Omzet Menurun Saat Pandemi, Photo Studio Dapat Lakukan Hal Ini

Dilema pandemi Covid-19 membuat para pelaku bisnis fotografi merasakan kesepian bisnis yang mengaruskan untuk memutar strategi agar tetap survive dalam bisnis.


0

Di zaman sekarang, fotografi menjadi aktivitas yang begitu dinikmati hampir di seluruh dunia. Hal tersebut dibuktikan dengan munculnya banyak aplikasi fotografi seperti Picsart, Instagram, Afterlight, dll. Namun meskipun demikian, photo studio masih menunjukkan eksistensi nya karena khalayak ramai masih membutuhkan fotografi yang bagus dan berkualitas untuk mengabadikan momen penting dalam hidupnya.

Sumber : Instagram.com/edelweiss_photostudio

Photo Studio atau studio foto merupakan salah satu fotografi yang mengusung konsep dengan penggunaan tempat atau ruangan khusus yang ditata sedemikian rupa untuk menunjang aktivitas fotografi. Studio foto dirancang khusus untuk pemotretan yang dindingnya dirancang khusus dengan warna senada sehingga mampu ditukar dengan backdrop yang sesuai dengan konsep foto pelanggan. Dalam konsep fotografi ini, seorang fotografer harus mempersiapkan beberapa  aspek-aspek tertentu seperti pengcahayaan (lighting), latar belakang pemmotretan (backdrop), peralatan pemotretan (properties)serta berbagai macam penunjang setting lainnya seperti camera dan lensa untuk jalannya aktivitas pemotretan nantinya. Dalam konsep photo studio, fotografer harus mampu mengkombinasikan tata letak obyek, subjek foto, pengcahayaan serta suasana yang akan diciptakan.

https://text-id.123dok.com/document/4yrd23wvq-pengertian-photo-studio-persyaratan-photo-studio-perlengkapan-photo-studio.html

Sumber : Dokumen pribadi

Pandemi Covid-19 yang semakin meluas menjadikan pemerintah menetapkan kebijakan physical distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di berbagai daerah. Berdasarkan kebijakan pemerintah tersebut, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X selaku Gubernur DIY resmi menetapkan status tanggap darurat bencana Covid-19 di wilayah DIY mulai 20 Maret 2020 berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur DIY No.65/KEP/2020. 

Himbauan dari pemerintah itu pastinya akan berdampak pada aktivitas perekonomian di Kota Yogyakarta, salah satunya penurunan omzet yang dihasilkan para pelaku bisnis fotografi seperti Edelweiss Photography. Pemilik Edelweiss Photography memaparkan bahwa studio foto ini mengalami penurunan omzet sekitar 5-6 juta setiap bulan nya, bahkan hampir tidak ada pemasukan sama sekali. Penurunan omzet dipengaruhi dengan adanya pembatasan sosial yang memaksa tertunda nya berbagai acara, seperti pesta pernikahan, wisuda banyak yang mengalami penundaan, bahkan tak sedikit yang membatalkan pemesanan jasa fotografi di Edelweiss Photography yang berakibat pada sepi nya pengguna jasa photo studio. Hal tersebut dapat mengancam keberlangsungan bisnis studio foto, sehingga membuat Edelweiss Photography menutup usaha nay untuk sementara waktu.

https://jogja.tribunnews.com/2020/03/20/sri-sultan-hb-x-tetapkan-status-tanggap-darurat-bencana-covid-19-di-diy-ini-pertimbangannya.

https://jogja.tribunnews.com/2020/04/07/imbas-virus-corona-edelweiss-photography-alami-penurunan-omzet

Hal berbeda justru dirasakan oleh Kareem Virgo, seorang fotografer asal Florida Selatan yang bisnis fotografi nya justru semakin meningkat pada tengah pandemi ini. Kareem Virgo merupakan pemilik dari Reem Photography yang juga terdampak penurunan omzet ketika masa pandemi sehingga membuatnya memutar otak untuk bisa tetap mempertahankan keberlangsungan bisnis fotografi nya. Bersama sang istri, Kareem Virgo memiliki ide cemerlang dengan melakukan pemotretan terhadap klien nya secara daring melalui konsep virtual photoshoot.

Sumber : https://instagram.com/photosbyreem

Sesi pemotretan dengan konsep virtual photoshoot dilakukan melalui FaceTime ini membutuhkan waktu 5-10 menit dan selanjutnya pengeditan foto. Hasil virtual photoshoot tersebut diunggah oleh Kareem Virgo di Instagram yang tanpa disangka-sangka mendapatkan respon yang sangat postif tidak hanya di Florida, bahkan konsep ini langsung terkenal dan menarik perhatian para pecinta fotografi di hampir seluruh dunia. 

Beberapa minggu setelah adanya ide cemerlang Kareem Virgo tersebut, langsung menjadikan bisnis virtual photoshoot mereka terkenal dan tersebar di seluruh penjuru negeri dan menakjubkan nya lagi mereka mampu meraih 500 orderan pemotretan dalam waktu kurang dari satu bulan. Sampai pada saat ini bisnis tersebut berkembang pesat di tengah pandemi dan banyak diadaptasi oleh banyak fotografer di dunia karena keunikan dan kualitasnya terlebih lagi tetap mematuhi kebijakan physical distancing. Oleh karena ketimpangan dalam bisnis fotografi tersebut penulis akan menganalisis bisnis photo studio dan virtual photoshoot menggunakan berbagai teori dalam pemasaran.

https://www.youtube.com/watch?v=D0zMdMLq7Dk 

The Micro Environment

Lingkungan mikro merupakan lingkungan pemasraan yang terdiri dari faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan dalam mendistribusikan value kepada konsumen yang tediri dari perusahaan, marketing intermediaries, competitiors, public dan customer

The Company

Dalam perusahaan pastinya terdapat berbagai bagian yang saling bekerja sama, hal tersebut sama dengan Edelweiss Photography yang dibagi ke beberapa tim seperti tim pemotretan yang berasal dari fotografer freelance, setting, tim editor dan administrasi yang mempekerjakan pihak dari luar. Sedangkan pada Reem Photography, pemotretan utama dilakukan oleh Kareem yang dibantu oleh istrinya Sandy Virgo dan tim editor.

Marketing Intermediaries

Marketing intermediaries terdiri dari beberapa komponen yang mendukung perusahaan untuk memasarkan produknya kepada konsumenEdelweiss Photography memasarkan produk jasa nya melalui website resmi, mouth to mouth, iklan, dan media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Hal yang serupa juga dilakukan oleh Reem Photography yaitu pemasaran produk jasa nya melalui website resmi dan media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.

Competitor

Adanya pesaing menjadi tantangan bagi perusahaan untuk lebih memberikan kualitas terbaik dan lebih unggul kepada konsumen dibandingkan kompertitior nya supaya produk nya memiliki nilai lebih dimata konsumen. Tentunya Edelweiss Photography memiliki banyak pesaing dari jasa fotografi serupa yang ditawarkan seperti fotografer freelance, Calista Photo, Twin Photo, Valio Photo Studio dan masih banyak lagi yang membuat Edelweiss Photography harus melakukan inovasi-inovasi dan paket-paket yang menarik minat pelanggan. Sedangkan kompetitor yang dihadapi oleh Reem Photography yaitu studio foto yang juga menghadirkan konsep virtual photoshoot sejenis seperti Ana Montgomery Photography, Trynh Photo, dan Wasio Faces.

Public

Lingkungan publik juga mempengaruhi pemasaran bisnis fotografi, mislanya goverment publics yang berkaitan dengan regulasi pemerintah di hampir seluruh belahan dunia yang mengahruskan penetapan physical distancing selama pandmei. Jelas himbauan tersebut mempengaruhi berkurangnya interaksi dengan konsumen yang dihadapi Edelweiss Photography maupun Reem Photography yang keduanya terdampak pada omzet bisinis nya yang mengalami penurunan.

Consumer

Pelanggan atau konsumen menjadi faktor terpenting dalam pemasraan ini karena sebagai tujuan utama penyamaoian value dalam penjualan sebuah produk jasa. Konsumen studio foto Edelweiss Photography mencakup segala usia dan orang-orang yang ingin mengabadikan acara-acara penting seperti jasa foto pernikahan, maternity photo, foto wisuda, foto pemasaran suatu produk, dan kerjasama dengan beberapa lembaga pemerintah untuk dokumentasi acara resmi. Sedangkan virtual photoshoot Reem Photography berhasil menggaet beberapa artis besar Hollywood, media Good Morning America, dan tren nya ini semakin berkembang hingga ke berbagai penjuru dunia bahkan Indonesia pun banyak yang mengikuti konsep virtual photoshoot ini seperti fotografer terkenal Indonesia Michael Closs.

The Macro Environment

Lingkungan makro merupakan lingkungan pemasaran yang dipengaruhi oleh faktor demografi, ekonomi, teknologi, dan sosial yang mempengaruhi pemasaran produk jasa Edelweiss Photography dan Reem Photography seperti pada tabel berikut:

The Macro Environment

Edelweiss Photography

Reem Photography

Demographic Environment

Lingkungan demografi Edelweiss Photography ini mencakup berbagai usia dari anak-anak hingga lansia karena mengusung konsep foto keluarga, wisuda, pernikahan, maupun sekedar foto untuk koleksi.

Lingkungan demografi Reem Photography sedikit berbeda, yaitu fokus pada pre-wedding andwedding photo, dan engangement photo. Bahkan dalam konsep virtual photoshoot pun Reem Photography masih konsisten dengan lebih focus terhadap foto yang memotret pasangan.

Economic Environment

 Lingkungan ekonomi Edelweiss Photography hampir seluruh lapisan masyarakat karena mematok harga yang cukup terjangkau yaitu Rp25,000 – Rp750,000 tergantung paket yang dipilih dan jumlah orang yang difoto. Harga tersebut terbilang cukup terjangkau karena rata-rata UMK Kota Yogyakarta (https://instagram.com/edelweiss_photostudio)

Sumber : https//yogyakarta.bps.go.id

 Lingkungan ekonomi Reem Photography menaksir klien dengan penghasilan menengah-keatas dengan mematok harga $3,000 – $4,999 untuk jasa paket pemotretan pernikahan dan pertunangan. Bandrol harga tersebut terbilang cukup terjangaku di Florida karena rata-rata penghasilan penduduk Florida pada tahun 2020 mencapai $4,325 per bulan.

Sumber : https://bls.gov

Technological

Environment

Edelweiss Photography dalam melakukan pemotretan membutuhkan tempat/ruangan khusus dengan backdrop, lighting, stand kamera, dan beberapa properti lainnya. Edelweiss tidak mengikuti trend virtual photoshoot sehingga mereka menutup sementara studio foto nya. 

Virtual photoshoot yang dilakukan oleh Reem Photography menggunakan teknologi video call melalui Skype, aplikasi FaceTimer handphone, dan kamera digital. Selain itu dibeberapa virtual photoshoot juga menggunakan MacBook sebagai alat pendukung dan koneksi internet yang stabil dalam proses pengambilan foto.

Social Environment

Sebelum pandemic, foto studio sangat digemari orang-orang terutama pada jasa pemotretan pernikahan dan mahasiswa yang hendak wisuda. Pengaruh lingkungan sosial pemasaran yaitu para pelanggan merasa harus ada sesuatu yang dapat mengabadikan momen sebagai kenang-kenangan.

Lingkungan sosial Reem photography ini mengusung konsep fotografi yang sangat merepresentasikan cinta terhadap pasangan ataupun keluarga. Sehingga hal tersebut berpengaruh pada banyaknya konsumen Reem Photography biasanya sebuah pasangan. Hal tersbeut dapat diketahui dari hasil-hasil jepretan Kareem yang mayoritas adalah foto pasangan.

Markting Mix Edelweiss Photography

Product

Produk inti dari Edelweiss Photography ini adalah untuk mengadakan dokumentasi untuk mengabadikan momen penting dan pelayanan fotografi dengan kualitas terbaik. Produk jasa Edelweiss Photography ini termasuk ke dalam kategori shopping goods karena para klien mempertimbangkan berapa harga yang harus dikeluarkan, kualitas, dan hasil jepretan foto. Studio foto ini menawarkan berbagai jenis paket yaitu personal, couple dan paket group.

Price

Untuk bisnis fotografi Edelweiss Photography ini menggunakan metode penetapan harga berbasis biaya. Harga ditentukan berdasarkan biaya produksi, gaji fotografer, pemasaran, dan jumlah orang/objek yang masuk dalam satu frame yang sama dan biaya tambahan misalnya jasa rias. Jasa studio foto ini dibandrol harga Rp25,000 – Rp750,000 tergantung jenis foto dan banyak orang dalam foto studio.

Promotion

Dalam pemasaran produk jasa studio foto, Edelweiss Photography memilih strategi promosi melalui pengiklanan (advertising) dimana mereka melakukan promosi di beberapa saluran radio dan media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Selain itu, studio foto ini juga melakukan pemasaran langsung di tempat-tempat yang sedang melangsungkan kegiatan wisuda.

Sumber : instagram.com/edelweiss_photostudio

Place

Lokasi yang digunakan oleh Edelweiss Photography yaitu terletak di daerah kota-kota besar seperti Yogyakarta, Bandung, dan Surabaya yang mana disana juga banyak kampus-kampus dikarenakan target utama pemasaran produknya untuk acara pernikahan dan wisuda. Studio foto yang berada di Yogyakarta letak nya juga cukup strategis, yaitu dekat dengan Universitas Gadjah mada dan Universitas Negeri Yogyakarta.

Markting Mix Reem Photography

Product

Produk inti yang ditawarkan Reem Photography adalah produk jasa direct photoshoot maupun virtual photoshoot yang mendokumentasikan cinta dalam bentuk yang paling murni. Prdouk nya sesuai dengan nama REEM yang diciptakan bersama istrinya yang bermakna Reliving Each and Every Moment.Produk ajsa ini juga termasuk kategori shopping goods karena para klien mempertimbangkan kualitas, keunikan, estetika, dan hasil jepretan foto.

Price

Jasa virtual photoshoot yang ditawakan Reem Photography ini menggunakan metode penetapan harga yang ditentukan berdasarkan biaya produksi, pemasaran, dan keunikan ide yang dikeluarkan oleh fotografer (disini Kareem langsung yang memotret). Jasa foto ini mentapkan kisaran harga $3,000 – $4,999 yang ditagetkan untuk kalangan menengah keatas di Florida.

Sumber : instagram.com/photosbyreem

Promotion

Reem Fotography memasarkan produk jasa foto dan virtual photoshoot nya di laman Instagram mereka dan media sosial lainnya. Isntagram menjadi peluang terbesar promosi produknya hingga saat ini trend nya diikuti hampir di seluruh negara. Selain itu, juga penampilan nya berbagai media lokal seperti Good Morning America dan Essence. Selain itu, Kareem memasarkan produknya melalui penampilan di berbagai fashion week dan acara awarding di negara-negara lain.

Place

Lokasi yang dipilih Reem Photography di Florida Selatan juga strategis yaitu berada di Deerfield Beach, FL 33442. Namun, karena produk jasa terbarunya yaitu virtual photoshoot maka hal tersebut bisa dilakukan dimana saja tidak berbatas lokasi, bahkan diluar negeri pun bisa dilakukan tergantung koneksi internet dirinya dan klien nya.

Analisis SWOT

Sumber : https://mediasiana.com

Berdasarkan hal-hal yang telah dibahas, maka dapat dilakukan analisis SWOT mengenai produk jasa Edelweiss Photography adalah sebagai berikut :

STRENGHT

WEAKNESS

  • Memiliki studio lokasinya strategis dekat kampus-kampus, studio yang cukup luas dan nyaman.
  • Pelayanan yang ramah, dekat dengan pelanggan, dan fleksibel.
  • Fotografer unggulan yang menguasai fotografi dengan baik. 
  • Memiliki kamera canggih dan banyak paket-paket menarik yang bervariasi.
  • Fotografer belum tetap karena masih menyewa freelance photographer sehingga terkadang kekurangan tenaga
  • Ada beberapa peralatan yang belum begitu lengkap di studio, seperti software pengolah gambar dan properti.
  • Variasi backdrop masih cukup terbatas sehingga perlu ditambahakan supaya semakin banyak

OPPORTUNITIES

THREATS

  • Masyarakat sekarang terutama kaum milenial sangat menyukai fotografi dan dokumentasi pribadi, teman maupun organisasi.
  • Adanya peluang di beberapa event atau pameran fotografi 
  • Adanya event-event yang membutuhkan jasa foto studio untuk mengabadikan moment tersebut.
  • Studio foto ini telah memiliki nama baik di kalangan masyarakat di Yogyakarta.
  • Banyaknya kompetitor yang mengeluarkan produk jasa studio foto serupa.
  • Kompetitor terkadang memiliki konsep yang lebih unggul dan sedikit lebih murah.
  • Kemungkinan persaingan dengan produk jasa studio foto lainnya yang telah bekerja sama dengan instansi atau Lembaga terkemuka. 

Solusi Permasalahan

Berdasarkan analisis pemasalahan yang telah dipaparkan pada kasus lesu nya bisnis Studio Foto Edelweiss Photography di masa pandemi ini yang memaksa studio foto ini menutup sementara usaha nya dan analisis terhadap pembanding nya Reem Photography yang justru meroket saat pandemi, maka penulis akan memberikan beberapa saran yang dapat digunakan sebagai pertimbangan Edelweiss Photography agar bisa tetap survive di masa pandemi. Adapun solusi yang ditawarkan sebagai berikut:

Menawarkan Produk Fotografi Alternatif

Seperti yang diketahui bahwa Edelweiss Photography bergerak di bisnis studio foto, di tengah pandemi ini sangat terdampak karena adanya regulasi pembatasan sosial. Oleh sebab itu, solusi yang dapat saya berikan yaitu daripada menutup sementara bisnis nya, mereka mereka dapat memanfaatkan peluang bisnis dari studio foto menjadi fotografer produk. Melihat pada pandemi ini, banyak orang-rang yang mendadak membuka online shop seperti makanan, sepatu, thrift, dan tas yang pastinya memerlukan foto produk ayng bagus untuk kepentingan marketing. Terlebih lagi saat ini mendekati perayaan natal dimana banyak juga orang yang jasa fotografi untuk pemasaran produk bingkisan natal.

Mengadakan Seminar dan Workshop Fotografi Secara Daring

Solusi kedua yang dapat dilakukan supaya bisnis nya bisa tetap berjalan yaitu dengan mengadakan seminar atau workshop fotografi secara online. Dimana workshop tersebut berisi tentang pemilihan alat-alat fotografi yang berkualitas, tutorial pengambilan objek supaya indah, dan teknik-teknik dalam fotografi yang dapat dilakukan melalui webinar Zoom, InstagramTV, maupun Webex.

Menawarkan Produk Virtual Photoshoot

Solusi lain yang dapat dilakukan oleh Edelweiss Photography yaitu memberikan penawaran konsep virtual photoshoot seperti yang dilakukan oleh Kareem Virgo. Saat pandemi ini, bisnis virtual photoshoot memberikan peluang yang sangat besar untuk meraih keuntungan bisnis. Selain pastinya tetap mematuhi regulasi pembatasan sosial, virtual photoshoot ini dapat menghemat biaya listrik di studio foto karena cukup membutuhkan kamera digital, aplikasi video call, laptop, dan editor. Selain itu, trend ini juga sedang popular dan diminati oleh hampir semua lapisan masyarakat bahkan artis-artis dan selebgram pun juga sangat tertarik dengan virtual photoshoot ini. Solusi-solusi tersbeut diharapkan dapat dilakukan dan berguna menarik kembali minat pelanggan untuk tetap mempertahankan keberlangsungan usaha fotografi Edelweiss Photography di tengah pandemi.

Daftar Pustaka:

Kotler, P. and Armstrong, G. (2018), Principles of Marketing, 17 th ed. Harlow, UK : Pearson Education Ltd.

https://instagram.com/edelweiss_photostudio

https://id.foursquare.com/v/edelweiss-photography-photo-studio/54a8f119498e386093f94fff

https://www.reemphotography.com/

https://instagram.com/photosbyreem

http://foto.nashirr.net/about/studio/

https://www.youtube.com/watch?v=D0zMdMLq7Dk 

https://era.id/lounge/29349/ivirtual-photoshooti-solusi-pemotretan-di-tengah-pandemi

https://www.yelp.com/search?find_desc=Photo+Studio&find_loc=Irvine%2C+CA

https://www.theknot.com/marketplace/reem-photography-deerfield-beach-fl-1083541


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format