Panduan Privasi Data: Definisi, Penjelasan dan Legislasi

Privasi data atau privasi informasi adalah cabang dari keamanan data yang berkaitan dengan penanganan data yang benar - persetujuan, pemberitahuan, dan kewajiban per


0

Privasi data atau Data Protection & Data Privacy in Indonesia adalah cabang dari keamanan data yang berkaitan dengan penanganan data yang benar – persetujuan, pemberitahuan, dan kewajiban peraturan. Lebih khusus lagi, masalah privasi data praktis sering kali berkisar pada:

  1. Apakah atau bagaimana data dibagikan dengan pihak ketiga.
  2. Bagaimana data dikumpulkan atau disimpan secara legal.
  3. Batasan peraturan seperti GDPR, HIPAA, GLBA, atau CCPA.
  4. Dalam panduan ini, kita akan melihat mengapa privasi data itu penting, dan bagaimana hal itu ditautkan dengan keamanan data. Kemudian kita akan melihat undang-undang yang mencakup privasi data di beberapa negara utama, dan Di beberapa industri utama. 

Mengapa Privasi Data Penting?

Ada dua pendorong mengapa privasi data adalah salah satu masalah paling signifikan dalam industri kami.

Data adalah salah satu aset terpenting yang dimiliki perusahaan. Dengan meningkatnya ekonomi data, perusahaan menemukan nilai yang sangat besar dalam mengumpulkan, berbagi, dan menggunakan data. Perusahaan seperti Google, Facebook, dan Amazon semuanya membangun kerajaan di atas ekonomi data. Transparansi dalam cara bisnis meminta persetujuan, mematuhi kebijakan privasi mereka, dan mengelola data yang telah mereka kumpulkan sangat penting untuk membangun kepercayaan dan akuntabilitas dengan pelanggan dan mitra yang mengharapkan privasi. Banyak perusahaan telah mempelajari pentingnya privasi dengan cara yang sulit, melalui kegagalan privasi yang dipublikasikan secara luas.

Kedua, privasi adalah hak individu untuk terbebas dari pengawasan tak diundang. Berada di tempat yang aman dan bebas mengungkapkan pendapat di balik pintu tertutup sangat penting untuk hidup dalam masyarakat demokratis.

“Privasi membentuk dasar kebebasan kami. Anda harus memiliki saat-saat penyisihan, refleksi, keintiman, dan kesendirian, ”kata Dr. Ann Cavoukian, mantan Komisaris Informasi & Privasi Ontario, Kanada.

Dr. Cavoukian mengetahui satu atau dua hal tentang privasi data. Dia terkenal karena kepemimpinannya dalam pengembangan Privacy by Design (PbD), yang sekarang berfungsi sebagai landasan bagi banyak undang-undang privasi data kontemporer.

Privasi Data vs. Keamanan Data

Organisasi umumnya percaya bahwa menjaga keamanan data sensitif dari peretas berarti mereka secara otomatis mematuhi peraturan privasi data. Ini bukan kasusnya.

Keamanan Data dan privasi data sering kali digunakan secara bergantian, tetapi terdapat perbedaan yang jelas:

Keamanan Data melindungi data dari penyusupan oleh penyerang eksternal dan orang dalam yang berniat jahat. Maka dari itu biasanya untuk beberapa perangkat tertentu biasa menambahkan teknologi canggih seperti face identification saat proses pengaksesan data.

Privasi Data mengatur bagaimana data dikumpulkan, dibagikan, dan digunakan.
Pertimbangkan skenario di mana Anda telah berusaha keras untuk mengamankan informasi identitas pribadi (PII). Data dienkripsi, akses dibatasi, dan beberapa sistem pemantauan yang tumpang tindih tersedia. Namun, jika PII tersebut dikumpulkan tanpa persetujuan yang tepat, Anda dapat melanggar peraturan privasi data meskipun datanya aman.

Perlindungan Data adalah Kekuatan di Balik Hak Kami atas Privasi
Terlepas dari kemajuan terbaru dalam undang-undang dan praktik privasi data, privasi konsumen secara teratur diserang atau disusupi oleh perusahaan dan pemerintah. Hal itu membuat beberapa orang berpendapat bahwa konsumen telah kalah dalam perang privasi.

Meskipun Anda dapat memiliki perlindungan data tanpa privasi data, Anda tidak dapat memiliki privasi data tanpa perlindungan data.

Memastikan privasi data berarti Anda bukanlah perusahaan menyeramkan yang dengan rakus mengumpulkan semua data pribadi pelanggan Anda – baik dengan pelacakan lokasi pasif, aplikasi yang diam-diam menyerap buku alamat pribadi Anda, atau situs web yang merekam setiap penekanan tombol Anda.

Sebaliknya, karyawan harus dilatih secara teratur tentang perlindungan data sehingga mereka memahami proses dan prosedur yang diperlukan untuk memastikan pengumpulan, pembagian, dan penggunaan data sensitif yang tepat sebagai bagian dari portofolio keamanan data.

Privasi informasi juga mencakup peraturan yang diperlukan perusahaan untuk melindungi data. Dan seiring dengan semakin berkembangnya regulasi perlindungan data di seluruh dunia, persyaratan dan permintaan privasi global juga akan meluas dan berubah. Namun, satu hal yang konstan adalah perlindungan data yang memadai: ini adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa perusahaan mematuhi hukum dan menjamin privasi informasi.

Produk Varonis adalah beberapa perlindungan data paling canggih yang tersedia. Karena itu, sistem kami digunakan untuk melindungi privasi konsumen di seluruh dunia. Membuthkan perlindungan data bisa disini.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
Lawfirm

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format