Harga Selangit, Bucini Banting Harga


1
1 point

Penetapan Harga

Produk Bucini mengeluarkan waktu yang panjang dan cost yang cukup besar selama proses pengerjaannya dimulai dari mengolah kulit sapi biasa  hingga menjadi sebuah produk yang siap dipasarkan, hal ini dikarenakan pada prosesnya, Bucini masih sepenuhnya buatan tangan dan tidak menggunakan mesin produksi masal guna mempertahankan kualitas dan ciri khas produk. sehingga membutuhkan lebih banyak pengrajin dalam pengerjaannya yang tentu saja memakan biaya yang jauh lebih besar dibandingkan dengan dengan menggunakan mesin produksi masal. oleh karena itu, jika dibandingkan antara nilai, biaya dan persaingan, maka penetapan harga produk bucini cenderung berdasarkan biaya produksi dan juga nilai kerajinan yang dipertahankan.

Faktor Internal dan Eksternal

Setiap perusahaan selalu mempertimbangakn banyak faktor sebelum menetapkan sebuah harga jual produk, karena penetapan harga sebuah produk juga merupakan hal penting dan akan sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan produk itu kedepannya. Secara garis besar, faktor penetapan harga berasal dari 2 faktor besar yaitu faktor internal dan eksternal.   Faktor internal yang dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan guna penetapan harga produk Bucini tak berbeda dengan produk produk lain yang beredar di pasaran yaitu biaya produksi, biaya produksi merupakan segala biaya yang dikeluarkan dalam proses produksi guna menciptakan sebuah produk, sehingga kasarannya, untuk memperoleh keuntungan, harga jual suatu produk haruslah melebihi biaya produksi. Produk Bucini ditargetkan untuk pasar menengah ke atas dikarenakan harganya yang cukup mahal dengan proses produksi yang tidak menggunakan mesin produksi masal tetapi menggunakan keahlian pengrajin atau dengan kata lain produk Bucini merupakan produk Handmade dengan biaya produksi yang tinggi sehingga Bucini perlu konsen memperhitungkan hal tersebut secara matang. Tak kalah dengan faktor internal, faktor eksternal sendiri cukup banyak yang perlu dipertimbangkan oleh Bucini dalam penetapan harga dikarenakan Bucini memasarkan produknya hingga keluar negeri seperti Holland, Australia, maupun Jepang. Selera konsumen dan regulasi pemerintah tiap negara tentu juga perlu disesuaikan, selain itu mata uang yang bersifat fluktuatif juga pasti mempengaruhi pemasaran produk Bucini.

Keputusan Harga

Bucini merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang mode dengan pengerjaan yang dilakukan sepenuhnya dengan tangan atau biasa dikenal handmade. Selain itu, Bucini pun juga memiliki bahan dasar yang berasal dari 100% kulit sapi, hingga Bucini terkenal dengan sebutan exclusive leather. Jangkauan harga yang dimiliki oleh Bucini pun terbilang sangat mahal yaitu mencapai Rp 1,900,000. Penetapan harga yang cukup mahal oleh Bucini bukan tanpa alasan, melainkan merk tersebut memiliki nilai filosofi atas keaslian bahan dasar dengan mengedepankan ciri khas dari kerajinan tradisional. Selain itu, untuk mendapatkan kualitas terbaik dari barang yang diproduksi, bahan dasar haruslah melalui tahap penyamakan kulit terlebih dahulu. Dimana proses tersebut membutuhkan beberapa minggu untuk menghasilkan hasil yang otentik. Melalui proses penyamakan, maka akan menciptakan efek yang unik pada kulit setelah semakin sering produk dipakai. Efek unik tersebut ditandakan oleh kulit yang akan semakin lentur, mengkilat, dan menghasilkan patina yang khas. Sehingga keputusan harga yang ditetapkan oleh Bucini ialah tergolong ke dalam market-skimming

Penggunaan strategi keputusan harga yang dimiliki oleh Bucini sudahlah tepat. Dimana jika melihat pada proses produksi yang cukup panjang serta penggunaan bahan dasar dan citra produk yang berkualitas, tak heran jika Bucini memasang harga yang tinggi. Melalui strategi ini, Bucini pada awalnya memasang harga diatas rata-rata untuk menarik para pelanggannya, kemudian perlahan akan menurunkan harganya karena sudah adanya perilisan model produk terbaru. Selain itu, Bucini juga sudah berhasil mengglobal yang ditandakan bahwa telah melakukan ekspor produknya ke benua lain seperti Eropa dan Australia. Pada bagian pemasaran produk untuk Benua Eropa pun, Bucini juga sudah memiliki agen tersendiri yaitu tepatnya pada negara Belanda dimana penjualannya mencapai rata-rata 4.500 tas. 

Penyesuaian Harga

UMKM Bucini perlu melakukan penyesuaian harga pada produknya. Penyesuaian harga dilakukan karena pada masa pandemic ini, produk fashion cenderung mengalami penurunan. Pasar domestik lesu akibat pandemi yang terjadi saat ini. Oleh karena itu, perlunya penyesuaian harga pada produk Bucini. Penyesuain harga dinilai efektif untuk meningkatkan penjualan, yang nantinya akan berimbas kepada reputasi brand Bucini untuk menjadi lebih baik dan lebih dikenal.

Penyesuaian harga yang dapat dilakukan Bucini adalah dengan menurunkan harga. Solusi ini diambil dengan mempertimbangkan harga bahan baku produksi, yaitu kulit sapi yang menurun pada tahun 2020 Dilansir dari TribunJabar, harga kulit sapi sebagai bahan dasar produksi produk fashion berbahan dasar kulit mulai mengalami penurunan sebesar 50% apabila dibandingkan dengan harga pada tahun 2019. Bucini dapat melakukan potongan harga pada masa ini. Tetapi, banyak yang merasa bahwa apabila suatu bisnis atau perusahaan melakukan potongan harga akan berdampak pada reputasi merek dimata masyarakat Masyarakat akan merasa bahwa produk kurang laris dipasaran sehingga dilakukan pemotongan harga. Oleh karena itu, Bucini dapat melakukan pemotongan harga sesuai dengan event hari besar. Masyarakat akan menilai bahwa Bucini mendukung adanya hari besar tersebut dan bukan karena produk yang mengalami penurunan.

Pertimbangan Bucini untuk menurunkan harga juga berasal dari kondisi ekonomi Indonesia yang saat ini mengalami resesi. Saat ini, banyak masyarakat yang kekurangan dalam segi ekonomi, sehingga pasar menjadi lesu. Maka dari itu, potongan harga yang dilakukan Bucini juga dapat menjadi salah satu cara mengembalikan pasar yang lesu, dan memperbaiki keadaan ekonomi Indonesia. Potongan harga yang dilakukan juga mempertimbangkan harga bahan baku kulit sapi yang mulai mengalami penurunan. Oleh karena itu, biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi setiap produknya relatif rendah sehingga Bucini tidak akan mengalami kerugian walaupun melakukan potongan harga pada produk-produknya. 

Perubahan Harga

Berkaitan dengan penyesuaian harga, pada masa pandemi ini Bucini dirasa perlu melakukan perubahan harga dengan jalan melakukan pemotongan harga produk. Faktor-faktor pendorong perubahan harga yang telah disebutkan pada penyesuaian harga, seperti pasar yang lesu, minat terhadap fashion menurun selama pandemi, hingga turunnya harga bahan baku sangat berpengaruh pada kemungkinan perubahan harga. Faktor-faktor tersebut berimplikasi pada inisiatif atau tanda penyebab perubahan harga yaitu adanya kemungkinan kelebihan kapasitas produksi. Apabila produksi tas tetap dilakukan seperti biasanya, sedangkan pasar sedang lesu dan minat konsumen menurun maka hal itu akan menyebabkan produk jadi dari tas akan menumpuk dan terjual lebih lama. Minat konsumen dan pasar yang lesu menggambarkan bahwa permintaan konsumen akan produk menurun yang juga menyebabkan produk tas jadi hanya tersimpan di gudang penyimpanan. Pilihan memberi potongan harga dirasa efektif untuk sedikit demi sedikit menarik kembali minat konsumen untuk membeli produk. 

Kebijakan potongan harga diharapkan akan mendapat respon positif dari konsumen karena UMKM memahami kondisi pasar dan ekonomi yang saat ini sedang terjadi. Selanjutnya, kebijakan perubahan harga yang diambil juga akan mendapatkan respon dari kompetitor di industri yang sama. Mengingat bahwa kondisi saat ini bukanlah kondisi pasar yang efektif dan normal, kebijakan potongan harga yang mungkin diterapkan Bucini akan memantik kompetitor untuk melakukan hal yang sama karena pada kondisi saat ini konsumen pasti akan mencari barang dengan kualitas yang sama bagus tapi harga yang lebih murah. 

KELOMPOK The Real Patriot

Penulis :

  • Dyah Ayu Trialmaida Nugroho

  • M Zahid Alfaruqi

  • Ruhma Syafia Dewi

  • Salsabila Athirah

Referensi :

Kotler, P. and Armstrong, G. (2018), Principles of Marketing, 17th ed. Harlow, UK: Pearson Education Ltd.

Bucini. (2020). Cerita Kami. Diakses pada 16 November 2020, dari https://bucini.id/cerita-kami/

Sindonews. (2018). Produk Kulit Lokal Mendunia. Diakses pada 16 November 2020, dari https://ekbis.sindonews.com/berita/1305266/34/produk-kulit-lokal-mendunia/10


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
Ruhmasyafia

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format