Aqua Splash of Fruit vs Pocari Sweat

Aqua Splash of Fruit merupakan produk Aqua yang dirilis pada tahun 2004.


2
2 points

Sumber : Tempo.co

Aqua merupakan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) yang diproduksi oleh Aqua Group sejak tahun 1973. Aqua sebagai AMDK memiliki pangsa pasar yang sangat besar di Indonesia. Pada data tersebut dapat dijelaskan bahwa pangsa pasar Aqua memiliki 46,7% dari keseluruhan merek AMDK lainnya. 

Aqua Splash of Fruit, Kegagalan Produk Aqua Di Pasaran

Sumber : aswinmaschool.files.wordpress.com 

Pada tahun 2004, Aqua merilis produk baru yaitu Aqua Splash of Fuits yang merupakan minuman memiliki rasa buah seperti strawberry dan jeruk-mangga dalam kemasan 330ml. Aqua splash of fruits merupakan produk gagal di pasaran dan kurang diminati oleh konsumen yang dikeluarkan oleh Aqua. Produk Aqua tersebut mengambil intisari dari buah yang memiliki rasa namun tidak berwarna. Aqua Splash of Fruits mengalami peningkatakan penjualan hanya pada awal produk tersebut dijual di pasaran, setelah itu produk tersebut mengalami penurunan. Dikatakan produk gagal dan kurang diminati oleh konsumen, karena Aqua splash of fruit hanya menjual air mineral yang memiliki rasa buah saja dan rasa tersebut hanyalah rasa biasa, tidak ada hal yang dapat menarik konsumen untuk membeli produk tersebut. Produk yang dapat dibandingkan dengan Aqua Splash of Fruits adalah Pocari Sweat.

Sumber : Pocari Sweat

Pocari Sweat merupakan minuman ringan dan minuman olahraga yang populer di Jepang. Pocari Sweat diproduksi oleh Otsuka Pharmaceutical Co,Ltd yang pertama kali dijual pada tahun 1980 di Jepang. Awal pembuatan pocari sweat adalah Otsuka ingin menciptakan minuman seperti infus yang dapat menambah cairan didalam tubuh dan mudah dikonsumsi setiap orang. Pada awalnya pocari sweat merupakan produk gagal yang mengalami penolakan oleh masyarakat Jepang karena memiliki rasa yang pahit dan tidak enak. Setelah itu Otsuka membagikan pocari sweat secara gratis ke masyarakat Jepang yang berkeringat dan ia percaya bahwa keunggulan pocari sweat hanya dapat dirasakan setelah konsumen meminumnya berulang-ulang. Setelah mengalami kegagalan dan perjalanan yang panjang, konsumen pun akhirnya menyadari keunggulan dari Pocari Sweat. Saat itu pada musim panas tahun 1981 suhu lingkungan yang tinggi di Jepang meyebabkan masyarakat Jepang membutuhkan minuman yang dapat menyegarkan dan dapat menambah ion dalam tubuh. Hal tersebut menyebabkan peningkatan penjualan Pocari Sweat dan kegagalan yang terjadi pada saat awal pembuatan minuman tersebut pun terbayar sudah. Hingga saat ini, Pocari Sweat dapat memenuhi pangsa pasar minuman kesehatan di berbagai negara.

Analisis menggunakan konsep dari KA Bab 1 Marketing : Creating Customer Value and Engagement

Dalam bab ini akan menggunakan konsep mengenai Customer Value-Driven Marketing Strategy. Produk Aqua yaitu Aqua Splash of Fruit menggunakan The Selling Concept, yaitu konsep penjualan yang berfokus pada menjual produk yang diproduksi perusahaan dibandingkan dengan membuat produk yang diinginkan oleh konsumen. Dalam hal ini Aqua hanya ingin menambahkan pengaruh nya sebagai produsen air mineral yang memiliki pangsa pasar yang luas di Indonesia dengan menambahkan produk minuman baru yang memiliki varian rasa. Seiring berjalan nya waktu, Aqua Splash of Fruit tidak lagi diminati oleh konsumen dan hilang dipasaran, karena tidak adanya nilai yang dilekatkan dalam produk tersebut. Penurunan penjualan ini diakibatkan karena minuman tersebut hanya menjual air mineral dengan adanya varian rasa dan tidak menjual manfaat lainnya yang dapat dikatakan bahwa produk Aqua Splash of Fruit merupakan produk gagal atau produk yang kurang diminati oleh masyarakat. Sedangkan produk Pocari Sweat menggunakan The Marketing Concept, yaitu konsep pemasaran yang berfokus pada kebutuhan konsumen sebagai jalan mencari laba. Otsuka Pharmaceutical Co,Ltd membuat produk tersebut berdasarkan kebutuhan dan keinginan konsumen, sehingga konsumen memiliki kepuasa tersendiri setelah membeli produk tersebut. Pocari Sweat merupakan produk gagal yang pada awalnya masyarakat Jepang tidak dapat menerima minuman tersebut karena rasanya yang pahit dan aneh. Seiring berjalan nya waktu dan usaha yang telah dilakukan oleh Otsuka, Pocari Sweat dapat diterima oleh masyarakat Jepang karena dapat memberikan sensasi kesegaran ketika meminum minuman tersebut. Pocari Sweat diproduksi untuk masyarakat yang membutuhkan ion dan cairan didalam tubuh setelah melakukan olahraga maupun tidak.

Analisis menggunakan konsep dari KA Bab 2 Partnering to Build Customer Engagement, Value, and Relationships

Dalam bab ini akan menggunakan konsep BCG Growth-Share Matrix. Aqua Splash of Fruit termasuk dalam kategori “Dogs” dimana produk tersebut memiliki pertumbuhan rendah dan pangsa pasar rendah, karena produk tersebut merupakan produk gagal atau tidak diminati oleh konsumen dan saat ini sudah tidak ada lagi di pasaran. Dapat dikatakan produk gagal karena produk tersebut tidak menjual nilai dan manfaat yang melekat pada produk Aqua Splash of Fruit dan masyarakat hanya merasakan bawa produk tersebut hanya air mineral yang dengan memiliki varian rasa yang berbeda. Dibandingkan dengan Pocari Sweat, produk tersebut termasuk dalam kategori “stars” dimana produk tersebut memiliki pertumbuhan yang tinggi dan pangsa pasar yang tinggi. Walaupun pada awalnya merupakan produk gagal, pada Pocari Sweat dapat memikat masyarakat Jepang dan dapat memenuhi pangsa pasar di berbagai negara. Pocari Sweat memiliki nilai dan manfaat yang ada di dalam nya, yaitu merupakan produk minuman isotonic yang dapat meningkatkan ion dan cairan di dalam tubuh.

Sumber : Google Trends

Berdasarkan riset Google Trends, dapat dilihat bahwa hasil pencarian terhadap produk Aqua Splash of Fruit tidak sebanyak pencarian produk Pocari Sweat. Produk Aqua Splash of  Fruit hanya memiliki banyak penjualan pada saat produk tersebut pertama kali dijual di pasaran pada tahun 2004. Tetapi seiring berjalan nya waktu, Aqua Splash of Fruit tidak dapat ditemukan di pasaran karena kurang nya minat masyarakat akan produk tersebut, sehingga produk tersebut merupakan produk gagal dan kurang diminati di pasaran. Saat ini produk Aqua Splash of  Fruit sudah tidak ada lagi dipasaran karena akibat dari kegagalan produk tersebut yang mengakibatkan produk tersebut tidak diminati oleh masyarakat. Sedangkan Pocari Sweat yang pada awal mula nya merupakan produk gagal dari Jepang saat ini dapat menjadi produk yang memiliki pangsa pasar yang luas di berbagai negara khususnya di Indonesia.

Analisis menggunakan konsep dari KA Bab 5 Consumer Markets and Buyer Behavior

Penjelasan dari The Environment yang terdiri dari Marketing stimuli dan Other. Teori Marketing Mix dapat dibagi dalam empat faktor yaitu Product, Price, Promotion, and PlaceDari segi produk, produk yang dikeluarkan oleh Aqua yaitu Aqua Splash ofFruit termasuk sebagai AMDK yang menjual produknya dalam kemasan yang berukuran 330ml yang mengeluarkan dua varian rasa yaitu strawberry dan jeruk-mangga. Sedangkan Pocari Sweat yaitu merupakan minuman isotonik yang dapat membantu menggantikan cairan di dalam tubuh dan dapat menambah ion didalam tubuh yang menjual produknya dalam kemasan botol berukuran 500ml, 2000ml, 350ml, dan kemasan kaleng 330ml. Dari segi harga, Aqua Splas of Fruit dalam kemasan yang berukuran 330ml dijual seharga Rp 1.500, sedangkan Pocar Sweat dalam kemasan botol yang berukuran 500ml dijual seharga Rp 6.900, berukuran 2000ml dijual seharga Rp 23.000, berukuran 350ml seharga Rp 6.200, dan kemasan kaleng yang berukuran 330ml dijual seharga Rp 6.500. Dari segi promosi dan tempat, Aqua Splash of Fruit dipromosikan melalui iklan televisi dan dijual secara retail di warung kecil dan dijual di supermarket dan minimarket, sedangkan Pocari Sweat dipromosikan melalui iklan televisi dan dijual secara retail di warung kecil, di supermarket, minimarket dan dapat juga dijual secara online di berbagai marketplace seperti Tokopedia, Blibli, Shopee, dll.  

Secara ekonomi, Aqua Splash of Fruit dijual dengan harga murah yang dapat menarik konsumen untuk dapat membeli produk tersebut, sedangkan Pocari Sweat dijual dengan harga yang berbeda sesuai dengan kebutuhan konsumen yang ingin membeli ukuran yang berbeda. Secara teknologi, Aqua Splash of fruit pada saat itu hanya dijual secara offline yaitu melalui retail di warung kecil, dijual di supermarket dan minimarket saja belum adanya penjualan secara online, sedangan Pocari Sweat saat ini dapat dijual secara offline melalui retail warung kecil,  supermarket dan minimarket maupun secara online yang melalui marketplace. Secara sosial, Aqua mengeluarkan produk Aqua Splash of Fruit untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen untuk mengonsumsi minuman yang memiliki varian rasa yang berbeda, sedangkan Pocari Sweat untuk dapat memenuhi ion didalam tubuh dan dapat menyegarkan setelah melakukan olahraga yang dikonsumsi masyarakat Jepang maupun masyarakat Indonesia. Secara kutural, masyarakat Indonesia memang lebih sering mengkonsumsi air mineral dan dengan demikian Aqua mengeluarkan produk barunya tersebut, sedangkan Jepang dalam memproduksi Pocari Sweat yaitu karena Otsuka ingin mengeluarkan produk minuman yang dapat menambah ion dalam tubuh dan dapat menyegarkan ketika musim panas di Jepang.

Dengan menggunakan konsep buyer characteristicsdalam produk Aqua Splash of Fruit dan Pocari Sweat terdapat beberapa faktor yaitu dari segi cultural, social, personal, and psychological. Culturalmasyarakat Indonesia lebih sering mengkonsumsi air mineral sebagai minuman seharian nya, sehingga Aqua sebagai AMDK yang memiliki pangsa pasar yang besar di Indonesia mengeluarkan produk baru yaitu Aqua Splash of Fruit yang memiliki dua varian rasa yaitu strawberry dan jeruk-mangga. Akan tetapi produk tersebut merupakan produk gagal di pasaran karena kurang nya minat masyarakat untuk membeli produk tersebut dan produk tersebut hanya air mineral yang memiliki rasa buah saja. Dibandingkan dengan Pocari Sweat yang merupakan produk gagal tetapi diminati masyarakat dan laku di pasaran karena Pocari Sweat dibuat berdasarkan fakta yang terjadi yang dialami oleh setiap orang yaitu pada saat orang tersebut selesai berolahraga dan membutuhkan cairan didalam tubuh. Sosial, masyarakat yang membeli Aqua Splash of Fruit yaitu masyarakat yang ingin merasakan air mineral yang memiliki varian rasa buah, sedangakan Pocari Sweat yaitu masyarakat yang ingin menambah cairan dan ion di dalam tubuh. Personal, masyarakat yang membeli Aqua Splash of Fruit dan Pocari Sweat yaitu masyarakat yang memiliki kebutuhan tertentu dan dapat dijangkau harganya oleh masyarakat. Psychological, masyarakat yang membeli Aqua Splash of Fruit dan Pocari Sweat yaitu masyarakat yang ingin mencari kepuasan sendiri dan kebutuhan sehari-hari, seperti hal nya masyarakat yang ingin mengkonsumsi minuman yang memiliki varian rasa buah dan masyarakat yang setelah melakukan olahraga atau dengan adanya cuaca yang panas yang ingin menambah cairan dan ion di dalam tubuh dan menyegarkan tubuh. 

Dengan menggunakan konsep decision making terdapat beberapa tahap yaitu need recognition, information search, evaluating of alternatives, purchase decision, post purchase behavior.Need recognitionpemasar mengenali kebutuhan atau masalah konsumen yaitu pemasar mengetahui bahwa masyarakat membutuhkan minuman yang memiliki varian rasa buah dan minuman yang dapat memberikan ion dan cairan didalam tubuh sehingga Aqua mengeluarkan produk baru Aqua Splash of Fruit dan Jepang mengeluarkan produk minuman Pocari Sweat. Information searchmasyarakat yang ingin membeli Aqua Splash of Fruit dan Pocari Sweat dapat mencari informasi terlebih dahulu yang berada di website ataupun supermarket dan minimarket dan melihat berbagai ulasan apakah produk minuman tersebut aman digunakan atau tidak dan apakah adanya manfaat atau tidak. Evaluating of alternatives, dalam hal ini konsumen harus menggunakan perhitungan yang cermat jika ingin membeli kedua produk tersebut karena adanya beberapa produk lain yang juga mengeluarkan kedua produk tersebut. Purchase decisionkeputusan konsumen dengan membeli kedua produk tersebut didasarkan pada perusahaan yang menurut mereka bagus dan banyak di pasaran dan memiliki spesifikasi dan ulasan yang baik akan masyarakat yang membeli produk tersebut. Post purchase behaviorperusahaan dari kedua produk tersebut dapat memberikan kualitas yang maksimal kepada konsumen sehingga konsumen pun memiliki kepuasan pribadi yang dapat membuktikan bahwa produk tersebut dapat diterima di pasaran.

Saran dan solusi

Pada produk Aqua Splash of Fruit yang merupakan produk gagal dan tidak diminati oleh konsumen yaitu dengan melakukan perubahan terkait dengan mengeluarkan berbagai macam varian rasa buah yang memiliki nilai, tidak hanya air mineral dengan varian rasa buah saja. Selain itu Aqua Splash of Fruit harus memperhatikan kemasan produk yang tidak harus sama dengan kemasan produk Aqua yang lainnya. Kemasan produk Aqua Splash of Fruit harus memiliki varian kemasan seperti yang dimiliki oleh Pocari Sweat. Dalam mempromosikan produk, Aqua Splash of Fruit dapat memasarkan melalui penjualan secara online seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, dll dan tidak hanya memasarkan produk melalui supermarket dan minimarket saja.

Referensi :

https://www.klikindomaret.com/brand/pocari-sweat

https://id.wikipedia.org/wiki/Pocari_Sweat

https://id.wikipedia.org/wiki/Aqua_(air_mineral)

https://www.kaskus.co.id/thread/5eefdedda727680a6715d768/aqua-splash-of-fruit-kegagalan-produk-aqua-di-pasaran/

https://grafis.tempo.co/read/1215/aqua-mendominasi-pangsa-pasar-air-kemasan

https://www.aio.co.id/product

https://satujam.com/sejarah-pocari-sweat/

https://trends.google.co.id/trends/explore?date=now%201H&geo=ID&q=%2Fm%2F03t6qd,Aqua%20Splash%20of%20Fruit

Buku Acuan : Kotler, P. and Armstromg, G. (2018), Principles of Marketing, 17th ed. Harlow, UK : Pearson Education Ltd.

Ditulis oleh :

Fanny Nur Amalia R


Like it? Share with your friends!

2
2 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
Fanny Nur A R

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format