Dreadout, game buatan anak negeri yang tidak laku di negeri sendiri

Dreadout, game buatan anak negeri yang tidak laku di negeri sendiri


3
3 points

Dreadout

Dreadout adalah sebuah permainan video bergenre horror kesintasan Indonesia yang dikembangkan oleh Digital Happiness untuk windows, Mac OS X, dan Linux. Permainan ini telah lolos seleksi Steam Greenlight dan sudah tersedia dan bisa dibeli dalam layanan steam pada tahun 2014 (https://store.steampowered.com/app/269790/DreadOut/).

DreadOut adalah permainan horor kesintasan orang ketiga yang berlatar di Indonesia. Karakter utama, Linda, menggunakan gadget modern, seperti kamera digital dan ponsel untuk berinteraksi dengan berbagai macam hantu mistis Indonesia, misalnya pocong yang paling sering muncul di game ini dan kuntilanak ataupun tuyul yang sering mengagetkan para pemain, dengan gadget yang dibawanya, itu membantunya memecahkan berbagai teka-teki di sebuah kota yang ditinggalkan penghuninya. Ketika Linda "pingsan" dalam permainan ini, ia akan terbangun dalam kegelapan dikelilingi oleh lilin dengan cahaya terang di kejauhan. Dengan menjalankannya menuju cahaya, Linda akan sadar kembali. Permainan ini akan menampilkan baik skema kontrol orang-ketiga dan orang-pertama. Pemain melakukan navigasi dalam permainan dengan perspektif kamera belakang-bahu, tetapi akan beralih ke perspektif orang-pertama setiap kali pemain memutuskan untuk menggunakan kamera digital untuk memotret sesuatu. Sebuah video pratinjau terbaru menunjukkan versi tablet dari permainan ini, di mana Linda sedang dikontrol melalui interaksi sentuh dan menggunakan perspektif kamera tetap yang mirip dengan permainan Fatal Frame.

Ada beberapa alasan kenapa game dreadout kurang laris dipasaran dalam negeri

Harga

Game dreadout bisa dibeli dengan harga Rp.95.000 dengan konsumen bisa memilih untuk menambah DLC seharga Rp.50.000. dengan harga yang lumayan tinggi untuk sebuah game baru dengan grafik yang kurang mumpuni, gamer merasabahwa pembelian ini tidak worth it karena banyak game lain yang mempunyai grafik yang sama dapat dibeli dengan harga yang lebih murah atau bahkan terdapat beberapa yang gratis untuk dimainkan.

Kurangnya nasionalisme

Game yang berlatar belakang tempat-tempat angker di Indonesia ini kurang diminati oleh gamer dalam negeri karena banyak yang merasa game luar negeri lebih bagus dan mempunyai harga yang lebih murah. Bukannya mendukung produksi dalam negeri dengan membeli dan memakai produk dalam negeri, agar para developer game dalam negeri bisa lebih bagus dan lebih sukses berkembang, mereka malah lebih memilih produk luar negeri.

Kurangnya iklan

https://www.youtube.com/results?search_query=dreadout+

bisa dilihat dalam link youtube diatas, bahwa dreadout sendiri tidak menyertakan iklan untuk memasarkan produk mereka, hanya ada beberapa pemain game yang sedang memainkan game tersebut, dengan tidak dilakukannya iklan terhadap produk game ini, dreadout tidak banyak dikenal dalam negeri. Kebanyakan pemain dalam negeri memainkan game ini setelah mengetahui bahwa ada game bernama dreadout yang berlatar-belakang Indonesia dimainkan oleh the real number one content creator sang jawara youtube king pewdiepie.

Lebih laris di luar negeri

Pembeli dari game ini kebanyakan adalah dari player luar negeri yang ingin memainkan game ini setelah game dreadout ini dimainkan oleh pewdiepie. Indonesia sendiri berada dalam urutan ketujuh negara terbanyak dalam pembelian game ini setelah Amerika, Rusia, dan eropa barat.

https://www.youtube.com/watch?v=YZRgakuZYoc

http://www.indogamers.com/read/05/02/2015/10502/dreadout_lebih_laris_di_amerika_daripada_di_indonesia_/?ref=mobile

Bisa dilihat dari top review di dalam game, kebanyakan dari mereka adalah pemain luar negeri, dan merekalah yang memberi review positif terhadap game dreadout ini. Dari video diatas juga bisa dilihat bahwa game dreadout lebih laku di luar negeri. Dari google trend juga bisa dilihat bahwa pada awal rilis, lebih banyak pencarian di dunia daripada di Indonesia, dreadout kemudian viral pada 2018 saat akan dibuat filmnya.

Dengan penjelasan diatas, penulis ingin membandingkan game dreadout dengan game genshin impact

Inilah 12 Menit Gameplay dari Game Genshin Impact di platform PC! | Indozone.id

Genshin impact adalah game free-to-playaction RPGdunia terbuka yang dikembangkan oleh miHoYo. Genshin Impact juga merupakan IP kedua yang dibesut oleh miHoYo setelah Honkai Impact 3. Game ini diperkirakan akan dirilis pada tanggal 28 September 2020 di platform AndroidiOSWindows, serta di PlayStation 4. Di dunia yang bernama Teyvat ini, orang-orang yang terpilih oleh dewa pelindung Archon dikaruniai kendali akan kekuatan elemen dalam bentuk Vision. Pemain akan berperan sebagai seorang Traveler yang menjelajah dunia untuk mencari saudaranya yang hilang. Dalam perjalanan kamu akan bertemu dengan berbagai rekan dengan karakter dan kekuatan yang berbeda-beda, dan mengungkap kebenaran di balik Genshin Impact. Di dalam game open world ini, pemain dapat dengan bebas memanjat, berenang, terbang, dan meluncur untuk menjelajah berbagai jenis area di dunia Dalam pertarungan, pemain dapat mengendalikan tim yang terdiri dari 4 karakter, dan seiring dengan jalannya kisah di dalam game, pemain dapat membuka sampai 30 karakter. Setiap karakter memiliki dua jenis skill, Basic Skill dan Ultimate, Basic Skill dapat terus digunakan selama skill tersebut tidak dalam cooldown, sedangkan skill Ultimate dapat digunakan setelah Elemental Energy terkumpul.

Dengan menggunakan konsep Buyer characteristic dalam pembelian produk ini, terdapat beberapa factor yaitu budaya, sosial, dan psikologis

Budaya

Para pembeli dari game dreadout mengingkan suatu budaya yang baru dan berbeda, dan dreadout adalah salah satu jawabannya, karena kebanyakan para pembeli game dreadout adalah para gamer luar negeri, mereka merasakan keingintahuan tentang setan-setan yang dipunya oleh Indonesia, karena banyak pemain luar negeri yang tahu bahwa Indonesia mempunyai banyak budaya yang bagus. mereka yang biasanya hanya mendengar cerita tentang vampire atau dracula dan tidak biasa dengan mahluk seperti pocong atau tuyul akan merasa ingin mencari setan setan ini lewat game dreadout, beberapa pemain dari Indonesia pun ada yang menikmati untuk menjahili tuyul atau kuntilanak yang kadang muncul tiba-tiba dan mengagetkan pemain. Sedangkan untuk para pemain dari genshin impact adalah kebanyakan wibu atau para manusia pecinta jejepangan, saat ada game dengan tema jepang yang menyediakan karakter karakter super dan grafik yang mumpuni, para wibu ini langsung tertarik dan banyak yang mendownload game genshin impact ini. Di game ini memang para suara karaktrnya diisi oleh pengisi suara karakter anime atau kartun jepang yang biasa para wibu tonton, dan hal itu membuat para player wibu ini senang dengan hal itu.

Sosial

-kondisi ekonomi

Pembeli dari game dreadout memang kebanyakan adalah pembeli dari luar negeri yang merasa bahwa game dreadout ini cukup murah dikantong mereka, karena setelah dikonversi kedalam mata uang dari negara pembeli, harga dari game dreadout memang tidak terlalu mahal dan bisa dijangkau bahkan untuk pelajar dengan uang saku sehari-hari mereka, sedangkan untuk pembeli dari Indonesia yang jumlahnya sedikit adalah kebanyakan para gamer yang memang ingin membeli produk produk dari developer Indonesia dan mereka yang memang punya uang lbih atau sudah bekerja dan mampu untuk membeli game ini, sedangkan kebanyakan tidak bisa membeli hanya bisa melihat review game ini dari para gamer di chanel youtube mereka, salah satunya adalah penulis. Sedangkan game genshin impact dapat diunduh oleh semua orang dengan gratis dan pemain Cuma membayar jika ingin membeli beberapa mata uang yang digunakan untuk membeli atau mensummon karakter atau senjata secara instan, pembelian dalam game genshin impact sendiri dimulai dari Rp.15.000 sampai Rp.1.499.000. dengan harga yang cukup mahal, hanya beberapa pemain sajayang bisa membeli item di game tersebut.

-usia

Pembeli dari game dreadout kebanyakan adalah pada usia muda yang sedang gemar untuk memainkan game. Untuk game genshin impact sendiri juga hampir sama dalam usia pembelinya, biasanya para anak muda yang memang sedang gemar untuk memainkan game untuk melepaskan stress.

Psikologis

Dalam factor psikologis, para pembeli dari game dreadout adalah mereka yang memang cukup menyukai budaya budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Sedangkan para pembeli dari game genshin impact adalah para pemain game yang menyukai budaya jepang dan mempunyai kecintaan tersendiri dengan hal yang berbau jepang.

Dalam konsep decision makingterdapat beberapa tahap yaituneed recognition, information search, evaluation of alternatives, purchase decision, dan post purchase behavior.

Need recognition

Developer game dari game dreadout kurang mengetahui kebutuhan konsumen di Indonesia dan membuat game yang berlatar belakang di Indonesia, namun malah dengan game yang berlatar belakang Indonesia itu membuat konsumen luar negeri tertarik dan mau membeli game tersebut. Sedangkan untuk game genshin impact, developer sudah mengetahui dari game yang mereka kembangkan sebelumnya yaitu honkai impact, bahwa kebanyakan anak muda terutama laki-laki adalah penyuka game dengan bumbu budaya jepang, dan saat merek meluncurkan game genshin impact, game tersebut laris dipasaran apalagi dengan harga ‘gratis’

information search

pemain game yang menginginkan hal baru dan saat melihat ada game baru bernama dreadout yang tiba-tiba dimainkan oleh youtuber terkenal tentu akan membuat pemain juga ingin memainkan game tersebut. Sedangkan untuk game genshin impact sendiri memang sudah memberikan iklan di playstore dan steam sehingga para pemain dari game honkai impact, game sebelum genshin imoact, tentu akan mengetahui bahwa ada game yang bernama genshin impact kemungkinan besar akan memainkan game genshin impact juga.

Evaluation of alternatives

dalam hal ini konsumen menggunakan perhitungan yang cermat apakah mereka akan membeli game dreadout yang baru rilis dengan grafik yang biasa atau membeli game lain. Untuk game genshin impact sendiri memang sudah ada konsumen loyal yang biasa mengunduh game dari developer yang sama, sehingga mereka sudah mendapat konsumen sendiri.

Purchase decision

dalam hal ini pemain yang ingin membeli game dreadout tentu akan berpikir terlebih dahulu apakah game tersebut layak atau tidak dihargai harga Rp95.000, tentu pemain luar tidak akan piker Panjang dengan harga segitu, berbeda dengan pemain Indonesia yang mungkin punya uang saku pas-pasan, saat mereka ingin membeli game ini mereka mungkin akan berpikir untuk lebih memilih game lain yang lebih murah ataupun gratis, walaupun dreadout berasal dari Indonesia. Sedangkan genshin impact sendiri adalah game gratis, sehingga tidak pembeli tidak perlu berpikir Panjang dalam mengunduh game, mereka hanya perlu memilih akan membeli item atau tidak didalam game.

Post purchase behavior

Kedua developer game pastinya memberikan pelayanan dan service yang terbaik bagi para pemain game mereka, mereka menampung kritik dan saran dari para pemain dan menggunakan itu untuk memperbaiki game yang akan mereka keluarkan selanjutnya.

Setelah penjelasan diatas, penulias akan memaparkan bagaimana keadaan produk-produk diatas pada masa pandemi COVID-19 ini.

Penerapan 4P (Product, Price, Promotion, Place)

Produk

Dreadout adalah sebuah permainan video bergenre horror kesintasan Indonesia yang dikembangkan oleh Digital Happiness untuk windows, Mac OS X, dan Linux. Permainan ini telah lolos seleksi Steam Greenlight dan sudah tersedia dan bisa dibeli dalam layanan steam pada tahun 2014. Sedangkan Genshin impact adalah game free-to-playaction RPGdunia terbuka yang dikembangkan oleh miHoYo. Genshin Impact juga merupakan IP kedua yang dibesut oleh miHoYo setelah Honkai Impact 3. Game ini diperkirakan akan dirilis pada tanggal 28 September 2020 di platform AndroidiOSWindows, serta di PlayStation 4. dengan adanya pandemi COVID-19 ini, banyak game yang muali diburu oleh pemain untuk menemani mereka melepaskan stress karena lockdown.

Price

Game dreadout bisa dibeli dengan harga Rp.95.000 dengan konsumen bisa memilih untuk menambah DLC seharga Rp.50.000. sedangkan genshin impact dapat dibeli dengan gratis tapi pemain bisa membeli item dalam game, pembelian dalam game genshin impact sendiri dimulai dari Rp.15.000 sampai Rp.1.499.000. karena pandemic Covid-19, pemain akan berpikir ulang untuk membeli game tersebut. Karena tentu saja banyak pemain yang masih sekolah dan tidak diberi uang saku, sehingga mereka harus menggunakan uang tabunga sendiri.

Promotion

Game dreadout sendiri tidak melakukan promosi besar-besaran, malah hampir seperti tidak ada promosi yang dilakukan. Sedangkan untuk genshin impact, karena adanya pandemic Covid-19 ini, mereka banyak melakukan promosi-promosi baik di play store ataupun berbagai sosial media contohnya youtube 

https://www.youtube.com/watch?v=Zc-GGIyC-mo

place

developer dreadout lebih memilih menempatkan gamenya untuk dijual pada situs steam, sedangkan genshin impact ditempatkan diberbagai platform seperti AndroidiOSWindows, serta di PlayStation 4.

Konsep Lingkungan Pemasaran Makro

Konsep lingkungan pemasaran makro terdiri dari demografi, ekonomi, alam, teknologi, politik dan kultural. Dalam konsep lingkungan pemasaran makro tersebut, dampak negatif yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 dari lingkungan ekonomi yaitu saat pandemi ini menyebabkan masyarakat lebih berhati-hati dalam mengeluarkan uang, Dari lingkungan politik dan sosial, karena adanya regulasi dari pemerintah untuk mencegah penyebaran virus pada awal pandemic, tentu saja itu menguntungkan bagi kedua produk karena banyak pemain akan lebih sering memainkan permainan mereka. Dari lingkungan demografi dan alam, tidak terlalu berpengaruh kepada kedua game tersebut karena seluruh penduduk dunia dapat mengakses game tersebut jika mereka mempunyai peralatan yang memadai. Untuk teknologi sendiri cukup berpengaruh karena kedua game tersebut mengharuskan pemain untuk mempunyai system requirement yang memadai atau jika tidak, maka mereka akan kesulitan memainkan kedua game tersebut.

Konsep Lingkungan Pemasaran Mikro

Konsep lingkungan pemasaran mikro terdiri dari perusahaan, suppliers, perantara pasar, kompetitor, publik, dan pelanggan. Dalam  konsep lingkungan pemasaran mikro tersebut, dampak negatif yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 yaitu pada kenyataannya, masyarakat lebih berhati-hati untuk menggunakan uang mereka, Kedua developer game tentunya akan menggunakan potensi terbaik mereka agar para pemain tetap setia kepada produk mereka.

Diketahui pada saat ini dreadout sudah mencapai keuntungan 56 milyar dan genshin impact sendiri walaupun baru dirilis dalam kurun waktu dua minggu setelah peluncuran global Genhsin Impact, miHoYo diklaim berhasil mengantongi pendapatan kotor lebih dari USD100 juta. Jadi dalam dua minggu, genshin impact berhasil balik modal.

https://www.medcom.id/teknologi/game/zNPZ59xk-populer-genshin-impact-balik-modal-dalam-2-minggu

https://www.indozone.id/game/8Jsr8En/pendapatan-mencapai-rp56-miliar-dreadout-jadi-game-indonesia-tersukses/read-all

Selanjutnya penulis akan memaparkan dari sisi segmentasi, targeting, positioning, dan diferensiasi. 

Segmentasi

-geografi

Kedua game tersebut tidak terlalu mengkhususkan dimana akan menjual atau mempublish game tersebut, kedua game memperbolehkan semua pemain dari berbagai belahan dunia bisa memainkan game tersebut.

-demografi

Kedua game lebih banyak ditujukan kepada pemain yang berusia 12 tahun keatas, karena dalam game juga akan ada beberapa pembelian item yang mungkin anak dibawah umur 12 tidak atau belum bisa membeli.

-Psikologis

Dalam factor psikologis, para pembeli dari game dreadout adalah mereka yang memang cukup menyukai budaya budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Sedangkan para pembeli dari game genshin impact adalah para pemain game yang menyukai budaya jepang dan mempunyai kecintaan tersendiri dengan hal yang berbau jepang.

Targeting 

Game dreadout lebih banyak ditargetkan untuk pemain yang menyukai game horror dan game yang membuat nyali bergetar, sehingga di dalam game banyak hal yang mengagetkan pemain, walaupun begitu, developer tetap mengejar seluruh pasar agar mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Sedangkan untuk game genshin impact lebih ditargetkan untuk pemain game yang menyukai budaya jepang dan mempunyai uang yang lebih agar pemain bisa membeli berbagai item yang ada di dalam game, dan membuat developr bisa untung, dan itu terbukti dengan dicapainya keuntungan sebesar $100juta dalam waktu dua minggu setelah perilisan game.

Analisis situasi

-strengths

Game dreadout lebih kuat dalam sisi budaya budaya baru bagi para pemainnya, dengan latar yang horror dan banyak adegan mengagetkan serta berbagai karakter hantu dari Indonesia, membuat game dreadout banyak dibeli pemain. Sedangkan untuk game genshin impact mempunyai keunggulan grafik yang epic dan walaupun mereka banyak mengiklankan produk mereka, mereka sudah mendapatkan konsumen sendiri sejak game honkai impact muncul.

-weakness

Game dreadout mempunyai kelemahan yaitu tidak banyak melakukan iklan dan juga harganya yang cukup mahal sehingga kebanyakan pemain dari Indonesia tidak membeli dan menjadi target dari pemain luar negeri. Sedangkan kelemahan dari genshin impact adalah untuk memainkan game tersebut dibutuhkan spesifikasi yang tinggi dari alat yang kita pakai sehingga tidak banyak yang bisa memainkannya.

-opportunities

Game dreadout punya peluang bisa membuat game Indonesia lebih dikenal di luar negari dan bisa mendapat lebih banyak keuntungan daripada hanya dijual di dalam negeri. Sedangkan game dreadout mendapatkan peluang untuk bisa menyaingi game pendahulu mereka honkai impact, karena game genshin impact membuat pemain lebih leluasa dalam bermain game dan ada banyak hadiah bagi pemain di dalam game.

-threats

Ancaman dari game dreadout adalah bahwa sekarang banyak game yang lebih murah dan grafis yang lebih bagus dijual dipasaran. Sedangkan untuk genshin impact karena sekarang sedang pada mas puncaknya dan sedang masa booming hanya mempunyai sedikit ancaman.

positioning

Lingkaran berwarna hitam menunjukan game dreadout sedangkan lingkaran berwarna oranye menunjukan game genshin impact. Dapat dilihat bahwa memang game dreadout sendiri lebih ditujukan untuk yang lebih dewasa daripada game genshin impact.

Solusi

solusi yang penulis berikan kepada game dreadout adalah agar developer jika akan menjual game bisa memasrkannya dengan iklan, agar paling tidak pemain di negaranya sendiri bisa mengetahui bahwa ada game tersebut, dan juga harga yang diberikan bisa dikurangi karena dilihat dari grafik game, harga tersebut terlalu mahal. 


Like it? Share with your friends!

3
3 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format