Fenomena Umroh Mewah

Banyak sekali biro penyelenggara umroh di Indonesia, dimana ada sekitar 1016 travel agen yang terdaftar dan dalam perkembangannya sangat prospek secara bisnis.


2
2 points

Menurut  bahasa,  umroh  berarti  ziarah. Menurut istilah,  umroh berarti  mengunjungi  Baitullah (Ka’bah) dengan melakukan thawaf,  sa’i dan bercukur demi mengharap rida Allah SWT. hukum umroh menurut  Imam Syafii dan Imam Hambali, hukumnya wajib sekali seumur hidup bagi yang mampu, sedangkan menurut Imam Hanafi dan Imam  Malik, menunaikan ibadah umroh hukumnya sunnah muakkadah.


                        Gambar 1. Jumlah biro umroh dengan jemaah umroh 2109 (sumber Bareksa)

Banyak sekali biro penyelenggara umroh di Indonesia, dimana ada sekitar 1016 travel agen yang terdaftar, sedangkan untuk haji hanya  323 travel agen, ini merupakan hal yang wajar karena jumlah peziarah umrah dari tahun ke tahun semakin meningkat dan Indonesia merupakan Negara dengan Jemaah umroh terbesar kedua di dunia setelah Pakistan pada tahun 2019 sebesar 1.005.806 orang (gambar 1). Travel agen Umroh dalam perkembangannya sangat prospek dan menarik untuk di jadikan bisnis di Indonesia yang mempunyai penduduk muslim terbesar di dunia yaitu 215 jt sehingga banyak bermunculan travel agen yang menawarkan paket-paket umroh yang bervariasi mulai dari yang murah, menengah, mahal dan mewah.

                                     Gambar 2. Peningkatan jumlah jemaah umroh (sumber Bareksa)

Tingkat peminatan umroh dari masyarakat selalu meningkat setiap tahunnya (gambar 2), serta daftar tunggu haji yang sangat lama, menyebabkan umroh menjadi pilihan utama umat Islam Indonesia sembari menunggu panggilan haji.
Standard umroh/paket hemat dengan kisaran harga 20 jt dan tidak ada tambahan paket paket tertentu fasilitas yang didapat adalah:
–  Tiket Pesawat Ekonomi Jakarta-Jeddah (PP)
– Visa Umrah
–  Manasik
–  Akomodasi (Hotel) dan Transportasi (Bis) Sesuai Paket Selama Program
–  Ziarah (Makkah, Madinah dan Jeddah)
–  Pembimbing Ibadah (Muthawif)
–  Air Zam-Zam 5 (Lima) Liter
–  Makan 3X Sehari
–  Umrah 2X
–  City Tour
–  Asuransi Perjalanan
–  Handling & Perlengkapan

Kementerian Agama (Kemenag) telah menetapkan besaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Umrah Referensi (BPIU Referensi) sebesar Rp20juta. Penetapan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Agama (KMA) No 221 tahun 2018 tentang BPIU Referensi. “KMA BPIU Referensi sudah terbit per 13 April 2018. Kini sudah ada BPIU Referensi sebesar Rp 20juta.”
BPIU Referensi, akan menjadi pedoman Kementerian Agama dalam melakukan pengawasan dan pengendalian kepada Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU). Pengawasan yang dilakukan utamanya terkait layanan yang diberikan kepada jemaah umrah yang harus memenuhi standar pelayanan minimal. “BPIU Referensi menjadi pedoman pengawasan, klarifikasi, sekaligus investigasi terkait harga paket umrah yang ditawarkan PPIU. Bagi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU), BPIU Referensi juga bisa digunakan sebagai acuan dalam menetapkan harga paket sesuai standar pelayanan minimal. Sebab, PPIU dalam menetapkan biaya umrah memang harus sesuai standar pelayanan minimal. Bagi masyarakat, BPIU Referensi berguna sebagai acuan dalam menimbang harga paket yang ditawarkan PPIU. Biaya referensi ini,dihitung berdasarkan standar pelayanan minimal jemaah umrah di Tanah Air, dalam perjalanan, selama di Arab Saudi. Untuk transportasi, dihitung dari Bandara Soekarno Hatta ke Arab Saudi dan dari Arab Saudi ke Bandara Soekarno Hatta. BPIU Referensi bukan biaya minimal. Jika ada PPIU yang menetapkan BPIU di bawah besaran BPIU Referensi, maka dia wajib melaporkan secara tertulis kepada Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Setiap tahun biaya untuk menunaikan ibadah haji ataupun umroh selalu mengalami kenaikan. Begitu pula untuk antrian keberangkatannya, Tetapi hal tersebut tidak menyurutkan niat kaum muslim untuk menunaikannya karena adanya dorongan untuk memenuhi perintah agama dan saat ini trend umroh juga cukup populer di kalangan milenial.

Biaya umroh ini sangat bervariasi, tergantung dari penawaran paket umroh dari biro travel umroh, dimana komponen paket yang mempegaruhi harga paket antara lain tiket pesawat, jenis hotel bintang yang digunakan, catering/makan yang disediakan, guide dan land handling serta waktu/jadwal umroh apakah di high season atau saat tidak banyak Jemaah umroh.
Perjalanan ibadah umroh saat ini banyak ditawarkan dengan berbagai paket, baik dari jumlah orang per kamar dimana ada double, triple, quad. Ada juga ditawarkan paket umroh bersama artis maupun uztads yang sedang popular sehingga bisa menarik minat konsumen. Saat ini juga banyak berkembang umroh dengan paket wisata ke Negara di luar Arab Saudi seperti wisata ke Mesir, Dubai, Turki bahkan sampai ke Eropa seperti Spanyol untuk melihat peninggalan perdaban islam di Cordoba. Semua paket tersebut mempunyai segmen market tertentu dan yang saat ini popular adalah Umroh Plus wisata ke Negara Turki,Mesir, UEA yang saling berlomba mempromosikan dengan fasilitas bervariasi dari standard sampai mewah dan harga standard 20-28 Jt Rupiah sampai ada yang IDR 40-47 jt, yang menampilkan promosi wisata menarik, apalagi banyak juga dari para konsumen umroh yang dalam perjalanan ibadah tersebut sering membuat update status di social media dengan latar belakang kemewahan baik hotel, makanan dan tempat tempat wisatanya.
                        Gambar 3. Brosur promosi Umroh plus Dubai/Mesir ( Arofahmina & ESQ Tour)

Marketing orientation dari bisnis travel agen umroh saat ini didorong oleh banyaknya permintaan konsumen melaksanakan ibadah ziarah sambil berwisata ke Negara-negara tujuan utama wisata yang berorientasi islami (Turki, Dubai, Mesir), jadi ada semacam trend yang berkembang terutama di kalangan milenial, sehingga travel agen menangkap peluang itu dengan membuat umroh plus wisata dari kelas standard sampai mewah untuk membidik segment atas. Kegiatan umroh di kalangan  menengah atas ini banyak dilakukan secara berulang-ulang, bahkan ada yang setiap tahun, sehingga Customer Relationship Management (CRM) penting dijaga oleh para penyedia jasa Travel Umroh ini dengan peningkatan pelayanan dan variasi paket yang ditawarkan.
Segmentasi pasar dalam bisnis travel umroh lebih banyak ke arah demografi seperti kelas social, pendapatan, usia, ukuran keluarga dan mulai berkembang ke arah psikografik seperti gaya hidup saat ini yang relative berkembang, sehingga banyak travel umroh menawarkan umroh plus wisata.
Developing marketing mix sudah banyak diterapkan oleh Travel–travel Agent untuk memenangi kompetisi merebut pasar, seperti contoh yang diterapkan oleh  AFI Tour yang merupakan  biro perjalanan umroh dan haji milik selebritis tanah air yaitu Syahrul Gunawan. Afi tour didirikan pada tahun 2005 dengan brand Sakinah Group (SG Travel). Saat ini Afi Tour telah berubah nama menjadi PT AFI Tour. Pada tanggal 9 Oktober 2018, Afi Tour telah mendapatkan sertifikasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN). Pengembangan Marketing Mix yang yang dilakukan terdiri dari :
1. Produk
Mengembangkan dan menawarkan beberapa produk mulai dari paket regular (9 hari) yang terdiri dari beberapa jenis double, Triple dan Quad, juga sudah menawarkan produk lain yang membidik kalangan milenial yaitu paket umroh plus Turki, Mesir serta Dubai. Disamping itu juga menawarkan Umroh bersama Artis Syahrul Gunawan untuk lebih menarik minat penggemarnya mengikuti paket  tersebut. Penawaran produk wisata Turki dan Dubai menunjukkan travel agent tersebut sedang membidik segment market tertentu dalam hal ini segment kelas atas (luxury),yang secara finansial mapan, suka berwisata selain tetap melaksanakan ibadah.
2. Price/Harga
Harga yang ditawarkan oleh AFI Tour relative cukup tinggi untuk paket yang ditawarkan, hal itu tergantung dari hotel, akomodasi, pesawat yang diberikan karena komponen terbesarnya adalah hal tersebut. Penawaran harga yang diberikan oleh AFI Tour membidik konsumen yang luxury atau yang butuh kenyamanan ekstra atau ke arah Price skimming, hampir sama dengan ESQ Tour Travel serta Al Hijaz yang juga membidik segmen atas untuk beberapa paket umrahnya.
3. Distribusi
Dalam mendukung bisnis travel agen umroh rata-rata mempunyai kantor di kota-kota  besar seperti AFI Tour yang mempunyai kantor di Fatmawati Jakarta, mempunyai website yang mudah diakses untuk mendapatkan informasi dan mempunyai kerjasama dengan hotel-hotel serta catering di Saudi Arabia juga perusahaan penerbangan untuk memastikan semua jamaah/konsumen bisa diberangkatkan sesuai jadwal dan itu sudah baik dilakukan.
4. Promosi
Dalam menawarkan produknya travel agen umroh banyak menggunakan media online dengan membuat website yang menampilkan kelebihan paket yang ditawarkan, dengan menampilkan penghargaan yang pernah diraih, selebritis yang pernah umroh menggunakan travel tersebut dan instansi besar yang umroh group, sehingga menimbulkan kepercayaan public terhadap biro travel agen, karena dalam bisnis  jasa yang  paling menentukan adalah kepercayaan.
Promotion Mix yang dilakukan AFI Tour cukup efektif karena publicitynya menggunakan public figure yang merupakan owner-nya yaitu Syahrul Gunawan dimana sampai saat ini masih mempunyai image yang baik, hal itu memberi kepercayaan lebih kepada public.
Creating Value with marketing dalam bisnis umrah plus wisata yang cukup mewah ini terletak pada kepuasan pelayanan saat menjalani umrah dan wisata, tentunya yang paling utama tetap kesuksesan pelaksanaan umrahnya  dikurangi biaya pelanggan yang dibayarkan yaitu antara 35-47 jt rupiah untuk paket umrah  plus Turki/Dubai contohnya. Biaya sebesar itu mungkin akan dipertimbangkan lagi oleh para konsumen terutama untuk yang di atas 40 jt rupiah, terutama dalam situasi saat ini dimana sedang ada penurunan daya beli akibat pandemic covid19. Rata-rata paket regular mewah untuk umrah adalah 28-30 jt (9 hari) dan sebagai perbandingan wisata khusus tanpa umrah ke Turki/Dubai selama 9 hari berkisar IDR 15 jt, sedangkan paket umrah plus wisata yang luxury dengan total waktu sekitar 12 hari (umrah 9 hari + wisata 3 hari) biayanya bervariasi, ada yg sampai 45-47 jt rupiah, walaupun itu semua juga harga tergantung dengan akomodasi hotel, season pelaksanaan, pesawat yang digunakan dan sebagainya.

                  Tabel 1. Contoh Paket Umroh Yang ditawarkan Travel Agen (Afitour,Alhijaz,ESQtour)

Etika Bisnis dan Sosial Responsibility
Pilihan paket umroh yang bervariasi dan adanya trend yang bergeser saat ini dimana beberapa kalangan masyarakat suka mengaktualisasi diri di media social, serta mengunjungi Negara-negara lain sehingga travel umroh menangkap peluang tersebut dengan promosi-promosi yang disampaikan dalam hal ini Customer Driven Marketing (gambar 3). Sebagian Jemaah umroh juga lebih banyak update status di media social dengan latar belakang kemewahan hotel, makanan dan tempat wisatanya, sehingga terkesan ziarah religiusnya ke Tanah suci agak berkurang, menjadi ke arah wisata biasa dengan memanfaatkan moment umroh,hal ini dari sisi bisnis merupakan hal yang mungkin biasa,dan sah serta banyak dilakukan untuk menarik konsumen atau mengambil market share diperlukan promosi yang menarik dan lain dibanding yang lainnya. Pada (table 1) di atas menggambarkan tambahan biaya yang cukup besar antara paket umroh regular yang hanya fokus pada tujuan utama umroh dengan paket umroh plus Turki atau Dubai misalnya, ada perbedaan 3 hari tapi biayanya naik rata-rata sekitar 8-10 jt rupiah (naik sekitar 25 % -30 %).
Sosial Responsibility dari pelayanan travel agen untuk wisata yang dikemas dalam satu paket umrah ini bisa membuat pergeseran persepsi bahwa biaya umroh itu mahal dan ada unsur glamour  dan ada kesan kurang menitikberatkan ke tujuan umrohnya sendiri. Pada beberapa promosi yang terlihat lebih menonjol adalah gambar objek wisata ke negara Mesir, Turki dll (gambar 3), dibandingkan promosi untuk peningkatan pelayanannya selama di Tanah Suci, padahal durasi pelaksanan umroh lebih lama dibanding wisatanya yang rata-rata 3 hari. Ada tanggung jawab social yang perlu dipertimbangkan oleh konsumen maupun beberapa travel dalam mengemas paket ibadah umroh ini, promosinya tetap menekankan ibadah umroh, dan untuk para konsumen umroh mewah untuk lebih bisa lebih “down to earth” apalagi kondisi saat ini sedang krisis akibat pandemic covid19,  walaupun itu sah dilakukan oleh konsumen karena secara finansial mampu dan disisi yang lain merupakan upaya travel agen mendapatkan market share, ditengah kerasnya persaingan bisnis.
Paket wisata ke Turki tanpa umroh juga banyak berkembang di industri pariwisata Indonesia, dimana dengan biaya yang berkisar IDR 13 – 20 jt, bisa berwisata ke Turki dan Dubai dalam waktu yang cukup lama antara 8 – 10 hari, sehingga akan lebih puas dan fokus berwisata, yang menjadi kunci dalam penawaran paket wisata adalah waktu/timing, Paket umroh dan wisata akan lebih mudah ditawarkan karena ada dorongan religius untuk dilaksanakan, sedangkan wisata tentunya menunggu cuti bagi para pekerja.
                          Tabel 2. Paket Wisata ke Turki-Dubai tanpa Umrah (Sumber Jejakpiknik)

Meningkatnya tarif biaya umrah ada juga yang disebabkan dampak dari pengurangan kuota jamaah asal Indonesia tapi tidak mengurangi minat masyarakat untuk melaksanakan ibadah tersebut. Tarif umrah pada awal Ramadan diprediksi naik hingga 50%, dan akan melonjak saat menjelang akhir bulan puasa yakni berkisar 100%. Pemangkasan tersebut biasa dilakukan Pemerintah Arab Saudi setiap tahun menyusul banyaknya permintaan dari negara-negara berpenduduk mayoritas Islam lain selain Indonesia. Meningkatnya tarif itu ternyata tidak menyurutkan minat masyarakat Indonesia. Beberapa biro travel Indonesia sudah bekerjasama dengan Negara tetangga Malasyia menawarkan produknya ke Indonesia, disertai dengan paket wisata di Negara Jiran tersebut, yang tentunya membuat market sharenya travel umroh mulai sedikit demi sedikit diambil oleh travel agen dari Negara tetangga, karena mungkin harga yang lebih murah dengan pelayanan hampir sama.
              Gambar 4.Penawaran umroh plus wisata di Malasyia (Takasagroup & batikmanajeman)

Pada kondisi pandemic saat ini dan Saudi Arabia yang merupakan tujuan umrah menutup negaranya dari peziarah umrah, Ketua Umum Serikat Penyelenggara Umrah dan Haji (Sapuhi) Syam Resfiadi memperkirakan setidaknya perusahaan travel akan kehilangan potensi pendapatan 123 juta dolar AS atau Rp1,84 triliun (kurs Rp 15.000 per dolar AS) Jumlah kerugian pun bisa semakin membengkak kalau memperhitungkan dampak pembatalan haji dan umrah sekaligus. Syam mencatat jika diasumsikan pada 2020 ada 1 juta jemaah umrah dan 17.500 jemaah haji saja, maka penyelenggara haji kehilangan omzet Rp22,5 triliun untuk tahun ini saja.
Mulai November 2020 ini sedikit demi sedikit Arab Saudi akan membuka ziarah umrah kembali, dan tentunya dengan keterbatasan kuota Jemaah umroh, bisnis market umrah   belum bisa balance antara Demand yang meningkat dengan Supply yang masih terbatas, akan menyebabakan harga paket umrah juga naik. Untuk bisa berkompetisi dan bertahan mendapatkan konsumen travel agen harus bersaing baik harga dan pelayanan, tentunya paket umrah yang mewah dan membidik konsumen kelas atas dalam pelaksanaannya diharapkan perlu mengurangi harga paket umrah plus karena secara ekonomi masyarakat sedang dalam kondisi ekonomi yang kurang baik saat ini sehingga yang bisa melakukan ibadah umrah plus wisata mungkin hanya masyarakat kelas atas yang kemungkinan besar sudah berulangkali, lebih baik fokuskan pada ibadah umroh untuk mendoakan bangsa Indonesia segera bebas dari pandemic dan ekonominya pulih kembali. Menunaikan ibadah umrah juga akan ada penambahan biaya terkait kondisi pandemic saat ini,  karena akan ada biaya kesehatan tambahan seperti tes  bebas virus covid19 dan protocol lainnya, yang tentunya kalau ditambahkan dengan paket umroh plus, membuat biaya semakin bertambah.

References :

Humas SetKab, Biaya Referensi Umrah Rp20 Juta, Kemenag: Jika Ada Yang Pasang Harga Lebih Rendah Harus Lapor. https://setkab.go.id/biaya-referensi-umrah-rp20-juta-kemenag-jika-ada-yang-pasang-harga-lebih-rendah-harus-lapor/
Bareksa, Begini Historikal Jumlah Jemaah dan Potensi Pasar Umroh di Indonesia. https://www.bareksa.com/id/text/2019/12/03/begini-historikal-jumlah-jemaah-dan-potensi-pasar-umroh-di-indonesia/23727/news
Afitour, Umroh Afitour 28 November 2020, https://afitour.co.id/
Cekaja, Rincian Biaya Umroh Terbaru 2019 dari Perusahaan Travel Terpercaya,https://www.cekaja.com/info/biaya-umroh-terbaru-2019/
Anto, Biaya Umroh, https://www.daftarhajiumroh.com/biayaumroh/
DewiPuri, Segini Biaya Umroh 2020 yang Harus Kamu Persiapkan, https://lifepal.co.id/media/segini-biaya-umroh-2019-yang-harus-kamu-persiapkan/
Tegar Arif, Jamaah Umrah RI Lebih Suka Gunakan Travel Malaysia https://kabar24.bisnis.com/read/20140714/79/243096/jamaah-umrah-ri-lebih-suka-gunakan-travel-malaysia
Mitra Bisyroh, KENAPA ADA UMROH MURAH & ADA YANG MAHAL? https://umrohsunnah.id/kenapa-ada-umroh-murah-ada-yang-mahal/
Direktorat Jendral Penyelenggara Haji  dan Umroh kementrian Agama RI, https://haji.kemenag.go.id/v4/
Son, Ini Jumlah Jamaah Umrah Indonesia ke Arab Saudi Perharinya, https://padangkita.com/ini-jumlah-jamaah-umrah-indonesia-ke-arab-saudi-perharinya/#:~:text=Pada%20tahun%202018%2C%20Data%20Kementerian,mencapai%201%2C26%20juta%20orang.
Tempo Data Science, https://www.datatempo.co/DataEkonomi/view/20200308130843/jemaah-umrah-nomor-dua#.X4-ottUzY2w
Afif Rahman, Umrah Bergelimang Paket Mewah,  https://travel.detik.com/destination/d-1975284/umrah-bergelimang-paket-mewah
Kyla Damasha, Daftar Agen Travel Haji dan Umroh Terbaik dan Terpercaya 2020, https://www.cekaja.com/info/daftar-agen-travel-haji-dan-umroh-terbaik-dan-terpercaya-2020/
Widi Astuti Dwi, 10 Travel Umroh Terbaik di Indonesia, Murah Mulai dari 18 Juta https://jejakpiknik.com/travel-umroh-terbaik-di-indonesia/
Widi Astuti Dwi, 10 Daftar Paket Wisata Turki Murah Mulai 13 Jutaan,https://jejakpiknik.com/paket-wisata-turki/
Bareksa, Begini Historikal Jumlah Jemaah dan Potensi Pasar Umroh di Indonesia, https://www.bareksa.com/berita/id/text/2019/12/03/begini-historikal-jumlah-jemaah-dan-potensi-pasar-umroh-di-indonesia/23727/news
PT Lamahu Tour Travel, https://travel-umroh.com/

Penulis:

Ibnu Suhartanto/41P20082/B41C


Like it? Share with your friends!

2
2 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format