Kondisi Serba Online Menghilangkan Keunggulan Bimbingan Belajar Konvensional

Beberapa pelajar mengikuti bimbingan belajar karena keinginan mereka sendiri dan beberapa lainnya hanya karena anjuran orang tua.


0

Jika Sekolah diibaratkan sebagai makanan pokok, maka bimbingan belajar adalah suplemennya. Dengan mengikuti bimbel, pelajar diharapkan dapat lebih memahami materi dengan baik. Tidak semua materi pelajaran dapat diserap secara maksimal di sekolah sehingga banyak pelajar yang menggunakan bimbingan belajar sebagai alternatif pembelajaran lebih lanjut. Salah satu bimbingan belajar terkenal di Indonesia adalah Ganesha Operation atau yang sering disingkat menjadi GO. 

Selama pandemi Covid-19, hampir semua bimbingan belajar konvensional mengalami penurunan jumlah pendaftar, termasuk Ganesha Operation. Direktur utama Ghanesa Grup, Bayu Reksa Nugraha mengatakan bahwa pandemi covid menyebabkan omzet perusahaan yang bergerak di bidang bimbingan belajar menurun sampai dengan 90 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Penutupan sekolah membuat lembaga bimbingan belajar sulit melakukan promosi dan sosialisasi. Karena promosi akan lebih efektif jika dilakukan dengan tatap muka langsung melalui kunjungan ke sekolah. Selain itu, krisis ekonomi juga menjadi alasan mengapa beberapa pelajar tak lagi menggunakan jasa bimbel konvensional. Dilansir dari validnews.id, seorang siswi SMA berhenti mengikuti bimbel bukan semata-mata karena takut bahaya corona, namun karena orang tuanya dirumahkan dan tidak sanggup mengakomodasi biaya bimbel.  

Bimbingan belajar konvensional dianggap kehilangan pilar pentingnya, yakni perasaan yang didapat saat pembelajaran langsung dalam kelas yang akhirnya menyebabkan penurunun pendaftar. Di sisi lain, platform belajar online gratis seperti Coursera justru mengalami peningkatan pendaftar selama masa pandemi ini. Pengguna baru tahun 2020 berkisar antara 20-30% dari total keseluruhan pengguna. Jumlah pendaftar meningkat pesat pada bulan Maret hingga Juli, ketika pandemi Covid-19 sedang meluas dan terjadi PSBB maupun lockdown di banyak negara. 

The Marketing Environment dari Ganesha Operation

Sisi mikroekonomi Ganesha Operation meliputi marketing intermediarises, competitors, publics, serta customer

Marketing Intermediaries

Selama ini, GO selalu melakukan promosi secara langsung dengan memberikan try out gratis atau sharing session bersama alumni dan tentor di sekolah-sekolah. Ganesha Operation menjalin banyak Kerjasama sehingga sering memberi potongan khusus untuk pelajar dari sekolah tertentu. Selain itu, ganesha operation juga memberikan bonus tersendiri bagi mereka yang berhasil mengajak teman untuk ikut mendaftar, sehingga para pengguna menjadi aktif dalam membantu mempromosikan bimbel GO. 

Competitors

Mengikuti perkembangan teknolgi di era digital ini, saingan utama dari bimbel konvensional adalah bimbel online, seperti Ruang Guru atau Coursera. Oleh karena itu, Ganesha operation juga menyediakan platform online yang dapat diakses oleh para siswa GO. Metode online mulai digencarkan sejak diterapkannya Ujian Nasional dan UTBK berbasis computer, sehingga siswa menjadi terbiasa mengerjakan soal melalui computer. Namun, Ganesha Operation tetap menjadi bimbingan belajar pilihan karena masih banyak siswa yang lebih senang belajar secara langsung dibandingkan melalui video. 

Publics

Jalinan Kerjasama yang terbentuk antara Ganesha Operation dan Lembaga Pendidikan membuat GO terlihat lebih kredibel dan meyakinan di mata para wali murid. Track record Ganesha Operation juga bagus. Seperti pada tahun 2018, Ganesha Operation telah meluluskan 40.000 lebih siswa ke Perguruan Tinggi Negeri dan Kedinasan. Ganesha operation juga tidak memiliki skandal dan memberikan kesempatan bagi para penggunan GO untuk memberi kritik maupun saran. 

Customers

Ganesha Operation menerapkan market driven strategy yang berorientasi pada kepuasan siswa (student satisfaction) melalui pelayanan yang unggul (service excellence). Untuk membeli, konsumen harus mengethaui terlebih dulu produknya. Untuk itu, Ganesha Operation berusaha meningkatkan consumer awareness melalui promosi baik secara langsung atau melalui media sosial. Semua informasi mengenai pelayanan juga dapat diakses pada website resmi Ganesha Operation. Serta apabila memiliki pertanyaan, dapat disampaikan melalui layanan customer service yang juga tercantum dalam website. 

Sedangkan sisi makroekonomi dari Ganesha Operation meliputi lingkungan demografis, lingkungan ekonomi, lingkungan teknologi, serta lingkungan sosial. 

Lingkungan Demografis

Secara demografis, masyarakat millennials dan generation z memiliki pemikiran yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Berdasarkan survey yang ditujukan untuk kalangan pelajar, pengajar, dan orang tua siswa, sebyak 60% dari 50 responden berpendapat bahwa penting bagi pelajar untuk mengikuti bimbingan belajar. Dan 70% persen responen menyatakan bahwa mengikuti bimbingan belajar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Meningkatnya kesadaran untuk menuntut ilmu, meraih prestasi, serta diterima di universitas favorit menjadi motivasi utama para pengguna layanan bimbingan belajar. 

Lingkungan Sosial

Lingkungan sosial mempengaruhi keinginan pelajar karena mereka yang mengikuti bimbingan belajar akan memiliki komunitas sesama pengguna bimbel. Influence dari teman yang mengikuti bimbel ini berperngaruh pada keinginan mendaftar. Pada beberapa kasus, siswa yang mengikuti bimbel tidak ingin berbagi informasi dengan bukan sesama teman bimbel. Seperti Ganesha Operation yang mengajarkan rumus istimewa yang disebut dengan The King atau memberikan soal-soal khusus. Keuntungan ini hanya bisa diperoleh jika menjadi siswa GO. 

Lingkungan Ekonomi

Kini, mengikuti bimbingan belajar bukanlah privilege yang hanya bisa didapatkan minoritas pelajar. Ganesha Operation memberikan layanan kelas regular, silver, gold, platinum, individu, serta privat. Setiap layanan menawarkan harga dan fasilitas yang berbeda sehingga pendaftar dapat memilih sesuai dengan kondisi yang dimilikinya. 

Lingkungan Teknologi

Computerized Management Information System dengan Piranti Touch Screen, Real Time Attendance Record, Computer Aided Learning, Internet serta fasilitas Local Area Network (LAN) merupakan alat bantu yang digunakan oleh Ganesha Operation. Selain itu, Ganesha Operation juga memiliki banyak akun media sosial seperti youtube, Instagram, facebook, serta twitter. Akun-akun tersebut digunakan untuk memberikan informasi, inspirasi, tips&trik, serta beberapa materi pembelajaran singkat. Ganesha operstion tidak hanya memanfaat teknologi sebagai platform pembelajaran, yakni melalui GO Kreasi, namun juga untuk memperluas pengenalan Ganesha Operation kepada public. 

The Model of Buyer Behavior

Empat factor yang mempengaruhi perilaku konsumen adalah culture, social, personal, dan psychological. 

Di Indonesia, sudah menjadi semacam budaya untuk mendaftar bimbingan belajar khusunya saat mendekati ujian. Karena tidak semua materi yang akan diujikan pada ujian kedinasan atau perguruan tinggi di ajarkan di sekolah. Mengikuti bimbingan belajar seperti ‘paksaan’ untuk siswa supaya belajar lebih giat. Itulah kenapa Ganesha Operation memiliki jutaan siswa. Pada kasus coursera, platform ini diminati karena menyediakan berbagai macam course. Contohnya di Amerika, penduduk Amerika cenderung fokus mengembangkan diri sesuai dengan minat mereka. hal itu mereka lakukan melalui Lembaga formal maupun non formal. Oleh karena itu, coursera dapat memenuhi kebutuhan akan soft skill tersebut. 

Faktor selanjutnya adalah faktor sosial yang salah satunya adalah pengaruh dari keluarga. Saat memilih untuk mendaftar bimbingan belajar, baik Ganesha Operation atau Coursera, pasti memperhatikan pengaruh dari orang lain yang pernah menggunakan bimbel tersebut. Oleh karena itu, Ganesha Operation memberikan keuntungan khusus bagi mahasiswa GO yang berhasil mengajak temannya mendaftar. Selain itu, keuntungan sosial juga diperhatikan. Seperti logo dan tanda tangan profesor dari universitas terkenal dunia akan membuat sertifikat coursera terlihat lebih kredibel untuk ditaruh di media sosial. 

Kemudian pengaruh dari personal dan psychological. Ganesha Operation cocok dengan kebutuhan pelajar SD, SMP, SMA, sedangkan Coursera cocok dengan kebutuhan mahasiswa serta para pencari kerja. Pemilihan bimbingan belajar secara personal personal dan psychological dapat dipengaruhi oleh kebutuhan, Teknik pembelajaran yang digunakan, keamanan, atau bahkan sesuai feeling saja. 

Marketing Strategy

Marketing Mix


Ganesha Operation

Coursera

Product

Bimbingan belajar untuk pelajar SD, SMP, SMA-Alumni. Beberapa programnya yakni program regular, program super intensif, program exececutive, dan program super intensif executive. 

Course gratis dengan berbagai kategori yakni business, computer science, personal development, health, information technology, math and logic, social science, physical science and engineering, arts and humanities, serta data science.

Price

Harga yang ditawarkan berbeda untuk kategori regular, platinum, silver, dan gold. Harga juga berbeda untuk kategori SD, SMP, dan SMA. 

Tidak ada biaya pendaftaran dan course dapat diikuti secara gratis. Namun, beberapa course mentapkan harga tertentu untuk mendapatkan sertifikat. 

Promotion

Menjadikan mahasiswa berprestasi sebagai wajah baru yang mengisnpirasi. Memberikan potongan harga untuk pendaftar periode awal. Memberikan diskon khusus bagi pelajar yang memiliki orang tua guru atau tenaga medis

Coursera menjalin Kerjasama dengan banyak universitas sehingga mahasiswa di seluruh dunia dapat mengakses dan membantu menyebarkan informasi mengenai coursera. Pengalaman mengikuti kelas dari Universitas terkenal di dunia menjadikan coursera banyak diminati. 

Place

GO memiliki 265 cabang yang tersebar diseluruh nusantara. setiap cabang ditempatkan di lokasi yang strategis, berdekatan dengan sekolah. Bangunan Ganesha Operation juga dilengkapi fasilitas kamar mandi, mushola, serta tempat parkir. 

Coursera menggunakan website resmi coursera.org. Website ini menyediakan berbagai Bahasa. Dan saat mengikuti course, pengguna dapat mengunduh video pembelajaran ataupun meng-highlight poin penting dalam materi. 


Perbandingan SWOT Ganesha Operation dan Coursera di masa pandemi Covid-19

Strength


Ganesha Operation:

Memiliki informasi akurat terkait pelaksanaan ujian masuk sekolah dan memiliki prediksi soal yang terpercaya. 

Coursera:

Memiliki berbagai jenis course yang dapat digunakan oleh umum, ditawarkan dengan gratis, mendapat sertifikat yang kredibel. 

Weaknesses


Ganesha Operation:

Harga bimbingan belajar dianggap mahal dan pembelajaran jarak jauh kurang efektif. 


Coursera:

Materi course kurang sesuai dengan pelajaran SMA ke bawah. 

Opportunities


Ganesha Operation:

Membuka bimbingan belajar softskill bimbingan belajar bagi mahasiswa. 


Coursera:

Menambah jenis course

Threats


Ganesha Operation:

Kalah bersaing dengan bimbingan belajar online


Coursea:

Pengguna menginkan sertifikat yang berbayar namun tidak ingin membayar sehingga akhirnya tidak jadi mendaftar. 


Solusi

Metode pembelajaran online dengan harga setara bimbel konvesional menjadi factor besar dalam penurunan pendaftar Ganesha Operation. Meskipun pola pembelajaran dan tentor yang digunakan masih sama, namun para pengguna merasa apa yang mereka dapatkan belum sebanding dengan apa yang mereka bayarkan. Pengadaan kelas online dinilai kurang efektif dan pihak bimbingan belajar juga kurang bisa memonitor keaktifan para pengguna. Banyak pelajar GO yang tidak mengerjakan buku ataupun modul yang diberikan. Banyak juga yang jarang mengikuti kelas ataupun try out. Oleh karena itu, Ganesha Operation perlu melakukan pengawasan lebih ketat. Seperti memberi persyaratan khusus untuk dapat mengikuti try out, membuat jadwal kelas tambahan yang fix dengan penilaian bagi siswa, serta pemberian notifikasi pada orang tua apabila siswa tersebut tidak mengikuti salah satu kegiatan pembelajaran. Ganesha operation juga bisa memberikan tugas untuk dikerjakan oleh siswa, dibandingkan hanya menunggu kesadaran siswa. Tugas yang diberikan tidak perlu sulit dan memberatkan, cukup beberapa soal yang bisa digunakan untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa. 

Untuk menyesuaikan kebutuhan akan bimbingan belajar, Ganesha Operation juga bisa membuka paket belajar untuk mahasiswa atau umum, Karena pandemi juga berpengaruh pada aktivitas perkuliahan sehingga mahasiswa juga memerlukan bimbingan belajar untuk membantu belajar. Dan untuk umum, GO bisa memberikan kursus yang berkitan dengan softskill serta kursus untuk mengahasah kemampuan TOEFL. Nantinya, kursus-kursus ini dapat dilengkapi dengan seritfikat yang dapat digunakan untuk mendaftar instansi, baik universitas ataupun perusahaan tertentu. Selain itu, sebagai bentuk trial, Ganesha Operation juga dapat lebih sering mengadakan seminar/kelas umum dan juga program kelas pendek. Penawaran ini dapat menarik minat pelajar yang tidak ingin mengikuti bimbel untuk waktu yang lama serta biaya yang mahal. 

Ganesha Opreation dan Coursera dalam akun Youtubenya

Daftar Pustaka

Budi Utami. 2014. Pengaruh Citra Perusahaan (corporate image) Terhadap Loyalitas Pelajar pada Lembaga bimbingan Belajar (LBB) Ganesha Operation di Mojokerto. Bima. Vol. 8, No. 1. https://www.academia.edu/14500788/BIMA_Journal. 27 Oktober 2020.

Anang Bambang Pujianto. 2016. “Pengaruh Promotion, physical evidence, Price, dan Process Terhadap Minat Pembelian Berulang Siswa Kelas X SMAN”. Magister Manajemen Pascasarjana. Universitas Pasundan. Bandung.

Dhawal Shah. 2020. By the numbers: MOOCs During the Pandemic. https://www.classcentral.com/report/mooc-stats-pandemic/. 27 Oktober 2020 (20:00 WIB).

https://www.coursera.org/. (Diakses pada 27 Oktober 2020).

https://ganeshaoperation.id/. (Diakses pada 27 Oktober 2020). 

“Pusaran Ujian Bimbingan Belajar”. Diakses pada 27 Oktober 2020, dari https://www.validnews.id/Pusaran-Ujian-Bimbingan-Belajar-sQZ.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2018. Principles of Marketing. Italy. Pearson. 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
BerlianaCahya

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format