“I WANT YOU TO DEAL YOUR PROBLEMS BY BECOMING RICH!”

Film yang menginspirasi untuk tidak berhenti berjuang, namun terdapat sisi "materialistis" dan "realistis" di dalamnya


4
4 points

Ilustrasi : Pinterest

SINOPSIS 

Bermula pada saat Jordan Belfort seorang pria sederhana berusia 22 tahun dan berstatus menikah yang diperankan oleh Leonardo Dicaprio mendapatkan pekerjaan di L.F.Rothschild yang dimiliki oleh Mark Hanna sebagai broker saham, dan mulai mendapatkan inspirasi tentang dunia Wall Street yang sesungguhnya. Kemudian dari pekerjaan tersebut membuat Jordan tersadar bahwa dengan bekerja sebagai broker saham, bukan tentang client yang harus kita jamin dengan perusahaan yang bagus, tapi tentang bagaimana kita bisa mendapatkan komisi ketika kita berhasil "menggaet" client

Ilustrasi: Pinterest

Sampai pada masa krisis ekonomi terjadi dan Jordan terpaksa mencari pekerjaan baru, dan akhirnya bekerja dengan Black Monday di Long Island. Dari Black Monday, Jordan memahami bahwa dia bisa mendapatkan komisi sebesar 50% ketika berhasil "menggaet" client yang mau membeli saham murah. Dengan kemampuan marketingnya Jordan berhasil mendapatkan komisi yang besar.

Ilustrasi: Pinterest

Jordan memiliki teman yang juga adalah tetangganya sendiri yaitu Donnie Azoff, kemudian mereka berdua pun membuka perusahaan sendiri dengan merekrut beberapa teman lama Jordan yang lainnya kemudian dilatih dengan metode perusahaan Jordan yaitu dengan strategi manipulasi secara verbal. Dengan pelatihan yang diajarkan oleh Jordan kepada teman-temannya, mereka pun berhasil membangun dan mengembangkan perusahaan Stratton Oakmont, kemudian mempromosikannya di majalah Forbes yang membuat investor-investor muda tergiur dengan perusahaan Jordan.

Ilustrasi: Pinterest
ordan bisa menghasilkan $22.000.000 dalam waktu 3 jam setelah mengamankan IPO dari perusahaan Steve Madden yang membuat SEC dan FBI pun curiga dan menyelidiki perusahaan yang dimiliki oleh Jordan. Mengetahui perusahaan nya telah dicurigai oleh FBI, Jordan pun menyimpan seluruh uangnya di rekening Bank Swiss dengan mengatasnamakan akun nya dengan menggunakan nama tante emma yang merupakan keluarga dari Naomi (Istri kedua Jordan) yang tinggal di London, sehingga uang-uang yang dimiliki Jordan diluar jangkauan dari pemerintah Amerika Serikat dan menghilangkan jejak penyimpanan uang yang dimiliki oleh Jordan.

Ilustrasi: Pinterest

Sampai pada ketika, salah satu teman dari Jordan, Brad ditangkap oleh polisi karena pertengkaran dengan Donnie, dan menyebabkan adanya penyelidikan kembali di Stratton Oakmont. Tidak kehabisan cara, FBI pun menyadap ponsel Jordan. Kemudian ayah Jordan pun menyarankan agar Jordan menyerah pada Stratton Oakmont, namun Jordan yang merasa bahwa Stratton Oakmont adalah "rumah" baginya, akhirnya mengurungkan niatnya untuk keluar. Kemudian nasib buruk kembali menimpa Jordan yang mendapat kabar bahwa tante Emma telah meninggal dunia, lalu Jordan pun segera pergi ke Swiss untuk mengambil seluruh uang yang ada di rekening tersebut. Namun ditengah perjalanan di laut, kapal pesiar Jordan terkena hantaman badai. Dan kejadian tersebut menyadari akan kuasa Tuhan, sehingga Jordan mencoba untuk berubah dengan melakukan rehabilitasi, dan tidak melakukan strategi ilegal selama 2 tahun.

Setelah melewati 2 tahun drama perusahaan Jordan, FBI pun berhasil menangkap Jordan karena Nicky Koskoff (Rugrat) dan Jean Jacques (Bankir dari Swiss) ditangkap polisi dan telah memberitahu informasi mengenai Jordan. FBI berusaha untuk mengajak Jordan untuk "berkontribusi" dalam upaya pelacakan bisnis "kotor" yang dia ketahui, namun Jason kembali mencoba untuk menutupi hal tersebut untuk melindungi perusahaannya, namun pilihan tersebut diketahui oleh FBI, dan FBI pun berhasil menutup perusahaan Jordan, Stratton Oakmont. 

Ilustrasi: Pinterest

Akhirnya Jordan mendapatkan hukuman selama 3 tahun penjara dan denda sebesar $110 juta, setelah melakukan "kontribusi" dengan memberikan list 24 terdakwa yang terbukti melakukan pelanggaran hukum. Setelah bebas, Jordan pun bekerja kembali namun sebagai pembawa acara seminar tentang sales technique.

ANALISIS KARAKTER 

Jordan Belfort dan Patrick Denham merupakan dua tokoh utama dalam film ini. Dua tokoh tersebut memiliki karakter manajerial yang berbeda ketika dihadapkan dengan masalah tertentu. Sebelum itu, berikut merupakan ilustrasi awal untuk memperlihatkan karakter tokoh secara umum:

TOKOH KARAKTER Ilustrasi: Pinterest

Jordan Belfort

Ilustrasi: Pinterest

Patrick Denham

PERAN  Broker Saham Agen FBI
KARAKTER POSITIF
  1. Tangguh

  2. Optimis

  3. Percaya Diri

  4. Mampu Melihat Peluang

  5. Kreatif

  6. Inovatif

  7. Mampu 

  8. Mampu memotivasi orang lain

  1. Integritas Tinggi

  2. Kompeten

  3. Cerdas

  4. Tidak Mudah Menyerah

  5. Berwibawa

  6. Jujur

  7. Berani

  8. Pemimpin yang baik

  9. Memiliki startegi baik dalam menangkap target-targetnya

  10. Memiliki prinsip

KARAKTER NEGATIF
  1. Pecandu Napza

  2. Pecandu Seks

  3. Manipulatif

  4. Materialistis

  5. Royal dan Suka berfoya – foya

  6. Tidak setia

  7. Dari sisi Keluarga:

  8. Suami yang buruk

  9. Ayah yang buruk

Dalam film, hal pertama yang paling mencolok dari tokoh Jordan Belfort adalah kemampuannya dalam melihat peluang didukung dengan kemampuan berbicaranya, baik terhadap pekerja dan klien.  Hal ini terlihat dari bagaimana sepak terjang Belfort setelah berhenti dari Rothschild. Hari pertama bekerja kembali dan berkenalan dengan penny stocks, Belfort menghasilkan uang $2000 dari penjualan saham $4000. Kemampuan berbicara/persuasi yang kemudian menjadi senjata utama Belfort dalam manjalankan aktivitas bisnisnya. Di sisi lain, Patrick Denham merupakan sosok penyidik FBI yang memiliki integritas dan kebanggaan terhadap apa yang dilakukannya. 

Four Task Management

Ilustrasi: Empat Tugas Manajemen dalam Suatu Organisasi

Sumber: Jones, Gareth. & George, Jennifer. (2020). Contemporary Management 11th Edition. McGraw-Hill Education. New York.

Task of Management

Jordan Belfort

Patrick Denham

Planning 

  1. Mampu melihat peluang dari penjualan penny stock yang menguntungkan. 

  2. Memiliki kemampuan dasar sebagai pialang saham dan pembicara publik yang baik. 

  3. Memiliki ambisi yang kuat untuk menjadi kaya.

  4. Kemampuan untuk memilih dan mengamati calon-calon rekan untuk membangun bisnis bersama. 

  1. Cerdas dalam menyusun strategi dalam menyelidikan.

Organizing

  1. Memilih dan mengelola target klien.

  2. Mengorganisasi ulang perusahaan sebelum melakukan ekspansi target pasar.

1. Memiki kemampuan baik dalam mengorganisir bukti dan bergerak secara sistematis serta terukur. 

Leading

  1. Tidak hanya memilih dan mengorganisasi perusahaan, Belfort leads by example. 

  2. Memberikan panduan umum kepada para pekerjanya untuk berbicara dengan klien.

1. Patrick Belfort merupakan bagian dari sebuah institusi kompleks dengan pola birokrasi dan kepemimpinan yang jelas.

Controlling

  1. Dalam berurusan dengan klien,Belfort benar-benar memiliki kontrol atas pekerja dan perusahaannya. Belfort selalu memberikan pidato kepada para pekerjanya untuk memberikan semangat.

  2. Dalam urusan internal perusahaan, suara Belfort relatif tidak didengarkan, seperti peraturan no sex hours yang sama sekali diabaikan oleh pekerjanya.

1. Denham memiliki otoritas untuk menjalankan investigasi secara independen walaupun harus terus melaporkan hasil investigasi kepada atasannya.

Managerial Roles

Dalam film ini, Jordan Belfort digambarkan sebagai tipe peran interpersonal dengan beberapa peran spesifik. Meskipun tidak terlalu terlihat bagaimana peran liaison dalam karakter tersebut, Belfort memiliki persona yang kuat dalam merefleksikan dua peran lainnya. Peran pertama yang terlihat adalah peran figurehead, dimana Jordan Belfort memiliki otoritas paling tinggi terhadap visi dan tujuan dari perusahaan. Kemudian, peran leader  yang dipelihatkan dengan bagaimana Belfort selama ini lead by example. 

Di sisi lain, Partick Belfort merupakan salah seorang yang berada dalam sebuah institusi birokrasi komplek, FBI. Alaminya, FBI merupakan institusi dengan peran manajerial serupa, interpersonal. FBI memiliki komando perintah yang terstruktur, dimana terdapat hubungan timbal balik antara atasan dan investigator lapangan. Selain itu, terdapat kebijakan dan keputusan yang jelas mengenai bagaimana sumber daya manusia di federasi tersebut digunakan untuk menangkap kriminal. 

Management Thought

Dalam film ini, Jordan Belfort tergambarkan sebagai individu dengan menerapkan prinsip-prinsip manajemen Fayol. Belfort menjadi tokoh sentral dalam bisnisnya dimana dia yang memegang peranan utama, mulai dari planning, organizing, leading, dan controlling. Belfort sebagai manager memiliki hak dan otoritas untuk memberikan panduan dan perintah langsung pada pekerja-pekerja lainnya untuk melakukan tugas-tugas spesifik sesuai yang diminta. Selain itu, dilihat dari perspektif manajemen operasi, Stratton Oakmont memiliki unity of direction dimana perusahaan memiliki satu rencana utama perusahaan sebagai patokan dan panduan bagi manajer dan para pekerja. Selain itu, Belfort berhasil untuk menciptakan lingkungan kerja yang fleksibel, memberikan shared feeling of comradeship, enthusiasim, or devotion to a common cause. (Jones, & George. 2020)

Ilustrasi: Pinterest

SOLUSI

Bila dilihat dari dua tokoh yang sudah dipilih, Patrick Denham sebagai tokoh protagonis di film ini, tidak menunjukkan kekurangan sedikitpun dalam menjalankan tugas nya, mulai dari bagian perencanaan untuk melakukan penyelidikan, mengorganisir tim nya, mengontrol setiap penyelidikan yang dilakukan secara detail dan menyeluruh sesuai hukum. Dalam hal leadership pun dia mampu bersikap cepat dan tegas, serta memberikan contoh kepada bawahan maupun pihak-pihak hukum untuk tidak menyerah ataupun lengah terhadap segala bentuk kecurangan yang dilakukan dalam dunia perbisnisan, seperti tidak menerima sogokan (jujur) dan straight forward terhadap orang-orang yang terbukti bersalah.

Ilustrasi: Pinterest

Sedangkan Jordan Belfort sebagai tokoh utama, merupakan tokoh yang sangat kokoh dan teguh dalam menjalankan tugas dan peran manajemen, namun terdapat beberapa kekurangan yang dimilikinya, salah satunya adalah penetapan tujuan yang terkesan sangat “materialistis”, sehingga ia mampu melakukan segala cara, baik itu strategi legal maupun ilegal untuk menghasilkan uang sebanyak-banyaknya. Hal ini sangat berbahaya bila dijalankan dalam jangka panjang. Resiko yang diambil oleh Jordan Belfort cukup berbahaya karena berhubungan dengan hukum, dimana hukum dan politik tidak bisa dikontrol oleh perusahaan. Dengan tindakan yang kurang bertanggung jawab seperti itu akan mempengaruhi perencanaan jangka panjang, karena bila terjadi kesalahan kecil yang dilakukan oleh pihak internal perusahaan, maka perusahaan akan dalam sekejap collapse. 

Seharusnya Jordan sejak awal mampu untuk menahan ego nya untuk menggunakan strategi ilegal (manipulasi), dan melakukan kegiatan illegal (drugs). Mungkin pencapaian yang akan di dapat Jordan dan perusahaannya tidak akan secepat bila menggunakan cara licik tersebut, namun dengan kemampuan yang Jordan miliki, pencapaian tersebut pasti akan didapat dengan tingkat resiko yang rendah dan akan menyelamatkan perencanaan jangka panjang perusahaan.

Dalam hal leadership Jordan merupakan motivator yang baik untuk pencapaian tujuan perusahaan nya yaitu “mendapatkan profit sebanyak-banyaknya”, namun dalam hal etika bisnis, Jordan bukanlah contoh yang baik sebagai leader, karena strategi yang digunakan untuk mencapai tujuan yang salah, dan hal tersebut di “normal” kan pada lingkungan internal perusahaan tersebut. 

Dalam peran interpersonal manajemen, Jordan bisa memberikan contoh yang positif dalam mengelola perusahaan, sehingga karyawan mampu memahami etika bisnis yang tidak merugikan siapapun, yang pada kasus ini, merugikan negara, dan orang-orang menengah kebawah yang dimanipulasi untuk melakukan trading pada hal yang belum pasti menjanjikan.  Dan mengubah mindset materialistis menjadi mindset bisnis yang lebih sehat yang bisa mensejahterakan seluruh pihak baik konsumen, maupun perusahaan tersebut. Sebagai contoh adalah Patrick Denham yang menunjukkan integritasnya melalui sikap jujur dan tegas terhadap hukum, dan hal tersebut di tunjukan kepada tim maupun pihak-pihak hukum yang bekerja sama dengannya.

Membahas tentang pencapaian kinerja tertinggi (efektif dan efisien). Jordan berhasil mengefisienkan kinerja dari pegawainya, terbukti dengan pemberian motivasi dan kontrol pada perusahaan bersama rekan-rekannya untuk tidak lengah dan tetap berusaha untuk mendapatkan client. Namun karena lingkungan Jordan, teman-teman, serta perusahaannya nya yang buruk, pengeluaran terhadap hal-hal tidak penting seperti party dan drugs, membuat Jordan memilih strategi yang beresiko besar. 

Hal yang harus dilakukan bukan hanya pada Jordan sebagai founder tapi juga lingkungan perusahaan, dan teman-temannya adalah dengan mengubah etika mereka, meninggalkan kegiatan-kegiatan ilegal agar tujuan perusahaan untuk mencapai maximum profit bisa dijalankan tanpa ada hambatan dari lingkungan eksternal yang pada kasus ini adalah hukum.

 

Kelompok Future Presidents

Alvin Yudhistira

Hertha Yaurina

Lasameil Chelsea

Wa Ode Virgo Gusmaniar Soleman

Reference:

Jones, G. R., dan George, J. M. (2020). Contemporary Management. 11th Edition. New York: McGraw-Hill

The Wolf Of Wall Street (2013), Directed by Martin Scorsese

https://www.youtube.com/watch?v=ojWbip26nQs

https://www.youtube.com/watch?v=iszwuX1AK6A



Like it? Share with your friends!

4
4 points

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
waodevirgo

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format