Bengkel Aries Star Motor, “Pandemi Covid19 Hampir Menutup Rejeki Kami”

Usaha bertahan UMKM bengkel bermotor menerjang covid19 patut diapresiasi, mengingat PSBB yang kerapkali diterapkan membuat mobilitas kendaraaan bermotor berkurang.


9
9 points

Seperti yang kita ketahui bahwa Pandemi Covid19 telah berlangsung selama kurang lebih 8 bulan di Indonesia. Dari data yang dihimpun oleh Suara Surabaya, dinyatakan bahwa sampai dengan kuartal ke II di tahun 2020 ini, perekonomian indonesia sudah mengalami kondisi minus. Dimana hal ini ditunjukkan dengan pertumbuhan produk domestik bruto yang berada pada angka -5,32. Hal ini juga tentunya sangat berdampak pada pertumbuhan sektor usaha di Indonesia yang menuju ke arah minus. Tidak hanya berdampak pada usaha besar, namum usaha-usaha mikro kecil maupun menengah lah yang lebih merasakan efek keberlangsungan dari Pandemi Covid19 ini.

Sumber : Suarasurabaya.net

Dampak pandemi covid19 sudah mulai terasa di sektor usaha, baik usaha kecil menengah maupun usaha-usaha produktif lainnya. Menurut data dari Crisis Center Kementerian Koperasi dan UMKM pada kuartal ke II 2020 lalu sudah ada sebanyak 56% dari total UMKM di Indonesia yang mengalami penurunan penjualan. 

Sumber : mediaindonesia.com

Dilansir lebih jauh lagi oleh Qasir.id, bahwa pada kuartal ke III 2020 ini, pandemi Covid telah berhasil mencetak rekor dengan membuat sekitar 68% dari UMKM di Jakarta mengalami dampak krisis ekonomi. Terdapat sekurang-kurangnya 774 UMKM yang mengalami penurunan penjualan akibat tidak adanya pemasukan dari pelanggan yang tentunya sangat merugikan perkembangan ekonomi di Indonesia.

Sumber : Qasir.id

BENGKEL MOTOR-MOBIL, SALAH SATU UMKM YANG TERDAMPAK PANDEMI

Salah satu bentuk UMKM yang merasakan langsung dampak Pandemi Covid19 adalah UMKM bengkel kendaraan bermotor. Bentuk UMKM bengkel kendaraan bermotor ini merupakan bentuk badan usaha Sole Proprietorship (Perseorangan) dimana bentuk kepemilikan perusahaan dimiliki dan dioperasikan oleh satu orang biasa (single owner). Pemilik bertanggung jawab atas keseluruhan harta kekayaan perusahaan tersebut dan memiliki hak penuh atas keuntungan yang diperoleh. Menurut O.C Farrel dalam bukunya yang berjudul Business Foundations “A Changing World”, dipaparkan bahwa usaha seperti ini memiliki karakteristik sebagai berikut :

Sumber : Buku Business Foundations “A Changing World”

Tidak dipungkiri bahwa semakin tinggi populasi pergerakan kendaraan, usaha jasa perbengkelan semakin dibutuhkan dalam keberlangsungan industri otomotif. Apalagi sebagai sarana transportasi yang murah tapi lincah, populasi motor tersebar hingga daerah pedesaan untuk masyarakat kelas menengah ke bawah. Sebagai usaha jasa pemeliharaan dan perawatan, keberadaan bengkel motor dan mobil akan sangat ditentukan oleh pertumbuhan dan penyebaran kepemilikan kendaraan tersebut.

Sebagian besar pengusaha atau pelaku usaha dari UMKM bengkel kendaraan bermotor saat ini, hanya pasrah dengan keadaan dan berharap pandemi ini segera berakhir agar usahanya kembali normal. Sebagai contohnya salah satu pemilik bengkel motor, Aries Star Motor yang berlokasi di Jalan Gatot Soebroto, Antonius Yohanes Bata yang akrab disapa Aries Putra Lawa, mengaku omset usahanya mulai merosot sejak Pandemi Covid19. Menurut pengakuan, penghasilannya saat ini menurun jauh dari sebelum covid19 mewabah di Indonesia. Dengan himbauan dari pemerintah kepada warga agar tetap di rumah untuk melakukan pencegahan Covid19, sangat berdampak langsung kepada keberlangsungan dari usahanya. Mantan anggota DPRD Ende yang membuka usaha bengkel motor ini mengakui pendapatan dari bengkelnya menurun drastis dari belasan juta dan kini hingga satu juta lebih perhari. Omset ini menurun karena sepi pengunjung atau konsumen yang takut keluar rumah saat pandemi. Sebelum Pandemi Covid19 melanda, omset yang di dapat per hari hingga lima belas juta rupiah, akan tetapi sekarang omset yang diperoleh paling tinggi hanyalah satu juta rupiah bahkan ada beberapa hari hanya didapatkan ratusan ribu rupiah saja. Menurut UMKM Bengkel Aries Star Motor dengan omset seperti ini maka ia akan kesulitan untuk menggaji para karyawannya dan kesulitan membayar cicilan ke pihak bank yang memberikan pinjaman padanya. Para pelaku UMKM bengkel ini pun sangat mengharapkan agar di tengah wabah Pandemi Covid19 ini pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk meringankan cicilan ke bank. Sebagai pelaku usaha, para pelaku UMKM mengaku bahwa hal ini akan didukung dengan kekonsistenan mereka untuk membayar cicilan.

O.C Farrel dan Geoffry.A. Hirt, dalam bukunya yang berjudul Business Foundations “A Changing World”, menyatakan bahwa dalam praktek bisnis dunia seorang pemilik usaha adalah orang yang paling bertanggung jawab terhadap isu finansial dari bisnisnya. Pemilik memiliki kepentingan untuk memastikan ketersediaan dana dalam menjalankan usahanya serta orang yang paling terdampak bila perusahaan mengalami kerugian. 

Sumber : Buku Business Foundations “A Changing World”

Berdasarkan grafik diatas, aktivitas krisis finansial yang dialami UMKM Bengkel Aries Star Motor dipicu dari krisis ekonomi yang terjadi di Indonesia bahkan dunia akibat dari Pandemi Covid-19. Dengan demikian pemilik usaha bengkel ini harus memutar otak untuk mempertahankan kelangsungan bisnis melalui inovasi, perubahan atau langkah-langkah lain yang dapat memberikan hasil yang menjanjikan terhadap usaha yang dijalankan. Dengan adanya faktor pengaruh regulasi dari pemerintah terhadap penerapan PSBB atau karantina wilayah secara bertahap menjadi pemicu lesunya bisnis UMKM Bengkel ini. Sehingga perlu adanya kreativitas dan inovasi dari pemilih usaha bengkel dalam beradaptasi sesuai dengan peraturan yang berlaku. PSBB atau karantina wilayah memanglah baik untuk mencegah covid19. Namun juga sekaligus memperparah kondisi usaha dari para pelaku UMKM bengkel ini. Pemasukan mereka berasal dari kendaraan yang berlalu-lalang di depan tempat usaha, jika PSBB berlangsung telalu lama, dilema yang dialami para pelaku usaha ini juga menyebabkan ketidakberlangsungannya usaha mereka yang berdampak terhadap penurunan omset penjualan. 

Sumber : Akurat.co

BENCHMARKING CUSTOMER SATISFACTION SERVICE  DARI NEGARA JEPANG

Jika di Indonesia layanan plus untuk kenyamanan dari customer bengkel dan diler hanya makanan dan minuman di ruang tunggu, maka beda lagi di Jepang. Di negeri Matahari tersebut lebih istimewa karena ada layanan massage tangan gratis. Hal itu terlihat pada bengkel resmi Daihatsu di Kabupaten Shiga, Jepang. Seorang wanita pekerja swasta datang ke bengkel tersebut setelah sebelumnya melakukan booking secara online. Usai mobilnya diserahkan ke petugas, ia pun masuk ke ruang tunggu dan duduk di kursi layanan massage. Tak hanya itu, ruang tunggu ramah anak juga disediakan bagi pelanggan bengkel yang mebawa balita, mulai dari kamar mandi khusus anak yang difasilitasi popok gratis. Layanan bengkel yang berpusat pada kepuasan dan kenyamanan pelanggan ini tentunya merupakan salah satu strategi marketing di tengah maraknya bengkel yang berusaha bertahan di masa Pandemi Covid19. Bukan hanya mengutamakan kecepatan dalam pelayanan, namun para karyawannya dilatih agar ramah, santun dan kompak. Bahkan seorang mekanik tak hanya ditutut untuk memperbaiki mobil, namun juga diminta bisa melayani kebutuhan lainnya untuk pelanggan misalnya dalam menangani kebersihan dan lain-lain.

Sumber : otomotif.okezone.com

Berikut ini merupakan analisis benchmarking yang dilakukan penulis antara UMKM Bengkel Aries Star Motor dengan Bengkel Daihatsu Shiga Jepang :

Bengkel Aries Star Motor

Bengkel Daihatsu Shiga Jepang

Karyawan

5 orang pekerja

>30 orang pekerja

Pelayanan

Umum seperti bengkel pada biasanya

Pelayanan service bengkel, ada pelayanan kepuasan pelanggan (massage tangan, ruang tunggu untuk minum dan istirahat)

Sistem pemesanan

Offline (hanya bisa langsung ke tempat dan via phone

Online dengan aplikasi

Suasana tempat

Terlalu padat oleh barang-barang dan kurang space untuk pengunjung.

Rapi dan terstruktur sehingga membuat pengunjung nyaman.

Jumlah pelanggan

30 pelanggan / hari

100 pelanggan / hari

Sumber : Analisis Penulis

SOLUSI UNTUK BERTAHAN DITENGAH PANDEMI 

Menurut George & Jones  dalam bukunya yang berjudul Contemporary Management adanya lingkungan manajerial yang mempengaruhi suatu bisnis global seperti General Environment (Lingkungan Umum) dan Task Environment (Lingkungan Tugas). General Environment berkaitan dengan teknologi, sosio kultural, ekonomi, legal/politik, dan internasional, sedangkan Task Environment berkaitan dengan customer, kompetitor, supplier, dan distributor.

Sumber : Buku Contemporary Management

Berdasarkan penjelasan di atas, penulis melakukan analisis task environment dalam kasus UMKM Bengkel Aries Star Motor ke dalam lima kategori, yaitu suppliers, customers, competitor, regulator dan strategic partners. Komponen kelima task environment Bengkel Aries Star Motor tersebut pada Tabel  di bawah ini :

Sumber : Analisis Penulis

Berdasarkan pengamatan penulis, seharusnya masih ada peluang untuk mengoptimalkan potensi UMKM Bengkel kendaraan bermotor di masa yang akan datang. Merujuk pada buku A Changing World” dimana O.C Farrel  mengulas  proses transformasi dari manajemen operasi sebagai upaya mensinergikan teknologi, alat dan perangkat administrasi untuk mengubah kombinasi input menjadi sebuah produk. Dengan pengamatan yang baik atas proses tersebut, maka dapat dengan mudah mendeteksi penyimpangan atas produk yang diharapkan dengan hasil aktual. Sehingga seorang pemimpin dapat segera mengambil tindakan perbaikan. Berikut ini beberapa solusi jangka panjang yang dapat diterapkan oleh UMKM bengkel kendaraan bermotor :

1. Bergabung dengan mendaftar menjadi salah satu mitra dari Himpunan Bengkel Binaan Astra (HBBA). Industri otomotif juga membutuhkan keberadaan bengkel umum atau bengkel resmi (authorized) menjadi bagian dari jaringan layanan purna jual untuk memberi kemudahan bagi pelanggan yang kendaraanya bermasalah. Karena itu usaha bengkel sangat prospektif, mengingat pertumbuhan industri otomotif dan populasi kendaraan yang meningkat, termasuk kalangan menengah yang mampu membeli kendaraan, tetapi jumlah bengkelnya masih terbatas. HBBA sudah membina sebanyak 1.130 bengkel, yang terdiri dari 262 bengkel umum mobil, 180 bengkel umum sepeda motor, 60 bengkel authorized mobil dan 628 bengkel authorized motor. Dari seluruh bengkel itu yang terdaftar sebagai anggota aktif HBBA sebanyak 135 bengkel umum, yang mendapat pelatihan khusus layanan standar Astra, agar dapat melayani jasa perawatan dan perbaikan mobil merek Toyota, Daihatsu dan Isuzu dengan segala perkembangan teknologinya. HBBA berperan dalam memberikan training manjemen, kualitas pelayanan, teknik yang berkaitan dengan mesin, termasuk setiap ada teknologi yang baru, juga dukungan permodalan bagi yang akan melakukan investasi pengembangan usaha atau untuk moda kerja. Selain itu dengan bergabung menjadi bagian dari HBBA,  yayasan dapat memfasilitasi bengkel untuk mendapatkan peralatan khusus perbengkelan dari ATPM untuk melayani kendaraan keluaran terbaru maupun dukungan permodalan usaha dari Astra Mitra Ventura mencapai Rp50 juta-Rp10 miliar. 

Sumber : Otomotif.bisnis.com

2. Mencetuskan pembuatan aplikasi bengkel online dengan seluruh mitra dari himpunan dari bengkel binaan astra. Seorang pengendara motor & mobil kerapkali dihadapkan pada masalah kerusakan kendaraan di tengah perjalanan. Terutama jika mereka tidak dapat menemukan bengkel di sekitar lokasi kejadian. Persoalan ini dapat menjadi inspirasi untuk mengembangkan aplikasi bengkel online yang diciptakan untuk membantu pengendara yang merasa kebingungan ketika mengalami masalah di jalan. Apalagi jika orang tersebut kurang memahami masalah mesin. Melalui aplikasi bengkel online ini, pengendara tidak perlu repot-repot untuk mencari bengkel. Apalagi di jaman pandemi covid19 saat ini yang membuat situasi lingkungan yang semakin sepi, sehingga aplikasi ini  tidak perlu menuntut pengendara kendaraan bermotor yang sedang mogok untuk bersusah payah mendorong kendaraannya. Cukup dengan menggunakan fitur servis yang terdapat di App Bengkel online, nantinya bengkel-bengkel yang tergabung dalam Himpunan Bengkel Binaan Astra lah yang akan datang langsung melayani pengendara di tempat.

Sumber : Beritagar.id

3. Bekerja sama dengan layanan servis yang berpusat pada kenyamanan pelanggan di lokasi setempat sebagai upaya meningkatkan kepuasan pelanggan. Contohnya seperti  jasa pijat tangan singkat yang bisa dinikmati pelanggan sambil menunggu kendaraannya di servis. Hal ini bisa diadopsi dari contoh pelayanan yang diberikan oleh Bengkel Daihatsu Shiga Jepang yang selalu mengutamakan kepuasan pelanggan. Tentunya dengan memperhatikan betul protocol covid19 selama masa pandemi yaitu dengan mewajibkan para pelanggan memakai masker, mencuci tangan sebelum pelayanan dilakukan, dan menggunakan hand sanitizer setelah pelayanan selesai dilakukan. 

4. Strategi pemasaran dengan membuat promosi harian yang berbeda-beda berdasarkan pada pengelompokan kendaraan customer. Sebagai contoh, membuat jadwal promo seperti dibawah ini :

HARI

JENIS KENDARAAN

PROMO SERVIS

Senin – Rabu

Motor Bebek

Ganti Oli -20% , Service elektrik (lampu motor, starter, dll)

Selasa – Kamis

Motor Matic

Ganti Oli -20%, Servis Rantai, Ban, dan Jok

Jumat

Mobil

Ganti Oli -15%, Servis Kampas Rem

Sumber : Analisis dan Olah Data Penulis

Dengan menerapkan promo seperti diatas, akan menarik minat pelanggan kembali untuk melakukan servis dan juga untuk meremajakan sparepart dari motor mereka. 

5. Jika diperlukan, lakukan layanan jemput dan antar kendaraan yang ingin diservis oleh customer agar beberapa customer yang masih takut untuk keluar rumah, tetap dapat merasakan pelayanan yang prima dari bengkel. 

6. Menjual beberapa sparepart kendaraan bermotor di platform situs belanja online, agar meminimalisir adanya penumpukan inventory yang merupakan uang mati. Dengan begitu, space yang terdapat pada lokasi bengkel bisa digunakan untuk lebih mengutamakan pelayanan kepada pelanggan. 

Dengan bergabung menjadi salah satu mitra dari HBBA, serta operasional berbasis teknologi online bengkel, akan menghubungkan semua komponen pekerjaan dari bengkel ini menjadi lebih efektif dan efisien. Operasional keseluruhan dapat terintegrasi dengan sistem pelayanan yang mengutamakan kepuasan pelanggan, penjualan on line, layanan jemput dan antar kendaraan, hingga melakukan promosi-promosi ringan yang dapat menarik minat pelanggan untuk sekedar meremajakan kendaraaan bermotornya. Dengan menerapkan beberapa solusi diatas, diyakini UMKM bengkel dapat bertahan dengan perlahan-lahan merangkak untuk mengatasi Pandemi Covid19. Aries sebagai pemiliknya, tidak hanya akan mendapatkan kembali omset yang bernilai lima belas juta per hari, namun UMKM Bengkel Aries Star Motor juga akan dapat melakukan ekspansi dengan membuka cabang baru dengan didukung oleh keberadaannya sebagai mitra dari HBBA .

DAFTAR PUSTAKA 

Beritagar.id. 2016. 3 aplikasi pencari bengkel yang bisa membantu Anda. Diakses Pada 24 Oktober 2020. Dari https://beritagar.id/artikel/otogen/3-aplikasi-pencari-bengkel-yang-bisa-membantu-anda

Ferrel, OC., Hirt, Geoffrey A., Ferrel, Linda. (2019). Business Foundations “A Changing World” Eleventh Edition. US: McGraw-Hill Education.

Florespos.co.id. 2020. Omset Usaha Bengkel Aries Motor Star Turun Drastis. Diakses Pada 24 Oktober 2020. Dari https://florespos.co.id/berita/detail/omset-usaha-bengkel-aries-motor-star-turun-drastis

Jones, Gareth R., George, Jennifer M. 2020. Contemporary Management. Eleventh Edition. US: McGraw-Hill Education.

Otomotif.bisnis.com. 2019.  YDBA Kembali Gelar Kontes Mekanik Bengkel. Diakses Pada 24 Oktober 2020. Dari https://otomotif.bisnis.com/read/20190113/275/878059/ydba-kembali-gelar-kontes-mekanik-bengkel

Otomotif.okezone.com. 2017. Mantap! Tak Hanya Makanan, di Bengkel Resmi Jepang Juga Disediakan Massage Gratis. Diakses Pada 24 Oktober 2020. Dari https://otomotif.okezone.com/read/2017/10 /28/15/1804377/mantap-tak-hanya-makanan-di-bengkel-resmi-jepang-juga-disediakan-massage-gratis

Suarasurabaya.net. 2020. Bappenas: Penurunan Ekonomi Indonesia Triwulan II Cukup Dalam. Diakses Pada 24 Oktober 2020. Dari https://www.suarasurabaya.net/ekonomibisnis/2020/bappenas-penurunan-ekonomi-indonesia-triwulan-ii-cukup-dalam/

Disusun Oleh :

Yohana Olivia Yulistha

Universitas Gadjah Mada (EMBA B 41C)

  1. 1 Hingga kuartal ke III tahun 2020, berapa persentase UMKM di Jakarta yang mengalami penurunan penjualan?

    1. 48%
    2. 58%
    3. 68%
    4. 78%
    Correct!
    Wrong!

    Excellent!

    Terima kasih sudah membaca hingga akhir 🙂

  2. 2 Bengkel Aries Star Motor merupakan bentuk badan usaha yang berjenis...

    1. Sole Proprietorship
    2. Partnership
    3. Corporation
    4. S Corporation
    Correct!
    Wrong!

    Excellent!

    Terima kasih sudah membaca hingga akhir 🙂

  3. 3 Dibawah ini merupakan beberapa solusi yang ditawarkan penulis untuk Aries Star Motor, kecuali...

    1. Bergabung menjadi mitra HBBA
    2. Menjual beberapa sparepart di situs belanja online
    3. Mengutamakan peningkatan pelayanan kepuasan pelanggan
    4. Membuka cabang baru yang lebih eksklusif
    Correct!
    Wrong!

    Excellent!

    Terima kasih sudah membaca hingga akhir 🙂

Created on
  1. Quiz result

    You scored
    Correct!
    Share Your Result

Contoh Salah Satu UMKM Bengkel Di Probolinggo yang Sepi Akibat Covid19


Like it? Share with your friends!

9
9 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
8
Fun
Genius Genius
9
Genius
Love Love
12
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
1
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format