Hermanto Tanoko : lahir di kandang ayam, kini menjadi Crazy Rich Surabaya

Kisah yang bisa menjadi motivasi dari Crazy Rich Surabaya ini. bagaimana apa yang disentuh oleh Herman Tanoko bisa menjadi emas


1
1 point

Sinopsis Singkat Episode Christina Lie dan Hermanto Tanoko

Christina Lie merupakan seorang yang dikenal sebagai internet marketer yang sangat aktif membagikan ilmunya melalui platform facebook dan youtube, dalam channel youtube nya yang seorang Christina Lina sering sekali membagikan edukasi bisnis yang inspiratif dengan menampilkan interview bersama pengusaha-pengusaha sukses lain dari berbagai bidang. Disalah satu video youtube nya yang di unggah pada tanggal 30 April 2020, channel youtube Christina Lie kedatangan bintang tamu yang sangat inspiratif, kreatif, inovatif, dan tentunya sangat sukses. Orang tersebut adalah Hermanto Tanoko, Founder & CEO Group TanCorp yang membawahi brand-brand terkenal seperti merk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Cleo dan Cat Avian Brand.

Pak Hermanto Tanoko lahir di Malang pada tanggal 17 bulan September tahun 1962, tidak banyak orang tahu bahwa seorang Hermanto Tanoko yang sekarang menjadi pengusaha sukses dengan brand yang sangat terkenal itu dulunya lahir di rumah bekas kandang ayam. Hermanto Tanoko lahir dari keluarga sederhana dan anak dari seorang pedagang palawija. Sejak umur 5 tahun Pak Hermanto sudah diberikan nilai-nilai entrepreneurship dan sudah mulai belajar berbisnis dengan bimbingan langsung dari orang tuanya. Pembelajaran entrepreneurship nya dimulai ketika orang tuanya membimbing Pak Hermanto kecil untuk membelanjakan angpau yang didapatnya untuk membeli barang-barang yang harganya kemungkinan akan naik di kemudian hari seperti terigu, telur, dan lain sebagainya sehingga Pak Hermanto kecil paham dengan pergerakan pertumbuhan harga dari berbagai barang. Karena pada zaman itu terjadi gejolak ekonomi & politik, orang tua pak Hermanto beralih profesi berdagang cat dengan membuka toko cat dan cukup sukses. Ketika menginjak usia ke-14 tahun Pak Hermanto sudah memimpin 15 karyawan untuk mengelola apotek Airlangga yang menjadi salah satu apotek terkenal di Malang dan di akhir tahun 1982 Hermanto Tanoko bergabung untuk membantu mengelola toko cat sang Ayah. Pada saat Hermanto Tanoko bergabung dalam pengelolaan bisnis cat, bisnis cat sang Ayah pun mengalami pertumbuhan yang sangat pesat karena Hermanto Tanoko melakukan berbagai perubahan seperti membentuk tim R&D (Research and Development) hingga pembuatan laboratorium. Bahkan, PT. Avia Avian berhasil mencatatkan pertumbuhan bisnis nya sebanyak 20% pada tahun 2018. Saat ini Pak Hermanto Tanoko sudah mendirikan perusahaan holding TanCorp dan 8 Sub Holding yang membawahi beberapa bidang usaha inti dan yang mungkin saat ini sangat terkenal dipasaran adalah merk AMDK Cleo dan Cat Avian Brand.

Visi Seorang Hermanto Tanoko

Meskipun sudah menjadi seorang pengusaha sukses dengan membawahi perusahaan-perusahaan besar dengan berbagai brand terkenal, seorang Hermanto Tanoko ternyata memiliki visi yang sangat mulia yaitu menciptakan satu juta wirausahawan di Indonesia. Visi nya di latar belakangi dengan kecintaannya terhadap dunia bisnis. Untuk merealisasikan visi ya tersebut, Pak Hermanto Tanoko sering sekali berbagi pengalaman bisnis, dan bertukar pikiran dengan berbagai pengusaha melalui channel youtube nya yang bernama “Hermanto Tanoko”. Selain itu sering sekali menyempatkan waktunya untuk berbagi dan bercerita pengalaman hidup dan bisnis nya di berbagai media.

Misi 2 perusahaan raksasa yang dipimpin oleh Hermanto Tanoko, PT Avia Avian (Avian Brand) dan AMDK Cleo (PT. Sariguna Primatirta, Tbk (Tanobel Food)

1.PT. Avia Avian (Avian Brand)

 

PT. Avia Avian (Avian Brand) merupakan salah satu produsen cat terbesar di Indonesia. Avian Brand memproduksi cat tembok, cat pelapis anti bocor, cat kayu dan besi, cat pelindung kayu, cat dasar, cat genteng/seng, semen instan, lem, cat pelapis batu alam, cat duco dan spray, dan lain sebagainya. Sebagai perusahaan besar tentu Avian Brand memiliki visi dan misi yang besar juga, yaitu “Menjadi perusahaan cat yang terintegrasi dan terkemuka di Asia”. Selain itu Avian Brand memiliki 4 nilai penting perusahaan, antara lain adalah customer focus (memberikan kebutuhan pelanggan internal dan eksternal Anda dan tambahkan senyum, salam, dan sapa), integrity (integritas adalah melakukan hal yang benar walaupun tidak ada yang melihat), teamwork (datang bersama adalah permulaan, tetap bersama adalah kemajuan, dan bekerja bersama adalah kesuksesan), dan agility (hal yang cekatan, tangkas, cepat yang akan menang).

2.AMDK Cleo (PT. Sariguna Primatirta, Tbk (Tanobel Food))

 

Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) merk Cleo merupakan merk yang di naungi oleh PT. Sariguna Primatirta, Tbk (Tanobel Food). Tanobel Food sendiri memiliki misi “Menghasilkan produk minuman yang berkualitas tinggi, inovatif dan mudah didapatkan melalui proses produksi yang berstandar internasional dan terintegrasi dengan jaringan manufaktur yang tersebar di seluruh Indonesia”

Perbandingan Proses Pengambilan Keputusan

  1. Proses pengambilan keputusan yang menyebabkan jatuhnya bisnis & momentum kebangkitan

Dalam kenyataannya bisnis seorang Hermanto Tanoko sebenarnya belum pernah mengalami jatuh yang membuat Pak Hermanto benar-benar terpuruk. Namun, di awal menjalani karir sebagai seorang pengusaha Pak Hermanto sempat mengalami kesulitan karena kurang nya pengalaman dan salah dalam mengambil beberapa keputusan. 

Pertama terjadi pada saat Pak Hermanto menjadi pemilik sekaligus manajer apotek. Di awal apotek nya buka Pak Hermanto kecil hanya bisa melayani satu resep obat saja, hal itu dikarenakan kurang pahamnya Pak Hermanto dalam me-manage apoteknya. Namun kekurangan tersebut dijadikan sebagai motivasi oleh Pak Hermanto untuk terus mengembangkan apoteknya, dalam prakteknya untuk meningkatkan omset apoteknya beliau rela melakukan research ke apotek kompetitor yang memang sudah lebih dulu terkenal daripada apotik Pak Hermanto. Research tersebut meliputi strategi pemasaran yang dipakai oleh apotek kompetitor, harga jual obat apotik kompetitor, serta cara apotik kompetitor itu dalam melayani pelanggan-pelanggannya. Singkatnya, setelah Pak Hermanto melakukan research dan menerapkan apa yang sudah beliau dari hasil research tersebut ke apotiknya sendiri, apotek nya pun lambat laun bisa menyaingi apotek lain dan bahkan bisa menjadi apotek no 1 di daerah Malang pada saat itu. 

Kedua, sejak Pak Hermanto bergabung ke dalam manajemen pabrik cat milik Ayahnya Pak Hermanto sempat salah dalam mengambil keputusan. Kesalahan tersebut adalah beliau mengambil keputusan untuk melakukan unrelated diversification pada saat pabrik cat nya belum bisa settle secara manajerial maupun secara finansial yang mengakibat kan bisnis cat nya sempat mengalami stuck dan sulit untuk berkembang. Namun, hal tersebut bisa langsung di atasi oleh Pak Hermanto, singkat cerita Pak Hermanto menutup bisnis unrelated diversification nya dan fokus pada usaha cat nya. Inovasi yang dilakukan oleh Pak Hermanto pada pabrik cat nya yang menjadi momentum kebangkitan bisnis cat nya adalah ketika Pak Hermanto membuat divisi Research & Development (R&D) dan mendirikan laboratorium untuk pabrik cat nya. Singkat cerita bisnis cat nya berkembang pesat dan sekarang menjadi salah satu perusahaan cat terbaik dan terbesar di Indonesia, dan nama perusahaan tersebut sekarang ini sangat terkenal yaitu PT. Avia Avian (Avian Brand).

Ketiga, saat AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) banyak beredar di pasar dan memiliki banyak kompetitor. Hermanto Tanoko tetap ingin bersaing di pasar untuk menjadi AMDK terbesar di Indonesia. Beliau sudah mempersiapkan mesin dari luar negeri dengan teknologi yang canggih.  Akhirnya Cleo berhasil diluncurkan dipasaran dengan harga yang sangat terjangkau untuk air mineral satu botol. Banyak masyarakat yang tertarik untuk membeli, namun keputusan yang salah dari seorang Hermanto Tanoko ialah air mineral yang beliau luncurkan adalah air oksigen dimana nomor BPOM untuk air oksigen dengan AMDK harus berbeda. Cleo sudah tersebar di banyak supermarket yang akhirnya ditarik kembali dari pasaran yang cukup membuat Cleo jatuh. Momen kebangkitan Cleo sendiri itu ketika Cleo mengeluarkan produk air minum galon dengan bahan botol nya berbeda dari produk galon AMDK perusahaan lain. Bahan botol galon Cleo sendiri terbuat dari PET (Polyethylene Therephalate) yang memiliki tingkat kejernihan yang tinggi, kaku, dan memiliki sifat sebagai Gas Barrier sehingga dapat menjaga kualitas air di dalam galon tersebut dan tidak menjadikan air di dalam nya sebagai air yang berbahaya untuk dikonsumsi. Singkat cerita Cleo sekarang sudah berhasil menjadi salah satu perusahaan yang sahamnya sudah dijual ke public dengan kode saham CLEO. Cleo juga merupakan perusahaan yang sehat secara pertumbuhan perusahaannya, growth dari Cleo bisa diatas 30% per tahun dan bisa mencetak 100% keuntungan dari produk AMDK tersebut.

  1. Jenis dan sumber bias kognitif yang menyebabkan jatuhnya bisnis

Sebagai seorang Manajer yang memiliki pengetahuan yang luas dan gigih dalam mengerjakan sesuatu. Bias kognitif yang menyebabkan jatuhnya bisnis Hermanto Tanoko yaitu saat Cleo ditarik dari pasaran. Ilusi kendali yang akan dimiliki oleh seorang manajer adalah sumber bias kognitif yang dihasilkan dari kecenderungan untuk melebih-lebihkan kemampuan seseorang untuk mengontrol kegiatan dan acara. Manajer puncak tampaknya sangat rentan terhadap bias ini. Setelah berhasil mencapai puncak organisasi, mereka cenderung memiliki perasaan berlebihan tentang harga diri mereka sendiri dan terlalu percaya diri tentang kemampuan mereka untuk berhasil dan untuk mengendalikan kejadian. Saat mendirikan Cleo bisnis yang sangat cepat naik   namun cepat juga jatuh. Karena percaya diri yang dimiliki oleh Hermanto Tanoko karena sebelumnya memiliki bisnis yang sukses. Tidak teliti pada hal kecil yang mengakibatkan bisnis Cleo jatuh di pasaran.

Begitu pula dengan bisnis cat milik ayahnya, Hermanto tanoko salah mengambil keputusan bias kognitif yang menyebabkan adalah ilusi kendali karena Hermanto tanoko sudah merasa cukup mampu untuk melakukan unrelated  diversification padahal pabrik cat nya belum bisa settle secara manajerial maupun secara finansial yang mengakibat kan bisnis cat nya sempat mengalami stuck dan sulit untuk berkembang. 

Apa yang seharusnya dilakukan untuk mencegah jatuhnya bisnis yang dikelola oleh Hermanto Tanoko?

Saran untuk pabrik cat Avian milik ayah Hermanto tidak langsung melakukan unrelated diversification karena perusahaan belum stabil dan settle. Lebih baik menunggu perusahaan tersebut fokus pada core bisnis. Dan juga menunggu management dan finansial perusahaan tersebut settle dan sustain agar berkembang dengan baik dan tidak terlalu cepat untuk mengambil langkah disaat perusahaan belum settle. 

Saran yang sesuai pada saat jatuhnya Cleo, yaitu memastikan lebih teliti apakah air oksigen dengan AMDK adalah dua hal yang berbeda ataukah sama. Sehingga tidak menyebabkan air mineral yang sudah beredar di pasaran kemudian ditarik kembali. Bagian Research & Development pada bisnis Cleo harusnya lebih memerhatikan kembali barang yang ingin diluncurkan agar tidak terjadi kesalahan.

Analisis SWOT Forces Cleo Pure Water

Analisis SWOT adalah salah satu bagian dari perencanaan manajer yang meliputi analisis kekuatan (Strengths) dan kelemahan (Weaknesses) internal organisasi, serta analisis kesempatan (Opportunities) dan ancaman (Threats) lingkungan eksternal. Berdasarkan analisis SWOT, manajer dapat menentukan strategi korporat, bisnis, dan fungsional untuk mencapai misi dan tujuan organisasi. 

Analisis SWOT Cleo Pure Water

Strengths

Weaknesses

  • Cleo menjaga kemurnian air tanpa menggunakan banyak kandungan mineral anorganik dengan TDS di bawah 10 ppm, artinya jumlah zat padat terlarut kurang dari 10 mg per liter.

  • Pelopor air minum dalam kemasan dengan oksigen di Indonesia.

  • Satu-satunya produk air mineral di Indonesia dengan bahan baku botol dan galon menggunakan biji asli plastik 100% PET sehingga berwarna bening, BPA Free, dan tidak mengkontaminasi air. 

  • Variasi produk lengkap mulai dari Cleo Classic (berbagai ukuran), Cleo Sport, Cleo Ecoshape, dan Cleo Oxygenated yang dapat menyesuaikan kebutuhan konsumen.

  • Pioner air mineral dengan small and handy packaging 220ml di dunia.

  • Bagi sebagian masyarakat rasa content dari kemurnian air minum Cleo bersifat aneh dan terdapat aftertaste yang pahit. 

  • Galon PET yang bersifat single use meningkatkan pengeluaran konsumen, sehingga mereka cenderung memilih merk kompetitor.

  • Dengan kualitas dan diferensiasi produk Cleo, harga jual relatif lebih mahal dari kompetitor. 

Opportunities

Threats

  • Cleo dapat meningkatkan target penjualan, penambahan pabrik dan jaringan distribusi yang sejalan dengan program pembangunan infrastruktur dan stimulus perijinan dan investasi pemerintah dalam omnibus law.

  • Memperluas jaringan distribusi dan menambah pelanggan baru dengan memperluas pangsa pasar produk ke daerah-daerah baru melalui distributor internal dan eksternal serta modern dan tradisional trade.

  • Membangun merek dan kepercayaan melalui keterlibatan kegiatan pemasaran.

  • Terus berinovasi dalam penciptaan produk dan packaging air mineral yang unik dan terdiferensiasi.

  • Masyarakat mulai mengarah ke eco-friendly lifestyle yang membuat mereka enggan untuk membeli air minum dalam kemasan berbahan plastik.

  • YLKI dan Greenpeace Indonesia menyatakan bahwa kemasan galon Cleo akan semakin menimbulkan masalah lingkungan yang disebabkan oleh sampah single use plastic di masyarakat. 

  • Cleo memiliki tantangan terbesar karena bersaing di industri AMDK bersama 1 kompetitor utama yang merupakan market leader dan 500 kompetitor lainnya.

  • Konsumen sudah memiliki “ brand top of mind” dalam memilih produk air mineral.

Strategi level korporat, bisnis, dan fungsional berdasarkan SWOT diatas

Coorporate Level Strategy

Strategi level korporasi merupakan strategi yang memfasilitasi semua aspek tujuan dan sasaran dari perusahaan dan mengakomodasi dari semua lini unit bisnis untuk mencapai arah dan tujuan dari perusahaan. 

Berdasarkan analisis SWOT diperlukan untuk menjaga kekuatan core bisnis untuk antisipasi dalam menghadapi persaingan dengan kompetitor dalam bisnis air minum dalam kemasan. Diversifikasi sangat diperlukan untuk dilakukan sebagai pembeda dari kompetitor, dengan menjaga kualitas dan merebut pasar dengan meningkatkan PH air paling tinggi dari kompetitor, di karenakan saat ini kemurnian dan tingkat keasaman air mineral sudah menjadi perhatian pasar. Akan tetapi pembeda itu sudah ditunjukan oleh Hermanto Tanoko salah satu nya dengan sebagai pelopor air minum oksigen dalam kemasan dan Vio 8+ sebagai air minum dalam kemasan ber-PH tinggi.

Selain diversifikasi, perusahaan Tanobel juga perlu melakukan integrasi untuk menguatkan posisi pasar, dapat dilihat ketika perusahaan melakukan akuisisi seluruh aset perusahaan pabrikan air kemasan Super O2 menjadi dibawah naungan Tanobel Food. dengan begitu alur produksi dari hulu ke hilir diupayakan untuk menciptakan keuntungan bagi perusahaan dimulai dengan memproduksi kemasan sendiri hingga alur distribusi. serta perusahaan  juga harus melakukan pemerataan produk untuk mencakup semua wilayah di Indonesia dengan membangun pabrik-pabrik baru di wilayah strategis.

Business Level Strategy

Bisnis Strategi adalah rencana bisnis yang digunakan untuk mencapai tujuan dari setiap unit Bisnis atau anak perusahaan. Pada tingkatan strategi bisnis pemanfaatan sumber daya dan kompetensi perusahaan untuk menciptakan keunggulan kompetitif terhadap kompetitor. Dengan melihat apa yang menjadi kebutuhan pasar. 

Perusahaan tanobel berfokus pada diversifikasi (pembeda) pada produksi kemasan yang terbuat dari PET (Polyethylene Terephthalate) yang ramah lingkungan dan bisa di daur ulang. Dan terus berinovasi untuk mengeluarkan produk yang relevan saat ini seperti Cleo Platine yang mengandung mineral anorganik yang baik bagi kesehatan. Dan Cleo smart ukuran 220 ml upaya untuk mengganti kemasan ukuran gelas ke botol ukuran yang lebih kecil sehingga lebih higienis tanpa memerlukan sedotan atau apapun untuk membuka kemasan.

Funcitional Level Strategy

Tingkatan strategi fungsional merupakan kegiatan operasional perusahaan dalam meningkatkan fungsi bisnis nya seperti Pemasaran, Sumber daya manusia, manufaktur ataupun penelitian atau pengembangan masing-masing departemen.

Divisi pemasaran sebagai garda terdepan untuk memastikan produk sampai ke konsumen akhir terus menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan pemenuhan permintaan pada mitra usaha/agen distribusi, dan menciptakan program penjualan atau bonus / insentif kepada mitra usaha/ agen distribusi untuk menciptakan keuntungan baik dari perusahaan maupun dari pihak mitra usaha.

Di departemen manufaktur juga telah melakukan efisiensi dimulai dari proses hiperfiltrasi ozonisasi yang sudah menggunakan mesin berstandarisasi dan berteknologi terkini, serta menciptakan inovasi packaging yang menjadi nilai tambah perusahaan dari kompetitor

Sumber:

Jones, Gareth R, & George, Jennifer M. 2020. Contemporary Management 11th Edition. New York: McGraw-Hill Education

official website Tancorp Abadi Nusantara https://tancorp.id

The Supremes

Mohammad Hari Adipurna 

Redy Sepriyadi

Reva Alfiana Annisa W 

Riski Anggun Pratika


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
RedySepriyadi

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format