Genflix produk lokal Indonesia kalah saing dengan Disney Plus di masa pandemi?

Peralihan Kebiasaan menonton Film di Bioskop menjadi streaming film melalui aplikasi streaming film di tengah pandemi COVID-19


0
1 share

Problem identification 

Dengan adanya COVID-19 aktivitas yang biasanya dilakukan offline dialihkan ke aktivitas online, salah satunya adalah dengan yang biasanya menonton film di bioskop diganti dengan menonton film di rumah. Kebiasaan ini membuat masyarakat aktif menonton film di rumah lewat berbagai aplikasi yang ditawarkan oleh Play Store / App Store. Beberapa aplikasi yang berasal dari luar negeri sangatlah beragam seperti Netflix, Viu,Iflix, HOOQ, dan Disney Plus. Indonesia pun menciptakan aplikasi yang digunakan untuk menonton film secara online dan tentunya secara berbayar. Dimana pelanggan harus berlangganan terlebih dahulu kemudian bisa menonton film yang disediakan aplikasi. Namun performa genflix di Indonesia mengalami kelesuan dan minat yang ditunjukan masyarakat sangat sedikit terlebih saat pandemi ini. Hal ini disebabkan karena Genflix yang memiliki kualitas dan persediaan film yang kurang lengkap dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Serta sistem yang diberikan Genflix kurang menarik dan kurang terintegrasi secara baik. Banyak pelanggan mengatakan bahwa sistem pembayaran dan klaim untuk voucher berlangganan dan pembayaran langganan mengalami kegagalan dan membuat pelanggan menjadi kesulitan untuk mengakses film yang ada. Hal ini membuat genflix tidak memiliki peminat yang banyak bahkan mengalami kelesuan di tengah pandemi ini. Review yang diberikan pelanggan juga merupakan review yang memberikan kritikan tentang sistem genflix yang kurang nyaman untuk digunakan. Akar permasalahan yang disoroti di dalam aplikasi ini adalah persediaan film yang kurang lengkap, sistem yang kurang terintegrasi dengan baik, pembayaran langganan yang tidak bisa digunakan untuk menonton film, dan minimnya fasilitas yang diberikan aplikasi. Dengan beberapa kekurangan tersebut Genflix tidak bisa menarik banyak pelanggan di masa pandemi ini, dikarenakan pelanggan lebih tertarik dengan aplikasi yang memiliki lebih banyak fasilitas, memiliki banyak pilihan film yang disediakan dan sesuai dengan keinginan pelanggan. Karena Genflix di desain untuk membuat masyarakat Indonesia lebih mencintai perfilman Indonesia sehingga stock film yang diberikan lebih banyak film dari Indonesia walaupun ada film dari luar tapi tidak sebanyak aplikasi yang lainnya. Sehingga Genflix kalah bersaing dengan Disney Plus.

Critical Thinking

Analytical thinking

Genflix diluncurkan di Indonesia pada tahun 2013 dengan direkturnya Greeny Dewayanti sehingga Genflix menjadi salah satu platform streaming yang ada di Indonesia.Genflix dibentuk dan diluncurkan di Indonesia, bersama dengan Goplay dan Vidio, Genflix menjadi salah satu platform streaming yang berasal dari Indonesia. Bersaing dengan platform luar negeri tentunya bukan hal mudah untuk genflix,karena banyaknya platform luar negeri yang masuk ke Indonesia. Tentunya pelanggan yang akan disasar oleh Genflix adalah masyarakat Indonesia karena konten dan film yang disediakan lebih banyak dari Indonesia. Disney plus merupakan platform yang diluncurkan di Amerika pada November 2019 yang mana diprediksi pada saat itu akan menjadi pesaing Netflix yang sudah launching lebih dulu dibandingkan dengan Disney plus. 

Marketing Environment

The Micro Environment
https://lh6.googleusercontent.com/Vq6EI0e32BPWhyURgpD5FnxASeeWZxBhSZUamcrWpXEEs_74nBEX4H_I05CXJlcd9f-OAqDbbh2mIEhxgPc-7I4Raf529d4wQ2yORVacwgZoPHX97DaDAzxKdkrNcg5R5LwCBSVi

                                                                                          Sumber : Kolter and Amstrong (2018)

-Competitors-

Genflix 

Genflix yang merupakan platform lokal yang asli dari Indonesia yang memiliki konten yang sangat lokal seperti memberikan ruang bagi sineas perfilman lokal melalui kategori koleksinya bernama Indonesia Indie Corner dan Film Pendek Indonesia. Namun competitor yang dimiliki oleh Genflix mengenai hal streaming sepak bola, tayangan TV, atau perfilman sangatlah banyak seperti Vidio.com , Youtube, . Dengan beberapa strategi ini yang menjadikan Genflix berbeda dengan platform lainnya. Kompetitor membuat Genflix menjadi lebih kompetitif dalam mengembangkan platformnya, kompetitor yang berasal dari luar seperti Netflix,HOOQ,VIU,Iflix,dan Disney plus. Strategi yang diterapkan oleh Genflix digunakan untuk bersaing  dengan platform lainnya adalah konten yang disediakan ada yang unik yaitu konten bahasa jawa yang belum dimiliki platform yang lainnya. Namun ditengah pandemi ini kiprah Genflix menjadi menurun dikarenakan platform lainnya yang berlomba-lomba untuk memberikan inovasi 

Disney Plus

Disney Plus salah satu platform yang berasal dari luar negeri lebih spesifiknya diluncurkan di Amerika Serikat pada tahun 2019. Merupakan salah satu dari banyak platform yang ada di luar negeri Disney Plus memiliki strategi tersendiri yang diberikan untuk bersaing dengan kompetitor yang ada. Konten dari Disney Plus murni berasal dari perusahaan Disney seperti Walt Disney Pictures, Walt Disney Animation Studios, Pixar, Disneynature, Lucasfilm, Marvel Studios, National Geographic,20th Century Studios, Hollywood Pictures, Searchlight Pictures, dan Touchstone Pictures. Yang mana konten ini tidak semua dimiliki oleh Platform yang lain. Kompetitor dari Disney Plus yang terbesar adalah Netflix yang merupakan platform streaming video yang lebih dahulu diluncurkan daripada Disney Plus sendiri. Kompetitor yang lainnya ada Iflix,HOOQ,dan VIU .Namun dengan strategi yang diterapkan Disney Plus menjadi salah satu platform yang sangat kompetitif dan bisa bersaing dengan platform lainnya walaupun baru saja diluncurkan setahun yang lalu.

https://lh6.googleusercontent.com/iSuHQpCpaKU60kX3N3hUMrVbke1tl8LNqsPlfnoZDXyU6E0nQEpDHXQSTTxCQmrHzbL6UY9Vkuj4gv-F1opc0XTXmNqHK8a4YPa5HheRW8T4bQEdAFJ4hbBl89nQGF7_DolLzFwG

                                                                                                      Sumber : Lifestyle.bisnis.com

-Marketing Intermediaries-

Genflix 

Genflix saat ini memiliki kerjasama dengan beberapa e commerce dan provider seperti IM3, Tri Indonesia. Untuk e commerce dari genflix menyediakan voucher yang bisa digunakan pelanggan untuk berselancar di genflix dengan sistem premium. E commerce yang menjual voucher Genflix antara lain Tokopedia, Blibli.com, dan Shopee.

https://lh5.googleusercontent.com/w6OePAsYGWOaYrwDTO4vIEFDLIPiuKxaaTRGfJTTH2TzittAh90Wgm21effmm18XHhKS1cSmM6QCK891cIxFtsIOmEMH6RHBRFM38k3FJJMq1j9Evu6lTsxT8xmqMVqoc_b8hSMChttps://lh6.googleusercontent.com/f2NblAB38TtLTx9J_s1AWQ7UKMRM-pFyizU-9QtuI6HJjBGiteiSQG0v_JskaWezZLVLSBQJ-5lFAYIWDL8p0x8CiMC7pz3fIbScFQVnQpNgvlgjQ05NSVQcz7EXD13C9DHqoW7Ctokopedia.png

                                                                                                            Sumber : Tokopedia,Blibli,Shopee

Disney Plus 

Untuk pembelian akun premium Disney plus di Indonesia  bisa melalui My Telkomsel untuk Indonesia dan pembelian di Luar Negeri Disney plus bisa melalui disneyplus.com ataupun menggunakan Paypall atau credit card yang berada di luar negeri. Sehingga bisa bertransaksi dan mendapatkan akun premium dari Disney plus tersebut. Media partner yang lain adalah Disney bermitra dengan Verizon untuk mengizinkan pelanggan data Verizon yang memenuhi syarat mengakses layanan selama satu tahun secara gratis.

-Customer –  Customer Market 

Genflix

Memiliki customer market yang menyasar ke generasi muda seperti para remaja yang memiliki hobi menonton film atau film pendek, serta generasi yang memiliki ketertarikan mengenai streaming sepak bola dan game yang disediakan oleh Genflix tersebut yang berkolaborasi dengan Aerowolf dan E-sport , serta MPL Indonesia. Hal ini menunjukan dengan kolaborasi baru dari Genflix maka sasaran customer yang dituju jelas para penyuka gaming dalam kategori E-sport. Sebanyak 500.000 pelanggan telah menginstall genflix melalui playstore.

Disney Plus

Customer market yang disasar oleh Disney plus adalah para pecinta Disney, film-film barat, anak kecil yang suka dengan animasi yang di film kan Disney. Tentunya pasar Disney sudah sangat luas sehingga mudah bagi Disney untuk mendapatkan tempatnya di hati para pelanggan dengan platform ini yang membuat para pecinta Disney sangat excited dengan apa yang diberikan oleh Disney di Disney Plus , terbukti 60.5 juta pelanggan telah menjadi pengguna Disney plus.

International Market

Disney plus sudah masuk ke pasar Internasional, berawal dari diluncurkannya Disney plus di Amerika membuat seluruh fans Disney sangat tidak sabar untuk menikmati platform tersebut. Terbukti sekarang Disney plus sudah sukses dalam beberapa waktu di berbagai Negara. Negara yang sudah dimasuki Disney plus antara lain Australia, Austria, Belgium, Canada, Denmark, Finland, France, Germany, Iceland, India, Indonesia, Ireland, Italy, Japan, Luxembourg, Mauritius, Monaco, Netherlands, New Zealand, Norway, Portugal, Spain, Sweden, Switzerland, the United Kingdom, dan the United States. Hal ini menunjukan bahwa Disney plus telah memiliki international market.

The Macro Environment

macro.png                                                                                                              Sumber : Kolter and Amstrong (2018)

Demographic Environment

Genflix

Genflix dalam demografi menyasar pada generasi milenial dan generasi Z. 2 generasi ini yang lebih banyak memiliki waktu atau hobi untuk menonton film, menonton pertandingan game ataupun streaming sepak bola. Terdapat peran generasi baby boomers namun hanya sekian persen saja. Rentang usia yang menikmati berkisar 12 – 30 tahun. Dimana rentang usia ini terbagi menjadi beberapa generasi yang ada. 

Disney Plus

Disney Plus demografi nya terbagi menjadi beberapa usia yang menikmati platform ini diatas 50%  pelanggan yang berlangganan Disney plus memiliki usia 18-38 tahun. Dimana ini merupakan Generasi milenial dan generasi baby boomers. Sedangkan untuk usia 39-53 sebanyak 53 % menjadi berlangganan untuk anak-anaknya yang masih dibawah umur. Sehingga termasuk juga melalui perantara orang tuanya  generasi Z juga menjadi pelanggan dari Disney Plus.

Economic Environment

Genflix 

Pelanggan dari Genflix tentunya berasal dari berbagai kalangan. Perbedaan pendapatan masyarakat Indonesia membuat Genflix untuk membuat berbagai tingkatan harga agar harga yang diberikan masih bisa dijangkau untuk masyarakat yang memiliki ekonomi menengah kebawah. Voucher yang ditawarkan dari Rp 7.500 – Rp 51.000 yang mana lingkungan ekonomi masyarakat Indonesia menunjukan bahwa berpengaruh terhadap pembelian akun premium genflix.

Disney Plus 

Karena Disney Plus merupakan platform streaming yang memiliki cakupan internasional maka lingkungan ekonominya juga bermacam-macam. Dari berbagai Negara memiliki lingkungan ekonomi yang berbeda-beda dari terutama segi pendapatan masyarakatnya ada yang memiliki pendapatan menengah ke bawah dan menengah keatas. Contoh Negara maju seperti eropa amerika Australia yang kebanyakan masyarakatnya memiliki pendapatan menengah keatas, dan untuk Negara berkembang seperti Negara Asia seperti India dan Indonesia mayoritas pendapatan masyarakatnya menengah keatas. Kisaran harga yang diberikan Disney Plus untuk mendapatkan premium adalah  $ 6.99 per bulan dan $ 69.99 per tahun. 

Technology Environment

Genflix 

Genflix merupakan salah satu platform yang berasal dari Indonesia tentunya teknologi yang ada di Indonesia saat itu 2016 Genflix diluncurkan belum semaju Negara lainnya. Saat ini Genflix fitur yang diberikan belum semaju dan selengkap dengan platform yang berasal dari luar negeri yang memiliki teknologi lebih maju. Serta jaringan internet di Indonesia yang berbeda di setiap daerahnya atau belum merata membuat terkadang video streaming yang ditayangkan Genflix tidak selancar dengan platform streaming yang digunakan di luar negeri.

Disney Plus

Disney plus yang diluncurkan di Amerika pada tahun 2019 ini tentunya memiliki teknologi dan fitur yang lebih lengkap di dalam aplikasinya. Film dan konten yang disajikan juga langsung dari perusahaan film yang memproduksi. Serta Disney merupakan aplikasi yang go internasional di beberapa benua sehingga jaringan untuk menonton streaming menjadi lebih bagus dan dalam pembuatan aplikasi serta pengembangan aplikasi menjadi lebih maju walaupun terdapat saingan seperti Netflix namun Disney + terus berinovasi dengan teknologi yang dimiliki.

DESIGNING A CUSTOMER VALUE DRIVEN MARKETING STRATEGY

Marketing Mix Genflix vs Disney Plus

Mix

Genflix

Disney Plus

Product

Platform streaming film Indonesia, Asia, Streaming sepak bola, Streaming E-Sport, Film Pendek Indonesia & Konten berbahasa jawa

Walt Disney Pictures, Walt Disney Animation Studios, Pixar, Disneynature, Lucasfilm, Marvel Studios, National Geographic,20th Century Studios, Hollywood Pictures, Searchlight Pictures, dan Touchstone Pictures.

Price

Rp 7.500- Rp. 51.000 bisa perhari / perbulan

$ 6.99 per bulan

$ 69.99 per tahun di luar negeri

Rp 39.000 per bulan

Rp 199.000 per tahun di Indonesia

Place

Area Indonesia/ masih di dalam negeri cakupan wilayahnya

Sudah bisa digunakan untuk kawasan Internasional seperti di benua Amerika,Eropa,Asia, dan Australia

Promotion

Memberikan beberapa promo dan penawaran jika menjadi pengguna We+ akan mendapatkan 30 hari penggunaan Genflix gratis, dan  juga pengguna Simobi plus. Untuk menggaet customer Genflix bekerja sama dengan Aerowolf untuk menambah jumlah pelanggan.

Iklan yang digunakan adalah iklan di Youtube dan selalu meng update trailer apa saja yang akan diluncurkan di Disney plus atau platform seperti billboard, dan yang lainnya. Untuk promosi harga sering ada di slickdeals atau web pembelian akun premium Disney Plus  yang lainnya.

Trailer DisneyPlus Luar Negeri

Buyer Characteristics 

Karakteristik dari pembeli sangat mempengaruhi proses pembuatan keputusannya. Terdapat beberapa karakteristik yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen. Faktor-faktor tersebut antara lain kultural, sosial, personal, dan psikologis. Masing-masing faktor terletak pada level yang dapat dijelaskan melalui skema di bawah ini. 

Cultural Factor

Untuk Genflix sendiri memiliki konsumen dimana dengan harga yang cukup terjangkau oleh masyarakat kelas menengah ke atas karena hanya Rp 7500 – Rp 51.000 sehingga genflix menyasar konsumen yang memiliki kelas sosial menengah ke atas. Untuk kelas sosial di Amerika yang menjadi poin kelas sosial adalah pendapatan, golongannya adalah kaya , kelas menengah, dan miskin. Dengan Disney plus yang merupakan perusahaan yang sudah terkenal di seluruh dunia dengan membandrol harga yang cukup murah untuk berlangganan tentunya menargetkan pada masyarakat dengan kelas menengah dan kaya, karena harga yang dibanderol hanya $ 6.99 per bulan yang termasuk murah dibanding dengan pendapatan yang mereka peroleh yakni kira-kira $ 12.500- $ 100.000 per bulan.

Social Factor 

Jaringan Sosial  di Indonesia yang digunakan Genflix adalah Komunitas sepak bola dan komunitas gamers. Dimana mereka komunitas yang biasanya menonton streaming bersama melalui platform genflix.  Untuk Disney plus menggunakan jaringan sosial seperti komunitas pecinta film Disney contohnya disneysia_id yakni pecinta film Disney di Indonesia  dan pecinta Disney lainnya di berbagai Negara yang familiar terhadap Disney.

Personal Factor 

Pekerjaan  menjadi salah satu personal factor yang menjadi pertimbangan untuk membeli suatu produk atau tidak. Untuk Genflix yang kebanyakan memiliki pekerjaan siswa, mahasiswa, atau , karyawan swasta atau pegawai negeri yang masih muda mereka cenderung menggunakan Genflix untuk hiburan. Sedangkan rentang usianya 12-30 tahun. Yang mana menunjukan berbagai kalangan dan usia menjadi pengguna Genflix. Untuk Disney plus mayoritas pengguna memiliki rentang usia 18-53 tahun dimana usia 39-53 tahun berlangganan untuk anak anak mereka sehingga menunjukan bahwa mereka di dalam situasi ekonomi yang cukup baik dengan bisa memfasilitasi anak mereka dengan platform  streaming yang cukup besar ini.

Problem Solving

Permasalahan utama yang dihadapi Genflix yaitu kurangnya branding, promotion, dan konten yang disediakan Genflix. Dimana hal itu sangatlah penting untuk diterapkan di dalam suatu usaha. Disney Plus sendiri sudah memiliki branding yang kuat dimana dia berasal dari perusahaan yang sama dengan produksi film Disney. Untuk promosi yang digunakan Disney plus tak tanggung-tanggung mereka menggunakan platform Youtube yang rutin meng upload trailer-trailer tayangan baru di Disney plus yang tentunya membuat pelanggan tertarik dan penasaran dengan seluruh isi film/konten tersebut. Namun Genflix belum menerapkannya bahkan melalui survey dari 41 orang hanya 11 yang mengetahui aplikasi Genflix menunjukan bahwa hanya 26.8 % yang mengetahui Genflix ada di Indonesia. Yang dapat disimpulkan bahwa branding yang dibangun Genflix gagal sehingga di tengah pandemi ini Genflix mengalami kelesuan bahkan kalah saing dengan platform lainnya seperti Netflix,Iflix,VIU,Disney Plus dan platform streaming lainnya. Sebanyak 6 orang dari 41 orang yang menggunakan Genflix di tengah pandemi ini tentu angka yang sangat kecil yakni hanya 19.4 % dari sampel yang diambil. 

  • Solusi yang bisa  digunakan Genflix untuk meningkatkan pembelian produknya di tengah pandemi ini menggunakan best practices yang sudah diterapkan Disney Plus adalah membuat masyarakat lebih familiar dan penasaran mengenai konten yang ada di dalam aplikasi dengan iklan yang ditayangkan di Youtube dan Trailer yang ditayangkan di Youtube setiap harinya mengenai konten yang diperbarui di dalam aplikasi. Jika Genflix tidak melakukan promosi yang gencar maka lama kelamaan pelanggan yang masih bertahan dari Genflix akan berpindah ke aplikasi yang lain di tengah pandemi ini. 

  • Solusi kedua adalah memperbaiki sistem pembayaran langganan dan pengaktifan premium di aplikasi Genflix banyak bukti yang menunjukan  bahwa ketika pelanggan sudah melakukan pembayaran namun tetap tidak bisa mengakses film/streaming yang masuk dalam kategori premium. “Beli paket kuota 3 yg bulanan dan sudah include paket genflix 30 hari. lalu download genflix, tp hampir semua film harus di upgrade premium, dan bayar lagi. ini pembodohan kah?” tulis review Ajeng Dwi  di kolom komentar Genflix di Google Play Store. “Aduhh aplikasi ap ni udh beli paket tri yg grtis nnton selama sebulann tpi pas mau nnton hruss beli . Hedehhh . Kurang banget” tulis review Ven Ni  di kolom komentar Genflix di Google Play Store. Hal ini membuat pelanggan merasa rugi kemudian beralih ke platform lainnya dan ini yang membuat Genflix selama pandemic mengalami kelesuan.

  • Solusi Ketiga memberikan fitur download yang ada di Genflix serta menambah persediaan film dan subtitle bahasa Indonesia yang diberikan oleh Genflix. Sekali lagi Genflix kalah bersaing karena sedikitnya stok film yang diberikan dan minimnya fitur yang diberikan. Beberapa review dari pelanggan yang komplain mengenai jumlah tayangan dan film yang masih sangat minim dan tidak adanya subtitle Indonesia di beberapa film luar negeri. “Tolong tambahin lagi dong kontenya, bosenin” tulis review Choirul Mufied  di kolom komentar Genflix di Google Play Store. Selanjutnya adalah menyediakan fitur download jadi ketika pelanggan sedang dalam keadaan offline tetap bisa menonton film tersebut karena sudah mendownload film di dalam aplikasi tersebut. Karena jaringan di Indonesia tidak selalu stabil karena jaringan di setiap daerah berbeda

Penulis : Faradina Yunita Dewi (19/439922/EK/22290)

Referensi :

Team, Dewaweb. “Sebelum Menggunakannya, Kenali Dulu Perbedaan Netflix, Prime Video, Genflix, Iflix, Dan HOOQ.” Blog Dewaweb, 25 May 2019, https://www.dewaweb.com/blog/netflix-adalah-layanan-streaming-yang-cukup-populer-di-indonesia/.

Genflix 2.0 – Apps on Google Play. https://play.google.com/store/apps/details?id=com.linkit360.genflix&hl=en_US&gl=US. Accessed 27 Oct. 2020.

“Seperti Apa Nonton Video Streaming Dengan Genflix? | Lifestyle.” Bisnis.Com, 18 July 2020, https://lifestyle.bisnis.com/read/20200718/254/1267890/seperti-apa-nonton-video-streaming-dengan-genflix.

Genflix. https://genflix.co.id/. Accessed 26 Oct. 2020.

“Post.” BLOG, http://blog.genflix.co.id/post/. Accessed 25 Oct. 2020.

Daniel, Adhitya. “Aplikasi Streaming Genflix Bangkit Lagi! Kali Ini, Mereka Gaet Aerowolf!” Duniaku, https://duniaku.idntimes.com/film/internasional/adhitya-daniel/aplikasi-streaming-genflix-comeback. Accessed 26 Oct. 2020.

Tech in Asia Indonesia – Komunitas Online Startup Di Asia. https://id.techinasia.com/perbedaan-netflix-iflix-genflix-hooq. Accessed 26 Oct. 2020.

“4 Content Marketing Lessons from the Launch of Disney Plus.” McKinley Marketing Partners, 12 Nov. 2019, http://mckinleymarketingpartners.com/2019/11/4-content-marketing-lessons-from-the-launch-of-disney-plus/.

Genflix. Genflix. https://dev.genflix.co.id/faq. Accessed 27 Oct. 2020.

antaranews.com. “Indonesian Movie Streaming Apps Expand Consumer Market.” Antara News, https://en.antaranews.com/news/137643/indonesian-movie-streaming-apps-expand-consumer-market. Accessed 27 Oct. 2020.

        “Local Streaming Service Genflix Secures Two Million Subscribers.” Jakarta Globe, https://jakartaglobe.id/lifestyle/local-streaming-service-genflix-secures-two-million-subscribers. Accessed 27 Oct. 2020.

“Pasar Streaming Makin Ramai, Mari Intai Konten Dan Harganya | Lifestyle.” Bisnis.Com, 11 Sept. 2020, https://lifestyle.bisnis.com/read/20200911/220/1290295/pasar-streaming-makin-ramai-mari-intai-konten-dan-harganya.

“CEO Netflix Sebut Disney+ Akan Jadi Pesaing Paling Kuat | Lifestyle.” Bisnis.Com, 7 Nov. 2019, https://lifestyle.bisnis.com/read/20191107/254/1168019/ceo-netflix-sebut-disney-akan-jadi-pesaing-paling-kuat.

“Disney+ Hotstar – Streaming Film Terbaru Dan Nonton TV Show Online Terbaik.” Disney+ Hotstar, https://www.hotstar.com/id. Accessed 27 Oct. 2020.

FAQ Center – Z2U.COM. https://www.z2u.com/faqList/Common.html. Accessed 27 Oct. 2020.

How Disney+ Is Giving Netflix Goosebumps: The Marketing Strategy Decoded | MarTech Advisor. https://www.martechadvisor.com/articles/customer-experience-2/disneyplus-marketing-strategy/. Accessed 27 Oct. 2020.

“How Disney Plus’ Marketing Strategy Set It Apart.” Indigo9 Digital Inc., https://www.indigo9digital.com/blog/disneymarketingstrategy.  Accessed 27 Oct. 2020.

Gratis 1 Bulan Langganan GenFlix Untuk Pengguna WE+ | WE+ Blog. https://weplus.id/article/gratis-1-bulan-langganan-genflix-untuk-pengguna-we/40/. Accessed 27 Oct. 2020.

Iklan Disney Plus di Indonesia

Trailer Disney Plus di Luar Negeri


Like it? Share with your friends!

0
1 share

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format