atau harga agar harga menjadi selalu stabil dan tidak lebih mahal dari buah impor. 

Daftar pustaka

https://www.republika.id/posts/9335/impor-melonjak-waspada-defisit-perdagangan-buah

https://www.cnbcindonesia.com/news/20200615140504-4-165418/impor-buah-segar-hingga-mesin-ac-turun-di-mei-2020

https://www.radarcirebon.com/2020/05/25/negara-agraris-tapi-nilai-impor-buah-dan-sayuran-indonesia-bikin-kaget/#:~:text=Selain%20sayuran%2C%20Indonesia%20juga%20tercatat,sayuran%20tersebut%20mencapai%20Rp34%20triliun.

https://indonesia.go.id/narasi/indonesia-dalam-angka/ekonomi/saatnya-cinta-terhadap-buah-lokal#:~:text=%E2%80%9CDi%20Indonesia%2C%20buah%20seperti%20itu%20tersedia%20banyak%2C%20seperti%20mangga.&text=Menurut%20catatan%20Badan%20Pusat%20Statistik,tanaman%20obat%20mencapai%20676.000%20ton.

https://indonesia.go.id/narasi/indonesia-dalam-angka/ekonomi/buah-segar-indonesia-melaju-ke-pasar-dunia

https://www.hashmicro.com/id/blog/pengertian-supply-chain-management/


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
Ibrahim

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format