Depresiasi Permintaan di Era Pandemi, Omzet Bengkel Bintang Motor Menurun


0

Pandemi covid 19 membawa keresahan bagi seluruh lapisan masyarakat. Badan Pusat Statistik menyatakan bahwa sebesar 84%, penjualan usaha mikro, kecil, dan menengah mengalami penurunan pendapatan akibat depresiasi permintaan dari efek pandemi.Usaha menengah besar (UMB) pun juga mengalami hal yang sama yaitu terjadinya kemerosotan pendapatan sekitar 82%.Sumber : https://www.suaramerdeka.com/
Banyak pihak usaha yang mencoba untuk mencari pertahanan untuk menyelamatkan usahanya walaupun terjadi penurunan omzet secara signifikan, mulai dari PHK karyawan, permohonan keringanan angsuran biaya cicilan kepada pemerintah, mencari pemasok bahan baku yang lebih murah, hingga pada akhirnya memutuskan untuk menutup perusahaan tak ayal akibat efek covid 19. Seluruh bidang usaha mulai dari pariwisata, maskapai penerbangan, pengiriman barang, hingga otomotif pun menjadi bagian sektor industri yang terkena imbas corona yang cukup parah.

Bengkel Bintang Motor vs Toyota Service

Semua hal yang telah disebutkan dirasakan oleh tak terkecuali Bapak Winarto selaku pemilik dari Bengkel Bintang Motor yang berlokasi di Wonogiri, Jawa Tengah. Akibat efek pandemi serta pemberlakuan social distancing serta stay at home memaksa masyarakat untuk melakukan segala aktifitas dari rumah sehingga tidak banyak orang yang memutuskan untuk bepergian. Dengan adanya aturan tersebut, banyak orang yang memutuskan untuk bepergian menggunakan kendaraan pribadi dengan jumlah mencapai angka sekitar 96 persen yang hampir sama seperti sebelum adanya transisi PSBB, dengan angka rinci penggunaan kendaraan bermotor roda dua memiliki porsi sebesar 72,8 persen, disusul kendaraan roda empat dengan jumlah 26,5 persen. Namun dengan angka yang begitu besar, pengunjung yang memutuskan untuk melakukan perbaikan reparasi kendaraan ke bengkel hanya segelintir sehingga bengkel milik Pak Winarto mengalami sepi pengunjung. 

Sementara itu, perusahaan kompetitor yang berasal dari Jepang, Toyota, memiliki jenis pelayanan bengkel layaknya bengkel pada umumnya serta inovasi layanan  berbasis home dan pickup service. Dimana dengan adanya perlakuan PSBB, membuat perusahaan ini sangat diminati oleh masyarakat hingga pendapatannya mencapai peningkatan hingga dua kali lipat. Hal tersebut terjadi karena dampak dari covid 19 yang membuat banyak orang yang sangat menghindari untuk bertemu dan melakukan kegiatan secara fisik dan tatap muka. 

THE FOUR PS OF THE MARKETING MIX

Sekumpulan variabel pemasaran yang terdiri atas beberapa elemen seperti product, price, promotion, dan place yang bertujuan untuk mencapai target atas respon konsumen di pasar disebut sebagai Marketing Mix.  

  • Product
    Product adalah kombinasi barang dan jasa yang ditawarkan perusahaan ke pasar sasaran. Jenis produk yang ditawarkan oleh Bengkel Bintang Motor merupakan jasa layanan servis motor dan mobil. Jenis layanan yang ditawarkan seperti bengkel pada umumnnya, yaitu beli sparepart, ganti oli, servis ringan, sampai servis berat. Sementara pada layanan yang disediakan oleh Bengkel Toyota yaitu memberikan banyak inovasi yang sangat dibutuhkan oleh para konsumen Indonesia dikala masa pandemi. Inovasi yang tersedia terdiri atas layanan bengkel berupa Servis Berkala Internal (SBI), servis Berkala Eksternal (SBE), Toyota Home Service melingkupi ganti oli, ganti aki, pemeriksaan emisi gas buang, dan special service campaign, bodi dan cat, pickup delivery, dan booking service. Jenis layanan tersebut berbeda-beda sesuai dengan mitra usaha yang bekerja sama dengan pihak Toyota.
  • Price
    Layanan yang disediakan oleh Bengkel Bintang Motor memiliki kisaran harga sesuai dengan pasar yaitu sekitar Rp 100.000 hingga Rp 300.000 untuk servis rutin. Sedangkan Toyota menyediakan layanan servis rutin dengan kisaran harga Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000. Namun dengan jenis layanan Toyota Home Service, konsumen dengan membayar kisaran harga diatas juga bisa mendapatkan bonus oli 2liter jika memesan secara langsung melalui aplikasi mobile.
  • Promotion
    Jenis promosi yang digunakan oleh Bengkel Motor Bintang yaitu hanya dengan teknik Word of mouth influence. Teknik tersebut biasa juga disebut sebagai Pengaruh dari mulut ke mulut merupakan strategi pemasaran berupa kata-kata dan rekomendasi pribadi dari teman terpercaya, keluarga, rekan kerja, dan konsumen lain yang cenderung lebih kredibel daripada yang berasal dari sumber komersial, seperti iklan atau tenaga penjualan bahkan dampak yang diberikan dapat berdampak kuat pada perilaku pembelian konsumen. Sehingga dengan menggunakan word of mouth influence, Bengkel Bintang Motor dapat menjadi salah satu bengkel yang paling diminati dan terpercaya oleh masyarakat di Kabupaten Wonogiri. Selain itu Bengkel Bintang Motor juga dapat dihubungi melalui nomor telepon. Sayangnya Bengkel ini tidak memiliki sistem pemasaran melalui media sosial atau web. Sehingga banyak orang yang tidak mengetahui bengkel ini jika bukan merupakan masyarakat yang bertempat tinggal di Wonogiri. Selain itu, nomor telepon bengkel ini juga tidak tersedia ketika kita mencari pada laman internet. Maka dari itu, untuk mendapatkan nomor telepon dari bengkel ini harus menghampiri ke tempat layanan servis Bintang Motor secara langsung atau mendapatkan dari konsumen lain yang memiliki. Beda hal dengan Toyota, dimana sistem pemasaran Toyota sangatlah terstruktur dan mudah untuk diakses. Dengan banyaknya jalinan mitra yang bekerja sama dengan pihak Toyota, membuat para konsumen lebih tergiur untuk menggunakan jenis layanan dari Toyota. Perusahaan asal negeri matahari terbit tersebut menggunakan jenis pemasaran dari web professional dan layanan hotline customer service. Selain itu Toyota juga memiliki laman resmi di berbagai sosial media, mulai dari Instagram, facebook, twitter, dan lain-lain. Langkah-langkah atas layanan home service pun juga diunggah pada youtube resmi mitra Toyota, Auto 2000. Sehingga customer yakin bahwa layanan ini merupakan hal yang aman dengan memperhatikan protocol kesehatan. Selain itu, Layanan Toyota Home Service juga dapat di unduh pada aplikasi mobile yang dapat memudahkan customer.
  • Place
    Layanan Bengkel Bintang Motor berlokasi di Jawa Tengah, tepatnya pada Kabupaten Wonogiri. Bengkel ini hanya dapat dinikmati dengan berkunjung secara langsung ke lokasi layanan. Sementara bengkel yang disediakan oleh Toyota, tersebar ke seluruh wilayah Indonesia, khususnya pada kota-kota besar. Selain itu, dengan adanya jenis layanan Toyota Home Service serta Pickup Delivery membuat tempat pelayanan dari bengkel ini pun juga bisa dinikmati dari rumah hanya dengan menghubungi montir dari bengkel Toyota.Bengkel Motor Bintang
    Sumber : https://www.gridoto.com/
     
ANALYSIS THE MARKETING ENVIRONMENT

Micro Environment 
Hubungan antara perusahaan dengan perusahaan lain sangatlah menentukan keberhasilan atas pengembangan suatu bisnis, tak terkecuali pada bagian pemasaran. Lingkungan pemasaran mikro merupakan perilaku yang erat dengan hubungan bagian inti dari perusahaan yang terdiri atas hubungan dengan departemen perusahaan lain, pemasok, perantara pemasaran, pesaing, berbagai publik, dan pelanggan. Ditinjau berdasarkan lingkup pemasaran mikro, Perusahaan Bengkel Bintang Motor milik Bapak Winarto tetap mempertahankan perusahaannya walau mengalami masa-masa yang sulit di masa pandemi saat ini. Dimana pihak bengkel tetap berupaya untuk mempertahankan dan menggaji karyawan yang dipekerjakannya. Efek pandemic memaksa Bapak Winarto menerapkan sistem pemotongan upah karyawan, karena sistem penggajian dilakukan secara harian. Selain itu, Bengkel Bintang Motor sangat mungkin untuk tidak menyuplai seluruh barang pasokan yang dibutuhkan untuk melakukan reparasi kendaraan. Dengan kenaikan harga secara massif atas bahan baku saat pandemi, membuat pihak bengkel sangat memperhatikan jenis barang-barang yang harus di stok dan dibeli untuk keperluan reparasi. Ditambah dengan pemberlakuan kebijakan PSBB membuat masyarakat untuk diam dirumah dan angka penggunaan kendaraan menjadi berkurang. Sehingga permintaan atas pelanggan untuk melakukan servis di bengkel menjadi menurun secara signifikan dimana sebelum masa pandemi berlangsung biasanya Bengkel Bintang Motor dapat menservis sekitar 12 mobil. Sementara dengan berlangsungnya masa pandemi sekarang, bengkel hanya bisa mendapat sekitar 3 hingga 4 pelanggan. Bahkan Pak Winarto pun pernah mengalami dalam satu hari tidak ada pelanggan yang mendatangi bengkelnya untuk menservis kendaraan. Bengkel Bintang Motor pun memiliki strategi pemasaran yang kurang memadai. Dengan adanya kekurangan tersebut juga menjadi salah satu faktor utama dimana para konsumen yang ingin memakai jasa pelayanan bengkel kurang mengetahui bengkel Bintang Motor itu sendiri.

Sementara itu, jika meninjau perusahaan Toyota, dimana kompetitor besar Bengkel Bintang Motor memiliki jenis pelayanan yang sama, namun memiliki inovasi baru nan berbeda. Toyota menerapkan jenis layanan home service serta pick up delivery yang memudahkan customer sehingga masyarakat yang tidak ingin melakukan kegiatan diluar serta menerapkan aturan WFH dan social distancing tetap bisa menikmati layanan service kendaraannya. Customer pun merasakan bahwa pelayanan inilah yang sangat tepat untuk digunakan di era pandemi saat ini. Pihak Toyota pun tetap melakukan pasokan yang sama bahkan menambah sesuai dengan jumlah permintaan. Selain itu Toyota di Indonesia juga memiliki banyak mitra dan supplier resmi seperti Auto2000, Otomall.id, Hasjrat Toyota, dan masih banyak lagi. Dengan jumlah mitra yang tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia membuat tingkat permintaan yang melonjak akibat sistem PSBB terlayani dengan supply yang memadai. 

Macro Environment
Lingkungan makro terdiri dari kekuatan yang lebih luas yang mempengaruhi para aktor di lingkungan mikro. Pada lingkup pemasaran makro, demografis Wonogiri dilansir berdasarkan laman web Pemerintah Kabupaten Wonogiri, sudah terpantau menjadi daerah zona merah dengan jumlah kasus yang telah terkonfirmasi mencapai 33.402 dengan suspek 3.628 serta terkonfirmasi meninggal mencapai 2.473 jiwa. Sementara itu jumlah penduduk Wonogiri sejumlah dengan 957,106 jiwa dan berdasarkan BPS, Pertumbuhan PDRB Kabupaten Wonogiri menurut pengeluaran atas dasar harga konstan tahun 2019 berdasarkan BPS hanya mencapai angka4.81, membuat masyarakat harus berpikir ulang atas konsumsi saat masa covid. Selain itu dengan sudah terdeteksi daerah sekitar Kabupaten Wonogiri dengan empat kabupaten di Jawa Tengah melingkupi Kabupaten Batang, Kabupaten Pati, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Wonosobo sebagai daerah zona merah membuat masyarakat berpikir ulang untuk melakukan kegiatan diluar rumah sehingga hal tersebut merupakan faktor utama atas sepinya pengunjung pada bengkel Bintang Motor. Dengan adanya pergantian budaya dan kebiasaan dari WFO menjadi WFH membuat masyarakat untuk tunduk terhadap adanya aturan dari pemerintah dalam menanggulangi penyebaran virus corona, seperti pada awalnya ketika sekelompok orang ingin melakukan rapat di kantor berpindah menjadi menggunakan teknologi video conference seperti aplikasi zoom. 

Sementara jika melihat lingkup pemasaran makro pada perusahaan Toyota, dimana Toyota Home Service yang berada dan tersedia di hampir seluruh wilayah kota besar di Indonesia. Selain itu, dengan semakin melesatnya angka persebaran virus corona yang membuat sekian banyaknya daerah yang terdeteksi menjadi zona merah membuat masyarakat untuk melakukan stay at home. Sehingga dengan adanya peraturan PSBB, Toyota Home Service merupakan pelayanan yang sangat dibutuhkan oleh seluruh kalangan masyarakat.

Toyota Home Services
Sumber : https://www.gridoto.com/

BUYER CHARACTERISTIC

Pembelian produk yang dilakukan oleh customer selain memperhatikan kualitas dari produk yang ingin dibeli, selain itu dipengaruhi juga oleh karakteristik dari pembeli. Cara bagaimana seorang pembeli memandang dan bereaksi terhadap rangsangan yang terdiri atas ragam faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis disebut sebagai buyer characteristic.

Keputusan konsumen untuk menggunakan jasa bengkel Bintang Motor secara psikologis, dimana pada umumnya orang akan beranggapan bahwa ketika membeli suatu produk atau layanan di pinggir jalan akan mendapatkan harga yang lebih murah. Selain itu, letak dari Bengkel Bintang Motor yang berada tepat di pinggir jalan raya sehingga banyak orang memberi keuntungan mudah untuk diakses. Target pasar yang disasar oleh Bengkel Bintang Motor pun menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Dengan target pasar yang sesuai dengan masyarakat Wonogiri serta layanan yang sudah terbukti berkualitas membuat Bengkel ini diminati oleh masyarakat. Selain itu, Bengkel Bintang Motor pun juga sudah terkenal di Wonogiri. Dengan budaya Indonesia yang sangat mudah untuk mempercayai rekomendasi dari masyarakat sekita, sehingga secara pribadi masyarakat pun sudah tertanam bahwa layanan dari Bengkel Bintang Motor sangat bagus dan berkualitas. Namun saat pandemi berlangsung, pendapatan yang didapat menurun drastis dengan angka 75%. Keputusan individu untuk mengeluarkan konsumsi atas servis kendaraan yang merupakan bukan kebutuhan utama pun juga menjadi alasan atas berkurangnya konsumen pada bengkel Bintang Motor. 

Sementara pada perusahaan kompetitor yaitu Toyota dengan berbagai jenis pelayanan yang dimiliki dengan kualitas yang sudah tidak diragukan lagi serta didukung perusahaan asal negeri sakura tersebut sudah berdiri sejak tahun 1937, masyarakat sudah sangat percaya kendaraannya untuk ditangani oleh layanan servis dari Toyota. Selain itu, psikologis minat masyarakat terhadap brand luar pun juga jauh lebih tinggi dibandingkan dengan brand lokal, sehingga hal tersebut merupakan salah satu alasan lakunya produk dari Toyota disamping atas kualitas brand tersebut. sementara itu dengan pemberlakuan PSBB menambah minat masyarakat atas layanan Toyota home service. Ditambah dengan adanya segala informasi atas bisnis tersebut yang dilengkapi dengan testimoni para konsumen atas pemakaian jasa layanan Toyota Home Services. Sehingga dengan perubahan faktor budaya seluruh kegiatan dan aktivitas masyarakat membuat permintaan jasa layanan Toyota Home Services meningkat drastis.

SOLUSI

1. Seperti inovasi yang telah dicetuskan oleh perusahaan kompetitor, Toyota, sudah seharusnya Bengkel Bintang Motor memberikan jenis pelayanan berbasis home servis serta layanan pickup service. Hal tersebut disebabkan tingginya permintaan atas konsumen untuk melakukan servis dari rumah akibat pemberlakuan PSBB. 

2. Penjualan sparepart secara online dengan menggunakan ecommerce seperti shopee, tokopedia, dan olx merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan penjualan. Berdasarkan Tirto.id, Pandemi Covid 19 meningkatkan minat masyarakat untuk melakukan belanja secara daring dengan adanya peningkatan hingga hingga 38,3 persen yang dimulai sejak Januari hingga Juli 2020. Maka dari itu, penjualan sparepart secara online dengan menggunakan ecommerce seperti shopee, tokopedia, dan olx merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan pendapatan Bengkel Bintang Motor.

3. Mengembangkan layanan berbasis aplikasi pada mobile phone sehingga ketika konsumen dapat melakukan reservasi ketika ingin melakukan servis. Dengan adanya aplikasi pemesanan servis pun, masyarakat tidak perlu cemas dan takut bila jumlah orang yang ada di bengkel tersebut melebihi batas kapasitas yang seharusnya. Maka dari itu, dengan adanya inovasi tersebut, social distancing pun tetap diterapkan di Bengkel Bintang Motor.

4. Melakukan penjualan jasa layanan bengkel dengan sistem keliling rumah seperti layaknya penjual makanan. Hal tersebut merupakan salah satu strategi yang memungkinan untuk diimplementasikan serta menjanjikan ditambah dengan minimnya kompetitor yang berpikiran dengan inovasi tersebut.

5. Menerapkan sistem promosi secara berkala seperti pemberian voucher gratis servis bila konsumen dapat menarik konsumen lainnya untuk menggunakan jasa dari Bengkel Bintang Motor atau seperti gratis cuci mobil atau motor setiap melakukan servis dengan minimum pembayaran.

Penulis :
Salsabila Athirah 

Referensi :

Kotler, P. and Armstrong, G. (2018), Principles of Marketing, 17th ed. Harlow, UK: Pearson Education Ltd.

CNN Indonesia. (2020). Survei BPS: Pemasukan 84 Persen Usaha Kecil Turun Saat Corona. Diakses pada 25 Oktober 2020, dari  https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20200915192919-92-546903/survei-bps-pemasukan-84-persen-usaha-kecil-turun-saat-corona 

Media Indonesia. (2020). 90% Omzet UMKM Turun Akibat Pandemi, Ini Strategi Pemerintah. Diakses pada 25 Oktorber 2020, dari  https://mediaindonesia.com/read/detail/334439-90-omzet-umkm-turun-akibat-pandemi-ini-strategi-pemerintah https://mediaindonesia.com/read/detail/334439-90-omzet-umkm-turun-akibat-pandemi-ini-strategi-pemerintah

Bisnis.com. (2020). Pandemi Covid-19, Layanan Toyota Home Service Melejit. Diakses pada 25 Oktorber 2020, dari https://otomotif.bisnis.com/read/20200430/275/1235124/pandemi-covid-19-layanan-toyota-home-service-melejit

CNN Indonesia. (2020). Empat Daerah Zona Merah Covid-19 di Jawa Tengah.  Diakses pada 25 Oktorber 2020, dari https://www.cnnindonesia.com/nasional/20201021083049-20-560852/empat-daerah-zona-merah-covid-19-di-jawa-tengah

BPS. (2020). Diakses pada 25 Oktorber 2020, dari https://jakpuskota.bps.go.id/dynamictable/2020/04/06/53/laju-pertumbuhan-pdrb-kota-jakarta-pusat-atas-dasar-harga-konstan-2010-menurut-pengeluaran-tahun-2011—2019-persen-.html

Servis layanan Toyota Home Service dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format