Strategi Harga pada Misi Mulia Produk Sepatu Naray.co


0

Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, Naray.co menerapkan penetapan harga berdasarkan nilai. Hal ini ditunjukkan dari harga produk Naray.co masih di bawah produk-produk kompetitor yang juga menjual sepatu lokal seperti Geoff Max dan Brodo. Naray.co menentukan kebutuhan dan value dari pelanggan. Pelanggan Naray merupakan pihak yang membutuhkan sepatu dan mencintai kearifan lokal seperti kain tenun. Naray kemudian menentukan target harga yang tepat untuk match dengan value pelanggan yang ada dan menghitung biaya-biaya yang timbul dari produksi produk misalnya saja biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead dimana dalam biaya ini masuk pula biaya sewa tempat dan sebagainya. 

Tahap terakhir yang dilakukan Naray adalah mendesain produk yang sesuai dengan target harga dan value yang sesuai. Untuk membuat sepatu ini, naray menggunakan kain tenun stagen yang lebih murah dan lebih kaku dibandingkan kain tenun yang digunakan untuk baju atau kemben. Hal ini tentunya telah dipertimbangkan dalam proses costing produk. Harga kain stagen untuk pembuatan sepatu satu gulungnya atau sepanjang 9 meter berkisar Rp25.000. Satu kain stagen ini dapat digunakan untuk membuat empat hingga lima pasang sepatu. Jika dibandingkan dengan sepatu lokal merk lain seperti Brodo dan Geoff Max yang berbahan kanvas, harga satu pasang bahan kanvas untuk sepatu berkisar Rp40.000. Tentunya harga ini lebih mahal daripada kain tenun stagen. 

Faktor internal dalam menentukan harga produk Naray.co antara lain strategi pemasaran, tujuan, dan konsiderasi perusahaan. Strategi pemasaran produk Naray.co menyasar masyarakat yang ingin melestarikan produk lokal dan tenun lokal. Tujuan dari produk ini juga memberdayakan pengrajin tenun lurik sekitar Naray.co. Konsiderasi perusahaan dalam menentukan harga adalah bagian akuntansi yang ada di perusahaan. Walaupun Naray.co baru berdiri pada 2018, pembagian tugas dan divisi sudah ada dan bekerja sesuai tugasnya masing-masing. Bagian akuntansi bertanggung jawab dalam proses costing produk dibantu dengan departemen produksi dan marketing untuk menentukan budget yang dikeluarkan di tiap divisi. 

Faktor eksternal dalam menentukan harga produk sepatu Naray.co antara lain pasar dan permintaan,ekonomi, dan faktor eksternal lain. Pasar dari produk Naray.co adalah sepatu dengan kearifan lokal, pasar ini termasuk ke dalam persaingan murni. Walaupun memang banyak pesaing-pesaing raksasa dari merk luar negeri seperti Adidas dan nike. Permintaan produk sepatu lokal juga sedang marak di pasaran, dengan adanya program melestarikan produk lokal kini banyak anak muda yang tertarik membeli sepatu lokal. Faktor ekonomi yang saat ini berpengaruh adalah inflasi, suku bunga, selain itu adanya pandemi covid yang menyebabkan masyarakat lebih mengutamakan produk makanan pokok daripada produk fashion untuk bertahan hidup. Namun dengan adanya resesi ekonomi, pemerintah mendorong masyarakat untuk berbelanja produk lokal agar perekonomian kembali menggeliat. Faktor eksternal lain adalah adanya anjuran pemerintah untuk berbelanja produk lokal dan mendukung karya anak bangsa. 

Menyoal harga, brand Naray.co menggunakan strategi market skimming dalam menetapkan harga jual produk. Menurut Kotler dan Armstrong (2018), market skimming pricing adalah strategi menetapkan harga tinggi pada produk baru untuk mencapai penjualan yang lebih menguntungkan. Strategi yang dilakukan oleh Naray.co dalam menggunakan market skimming pricing sudah tepat. Naray.co yang berdiri sejak tahun 2018 merupakan produk sepatu berbahan baku stagen pertama di Indonesia. Marketing skimming pricing tentu sangat cocok apabila disematkan pada inovasi produk pertama yang ada di pasaran. Selain itu, terbatasnya kapasitas produksi di tahap awal operasi juga patut menjadi bahan pertimbangan bagi manajemen Naray.co dalam menetapkan harga jual.

Hal yang juga menjadi pertimbangan adalah kehadiran brand pesaing dengan produk serupa di masa depan. Jika hal ini terjadi, Naray.co perlu menurunkan harga produk agar volume penjualan meningkat dan dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Hal ini sejalan dengan grafik market skimming pricing, dimana harga tinggi di awal operasi akan diikuti dengan permintaan yang rendah, namun ketika harga turun akan diikuti dengan peningkatan permintaan. Berangkat dari hal ini, strategi Naray.co untuk menetapkan harga jual produk yang tinggi di awal operasi merupakan langkah yang terbaik untuk dilakukan. Tujuannya adalah agar brand Naray.co tetap bisa mendapatkan keuntungan maksimal.

Naray.co perlu menempuh penyesuaian harga produk saat ini, karena saat pandemi ini masyarakat lebih memilih membeli bahan pokok (makanan) dibandingkan membeli produk fashion. Akan tetapi, diikutip dari validnews.id berdasarkan survei yang dibuatnya bahwa 76,3% masyarakat tetap membeli produk fashion. Dalam hal ini fashion yang dimaksud adalah pakaian santai untuk di rumah bukan baju bepergian,  tas, dan sepatu. 

Selain itu juga mempertimbangkan kondisi Indonesia saat ini yang sedang mengalami penurunan kegiatan ekonomi atau biasa disebut resesi. Walaupun harga produk – produk Naray.co masih di bawah produk-produk kompetitor yang juga menjual sepatu lokal seperti Geoff Max dan Brodo,  Naray.co sebaiknya melakukan Penyesuaian harga di pasar untuk menarik masyarakat agar membeli produk – produknya. 

Melihat kondisi tersebut, Naray sangat perlu mempertimbangkan penyesuaian harga untuk produk-produk di kala pandemi ini. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memberi diskon atau potongan harga promo melalui website resmi Naray dan e-commerce. Penetapan harga promo dapat dilakukan dengan pemberian diskon ataupun sistem beli 1 gratis 1. Hal ini dapat dilakukan dengan syarat Naray dapat mempertimbangkan bahwa potongan harga yang dilakukan tetap menutup biaya produksinya serta memberikan laba. Naray juga harus mempertimbangkan kompetitor lainnya juga jika akan ada kemungkinan mereka melakukan hal yang sama dengan naray yaitu menetapkan potongan harga promo. 

Akan tetapi, Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa harga produk Naray sejatinya dibawah harga para kompetitornya yang mengusung produk yang hampir sama dengannya. Oleh karena itu dengan adanya potongan harga ini akan menarik customer untuk membeli produk Naray di kala pandemi ini dengan harga yang cukup murah dan merakyat terutama bagi masyarakat yang memiliki ketertarikan dengan budaya dan ingin melestarikan produk lokal UMKM di masa pandemi ini.

Referensi

Dwitya, Lestari. 2020. Tampil Keren dengan 17 Brand Sepatu Lokal Indonesia Ini, Dijamin Berkualitas!  Terdapat pada: https://www.google.com/amp/s/review.bukalapak.com/amp/mens-style/brand-sepatu-lokal-indonesia-107827 Dikutip pada: 14 November 2020

Naray. 2020. About us. Terdapat pada: http://naray.co/about/ dikutip pada: 14 November 2020

Disusun oleh: The Marketing Whisperer

  1. Ega Bashiela
  2. Elia Novita
  3. Ilham Adzaky
  4. Rizqa Zidny

Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
elianovita

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format