Managing Wakanda

Black Panther is a 2018 American superhero film based on the Marvel Comics character of the same name.


0

Sinopsis

Cerita Black Panther bermula dari lima ribu tahun yang lalu, dimana terdapat sebuah meteor yang mengandung vibranium ditemukan dan diperebutkan oleh lima suku di Afrika dalam perang. Suatu ketika, ada salah seorang prajurit yang memakan "tanaman berbentuk hati" yang mendapatkan pengaruh dari vibranium. Setelah memakan tanaman tersebut, prajurit itu pun mendapatkan kekuatan super yang membuatnya menjadi "Black Panther" pertama. Semua suku dipersatukan olehnya, kecuali suku Jabari dan membentuk negara Wakanda. Vibranium digunakan oleh rakyat Wakanda selama berabad-abad untuk mengembangkan teknologi canggih, namun mereka mengisolasi diri dari dunia dan menyamar sebagai negara terbelakang. Pada tahun 1992 di Oakland, California, T'Chaka yang pada saat itu merupakan raja Wakanda menemui adiknya N'Jobu, yang bekerja secara rahasia untuk membantu Ulysses Klaue, pedagang senjata di pasar gelap untuk mencuri vibranium dari Wakanda. Meskipun sudah dipergoki oleh T'Chaka, N'Jobu berusaha mengelak, namun menjadi tidak berkutik setelah rekannya yang ternyata adalah rakyat Wakanda yang bernama Zuri, mengonfirmasi kecurigaan T'Chaka.

Di masa sekarang, setelah T'Chaka wafat, putranya yang bernama T'Challa kembali ke Wakanda untuk menggantikan ayahnya sebagai raja. T'Challa bersama Pemimpin resimen Dora Milaje yang bernama Okoye menarik Nakia yang merupakan mantan kekasih T'Challa dari tugas penyamarannya supaya dapat menghadiri penobatan T'Challa bersama ibu dan adik dari T'Challa, Romanda dan Shuri. Saat upacara penobatan berlangsung, M'Baku yang merupakan pemimpin suku Jabari datang untuk menantang T'Challa dalam pertarungan adat. M'Baku pun kalah namun tidak dibunuh oleh T'Challa dan dipaksa untuk menyerah.

Sementara itu, Klaue dengan bantuan Erick Stevens berhasil mencuri artefak Wakanda yang ada di museum London. Mendengar kabar tersebut, W'Kabi yang merupakan kekasih Okoye, meminta T'Challa untuk menangkap Klaue. T'Challa, Okoye dan Nakia langsung berangkat ke Busan, Korea Selatan dan mendapat informasi bahwa Klaue ingin menjual artefak tersebut kepada Everett K. Ross, yang merupakan agen CIA. Pada saat penangkapan berlangsung, terjadi baku tembak dan Kalue pun berusaha melarikan diri, namun T'Challa berhasil menangkapnya, akan tetapi T'Challa tetap melepaskan Klaue pada Ross. Klaue mengabari Ross bahwa Wakanda merupakan peradaban yang maju dan citra yang selama ini ditampilkan merupakan kedok semata. Saat percakapan itu berlangsung, Erik berhasil membebaskan Klaue dengan menyerang mereka. Dalam serangan tersebut, Ross terluka saat ia berusaha menyelamatkan Nakia. Melihat Ross yang terluka, mereka memutuskan untuk kembali ke Wakanda untuk menyembuhkan Ross menggunakan teknologi Wakanda dan menghentikan pengejaran Klaue.

Saat Ross diobati oleh Shuri, T'Challa bertanya tentang N'Jobu kepada Zuri. Zuri menceritakan bahwa N'Jobu memiliki rencana untuk membagikan teknologi Wakanda untuk orang-orang keturunan Afrika di seluruh dunia agar mereka dapat mengalahkan orang-orang yang menindas mereka. Setelah T'Chaka mengetahui hal tersebut, N'Jobu menyerang Zuri dan T'Chaka pun terpaksa membunuhnya. Zuri diperintahkan oleh T'Chaka untuk menyebarkan kebohongan bahwa N'Jobu menghilang serta meninggalkan putranya untuk menutupi kebohongan itu. Putranya tumbuh menjadi Erik Stevens yang mengadopsi nama "Killmonger", ia adalah tentara Black Ops. Klaue yang saat itu berhasil kabur bersama Erik pun dibunuh oleh Erik Stevens (Killmonger), kemudian tubuhnya dibawa ke hadapan para tetua suku dan mengaku bahwa dirinya adalah N'Jadaka serta mengklaim takhta Wakanda. Ia melakukan hal yang sama dengan M'Baku, yaitu menantang T'Challa dalam pertarungan adat. Dalam pertarungan tersebut, ia berhasil membunuh Zuri dan mengalahkan T'Challa, lalu ia melempar T'Challa ke air terjun yang mengakibatkan T'Challa diduga meninggal. Killmonger yang saat itu telah menduduki takhta Wakanda memakan "tanaman berbentuk hati" (seperti yang dilakukan Black Panther pertama) dan memerintahkan untuk membakar sisanya. Akan tetapi, Nakia mengambil satu tanaman sebelum dibakar tanpa sepengetahuan Killmonger. Killmonger yang pada saat itu telah mempersiapkan mata-matanya di seluruh dunia, bersiap untuk mendistribusikan senjata-senjata Wakanda bersama dengan W'Kabi.

Nakia, Shuri, Ramonda dan Ross pergi ke suku Jabari untuk meminta bantuan. Tak disangka, mereka bertemu dengan T'Challa dalam keadaan koma. Ternyata, T'Challa masih hidup dan diselamatkan oleh suku Jabari, hal ini mereka lakukan karena T'Challa telah mengampuni nyawa M'Baku pada pertarungan adat. Nakia pun memberikan tanaman yang berhasil ia ambil kepada T'Challa, setelah ia memakannya, T'Challa kembali untuk menyerang Killmonger dengan setelan Black Panther versinya. Shuri, Nakia dan para Dora Milaje, menghadapi W'Kabi dan pasukannya, sementara Ross berhasil mengendalikan pesawat jet yang digunakan untuk mendistribusikan vibranium tersebut dan menembaknya hingga jatuh. Suku Jabari pun hadir sebagai bala bantuan untuk T'Challa. W'Kabi dan pasukannya berhasil dipukul mundur oleh Dora Milaje. Di tambang vibranium Wakanda, Killmonger berhasil dikalahkan oleh T'Challa dan terluka parah. Menolak untuk diobati, Killmonger memutuskan untuk mati daripada dipenjara.

Setelah pertarungan tersebut, Shuri dan Nakia diperintahkan T'Challa untuk menjalankan outreach center (pusat jangkauan) yang didirikan oleh T'Challa di gedung tempat meninggalnya N'Jobu. Kemudian di hadapan PBB, T'Challa membongkar kedok Wakanda dengan mengungkapkan keadaan Wakanda yang sebenarnya.

Essential Managerial Tasks

Managerial task berfungsi untuk membantu suatu organisasi dengan memanfaatkan sumber daya secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuannya. Ada empat tugas manajerial pada suatu manajemen agar organisasi berjalan lancar yaitu pada gambar di bawah ini:

Gambar Empat tugas manajerial

1.             Planning (Perencanaan)

Perencanaan sebagai proses identifikasi dan memilih tujuan organisasi yang sesuai dengan organisasi. Terdapat tiga langkah-langkah perencanaan yaitu (1) Menentukan tujuan organisasi yang ingin dicapai (2) Memutuskan strategi yang dipilih dan (3) Memutuskan pengalokasian sumber daya.

Dalam film Black Panther terlihat jelas pada dua karakter yang akan dibahas dari segi perencanaan.

  1. Perencanaan T’Challa yakni memiliki tujuan untuk (1) Menyatukan rakyat Wakanda dengan rakyat diluar Wakanda, (2) Memajukan teknologi Vibranium yang dimiliki Wakanda agar bermanfaat tidak hanya bagi rakyat Wakanda namun bermanfaat juga bagi suku-suku serta negara-negara yang lain namun tetap mempertahankan budaya Wakanda, dan (3) Menjadi pemimpin Wakanda yang dapat memakmurkan kesejahteraan rakyatnya.

  2. Perencanaan N’Jadaka yakni memiliki tujuan untuk (1) Memimpin Wakanda dengan penuh dendam, keegoisan dan otoriter tidak memperdulikan kepentingan rakyat, (2) Mementingkan urusan pribadi diatas kepentingan rakyat Wakanda, dan (3) Menyalahgunakan kekuatatan yang dibangun untuk menyerang tim T’Challa dengan persiapan yang matang.

2.     Organizing (Pengorganisasian)

Pengorganisasian sebagai pengorganisasian hubungan kerja antar anggota organisasi untuk berinteraksi dan bekerjasama secara efektif dan efesien untuk mencapai tujuan bersama. Hasil dari pengorganisasian yang benar yaitu terciptanya struktur organisasi, sistem tugas formal dan reporting relationship yang berkoordinasi dan memotivasi antar individu dan kelompok sehingga terciptanya hubungan kerjasama dan ketercapaian tujuan organisasi.

Dalam film Black Panther, perbandingan dua karakter dari segi pengorganisasian yang diperankan oleh T’Challa dan N’Jadaka yakni sebagai berikut:

  1.  Pengorganisasian T’Challa

T’Challa memiliki tim yang masing-masingnya memiliki tugas dan tanggung jawab. T’Challa mampu berkomunikasi dengan baik dengan raja sebelumnya yaitu T’Chaka sekaligus Ayah kandung dari T’Challa sebelum raja meninggal. Setelah sang raja atau ayahnya meninggal maka tidak lain struktur organisasi pada saat itu T’Challa sebagai anak laki-laki yang pantas menggantikan ayahnya. Pada masa T’Challa menjadi pemimpin rakyat Wakanda dia mampu untuk mengkoordinasikan para pasukan Wakanda, Shuri, Nakia dan Okoye, jenderal dengan tingkat loyalitas yang tinggi untuk saling bekerjasama dengan baik. Sikap yang diutamakan T’Challa pun sangat mengutamakan musyawarah dimana ketika ada permasalahan maka dia akan mencari pendapat kepada orang-orang kepercayaan T’Challa. Lalu usaha T’Challa mengkoordinasikan dengan menegosiasi suku-suku yang awal nya tidak peduli terhadap kerajaan Wakanda, kini bergabung bersama-sama menjadi satu untuk mempertahankan Wakanda.

  1. Pengorganisasian N’Jadaka

N’Jadaka atau Killmonger tumbuh sebagai karakter pemuda yang kurang baik. Dimana N’Jadaka memiliki maksud membalas dendam akan masa lalu yang membuatnya berambisi merebut tahta yang di kelola oleh T’Challa. N’Jadaka pun memiliki tim yang masing-masingnya memiliki tugas dan tanggung jawab untuk merealisasikan tujuan yang terselubung oleh N’Jadaka. Ia melakukan organizing para anggota perang dengan tegas dan tidak kenal dengan merebut kekuasaan raja T’Challa. Dia berani mempertahankan keputusannya dan mengambil resiko bersaing dengan raja T’Challa Organizing.

3. Leading (memimpin)

Memimpin pada suatu organisasi yaitu mengartikulasikan visi yang jelas dan memberi energi untuk memungkinkan anggota organisasi sehingga mereka memahami bagian yang mereka mainkan dalam mencapai tujuan organisasi.

Dalam film Black Panther, perbandingan dua karakter dari segi memimpin yang diperankan oleh T’Challa dan N’Jadaka yakni sebagai berikut:

  1.  Memimpin karakter T’Challa

T’Challa sudah menjadi raja Wakanda semenjak ayahnya berpesan untuk menggantikan posisi ayahnya yang sebagai pemimpin wakanda. Hal ini menunjukkan kualitasnya sebagai seorang pemimpin yang kompenten dengan menghadirkan sejumlah perubahan. Ia juga mampu membangun jembatan antarsuku dan bernegosiasi dengan M’Baku yang akhirnya menyelamatkan nyawanya. Serta T’Challa mampu mengatasi ancaman atas takhtanya saat ditantang oleh Killmonger. T’Challa sebagai raja Wakanda menunjukkan kualitasnya sebagai seorang pemimpin yang kompeten dengan menghadirkan sejumlah perubahan. Ia mampu membangun jembatan antar suku dan bernegosiasi dengan M’Baku yang akhirnya menyelamatkan nyawanya. Ia juga mampu mengatasi ancaman atas takhtanya saat ditantang oleh Killmonger.

Terlebih lagi, ia berani untuk mengambil keputusan yang transformatif dengan membuka perbatasan Wakanda dan menggunakan sumber daya negaranya untuk membantu hidup banyak orang. memiliki rasa tanggung jawab yang besar, tidak mudah menyerah, mampu mempertahankan prinsip dan pendapatnya, berani mengambil risiko dan juga selalu ingin inovasi dalam meraih kesuksesan. Ia juga mampu membangun komunikasi yang baik dengan tim, mempengaruhi, dan memotivasi tapi tidak membangun hubungan secara personal agar dia lebih mudah dan cepat mengambil keputusan.

  1. Memimpin karakter N’Jadaka

Selama masa kejayaan Killmonger, dia berhasil mengalahkan T’Challa hampir sampai mati dan mengklaim dua gelar sekaligus, Black Panther dan Raja Wakanda. Memiliki karakter yang easy going. dia membunuh orang-orang tak bersalah, namun kita mengerti pemahaman dan sudut pandangnya. Killmonger tidak dibesarkan di nyaman di Wakanda, dia jauh dari kekeluargaan dan kebudayaan para suku. Instead, Killmonger tumbuh di jalanan Amerika di mana dia sudah melihat kerasnya hidup. 

4.      Controlling (Pengendalian)

Mengevaluasi bagaimana baik sebuah organisasi mencapai tujuannya dan mengambil tindakan korektif yang diperlukan untuk mempertahankan atau meningkatkan kinerja kerja. Adapun perbandingan pengendalian dari dua karakter antara T’Challa dan D’Jadaka yang ada selalu melakukan kontrol terhadap kinerja di atas lapangan meskipun jarang sekali menonton pertandingan secara langsung tapi melalui televisi. Ketika ia melihat pemain yang kurang percaya diri, ia berusaha memotivasi dan memberikan kesempatan agar pemain tersebut  mereka kembali percaya diri dan mampu menutupi kekurangan mereka dengan kelebihan mereka. Pengendalian yang dilakukan oleh T’Challa dan D’Jadaka memastikan kegiatan yang mereka lakukan sesuai dengan yang direncanakan apa tidak, memastikan sumber-sumber daya organisasi telah digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan.

Manajerial Roles

Kepemimpinan merupakan suatu hal yang seharusnya dimiliki oleh setiap pemimpin organisasi. Efektivitas seorang pemimpin ditentukan oleh kepiawaiannya mempengaruhi dan mengarahkan para anggotanya.

Henry Mintzberg, seorang peneliti manajemen, yang menyimpulkan bahwa para manajer memenuhi tiga peran utama ketika mengerjakan tugas-tugas manajerial.

dalam film black panther menampilkan berbagai tokoh dengan karakter yang berbeda-beda. Tokoh yang memiliki karakter berseberangan diantaranya adalah T’Challa dan N’Jadaka. Perbedaan karakter kedua tokoh tersebut mengakibatkan keduanya memiliki sisi manajerial yang berbeda.

Dalam film Black Panther, perbandingan dua karakter dari segi manajerial roles yang diperankan oleh T’Challa dan N’Jadaka yakni sebagai berikut:

  1. Decisional

Keputusan T’Challa Berkomitmen dalam menggunakan sumber daya untuk mengembangkan negara yang inovatif, Bergerak cepat untuk mengambil tindakan korektif saat ada masalah yang tak terduga yang sedang dihadapi dari lingkungan eksternal. Memajukan teknologi Vibranium yang dimiliki Wakanda agar bermanfaat tidak hanya bagi rakyat Wakanda namun bermanfaat juga bagi suku-suku serta negara-negara yang lain namun tetap mempertahankan budaya Wakanda.

Keputusan N’Jadaka kurang baik karena memiliki maksud membalas dendam akan masa lalu yang membuatnya berambisi merebut tahta yang di kelola oleh T’Challa. Ia juga terbilang membuat keputusan sepihak yang tidak memanfaatkan setiap kemampuan anggota tim nya.

 

  1. Interpersonal

T’Challa menjelaskan tujuan organisasi di masa depan, memberikan contoh yang dapat diikuti oleh bawahanya, memberikan perintah langsung, membuat keputusan terkait penggunaan sumber daya, mengkoordinasi pekerjaan dan membangun aliansi antar Negara. 

N’Jadaka memberikan perintah langsung kepada bawahan tentang tujuan mereka, mengkoordinasi pekerjaan, melakukan kontrol terhadap kinerja di atas lapangan. N’Jadaka pun memiliki tim yang masing-masingnya memiliki tugas dan tanggung jawab untuk merealisasikan tujuan.

 

  1. Informational 

T’Challa mengevaluasi kinerja lalu bila terjadi kesalahan dilakukan tindakan korektif bila terjadi kesalahan dan dapat meningkatkan kinerja. T’Challa menunjukkan kualitasnya sebagai seorang pemimpin yang kompenten dengan menghadirkan sejumlah perubahan. Ia berani untuk mengambil keputusan yang transformatif dengan membuka perbatasan Wakanda dan menggunakan sumber daya negaranya untuk membantu hidup banyak orang. mampu membangun komunikasi yang baik dengan tim, mempengaruhi, dan memotivasi.

N’Jadaka kurang memberi informasi kepada bawahan untuk mengalahakan TCalla dan kurang memahami bagaimana lingkungan di dalam Wakanda. N’Jadaka juga kurang mampu menanamkan visi dan misi kepada anggota tim.

 

Management Thought

Berdasarkan buku Contemporary Management (2018), terdapat perkembangan pemikiran manajemen sejak tahun 1890. Teori pertama yang muncul adalah scientific management theory, kemudian administrative management, behavioral management, management science, dan yang saat ini umum digunakan adalah organizational environment theory. Pada film Black Panther menunjukkan apabila Wakanda menggunakan pendekatan teori organizational environment, khususnya sistem tertutup (closed system) pada awal jalan ceritanya. Namun semenjak kemunculan Killmonger, di akhir cerita Wakanda beralih menjadi sistem terbuka (open system).

        Teori organizational management menunjukkan hubungan antara kondisi lingkungan eksternal organisasi dengan sistem organisasi, termasuk perilaku pemimpin (seperti manajer/kepala negara) dalam memanfaatkan sumber daya. Sumber daya ini meliputi bahan baku untuk memproduksi produk, SDM (sumber daya manusia), ataupun modal dan teknologi yang membantu organisasi mewujudkan tujuannya seperti menghasilkan produk berupa barang/jasa.

a.             Closed System

Wakanda memiliki sumber daya berupa Vibranium, logam yang dapat menyerap & menyimpan energi kinetik yang mengenainya. Sejak raja pertama yaitu Bashenga hingga awal kepemimpinan T’Challa, Wakanda memiliki wewenang penuh dalam penggunaan logam tersebut untuk mengembangkan teknologi canggih. Tujuan pengembangan teknologi ini adalah untuk mengembangkan infrastruktur (seperti fasilitas kesehatan) dan memperkuat militer Wakanda. Bahkan Wakanda menutup informasi mengenai vibranium ini terhadap negara luar, sehingga memutus munculnya pengaruh negara lain terhadap perkembangan Wakanda.

        Selain itu, Wakanda ditutupi oleh dinding khusus sehingga orang di luar wilayah Wakanda tidak dapat masuk/melihat secara fisik negara tersebut. Hanya masyarakat yang memiliki garis keturunan dari leluhur Wakanda yang dapat tinggal disana. Secara khusus, pengembangan teknologi melalui pemanfaatan Vibranium diserahkan kepada Shuri (Adik T’Challa). Oleh karena itu, negara ini dikenal sebagai negara independen yang dapat memenuhi seluruh kebutuhannya melalui pemanfaatan sumber daya (Vibranium) dan manusia berkeahlian khusus (seperti Shuri) yang dimilikinya.

b.                  Open System

Kemunculan Erik killmonger, sepupu kandung T’Challa, di Wakanda mengubah pandangan T’Challa terhadap kemampuan Wakanda untuk membantu masyarakat di negara lain, khususnya masyarakat berkulit hitam. Hal ini diceritakan melalui pengalaman Killmonger yang tinggal dibawah minimnya fasilitas dan penindasan selama di Amerika, berbeda jauh dengan kondisi T’Challa yang hidup mewah di Wakanda. Oleh karena itu, ketika Killmonger melengserkan kepemimpinan T’Challa, ia langsung mengirimkan teknologi yang dimiliki Wakanda ke negara luar sehingga tidak ada lagi orang yang mengalami hal sama seperti dirinya. Namun misi ini digagalkan.

        Pasca kekalahan Killmonger, T’Challa kembali menduduki kepemimpinan Wakanda. Perubahan sistem terjadi ketika pada akhir cerita, T’Challa mendirikan Pusat Penjangkauan Internasional Wakanda di Amerika khususnya di lokasi Killmonger kecil pernah tinggal. Pusat penjangkauan ini dikoordinasi oleh Nakia (untuk penjangkauan sosial) dan Shuri (untuk pertukaran ilmiah & informasi). Sejak saat itulah, Wakanda menjadi negara yang terbuka dan T’Challa menerapkan open system dalam kepemimpinannya. Kegiatan penggunaan Vibranium tidak hanya untuk pembangunan Wakanda, tetapi juga beberapa negara luar seperti Amerika.

SOLUSI

MANAGEMENT TASK

T’Challa

·         Sebagai seorang raja baru di Wakanda,Tchala harus mengontrol penuh daerah perbatasan negaranya,terlebih lagi Wakanda sudah memutuskan untuk membuka diri terhadap Negara-negara lain,sumber daya yang dimilki oleh Negara harus dijaga agar tidak disalahgunakan oleh Negara-negara lain.

·         Program-program baru yang dibuat oleh Tchala sebagai raja baru Wakanda harus mendukung kesejahteraan masyarakat,disisi lain juga harus membantu masyarakat dari Negara-negara lain yang membutuhkan bantuan

·         Dengan dibukanya Wakanda,raja Tchala harus bisa memimpin dan menaruh perhatian terhadap warga-warganya agar tidak terjadi bentrok dengan warga Negara lain yang baru melihat Wakanda dengan sumber daya nya yang melimpah.

·         Tchalla harus mengorganisir agar program yang dibuat setiap divisi,seperti pengembangan teknologi,divisi pertahanan agar membuat program yang berguna untuk masyarakat dan menjaga daerah perbatasan agar tidak ada orang-orang asing yang ingin menggunakan sumber daya Wakanda untuk kepentingan kejahatan.

 N'Jadaka

·         Rencana perebutan Wakanda yang dibuat N’Jadaka seharusnya tidak melibatkan dendam pribadi agar tidak terjadi bias prilaku dalam memanfaatkan anggota-anggota tim,karena setiap anggota tim pasti memiliki peran yang krusial terhadap rencana besar kesuksesan organisasi.

·         Pemanfaat sumber daya yang dimiliki N’Jadaka harus di kontrol penuh agar tidak menjadi kelemahannya dalam mengalahkan Tchalla,seperti tidak mampu memanfaatkan divisi pertahanan sehingga menjadi serangan balik bagi dirinya.

·         N’Jadaka harus mampu menanamkan visi dan misi yang kuat kepada anggota tim,sehingga masing-masing anggota tim lebih mendahulukan kepentingan tam dari pada kepentingan tim, agar tujuan besar tim dapat tercapai.

Management Roles

T’Challa

·         Membuat rapat rutin dengan para pemimpin divisi di Wakanda dan para pemimpin-peminpin Negara-negara kesatuan agar menyatukan informasi yang dimiliki dan membahas permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan pertukaran sumber daya di kedua pihak

·         Tchalla juga harus mengatur pertemuan rutin secara pribadi antar pemimpin untuk memberikan masukan atau informasi untuk membahas rencana-rencana organisasi kedepannya,pertemuan secara pribadi penting  untuk menjalin kedekatan personal dengan anggota-anggota organisasi agar anggota tim mau secara terus terang mengatakan persoalan yang dihadapi oleh organisasi yang dipimpin.

·         Sebagai seorang pemimpin baru Tchalla harus mau menerima banyak masukan dari para penasihat kerajaan karena bagaimanapun mereka yang lebih berpengalaman di dalam sebuah organisasi kerajaan dan juga harus mau mendengarkan masukan dari para pemimpin-pemimpin Negara diluar Wakanda.

 N'Jadaka

·         Keputusan yang diambil oleh N’Jadaka seharusnya tidak boleh sepihak,sebaiknya harus berdasarkan masukan dari anggota tim,karena setiap anggota tim pasti memiliki pengatahuan lebih tentang rencana penyerangan.

·         N’Jadaka juga tidak mampu memanfaatkan dengan baik dari setiap kemampuan anggota tim nya,yang ia dahulukan adalah bagaimana kepentingan balas dendamnya tercapai. Seharusnya tidak boleh seperti itu. Agar tujuan utama tercapai perlu adanya keselarasan visi dan misi dari setiap anggota tim.

·         N’jadaka juga kurang mecari memahami bagaimana lingkungan di dalam Wakanda,sehingga walaupun ia sudah menjadi pemimpin di Wakada,ia tidak mampu mengelola  dengan baik seluruh kekuatan yang dimiliki Wakanda untuk mencapai kemengangan.  

Management Thought

T’Challa

·         Kemampuan kepemimpinan yang dipunyai oleh Tchalla didapat dari ayahnya yaitu TChaka. Namun tidak semua kemampuan tersebut diturunkan kepada TChalla,misalkan sikap tegas dan keras. TChalla cenderung lebih lembut dalam memimpin Wakanda,sifat baiknya ini bisa dimanfaatkan oleh musuh Wakanda. TChalla sebaiknya mampu menempatkan sifat baiknya pada beberapa hal namun jika sikap keras dibutuhkan ia harus siap untuk mengeluarkannya,seperti jika suatu hal mengancam hidup masyarakat Wakanda.  

 N'Jadaka

·         Sifat keras yang dimiliki N’Jadaka berasal dari kemarahan dan rasa sakit hati yang menimpanya dimasa lalu,hal tersebut berdampak pada sikap memimpinnya yang otoriter,tidak memperdulikan kepentingan orang lain.  Sebaiknya N’Jadaka menyampingkan terlebih dahulu rasa ingin balas dendamnya,fokus terlebih dahulu membangun sumber kekuatan,memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya untuk memperkuat pasukan,seperti yang dilakukan oleh Ayahnya N’Jobu,jika ia rasa sudah cukup kuat untuk menyerang Wakanda barulah peperangan dapat dilakukan.

Marvel Studios' Black Panther - Official Trailer

REFERENSI

Jones, G. R., & Jennifer M. George. 2018. Contemporary Management Tenth Edition. Boston: McGraw-Hill.

https://www.tabloidbintang.com/film-tv-musik/ulasan/read/92275/resensi-film-black-panther-dunia-baru-marvel-bernama-wakanda

ilmumanajemenindustri.com/pengertian-pengendalian-controlling-empat-langkah-pengendalian/

https://id.wikipedia.org/wiki/Black_Panther_(film)

KELOMPOK UNITED STATE OF AWESOME

(1) ARSY ELIA PERTIWI

(2) DESTI PATONAH

(3) DONAL ANRY JAYA SINURAT

(4) FAISAL MALIK WIDYA PRASETYA

(5) RIDHA JULIANSYAH


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format