SESTYC VS INSTAGRAM “Sestyc Aplikasi Instagram Versi Indonesia”


0

SESTYC VS INSTAGRAM

“Sestyc Aplikasi Instagram Versi Indonesia”

Description: C:UsersadminDownloadsdownload.jpg                       

            Di zaman sekarang siapa yang tak kenal dan tak menggunakan sosial media? Hampir di seluruh bagian dunia menggunakannya bahkan sudah tak bisa lepas dari adanya sosial media. Kemajuan teknologi dibidang sosial media memberikan kemudahan bagi banyak orang untuk terhubung dengan orang di seluruh dunia tanpa dibatasi oleh jarak. Aplikasi sosial media banyak sekali diciptakan untuk mempermudah akses kehidupan banyak orang di dunia. Salah satu aplikasi yang paling popular yakni instagram, aplikasi ini banyak diminati dikarenakan seseorang dapat mengekspresikan diri mereka melalui berbagai fitur yang disediakan dengan mudah. Banyak orang biasanya menggunakan aplikasi instagram untuk membagikan foto dan videonya hanya untuk bersenang senang atau bahkan untuk melakukan bisnis. Pun dalam instagram ini juga terdapat banyak fitur yang menjadi daya tarik seperti fitur direct message, edit video, berbagai efek foto, melakukan panggilan suara dan video dan sebagainya.

            Popular nya instagram memunculkan ide kreatif dari anak milenial bangsa yakni Kevin Ciang, Andy Kurnia Wijaya, Jesslyn, Michael Fransesco dan Lodixon Gonzaller untuk membuat aplikasi instagram versi Indonesia yang diberi nama aplikasi sestyc. Aplikasi ini sudah di download lebih dari 500 ribu pengguna, sestyc diciptakan agar banyak orang dapat saling terhubung dan mendapatkan teman baru. Aplikasi yang dirilis pada 1 April 2019 oleh PT Karya Digital Indo ini sekilas nampak persis seperti instagram, namun dalam aplikasi sestyc ini memiliki tampilan yang lebih sederhana serta tampilan desain nya didominasi oleh warna biru dan putih. Pada saat pertama kali rilis di Google Play Store, sestyc hanya dapat dinikmati oleh pengguna Android saja. Namum dalam perkembangannya, pada 1 April 2020 pengguna iOS pun sudah dapat menggunakan dan menikmati aplikasi sestyc ini. Sestyc memiliki fitur yang hampir sama seperti instagram namun ada beberapa fitur yang membedakan antara sestic dengan instagram yakni fitur news, random chat, anonymous chat, profile visit, nearby people, dan sestyc shop. Diharapkan aplikasi sestyc dapat diterima masyarakat Indonesia sehingga mereka dapat menggunakan produk buatan anak bangsa dan mengharapkan setyc dapat bersaing dengan aplikasi lainnya seperti instagram.

            Namun pada kenyataanya pengguna sosial media instagram di Indonesia masih banyak dibandingkan dengan pengguna sestyc. Hal ini karena instagram lebih popular daripada sestyc, pun karena instagram dirilis pada tahun 2010 sedangkan sestyc dirilis 9 tahun sesudahnya kemungkinan besar ada rasa malas untuk berganti media sosial dari instagram ke sestyc karena sudah nyaman. Instagram adalah aplikasi yang telah mendunia sejak lama, dengan adanya sestyc yang terkesan mirip sehingga kurang unik menyebabkan masyarakat lebih banyak memilih menggunakan instagram dibandingkan dengan sectyc.

Description: media sosial buatan indonesia

Sumber : https://www.harapanrakyat.com/2020/09/aplikasi-media-sosial-sestyc/

            Jadi ketika kita membandingkan sestyc dan instagram, kedua aplikasi ini bukan bandingan yang sepadan karena usia rilis yang terpaut jauh dan perbedaan fitur di sestyc. Fitur yang menjadi pembeda antara sestyc dengan instagram :

Nama fitur Sestyc

Kegunaan

News

Pengguna dapat membaca dan mengikuti berita berita yang sedang trending hingga topik hiburan, bisnis, teknologi, olahraga, sains, dan kesehatan.

Random Chat

Pengguna dapat menggunakan fitur random chat untuk menemukan teman baru secara acak.

Anonymous Chat

Pengguna dapat melakukan interaksi komunikasi dengan orang baru yang belum dikenal tanpa takut identitas kita terbongkar.

Profile Visit

Pengguna dapat melihat dan mengetahui orang yang mengunjungi profile nya, sehingga dalam menggunakan aplikasi sestyc pengguna akan merasa aman.

Nearby People

Pengguna dapat dengan mudah mencari dan mengetahui siapa saja di sekitarnya yang menggunakan aplikasi sestyc. Pencariaan ini dapat dapat dilakukan radius 1 km sampai 10 km, sehingga pengguna dapat dengan mudah mendapatkan teman.

Sestyc Sop

Pengguna dapat membeli sticker dan border profile pcture dengan menggunakan koin dari sestyc.

Sumber : https://www.harapanrakyat.com/2020/09/aplikasi-media-sosial-sestyc/

Dan yang membedakan fitur aplikasi sehingga menjadi daya tarik tersendiri, aplikasi sestyc dari media sosial lain yakni sestyc memiliki fitur bingkai foto, dimana fitur ini belum diterapkan pada aplikasi media sosial lainnya.

ANALISIS STRATEGIC PLANNING

Perencanaan strategis (strategic planning) adalah proses mengembangkan dan memelihara kesesuaian strategis antara tujuan dan kapabilitas organisasi, dan peluang pemasaran yang berubah.

Sestyc

Untuk menarik minat kerjasama membangun keterlibatan, nilai, dan hubungan pelanggan dari masyarakat untuk menjadi pengguna, langkah awal yang dilakukan oleh sestyc adalah mengemukakan tujuan diciptakannya aplikasi sestyc. Tujuannya yakni agar masyarakat Indonesia dapat lebih bisa memanfaatkan sumber daya yang dimliki dan dibuat bangsa Indonesia sendiri dan tidak bergantung menggunakan produk dari luar negeri. Sestyc dapat digunakan untuk mengekspresikan diri pengguna dan menambah teman di dunia maya. 

Instagram

            Instagram diciptakan agar para pengguna dapat saling terhubung di dunia maya dengan sistem pertemanan dengan isitilah following dan followers. Pengguna dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengekspresikan diri mereka melalui fitur – fitur yang tersedia seperti fitur kamera, tool editor, tag and hashtag, caption, integrasi ke jejaring sosial dan sebagainya. Dengan banyak nya fitur yang disediakan oleh instagram tidak heran jika pada rilis pertamanya langsung popular. 

Customer Value-Driven Marketing Strategy

Strategi pemasaran adalah logika pemasaran yang digunakan perusahaan untuk menciptakan nilai pelanggan dan mencapai hubungan pelanggan yang menguntungkan. Dalam strategi pemasaran terdapat 4 langkah utama dalam merancang pemasaran yang didorong oleh nilai pelanggan strategi yakni market segmentation, market targeting, differentiation dan positioning.

  • Market Segmentation

Segmentasi pasar (market segmentation) adalah pembagian  pasar menjadi beberapa kelompok berbeda, yang mana perbedaan dapat meliputi dari segi kebutuhan, karakteristik, atau perilaku dan kemudian perusahaan menentukan produk atau bauran pemasaranyang berbeda antara segmen pasar satu dengan segmen pasar yang lainnya.

Market Segmentation

Sestyc

Instagram

Demografis 

Seytyc tidak memberikan batasan usia bagi para penggunanya. Namun di dalam aplikasi ini masih rawan terhadap situs pornografi karena mungkin pengawasan dari  sistem belum terlalu ketat, hingga menyebabkan gambar yang kurang senonoh masih bisa lolos.

Pada segmentasi demografis instagram juga tidak menerapkan peraturan minimal dan batasan umur bagi pengguna. Instagram  memiliki sistem yang baik, aplikasi ini hanya menampilkan gambar atau video yang pantas. Ketika foto atau video terindikasi hal yang tidak senonoh maka secara otomatis sistem penyaring dari instagram akan men-take down atau menyembunyikan postingan sebagai konten yang sensitif.

Geografis

Segmentasi segi geografis sestyc yakni masih ditujukan untuk bangsa Indonesia sendiri. Karena memang tujuan diciptakannya sestyc adalah masyarakat Indonesia dapat lebih bisa memanfaatkan sumber daya yang dimliki dan dibuat bangsa Indonesia. Namun tidak menutup kemungkinan kedepannya aplikasi ini bisa mendunia dan menyaingi instagram.

Dilihat dari segi geografis, jelas pengguna instagram sudah tersebar di hampir seluruh dunia.  

  • Market Targeting

Target pasar (market targeting) adalah target yang menjadi fokus kegiatan bisnis. 

  • Sestyc 

Target pasar dari sestyc masih sesuai dengan tujuan aplikasi ini dirilis yakni lingkup nasional. Pengguna dari sestyc juga tidak dibatasi oeh usia dan gender, siapa saja bisa mengakses aplikasi ini. 

  • Instagram 

Target pasar dari instagram adalah masyarakat dunia, yang mana untuk menjadi seorang pengguna dari aplikasi ini tidak memandang kelas sosial dan usia. Siapa saja dapat menggunakan instagram dengan tujuan masing masing individu.

  • Differentiation

Diferensiasi adalah proses pembedaan suatu produk atau jasa untuk membuatnya lebih menarik terhadap suatu pasar sasaran tertentu. Berikut ini terdapat beberapa contoh fitur yang membedakan antara instagram dengan sestyc :

Sestyc

Instagram 

News 

Menghilangkan status aktif saat memainkan Instagram

Random Chat

Menyimpan foto yang belum diedit

Anonymous Chat

Menambahkan foto ke dalam Instagram Stories

Profile Visit

Melihat daftar postingan yang kita like

Nearby People

Mendapat notifikasi dari postingan akun terfavorit

Sestyc Shop

Membatasi data internet pengguna

  • Positioning 

Positioning adalah tindakan perusahaan dalam merancang produk dan strategi pemasaran agar dapat menciptakan kesan tertentu yang diingat di benak konsumen.

Tindakan positioning dari sestyc adalah tampilan aplikasi yang sederhana, sehingga pengguna dapat menggunakan aplikasi ini tanpa harus bingung karena tampilan yang mudah dipahami. Dan juga ketika kita melihat pengguna yang lain namun kita belum mem follow pengguna tersebut maka kita tidak bisa melihat berapa dan siapa saja yang diikuti oleh pengguna tersebut, pun ketika kita belum mem-follow kita hanya bisa satu kali mengirimkan pesan kepada pengguna tersebut. Aplikasi ini cukup memiliki tingkat privasi dan keamanan yang tinggi dan terjamin. 

Tindakan positioning yang dilakukan oleh instagram yakni kemudahan dalam aksesnya, dimana individu dapat dengan bebas menentukan tujuannya menggunakan aplikasi ini seperti hanya untuk bersenang senang, bisnis, sumber berita dan informasi, hiburan dan lain lain. Pun karena instagram ini adalah aplikasi yang mendunia sehingga banyak menarik perhatian dari masyarakat karena kita dapat melihat banyak orang dari negara lain melalui postingan foto dan video dari orang yang bersangkutan.

CONSUMER MARKETS DAN BUYER BEHAVIOR

Perilaku pembeli konsumen (consumer buyer behavior) adalah perilaku membeli konsumen akhir — individu dan rumah tangga yang membeli barang dan jasa untuk konsumsi pribadi.

Pasar konsumen (consumer markets) terdiri dari semua individu dan rumah tangga yang membeli atau memperoleh barang dan jasa untuk konsumsi pribadi.

Perilaku dan pasar konsumen dipengaruhi oleh beberapa fator yaitu cultural, social, personal dan psychological.

Influence of Product Characteristics on Rate of Adoption

Pengaruh karakteristik produk terhadap tingkat pemakaian pengguna aplikasi dapat ditingkatkan dengan menggunakan langkah relative advantage, compatibility, complexity, divisibility dan communicability.

Karakteristik Produk

Sestyc

Instagram

Relative advantage 

(sejauh mana inovasi tampak lebih unggul dari produk yang sudah ada)

Tingkat inovasi dari sestyc terkait dengan fitur yang disediakan sudah cukup canggih dan menarik. Beberapa fitur yang tidak ada disosial media lain namun sestyc mampu mengembangkan.

Instagram adalah aplikasi kelas dunia sehingga jelas banyak sekali fitur yang disediakan untuk para penggunanya. Mulai dari pemakaian efek efek foto, pengeditan foto dan sebagainya dapat dilakukan memalui instagram. Sehingga bisa dibilang aplikasi ini adalah aplikasi multifungsi.

Compatibility

(sejauh mana inovasi tersebut sesuai dengan nilai dan pengalaman konsumen potensial)

Inovasi yang dilakukan oleh sestyc ini cukup mengesankan, sebagai contoh : fitur anonymous chat, kita dapat mulai saling sapa dan bercerita dengan seseorang tanpa harus takut identitas kita terbongkar. Fitur ini sangat menarik karena kita dapat bercerita dan sharing dengan puas tanpa takut terbongkarnya privasi.

Inovasi yang menarik dilakukan oleh instagram yakni dengan menambah fitur efek efek foto, dalam fitur ini terdapat banyak sekali jenis efek yang bisa dipakai untuk mengekspresikan diri. Sehingga banyak orang tertarik menggunakan instagram

Complexity

(sejauh mana inovasi tersebut sulit untuk dipahami atau digunakan.)

Tampilan dari sestyc ialah sangat sederhana dan mudah untuk digunakan. Dengan ini diharapkan banyak masyarakat Indonesia yang tertarik untuk menjadi pengguna dari sestyc.

Untuk tampilan pada instagram cukup sederhana namun lebih kompleks daripada sestyc. Namun dalam penggunaannya cukup mudah.

Divisibility

(sejauh mana inovasi dapat dicoba secara terbatas.)

Penggunaan sestyc ini tidak terlalu memakan banyak kuota, sehingga dengan kuota data yang terbatas tetap masih bisa mengakses sestyc.

Untuk insagram sendiri penggunaan kuota yakni cukup boros, namun dalam aplikasi ini terdapat fitu mode pengehemat kuota data.

Communicability

(sejauh mana hasil penggunaan inovasi dapat diamati atau dijelaskan kepada orang lain.)

Sestyc adalah aplikasi yang sederhana jadi mudah bagi pengguna untuk cepat dalam memahami fitur dari aplikasi ini.

Instagram memiliki tingkat kompleksitas yang lebih besar daripada sestyc, namun fitur dari aplikasi ini juga mudah untuk dipahami.

BUILDING CUSTOMER VALUE

            Analysis Three Levels of Product  Sestyc vs Instagram

           Perencanaan pada sebuah produk perlu untuk di pikirkan dan di analisis sevara matang, hal ini penting dikarenakan pada setiap langkah yang diambil akan berdampak pada pemberian atau pen-delivery-an nilai produk kita kepada kostumer. Adapun untuk perencanaan terdapat 3 tingkatan yakni core benefit, actual product dan augmented product. Berikut analisis mengenai sestyc vs instagram :

Level Of Product

Sestyc

Instagram

Core benefit

Aplikasi sestyc adalag aplikasi yang menyediakan akses untuk menambah relasi pertemanan di dunia maya sehingga pengguna akan mendapatkan audience yang luas.

Instagram adalah aplikasi yang dapat mengekspresikan diri pengguna dengan berbagai fitur yang disediakan.

Actual product

Dalam sestyc terdapat fitur fitur yang membuat aplikasi ini menarik dan diminati yakni random chat, anonymous chat, nearby people, news, profile visit, sestyc shop dsb.

Instagram memiliki fitur yang membuatnya terkesan unik sebagi contoh fitur efek efek foto, fitur edit dsb.

Augmented product

Sestyc merupakan aplikasi yang mudah untuk digunakan dan ramah kuota.

Instagram memiliki fitur mode penghemat kuota data.

Major Brand Strategy Decisions

Merek atau brand adalah tanda yang dikenakan oleh pengusaha pada barang yang dihasilkan sebagai tanda pengenal. Brand menjadi penting untuk sebuah produk karena kunci sukses sebuah produk berada seberapa terkenal band dari produk, jika brand produk terkenal maka kemungkinan besar produk tersebut akan sukses di pasaran. Untuk membuat keputusan branding suatu produk dapat dilakukan dengan langkah brand positioning, brand name selection, brand sponsorhip dan brand development.

Brand Startegy

Sestyc

Instagram

Brand positioning

Untuk membangun posisi di benak pengguna, sestyc melakukannya dengan membuat tampilan yang sederhana dan mudah digunakan, fitur fitur yang menjaga privasi pengguna dan kemudahan dalam mencari dan mendapatkan teman baru.

Instagram membangun brand positioning nya dengan menyediakan fitur yang sangat beragam sehingga pengguna dapat menggunakan instagram sesuai dengan kemauanya. 

Brand name selection

Dalam pemilihan nama sebuah produk lebih baik nama cepat dan mudah untuk diucap, tidak memiliki arti yang aneh atau buruk, serta sebisa mungkin menggambarkan produk yang bersangkutan. Nama sestyc sudah mewakili aplikasi yang dirilis.

Dalam pemilihan nama sebuah produk lebih baik nama cepat dan mudah untuk diucap, tidak memiliki arti yang aneh atau buruk, serta sebisa mungkin menggambarkan produk yang bersangkutan. Nama instagram sudah mewakili aplikasi yang dirilis.

Brand sponsorhip

Aplikasi sestyc dirilis oleh PT Karya Digital Indo

Aplikasi instagram diciptakan oleh Kevin Systrom

Brand development

Brand development yang dilakukan oleh sestyc ialah dengan mengembangkan dan menambah fitur fitur yang lebih baik dari yang sebelumnya.

Instagram melakukan brand development dengan banyak merilis fitur fitur yang menarik pada aplikasi.

SOLUSI 

Dari analisa di atas menunjukan bahwa sestyc memang belum sepopuler instagram, saran perbaikan yang dapat dilakukan oleh sestyc yang mungkin bisa menjadi inspirasi untuk dijadikan sebuah solusi yakni :

  • Mengembangkan sistem penyaringan antara hal yang pantas dan tidak pantas lebih baik, karena pada sestyc masih rawan terhadap pornografi.
  • Menentukan target pengguna secara pasti, setelah itu biarkan jaringan tersebut menjual dirinya sendiri. Dengan menentukan target secara pasti akan menyebabkan produk dikenal karena spesifikasi tertentu hingga menimbulkan brand awerness dibenak para pengguna sehingga kemungkinan besar produk akan tumbuh dengan besar.
  • Menawarkan proporsi nilai yang berpusat pada penguatan hubungan pribadi penggunanya dengan berusaha mem-fasilitasi segala yang dibutuhkan oleh pengguna. Hal ini bertujuan agar pengguna mudah dalam membangun relasi dan koneksi antar teman. Dengan demikian pengguna akan merasa nyaman, dimana hal ini dapat menarik perhatian dari masyarakat sehingga mereka akan menggunakan sestyc.
  • Mengumpulkan data prefensi pengguna, hal ini bertujuan mengaktifkan kampanye pemasaran untuk menargetkan demografi utama.
  • Terkait dengan karakteristik pemimpin, seorang pemimpin harus memiliki wawasan yang luas, sanggup menyusun dan merealisasikan strategi serta mendemostrasikan ketrampilan. Besar kemungkinan untuk sestyc dapat berkembang dengan pesat, hal tersebut harus didampingi oleh seorang pemimpin yang cakap dan handal.

Sekian dan terima kasih.

Oleh : Riski Ani Wahyu W (440735)

Link Youtube : https://www.youtube.com/watch?v=GVqSLewL328

Referensi :

https://www.indozone.id/tech/qEslEx/sestyc-platform-sosial-media-mirip-instagram-buatan-anak-bangsa/read-all

https://www.sepwal.net/2020/04/sestyc-vs-instagram-sosial-media-baru-buatan-anak-bangsa.html

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200219115308-37-138953/7-fitur-canggih-instagram-sayang-tak-banyak-yang-pakai/1

https://batam.tribunnews.com/2019/07/19/mengenal-aplikasi-sestyc-yang-tak-kalah-dari-instagram-bisa-berbagi-foto-video-free-call?page=2

https://techno.okezone.com/read/2019/12/10/207/2140254/5-milenial-asal-surabaya-ciptakan-aplikasi-sestyc-pesaing-instagram

https://www.harapanrakyat.com/2020/09/aplikasi-media-sosial-sestyc/

https://genpi.id/sestyc-aplikasi-media-sosial-buatan-anak-indonesia/


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format