Epic Comeback Ala Andy F. Noya

"Bahwa dengan berbagi, kita tidak perlu takut miskin," Kata Andy F. Noya


1
1 point

SINOPSIS

Andy Flores Noya, wartawan dan presenter televisi Indonesia, dan lebih dikenal ketika membawakan acara Kick Andy, lahir di Surabaya pada tanggal 6 November 1960, dan merupakan seorang keturunan Ambon – Belanda – Portugis. Masa kecil yang dihadapi Andy cukup keras, mulai dari sakit karena guna-guna hingga tumbuh besar dengan kondisi keluarga yang “broken home”. Perjalanan hidup Andy juga dilalui di berbagai tempat yang beragam, mulai dari Ternate, Makassar, Surabaya, dan Malang. Sebelum mencapai kesuksesannya seperti sekarang, Andy memiliki background kehidupan yang mungkin kebanyakan orang tidak pernah menduga, seperti hidup di jalanan dan bergabung dengan komunitas preman. Namun pada akhirnya, takdir berkata lain dan membawa Andy dari dunia kelam yang kelam tersebut ke dunia dengan masa depan yang cerah. Talenta Andy dalam bidang jurnalistik membawa dia ke jenjang karir yang semakin tinggi, mulai dari menjadi jurnalis Tempo hingga akhirnya menjadi pemimpin redaksi di Metro TV.

Pada episod ini juga diceritakan bahwa Andy mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan cara mendirikan banyak yayasan, seperti Kick Andy Foundation dan BenihBaik.com, untuk membantu sesama yang sedang dalam kesulitan.

VISI

1. Menjadi seorang jurnalis yang sosialis.

MISI

1. Memanfaatkan reputasi sebagai jurnalis senior untuk menghimpun masyarakat dalam membantu sesama.

2. Memanfaatkan koneksi selama di dunia jurnalistik untuk beramal dan membantu sesama.

3. Membentuk yayasan-yayasan sebagai wadah bagi masyarakat yang ingin beramal dan membantu sesama.

Momen Jatuhnya Andy F. Noya

Momen kelam Andy muncul ketika umurnya 13 tahun. Andy memiliki stigma bahwa “orang kaya itu pasti jahat” dan Andy bergabung dengan komunitas preman dan melakukan tindakan yang tidak baik di masyarakat, seperti pencurian-pencurian kecil.

Momen Bangkitnya Andy F. Noya

Momen bangkitnya karir Andy dimulai ketika dia memutuskan untuk magang sebagai jurnalis di Tempo dan rajin mengambil beban pekerjaan yang lebih dari yang semestinya.

Jenis dan Sumber Bias Kognitif yang Menyebabkan Jatuhnya Kehidupan si Pengusaha

Sumber : Contemporary Management halaman 193

Kita mengetahui ada 4 hal yang menjadi sumber bias kognitif. Kami akan membahas masing-masing sumber bias kognitif tersebut dengan sumber video yang kami angkat. Dalam kasus video kami, kami mengangkat perjalanan hidup dari Andy F Noya.

Sumber Bias Kognitif

  Bahan video

1.   Confirmation Bias:

Pengambil keputusan memiliki keyakinan kuat pada hubungan antara dua variabel dan cenderung membuat keputusan berdasarkan hubungan tersebut, walaupun ada bukti bahwa kepercayaan tersebut adalah salah

Dalam video, terjadi saat Andy kecil bermain sepeda bersama temannya, lalu secara tidak sengaja menyerempet mobil, dan membuat kaca spion mobil tersebut patah. Pemilik mobil lalu mendatangi rumahnya, marah dan berkata kotor pada ibunya, meminta ganti rugi yang ia tagih setiap minggu. Berdasarkan pengalaman ini Andy kecil menjadi marah dan memiliki stigma bahwa semua orang kaya adalah orang jahat.

2.   Representativeness Bias:

Pengambil keputusan secara tidak tepat menyamaratakan suatu hal yang terjadi akibat sebuah kejadian traumatis (vivid case)

Dalam kasus yang sama, Andy kecil yang saat kejadian sedang bersembunyi di bawah kolong tempat tidur hanya dapat meringkuk gemetar, ketakutan, menangis, sambil mendengar kemarahan pemilik mobil. Andy kecil heran, walau pemilik mobil tahu mereka miskin, ia tetap marah dan meminta ganti rugi atas kaca spion yang rusak. Dari hal ini ia lalu marah dan berasumsi orang kaya adalah orang jahat karena pikirnya orang baik pasti akan memaafkan dan tidak minta ganti rugi setelah melihat kondisi kehidupannya.

3.   Illusion of control:

Kecenderungan si pengambil keputusan yang menaksir terlalu tinggi kemampuannya dalam mengontrol banyak aktivitas dan kejadian.

Akibat hal yang dilakukan oleh pemilik mobil pada keluarganya, saat berumur 13 tahun, ia memutuskan bergabung dengan sindikat preman. Ia menjadi dendam pada semua yang dia anggap orang kaya. Andy seringkali mengempesi ban mobil, mengambil barang dari mangga, burung dara, hingga skateboard dari rumah-rumah orang kaya yang pagarnya tidak terkunci, dan ia merasa hal itu adalah pembalasan yang setimpal atas apa yang ia terima. Hal ini ia pilih karena merasa memiliki kontrol atas hidupnya sendiri.

4. Escalating Commitment

Perasaan tanggung jawab personal untuk sebuah rencana sering kali membiaskan analisa pengambil keputusan sehingga ia tetap berkomitmen menjalankan rencananya walaupun ia menerima umpan balik bahwa rencananya gagal.

Walaupun tahu komitmen yang ia lakukan bersama dengan sindikat preman adalah salah, ia tetap melakukannya hingga suatu masa tertentu. Dengan melakukan hal ini, Andy merasa bahwa ia bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dan tidak begitu menyusahkan ibunya.

Dari pengalamannya yang mencakup keempat sumber diatas, maka secara heuristic Andy kecil menjadi marah dan membenci orang kaya, dan menempelkan stigma bahwa orang kaya adalah orang jahat sehingga membuat terjadinya systematic errors dalam mengambil keputusan hidupnya, dimana ia memilih menjadi preman di masa remajanya bahkan melakukan tindak kriminalitas akibat hal ini.

Jika Waktu Dapat Diputar Kembali, Saran dan Penjelasan mengenai Pengambilan Keputusan Kelompok Yang Paling Sesuai

Jika waktu dapat diputar kembali, maka kami ingin menyarankan Andy remaja untuk berdiskusi dengan cara Devil’s Advocacy pada ibunya mengenai keputusannya ikut ke dalam sindikat preman. 

Sumber : Contemporary Management halaman 197

Devil’s Advocacy

Usulan

1.      Pilihan alternatif sekarang

Saat bergabung dengan sindikat preman Rombongan Bumiarjo, Andy berdiskusi dengan ibunya.

2.      Kritik mengenai alternatif pilihan

Ibu Andy akan memberikan kritik terhadap pilihan Andy. Sebisa mungkin mencari jalan lain dimana Andy tidak perlu melakukan perbuatan tidak terpuji seperti preman lainnya. Misalnya dengan mengusulkan Andy ikut berjualan, atau karena suka menulis dan bisa menggambar sejak kecil, ia bisa mengikuti lomba menulis atau menggambar di mana hadiahnya bisa ia gunakan, atau mungkin membuka bengkel kecil karena saat Andy bersekolah di STM (Sekolah Teknik Mesin) memiliki kemampuan di bidang teknik mesin.

3. Penilaian ulang mengenai alternatif pilihan (diterima? dimodifikasi? ditolak?)

Andy bisa menilai kembali mengenai pilihan alternatifnya, dan kemungkinan besar tidak akan bergabung dengan sindikat preman. Andy bisa memodifikasi pilihannya, misalnya membuka bengkel sambil ikut lomba menulis atau menggambar karena kesukaannya pada dunia tersebut sehingga bakatnya bisa terasah sejak kecil. Ikut lomba seperti ini juga bisa membuka jalannya menuju kehidupan lebih baik karena biasanya ada tawaran-tawaran menarik pada para pemenang lomba dari orang-orang pencari bakat yang hadir dalam lomba tersebut.

Meskipun kehidupan masa lalunya keras, kebaikan hati Andy F Noya tidak pernah hilang. Saat ia telah memiliki kehidupan yang lebih baik karena hasil kerja kerasnya sendiri, ia memiliki harapan bahwa kepahitan hidup yang ia alami karena kemiskinan semoga tidak dialami juga oleh orang lain. Ia lalu mendirikan Kick Andy Foundation yang membantu orang-orang yang kurang mampu dalam hal pengadaan kaki palsu, buku-buku, sepatu, bola, operasi katarak, operasi bibir sumbing, dan banyak program lainnya.

Seiring dengan perkembangan zaman, apalagi perkembangan di bidang teknologi, Andy merasa bahwa Kick Andy Foundation yang masih konvensional belum bisa secara maksimal membantu orang-orang. Lalu, sadar bahwa teknologi digital masa kini bisa membantu dengan lebih cepat untuk mempertemukan orang yang ingin memberikan bantuan dan orang yang membutuhkan bantuan dengan lebih cepat, maka Andy bersama rekannya membuat donation-based crowdfunding platform bernama BenihBaik.com. Orang-orang yang ingin membatu sesama yang membutuhkan bisa memanfaatkan platform ini dengan mengunduh aplikasinya melalui Play Store dan App Store.

SWOT Analysis of BenihBaik.com

1.      Strengths

  •  Legalitas

    • BenihBaik.com telah memiliki Izin Pengumpulan Uang di Kementerian Sosial Republik Indonesia dan Tanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dengan Nomor: 01769/DJAI.PSE/09/2019.

    • Kegiatan pengumpulan uang dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1961 tentang Pengumpulan Uang atau Barang juncto Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1980 tentang Pelaksanaan Pengumpulan Sumbangan junctis Keputusan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 56/HUK/1996 tentang Pelaksanaan Pengumpulan Uang Oleh Masyarakat.

    • SK Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-0011166.AH.01.04.Tahun 2019.

  •  Prinsip Program Penggalangan Dana dan Donasi

    • Untuk menjaga kepercayaan masyarakat, BenihBaik.com sebagai penyedia platform menerapkan prinsip fundamental yang dijadikan pedoman untuk menyelenggarakan program penggalangan dana, yaitu:

      • Transparansi

      • Akuntabilitas

      • Partisipasi

      • Keberlanjutan

  • Jenis Program Penggalangan Dana Dan Donasi

    • Program Kesejahteraan Sosial;

    • Program Kemanusiaan;

    • Program Pendidikan;

    • Program Kesehatan;

    • Program Keagamaan;

    • Program Kebudayaan;

    • Program Pemberdayaan Potensi Perempuan;

    • Program Kesejahteraan Anak-Anak;

    • Program Flora, Fauna, dan Kesejahteraan Hewan;

    • Program Usaha yang mendukung UMKM; dan

    • Program Bidang Kesejahteraan Sosial lainnya sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

  • Platform Benihbaik.Com

    • Penyelenggaraan program penggalangan dana yang difasilitasi oleh PT Teman Baik Sejahtera dapat digunakan melalui dua layanan sistem elektronik, yaitu (i) Aplikasi Mobile berbasis Android yang dapat didownload melalui playstore; dan (ii) Situs www.benihbaik.com.

  • Kewajiban BenihBaik.com

    • Menjaga kerahasiaan sandi serta keamanan akun;

    • Menyertakan data dan/atau informasi calon penerima manfaat secara detail, lengkap, benar, dan akurat.

    • Menjamin fakta dan kebenaran yang dapat dipertanggungjawabkan atas semua data dan/atau konten baik tulisan, foto, dan video yang diinput dan dikampanyekan melalui platform BenihBaik.com;

    • Bertanggung jawab sepenuhnya dalam menyelesaikan program penggalangan dana yang telah berhasil dikumpulkan dan menjamin pengelolaan dana hingga tahap implementasi program kepada penerima manfaat;

    • Memberikan laporan atas perkembangan dan pelaksanaan program penggalangan dana yang transparan dan kredibel, serta dilengkapi dengan dokumentasi dan bukti pendukung yang layak kepada Donatur dan BenihBaik.com melalui Platform BenihBaik secara terbuka.

    • Apabila ada perjanjian kerjasama khusus antara Inisiator program dengan BenihBaik.com, maka Inisiator program wajib menjalankan kewajibannya sebagaimana yang telah tertera pada perjanjian kerjasama tersebut.

  • Pencairan Dana

    • Penggalang Dana dapat mengajukan request penarikan dana apabila (i) Target  donasi yang dikampanyekan telah terkumpul; atau (ii) Target waktu penggalangan dana telah jatuh tempo sebagaimana waktu yang telah ditentukan.

    • Tim BenihBaik.com akan melakukan verifikasi dan validasi akun beserta kelengkapan data sebagai syarat penarikan dana yang dilakukan oleh Penggalang Dana maupun Penerima Manfaat;

    • Penyerahan dana donasi dapat kirim melalui rekening Penerima Manfaat atau Penggalang Dana atau rekening pihak ketiga. Yang dimaksud dengan pihak ketiga yaitu keluarga penerima manfaat.

    • Dana donasi dapat dialihkan sewaktu-sewaktu baik sebagian atau seluruhnya kepada keluarga atau penerima manfaat lainnya atau pihak yang berwenang, baik dengan melibatkan dan/atau tanpa kesepakatan antara Penggalang Dana, Donatur, dan BenihBaik.com, apabila ditemukan keadaan sebagai berikut:

      • Penerima manfaat meninggal dunia;

      • Dana donasi yang terkumpul terbukti merupakan hasil dari kejahatan, pencucian uang dan pendanaan terorisme;

      • Kondisi tertentu lainnya yang menurut BenihBaik.com diperlukan pengalihan.

      • Dalam hal penggalangan dana telah mencapai target donasi sebelum jangka waktu periode penggalangan berakhir, penggalangan dana tetap dilanjutkan hingga periode penggalang dana berakhir.

      • Apabila donasi yang terkumpul melebihi target donasi yang dibutuhkan, maka kelebihan dana donasi tersebut tetap menjadi milik Penerima Manfaat.

  • Metode Pembayaran Donasi

    • Untuk pembayaran donasi secara online dapat dilakukan dengan layanan pembayaran yang telah bekerjasama dengan BenihBaikcom. Adapun beberapa alternatif metode pembayaran yang dapat digunakan oleh Donatur, sebagai berikut:

      • Transfer bank;

      • Virtual account;

      • Kartu Kredit visa/master;

      • Debit online visa/master; dan

      • Dompet Elektronik.

  • Refund Donasi

    • BenihBaik.com dapat mengembalikan dana donasi kepada Donatur apabila ditemukan keadaan sebagai berikut:

      • Kampanye program penggalangan dana diduga telah terjadi pelanggaran terhadap ketentuan ini dan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

      • Permintaan Penggalang Dana atau Penerima Manfaat untuk mengembalikan Dana Donasi kepada Donatur.

  • Layanan Pengaduan

    • Pengguna maupun Pengunjung berhak untuk mengajukan Pengaduan kepada BenihBaik.com mengenai dugaan dan/atau peristiwa yang diduga menyimpang ketentuan ini, termasuk, namun tidak terbatas pada:

      • Informasi yang tidak lengkap, tidak benar, menyesatkan dan/atau merupakan pemalsuan dalam program penggalangan dana yang sedang berjalan;

      • Pelanggaran konten yang dilarang;

      • Dugaan penyalahgunaan penggalangan dana donasi; dan/atau

      • Dugaan pelanggaran ketertiban umum, kesusilaan, dan peraturan perundang- undangan yang berlaku

      • Pengguna maupun Pengunjung dapat secara langsung menghubungi BenihBaik.com melalui jaringan komunikasi yang tersedia dalam platform BenihBaik.com. Dengan mengajukan pengaduan, Pengguna maupun Pengunjung menyatakan sepakat dan bersedia untuk dipanggil sebagai saksi untuk diminta keterangannya. Bila dipandang perlu inisial pengadu akan dirahasiakan.

  • Penerapan APU-PPT

    • BenihBaik.com tidak menerima, menyimpan, dan menyalurkan dana yang patut diduga terkait dengan kejahatan dan/atau sebagai sasaran kegiatan pencucian uang dan pendanaan terorisme, oleh karenanya BenihBaik.com tunduk pada:

      • Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang; dan

      • Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pendanaan Terorisme.

2.      Weaknesses

  • Tanggung Jawab Terbatas

    • Sepanjang diperkenankan oleh hukum yang berlaku, BenihBaik.com (termasuk pihak yang terafiliasi dengan BenihBaik.com), tidak dapat diminta pertanggungjawaban, atas:

      • Segala hal yang diperjanjikan oleh Penggalang Dana selama masa kampanye berlangsung.

      • Kehilangan dana donasi yang sudah ditarik oleh Penggalang Dana atau yang sudah diterima oleh penerima manfaat yang disebabkan pencurian, penggelapan, perampokkan ataupun bentuk kejahatan lainnya dan/atau kehilangan atas kelalaian.

      • Penyalahgunaan, penggunaan tanpa izin, pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual yang dilakukan baik Penggalang Dana maupun Donatur;

      • Segala kehilangan atau kerusakan langsung, tidak langsung, atau konsekuensi yang ditimbulkan oleh Pengguna sehubungan ketidakmampuan atau kelalaian atau penyimpangan dalam menggunakan layanan dan platform BenihBaik.com.

3.      Opportunities

Sumber: www.bps.go.id

  • Persentase penduduk miskin pada Maret 2020 sebesar 9,78 persen, meningkat 0,56 persen terhadap September 2019 dan meningkat 0,37 persen terhadap Maret 2019.

  • Jumlah penduduk miskin pada Maret 2020 sebesar 26,42 juta orang, meningkat 1,63 juta orang terhadap September 2019 dan meningkat 1,28 juta orang terhadap Maret 2019.

  • Persentase penduduk miskin di daerah perkotaan pada September 2019 sebesar 6,56 persen, naik menjadi 7,38 persen pada Maret 2020. Sementara persentase penduduk miskin di daerah pedesaan pada September 2019 sebesar 12,60 persen, naik menjadi 12,82 persen pada Maret 2020.

  • Dibanding September 2019, jumlah penduduk miskin Maret 2020 di daerah perkotaan naik sebanyak 1,3 juta orang (dari 9,86 juta orang pada September 2019 menjadi 11,16 juta orang pada Maret 2020). Sementara itu, daerah pedesaan naik sebanyak 333,9 ribu orang (dari 14,93 juta orang pada September 2019 menjadi 15,26 juta orang pada Maret 2020).

  • Garis Kemiskinan pada Maret 2020 tercatat sebesar Rp 454.652,-/ kapita/bulan dengan komposisi Garis Kemiskinan Makanan sebesar Rp 335.793,- (73,86 persen) dan Garis Kemiskinan Bukan Makanan sebesar Rp 118.859,- (26,14 persen).

  • Pada Maret 2020, secara rata-rata rumah tangga miskin di Indonesia memiliki 4,66 orang anggota rumah tangga. Dengan demikian, besarnya Garis Kemiskinan per rumah tangga miskin secara rata-rata adalah sebesar Rp 2.118.678,-/rumah tangga miskin/bulan.

Sumber: Kumparan.com

Dilansir dari Kumparan.com, 6 November 2018, hasil survei dalam CAF: World Giving Index 2018 menunjukkan bahwa Indonesia meraih peringkat pertama dari 146 negara sebagai negara paling murah hati di dunia. Sebelumnya di tahun 2017, Indonesia berada di posisi kedua. Dengan menggunakan sampel sebanyak 150 ribu orang dari 146 negara, CAF memperoleh hasil bahwa Indonesia menjadi nomor satu untuk negara paling murah hati di dunia. Survei ini dalam periode lima tahun (2013-2017) menganalisa tiga aspek, yaitu inisiatif untuk membantu orang yang tidak dikenal, mendonasikan uang untuk kegiatan amal, dan yang terakhir adalah menjadi sukarelawan. Dari ketiga aspek tersebut, ditemukan bahwa 78 persen dari orang Indonesia senang mendonasikan hartanya pada orang lain, dan sebanyak 53 persen penduduk Indonesia suka melakukan kegiatan volunteer atau menjadi relawan. Survei dan penelitian yang CAF lakukan adalah dengan menggunakan data dari Gallup, sebuah perusahaan riset asal Amerika Serikat. CAF sendiri merupakan sebuah organisasi non-profit asal Inggris yang bergerak di bidang amal.

Sumber: BenihBaik.com

Dengan latar belakang dua hal di atas, di mana di satu sisi pembiayaan merupakan masalah terbesar bagi sebagian masyarakat Indonesia, tapi di sisi lain Indonesia termasuk ke dalam negara yang penduduknya paling senang bederma di dunia, BenihBaik.com hadir sebagai sebuah platform digital yang dapat memfasilitasi kegiatan pengumpulan dana masyarakat secara sukarela (filantropi) agar dapat langsung membantu mereka yang mengalami kesulitan dalam memperoleh dukungan pendanaan untuk memenuhi kebutuhan dasar, pengembangan diri, dan/atau potensi ekonomi atau operasional lainnya yang mungkin belum terakomodir oleh pemerintah baik secara keseluruhan maupun sebagian.

4.     Threats

  • Penyalahgunaan dana donasi yang dikumpulkan melalui platform online, merupakan bentuk pelanggaran hukum dengan memanfaatkan media internet. Kejahatan ini dapat dikategorikan sebagai cyber crime. Pengertian dari cyber crime itu sendiri adalah tindak kriminal yang dilakukan dengan menggunakan teknologi komputer khususnya internet sebagai alat kejahatan utama. Dan ini dapat menjadi ancaman tersendiri BenihBaik.com.

Strategi Level Korporat, Bisnis, dan Fungsional Berdasarkan Analisis SWOT

Nilai dibalik alasan berdirinya BenihBaik.com adalah untuk menjadikan organisasi non profit ini memiliki cara yang sangat menginspirasi untuk memberikan manfaat kembali kepada komunitas dan membantu mereka yang membutuhkan. Namun, yang perlu menjadi perhatian adalah pentingnya untuk memahami semua langkah yang diperlukan dan terlibat dalam proses pembuatan organisasi non profit. Menumbuhkan, mengembangkan, dan mempertahankan sebuah organisasi non profit membutuhkan upaya dan tekad yang kuat.

Dalam mendirikan sebuah organisasi dibutuhkan sebuah pernyataan misi, seperti siapa yang akan menjadi penerima manfaat dari adanya organisasi ini dan tentunya bagaiman pendanaannya akan digalang. Jika disesuaikan dengan organisasi non profit, maka untuk mendirikan sebuah organisasi non profit yang berkelanjutan dibutuhkan tahapan-tahapan sebagai berikut:

  1. Alasan kenapa organisasi didirikan.

  2. Membangun dasar organisasi yang solid.

  3. Business plan yang detail.

  4. Membangun tim kepemimpinan yang kuat dan termotivasi.

  5. Branding atau identitas organisasi yang jelas.

  6. Landasan organisasi secara hukum.

  7. Funding.

  8. Sistem koordinasi dan operasi yang memadai.

  9. Cara mendapatkan donasi bagi program-program nanti.

  10. Grand planning yang berkelanjutan ke depan.

Dengan memiliki perencanaan awal yang detail, BenihBaik.com dapat meningkatkan transparansi pada organisasi dan memiliki indikator yang jelas sehingga dapat mengurangi resiko donasi yang salah sasaran. Selain itu, beberapa hal lain yang dapat dilakukan oleh BenihBaik.com untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitasnya adalah dengan menjadikan transparansi sebagai bagian dari aturan organisasi, menyediakan akses pada informasi dan melibatkan seluruh anggota organisasi dalam membuat keputusan.

Berikan pula tugas kepada orang yang tepat. Dalam hal ini berarti mempekerjakan orang-orang yang memang mengerti dan mampu dalam bidang nya. Sebuah peran tidak harus dimulai dengan sebuah peran pekerjaan yang besar. Mulailah dengan peran yang sederhana, yang tidak rumit dan memerlukan pengerjaan dan penyelesaian saat ini juga. Peran pekerjaan tersebut tidak dibuat berdasarkan seseorang namun berdasarkan kebutuhan organisasi. Nanti dalam berjalannya waktu peran tersebut akan berkembang dan menyesuaikan dengan kebutuhan organisasi. 

Dikarenakan BenihBaik.com merupakan organisasi non profit maka untuk menguji serta mengetahui indikator keberhasilan sistem organisasi dapat menggunakan Holacracy framework. Framework ini dapat membantu mengelola perusahaan di mana tidak ada peran yang ditugaskan secara spesifik dan karyawan memiliki fleksibilitas untuk mengambil berbagai tugas dan bergerak bebas antar tim. Struktur organisasi holacracy cenderung datar, dengan hanya ada sedikit hierarki. Sistem ini dinilai tepat untuk suatu model organisasi non profit yang cenderung memiliki jumlah anggota yang sedikit.

Sebuah organisasi dengan nilai strategis yang mulia akan selalu menemukan tujuannya. Hal ini dikarenakan nilai strategis yang dicitrakan melalui visi dan misi akan mengkomunikasikan tujuan dari organisasi non profit tersebut, kepada siapa yang dilayaninya, dan bagaimana organisasi itu akan melayani mereka. Setiap keputusan dan tindakan dalam organisasi harus mendukung dan memajukan misi tersebut. Dengan mempertahankan nilai strategis mulia nya, BenihBaik.com akan terus dapat memperoleh kesempatan-kesempatan untuk memberi kepada komunitas dan membantu mereka yang membutuhkan. Dengan sistem organisasi dan rencana bisnis yang solid, BenihBaik.com akan mampu untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas perusahaan, memanfaatkan kesempatan-kesempatan untuk mengembangkan program organisasi disertai indikator yang jelas dalam menilai program-program yang akan didukung oleh organisasi.

Referensi:

Buku

Jones, Gareth R., Jennifer M. George. (2020). Contemporary Management (Edisi 11). New York : McGraw-Hill Education.

Jurnal Online

Budiman, T.,  Octora, R.. (2019). Perlindungan Hukum Bagi Donatur dalam Kegiatan Donation Based Crowdfunding Secara Online. Jurnal Kertha Patrika. 41. 222-237. Diakses dari https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthapatrika/article/view/49699

Surat Kabar Online

Kumparan. (2018, November 6). Bikin Bangga, Indonesia Jadi Negara Paling Murah Hati di Dunia. Kumparan.com. Diakses dari https://kumparan.com

Publikasi Pemerintah Online

Badan Pusat Statistik RI. (2020). Profil Kemiskinan di Indonesia Maret 2020 (No. 56/07/Th. XXIII, 15 Juli 2020). Jakarta, DKI: Harmawanti Marhaeni. Diakses dari https://www.bps.go.id/pressrelease/2020/07/15/1744/persentase-penduduk-miskin-maret-2020-naik-menjadi-9-78-persen.

Web Profesional

KlikLegal.com. (2018). Kekosongan Hukum tentang Donation-Based Crowdfunding di Indonesia (AILRC). Diakses 12 November 2020, dari https://kliklegal.com/kekosongan-hukum-tentang-donation-based-crowdfunding-di-indonesia-ailrc/

Roll, Juliane. (2014, Agustus 11). 5 Steps in Building an Organisation. Structureprocess.com. Diakses dari http://structureprocess.com

Raj. (2020, Oktober 26). How to Start a Nonprofit Organisation: A Step by Step Guide. Donorbox.org. Diakses dari https://donorbox.org/nonprofit-blog/start-a-nonprofit/

Candid Learning. How do I start a Nonprofit Organisation. Learning.candid.org. https://learning.candid.org/resources/knowledge-base/starting-a-nonprofit/

Situs Web tanpa informasi spesifik dokumen

(https://benihbaik.com)

Ditulis oleh The Incredibles:

  • Anthony Hamonangan Million Sihombing

  • Carlin

  • Puspita Ramadhania

  • Rahmad Hendrawan

 


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
1
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format