Matahari Department Store Tenggelam di Pandemi, Amazon Apa kabar?

Pandemi Covid-19 membuat beberapa perusahaan mengalami kebangkrutan, salah satunya Matahari. Lantas, bagaimana Matahari bisa mengalami hal tersebut?


0

Seperti yang kita ketahui wabah virus Covid-19 masih terus menghantui sejumlah negara di dunia termasuk Indonesia. Pada 2 Maret 2020, untuk pertama kalinya pemerintah mengumumkan dua kasus pasien positif Covid-19 di Indonesia. Virus Covid-19 telah mempengaruhi kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia seperti mempengaruhi daya beli konsumen, konsumen jarang keluar, belanja seperlunya, dan melakukan berbagai transaksi via online sehingga perubahan kehidupan masyarakat tersebut mempengaruhi pada industri retail yang kurang diminati salah satunya yaitu PT. Matahari Department Store.

sumber : https://katadata.co.id/ariayudhistira/infografik/5ef400fb955a3/mengobati-umkm-dari-krisis-covid-19

Di kutip dari padek.jawapos.com, Selama masa pandemi Covid-19 PT. Matahari Department Store mengalami kerugian RP357,86 miliar. Seluruh lini pendapatan perseroan tercatat turun tajam yang dikutip pada laporan keuangan dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI). Sepanjang 2020 penjualan eceran Matahari Department Store tercatat sebesar 1,44 triliun, yang dimana mengalami penurunan 62,05 persen dibandingkan tahun 2019. Selain itu, penjualan konsinyasi tercatat Rp760,07 miliar, turun 47,18 persen. Lalu, pendapatan jasa tercatat turun 20,43 persen menjadi Rp48,75 miliar. Penurunan ini disebabkan Matahari Department Store mengajukan keringan sewa karena penutupan sementara beberapa gerai imbas pandemi Covid-19. Chief Executive Officer Matahari Department Store, Terry O’Conner mengatakan, Matahari juga mengurangi beban usaha yang tidak esensial termasuk beban sewa, pemasaran, perjalan dinas dan beban lainnya.

Di lain sisi Amazon.com, Inc. memiliki kondisi yang sangat berbeda dengan PT. Matahari Department Store. Dilansir pada republika.co.id, Amazon.com, Inc berhasil membukukan kinerja yang positif selama pandemi Covid-19. Perusahaan memperoleh pendapatan mencapai 75,4 miliar dolar AS atau setara Rp1.115 triliun pada 2020. Raihan pendapatan ini naik 26 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya. 

Membedah Lebih Dalam Dua Perusahaan pada Sektor yang Sama tetapi Memiliki Dampak yang Berbeda saat Pandemi Covid-19

THE FOUR PS OF THE MARKETING MIX

Kotler & Armstrong (1997 : 48) mendefinisikan bahwa “marketing mix adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan untuk mencapai target pemasarannya pada target market.”  Seperangkat alat atau variabel yang dimaksud menurut Gugup Kismono adalah 4P yaitu Product, Price, Place, dan Promotion. Yang dimana jika empat variabel ini dipadukan satu sama lain oleh perusahaan akan mencapai target pemasarannya.

1. Product

Menurut Stanton (1991) product adalah segala sesuatu baik yang dapat dilihat maupun dirasakan yang produk tersebut ditawarkan oleh pengusaha untuk menjawab permasalahan yang sedang dihadapi oleh seseorang atau dapat memenuhi kebutuhan seseorang. Product tidak hanya berupa barang, tapi juga dapat berupa service, seseorang, kegiatan, tempat, dan ide.

2. Price

“Harga merupakan sejumlah uang yang harus dibayar oleh konsumen untuk mendapatkan produk”, Kotler & Armstrong (2004). Dari keempat variable marketing mix, harga merupakan satu-satunya variabel yang menghasilkan pendapatan, sedangkan ketiga variable lainnya menimbulkan biaya. Salah satu strategi agar konsumen tidak membeli produk yang menyainginya adalah harga harus diukur dengan nilai yang dirasakan dari tawaran itu.

3. Place

Kotler (2009) mendefinisikan distribusi adalah tempat berbagai kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan agar konsumen memperoleh dengan mudah produk yang diinginkan dan disediakan. Untuk memastikan produknya, distribusi memiliki peranan yang sangat penting bagi perusahaan. Hal ini dikarenakan agar barang dan jasa yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen tersampaikan pada waktu dan tempat yang tepat.

4. Promotion

Definisi promosi menurut Kotler adalah “semua kegiatan atau aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan mempromosikan produknya kepada target market.”

Lantas, Marketing Mix Strategy Apa yang Diterapkan Oleh PT. Matahari Department Store dan Amazon.com, Inc?

Product

PT. Matahari Department Store Tbk adalah department store di Indonesia yang menawarkan produk-produk fashion terkini dengan kualitas tinggi serta pengalaman berbelanja yang menyenangkan. Matahari memiliki jaringan yang luas dan terpercaya yang terdiri dari pemasok lokal dan internasional yang menawarkan pilihan busana bergaya, aksesoris kecantikan, dan peralatan rumah tangga baik dari merek eksklusifnya sendiri maupun internasional. 

Amazon.com, Inc. merupakan perusahaan yang berkantor pusat di Seattlem Washington, Amerika Serikat yang bergerak dalam bidang perdagangan berbasis online yang terbesar di dunia. Awalnya perusahaan ini hanya menjual buku, namun sekarang telah bervariasi mulai dari elektronik, pakaian, furniture, makanan, mainan, perhiasan, DVD, CD, MP3, software, hingga video game.

Price

Produk yang dijual di Matahari memiliki harga relatif murah jika dibandingkan dengan gerai-gerai pakaian yang ada di mal-mal. Harga yang relatif murah ini mampu menarik minat konsumen, terutama dari kalangan menengah. Selain itu, Matahari juga sering memberikan diskon untuk beberapa produk walaupun pada kenyataannya harga produknya dinaikkan terlebih dahulu.

Strategi yang digunakan Amazon.com, Inc. untuk menarik konsumen ke situs web dan penawaran produknya adalah dengan menggunakan harga rendah. Mengingat keragaman produk yang dijual  Amazon, ada beberapa strategi dalam penetapan harga, seperti :

  • Market-oriented pricing strategy

Strategi ini berorientasi pasar sebagai penetapan harga utamanya. Menggunakan strategi ini perusahaan dapat mengevaluasi harga pesaing sebagai dasar untuk menentukan harga produk yang dimana strategi ini menjadikan harga jual lebih kompetitif, terjangkau, dan menarik bagi konsumen sasaran.

  • Price discrimination strategy

Strategi ini melibatkan penetapan harga yang berbeda untuk produk yang sama. Strategi ini menguntungkan perusahaan karena bisa menyesuaikan harga berdasarkan kondisi pasar nasional, nilai produk yang dirasakan, dan preferensi serta harapan konsumen.

  • Value-based pricing strategy

Strategi ini melibatkan tingkat harga berdasarkan nilai produk dengan mempertimbangkan persepsi nilai konsumen.

Place

Lokasi gerai PT. Matahari Department Store menjangkau seluruh wilayah di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua. Lokasi yang dipilih pun selalu yang terbaik dengan hadir di tengah kota atau pusat perbelanjaann yang mudah diakses oleh konsumen. Selain itu, lokasi konsumen yang tidak terjangkau oleh gerai Matahari bisa berbelanja secara online.

Untuk menjangkau konsumen, Amazon.com, Inc menggunakan beberapa tempat seperti :

  • Official e-commerce websites, Website ini merupakan tempat utama untuk bertransaksi dengan konsumen. 
  • Amazon Books, took buku fisik di Seattle bernama Amazon Books juga dioperasikan oleh Amazon.com, Inc.
  • Selain itu Amazon.com, Inc. juga menggunakan tempat lain untuk bertransaksi dengan konsumen seperti melalu Amazon Web Services (AWS) Summit tahunan yang diadakan di berbagai lokasi yang terjangkau oleh perusahaan.

Promotion

Matahari melakukan berbagai promosi baik secara offline maupun online untuk membuat brand cukup kuat. Iklan Matahari Department Store bisa didapatkan oleh konsumen melalui brosur, booklet, spanduk, iklan harian, TV, dan koran. Selain itu Matahari juga mengembangkan eNewsLetter and eKatalogs yang bisa di download di website oleh konsumen.

Strategi dan taktik yang digunakan Amazon.com, Inc. untuk membujuk konsumennnya agar berbelanja diatur berdasarkan kepentingan dalam company’s e-commerce business, yaitu :

  1. Advertising, Strategi ini merupakan sarana paling utama dan penting bagi Amazon.com, Inc. untuk berkomunikasi dengan target market karena strategi ini memperluas jangkauan pasar perusahaan.
  2. Sales Promotion, Strategi kedua yang diterapkan Amazon.com, Inc adalah menerapkan promosi penjualan untuk menarik konsumen agar membeli produk. Cara yang biasa digunakan adalah menerapkan diskon dan penawaran khusus terhadap beberapa produk.
  3. Public Relations, Amazon.com, Inc. juga melakukan program hubungan masyarakat untuk memperkuat citra produknya. Program ini meningkatkan persepsi konsumen tentang perusahaan.
  4. Direct Marketing, Selain itu Amazon.com, Inc. juga menerapkan pemasaran secara langsung yaitu berkomunikasi langsung dengan pelaku bisnis untuk menawarkan layanan online, seperti penerbitan dan konten digital.
The Macro & Micro Environment

 

Macro Environment adalah kekuatan yang besar yang berasal dari luar perusahaan yang mempengaruhi semua pelaku dalam lingkungan mikro. Macro environment terdiri dari :

  1. Demographic EnvironmentLingkungan demografis membahas tentang ukuran, kepadatan, lokasi, usia, jenis kelamin, ras, pekerjaan, dan lainnya. Pemasar sangat tertarik pada lingkungan demografis karena melibatkan orang dan orang-orang yang membentuk pasar.
  2. Economic EnvironmentFaktor ekonomi yang mempengaruhi daya beli konsumen dan pola pengeluaran.
  3. Natural EnvironmentLingkungan alam menyangkut lingkungan fisik dan sumber daya alam yang dibutuhkan sebagai masukan oleh pemasar.
  4. Technological EnvironmentLingkungan teknologi merupakan kekuatan yang menciptakan teknologi baru, produk baru, dan peluang pasar.
  5. Political EnvironmentLingkungan politik menyangkut hukum, lembaga pemerintah, dan kelompok yang mempengaruhi dan membatasi organisasi dan individu dalam masyarakat.
  6. Cultural EnvironmentLembaga dan kekuatan lain yang mempengaruhi nilai-nilai dasar, persepsi, preferensi, dan perilaku masyarakat.

Micro Environment adalah lingkungan pemasaran yang terdiri dari pelaku yang paling dekat dengan perusahaan yang mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melayani konsumennya, micro environment terdiri dari :

  1. CompanyManajemen perusahaan mempertimbangkan kelompok perusahaan lain dalam merancang rencana pemasaran, seperti : management, finance, research and development, purchasing, operations, human resources, and accounting. Semua divisi ini saling mengenal dan terkait untuk membentuk lingkungan internal.
  2. SupplierPemasok menyediakan sumber daya yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk memproduksi barang dan jasanya. Saat ini, pemasar memperlakukan pemasok sebagai mitra dalam menciptakan dan menyampaikan nilai konsumen.
  3. IntermediariesPerantara pemasaran membantu perusahaan mempromosikan, menjual, dan mendistribusikan produknya ke konsumen. Perantara terdiri dari pengecer, firma distribusi fisik, agen layanan pemasaran, dan perantara keuangan.
  4. CompetitorsPerusahaan harus memberikan nilai dan kepuasan pelanggan yang lebih besar daripada pesaingnya agar menjadi sukses. Pemasar tidak hanya melakukan adaptasi dengan kebutuhan konsumen sasaran melainkan pemasar juga harus mendapatkan keuntungan strategis dengan memposisikan penawaran mereka secara kuat terhadap penawaran pesaing pada konsumen.
  5. PublicsPublic adalah kelompok yang memiliki kepentingan actual atau potensial yang berdampak pada kemampuan organisasi untuk mencapai tujuannya.
  6. CustomersPelanggan merupakan faktor terpenting dalam lingkungan mikro perusahaan. 
Lingkungan yang Ada di PT. Matahari Department Store dan Amazon.com, Inc.

Grafik Perubahan Ekonomi Indonesia

sumber : BPS – Visualisasi Data : Hanif Gusman

Lalu, Keputusan Produk Apa yang Dilakukan oleh Dua Perusahaan tersebut?

Keputusan Produk terdiri dari tiga tingkat, yaitu : Individual Product Decisions, Product Line Decision, dan Mix Product Decision.

Individual Product Decisions

Individual Product Decisions terdiri dari beberapa komponen, yaitu :

  1. Product Attributes
  2. Branding, Branding atau merek merupakan nama, tanda, istilah, atau kombinasi dari semuanya yang mengidentifikasi penjual produk atau layanan.
  3. Packaging atau pengemasan secara tradisional memiliki fungsi untuk menahan dan melindungi produk. Namun, saat ini pengemasan menjadi salah satu alat pemasaran yang penting juga. Pengemasan yang menarik dapat membuat konsumen tertarik membeli produk.
  4. Labeling and Logo, Label dan merek dapat mendukung pemosisian merek dan menambah kepribadian merek.
  5. Product Support Services, Menjaga konsumen agar tetap keep in contact.

Individual Product Decision PT. Matahari Department Store dan Amazon.com, Inc. dapat dilihat pada infografis dibawah ini 

Dalam memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan pelanggannya, Matahari menawarkan beragam macam produk berkualitas tinggi dengan harga terjangkau, selain itu kualitas pelayanan terbaiknya juga akan selalu menyambut para pelanggan saat berbelanja. Matahari mendapatkan 2 dimensi penghargaan besar, yaitu Perceived Service Quality (PSQ) dan Perceived Service Value (PSV). PSQ mencangkup aksesibilitas dari pusat layanan oleh pelanggan, staf yang berinteraksi dengan pelanggan, dan kualitas dari penangan keluhan. Sedangkan PSV merupakan persepsi kesetaraan antara harga dengan pelayanan yang diperoleh.

sumber : http://matahari.co.id/id/events/pelayanan-terbaik-matahari-department-store-kembali-meraih-service-quality-award-26

Product Line Decisions

Lini produk adalah sekelompok produk yang mempunyai fungsi yang serupa, dijual kepada kelompok konsumen yang sama, atau dipasarkan melalui jenis gerai yang sama.

Product Mix Decisions

Campuran produk adalah kumpulan semua lini produk yang ditawarkan untuk dijual.

Solusi

Setelah memahami dan menganalisis perbedaan lebih dalam antara PT. Matahari Department Store dan Amazon.com, Inc. kita dapat menyimpulkan bahwa bagi PT. Matahari Department Store pandemi Covid-19 sangat memberikan dampak negatif. Berbeda dengan kompetitornya, Amazon masih dapat bertahan bahkan menaikan pendapatan di pandemi Covid-19. Adapun, strategi yang perlu dibentuk oleh Matahari agar bisa bertahan di kondisi pandemi adalah :

1. Mengoptimalkan Penjualan Produk secara Online

Kondisi pandemi Covid-19 saat ini membuat masyarakat enggan berinteraksi di tempat terbuka, mereka lebih memilih untuk mencari alternatif lain agar kebutuhannya dapat terpenuhi tanpa harus keluar rumah. Sehingga, Matahari harus lebih fokus pada strategi di penjualan online. Tentunya strategi online ini juga harus memudahkan konsumen dalam membeli dan membayar produk sehingga fitur yang disediakan harus memudahkan dan menarik konsumen.

2. Program Promosi yang Menarik

Matahari dapat memberlakukan promosi. Ada banyak jenis promosi yang dapat ditawarkan seperti diskon, bebas ongkos kirim, pembayaran online, dan bahkan bisa memberikan giveaway.

     3. Menjalin Hubungan Baik dengan Konsumen

Menjalin hubungan yang baik dengan konsumen merupakan salah satu cara agar dapat bertahan di kondisi pandemi saat ini. Dengan pelayanan secara online dengan ramah membuat konsumen akan merasa puas, nyaman, dan aman saat berbelanja di Matahari.

Referensi

http://www.matahari.co.id/id/milestones/kilas-balik/87. Diakses pada 26 Oktober 14.56 WIB

https://padek.jawapos.com/bisnis/05/08/2020/gara-gara-covid-19-matahari-rugi-hingga-rp-357-m/. Diakses pada 26 Oktober 18.50 WIB

http://eprint.stieww.ac.id/912/1/154115602%20Ervanto%20Prasetyo%201-3.pdf.Diakses pada 27 Oktober 10.57 WIB

http://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2011-2-01686-HM%20Bab2001.pdf. Diakses pada 27 Oktoer 11.21 WIB

http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/view/1017. Diakses pada 27 Oktober 12.00 WIB

https://www.academia.edu/9629271/Analisa_Strategi_Keseluruhan_Matahari_Departmenent_Store. Diakses pada 27 Oktober 14.00 WIB

https://semua.sale/promotion/seller/collection/Matahari. Diakses pada 27 Oktober 15.00 WIB

http://panmore.com/amazon-com-inc-marketing-mix-4ps-analysis. Diakses pada 27 Oktober 19.10 WIB

https://cdn.indonesia-investments.com/bedrijfsprofiel/230/matahari-department-store-annual-report-2012-lppf-company-profile-indonesia-investments.pdf. Diakses pada 27 Oktober 22.39

http://media.corporate-ir.net/media_files/IROL/17/171562/Matahari_AR2015-MEDRESS-.pdf. Diakses pada 27 Oktober 23.15 WIB

https://tirto.id/bagaimana-covid-19-mengubah-ekonomi-indonesia-asean-fWjv . Diakses pada 28 Oktober 07.30 WIB

http://indonesiabaik.id/infografis/dampak-corona-terhadap-ekonomi-indonesia Diakses pada 28 Oktober 08.35 WIB

https://www.paper.id/blog/bisnis/nasib-ritel-selama-pandemi/. Diakses pada 28 Oktober 08.40 WIB

https://internasional.kontan.co.id/news/tetap-buka-selama-pandemi-lebih-dari-19000-karyawan-amazon-positif-covid-19. Diakses pada 28 Oktober 09.00 WIB

https://medium.com/@aditbinowo/amazon-com-sebuah-bentuk-pergeseran-paradigma-dalam-berbelanja-9bacb4ea536c. Diakses pada 28 Oktober 10.00 WIB

Referensi Gambar 

http://matahari.co.id/id/events/pelayanan-terbaik-matahari-department-store-kembali-meraih-service-quality-award-26. Diakses pada 27 Oktober 24.00 WIB

https://katadata.co.id/inside/2018/09/18/amazon-panaskan-persaingan-e-commerce-di-indonesia#:~:text=Alibaba%20merupakan%20pesaing%20terkuat%20bagi,Lazada%20senilai%20US%24%201%20miliar. Diakses pada 28 Oktober 11.30 WIB


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
dayendri

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format