Strategi Penetapan Harga Batik Tulis Giriloyo

Batik Giriloyo berada di Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Batik Giriloyo merupakan salah satu batik tulis khas dan terkenal di Yogyakarta


0

Batik Giriloyo terkenal dengan motif dari batik ini yang masih melestarikan corak motif klasik seperti motif Sekar Jagad, Sido Asih, Sido Mukti dan Wahyu Tumurun. Pun para pengrajin juga mengkombinasikan motif klasik dengan motif modern atau motif buatan mereka sendiri sehingga membuat batik Giriloyo banyak diminati oleh banyak orang.

Terkait dengan harga, Batik Giriloyo mematoknya dari segi biaya produk. Dimana harga ini tergantung pada bahan baku, proses dan kerumitan pembuatan produk. Dari segi bahan baku, terdapat 3 bahan kain yang digunakan oleh batik Giriloyo yakni kain katun, sutra dan prima. Semakin baik kualitas kain yang digunakan maka akan semakin mahal pula harga batik tulis Giriloyo. Kemudian harga dipatok dari segi proses dan kerumitan produk. Jika pembuatan batik memerlukan waktu yang lama dan motifnya rumit, tentunya akan mempengaruhi harga dari produk. Karena seperti yang kita tahu bahwa, pembuatan batik tulis memerlukan waktu yang cukup lama yakni 1 sampai 3 bulan bahkan jika motifnya memiliki tingkat kerumitan yang sangat tinggi bisa memerlukan waktu hingga 1 tahun. Pun dibutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam pembuatannya agar batik yang dihasilkan akan maksimal dan bisa memberikan detail detail gambar. Untuk range harga dari batik Giriloyo berkisar antara Rp350,000 sampai jutaan rupiah tergantung pada biaya produksinya. Meskipun harga ini tergolong mahal, namun kualitas dari batik Giriloyo sudah tidak perlu diragukan lagi. Hal ini lah yang membuat pelanggan merasa puas karena walaupun harga batiknya mahal namun motif dan kualitas batiknya sangat worth it to buy.

Faktor Internal Dan Eksternal Yang Mempengaruhi Penetapan Harga

*Faktor Internal

1.       Overall Marketing Strategy, Objectives, and Mix

Strategi pemasaran (marketing strategy) yang dilakukan oleh batik Giriloyo yakni menggunakan 4 macam cara: penjualan secara online (website, facebook dan e-mail), penjualan secara langsung melalui show room, mengikuti pameran dan melalui brosur. Karena range harga batik tulis Giriloyo berkisar antara Rp350,000 hingga jutaan rupiah maka sasaran pemasaran (marketing objectives) batik Giriloyo adalah kelas menengah ke atas. Dimana mereka yang biasa membeli atau bahkan sudah menjadi pelanggan batik tulis ini biasanya adalah dari kalangan pecinta batik serta orang yang menghargai dan tau betapa rumitnya pembuatan batik tulis. Untuk bauran pemasaran (marketing mix) yang dilakukan oleh batik Giriloyo yakni dengan:

  • Product

Produk batik tulis yang dihasilkan oleh batik Giriloyo memiliki kualitas tinggi dengan mempertahankan motif klasik dan kombinasi motif jaman sekarang. Dengan melakukan kombinasi motif antara motif klasik dan modern ini membuat para pelanggan merasa terpuaskan terkait dengan selera mereka.

  • Price

Terkait dengan harga, produk batik tulis Giriloyo relatif cukup tinggi yang berkisar antara Rp350,000 hingga jutaan rupiah. Namun para pelanggan tidak menjadikannya masalah karena batik Giriloyo memang menjual kualitas batik tulis buatan mereka.

  • Promotion

Cara promosi yang dilakukan oleh batik Giriloyo yakni dengan 4 metode yakni :

  1. Secara online (website, facebook dan e-mail)
  2. Secara langsung (showroom)
  3. Mengikuti banyak pameran
  4. Melalui brosur yang dikelola oleh paguyuban batik Giriloyo
  • Place

Untuk bauran pemasaran place, disini batik Giriloyo masih banyak melakukan distribusi barang secara langsung. Maksudnya adalah penjualan produk dari penjual langsung kepada pembeli yakni melalui sistem penjualan langsung di showroom.

 2.       Organizational Consideration

Penetapan harga dipertimbangkan oleh batik Giriloyo melalui aspek sebagai berikut:

  1. Bahan baku (jenis kain)
  2. Proses
  3. Tingkat kerumitan

*Faktor Eksternal

1.       The Market and Demand

Jangkauan pasar batik tulis Giriloyo sudah mulai terkenal dan menyebar di Pulau Jawa dan ada beberapa pelanggan dari luar negeri. Para pelanggan yang berasal dari luar negeri ini dapat mengetahui keberadaan batik Giriloyo dari paket wisata yang ditawarkan juga oleh paguyuban setempat.

Permintaan pasar akan produk batik tulis Giriloyo ini cukup banyak, pembeli biasanya membeli batik secara langsung ke showroom sekaligus menikmati paket wisata yang ditawarkan oleh batik Giriloyo. 

Price Changes

Pada masa pandemi seperti sekarang ini, tentu respon para pembeli akan sangat berbeda dari masa-masa sebelumnya. Pada kondisi ini pembeli pasti telah menentukan skala prioritasnya ketika membeli sebuah barang. Kain batik dan wisata batik tidak lagi memberikan daya tarik yang membuat para pelanggan mau menghabiskan waktu dan materinya untuk berbelanja dan berwisata di kampung batik selama masa pandemi. Dengan demikian perlu dilakukan berbagai penyesuaian agar dapat memantik keinginan para pembeli untuk kembali datang dan berbelanja kain batik. Hal-hal yang dapat dilakukan diantaranya adalah gencar melakukan promosi, bekerja sama dengan berbagai macam marketplace, melakukan campaign, dan memainkan harga. Dalam melakukan penyesuaian harga, pihak Batik Giriloyo sangat perlu mempertimbangkan harga kain batik para kompetitornya. Jika kompetitor tidak menurunkan harga maka kita dapat tetap menahan dan menggunakan harga  saat ini, berbeda ketika para kompetitor menurunkan harga maka kita harus mengambil aksi dengan mengurangi harga. Namun ketika kita mengurangi harga tentu kita tetap harus berusaha memaksimalkan keuntungan dengan cara menggunakan teknologi yang lebih canggih, memberikan syarat-syarat tertentu agar pembeli dapat membeli barang kita dengan lebih banyak, misalnya dengan pembelian minimal 5 produk akan mendapatkan potongan harga 10%, atau gencar melakukan giveaway bersyarat di media sosial untuk meningkatkan eksistensi kain batik di tengah masyarakat. Selain itu jika memang produk yang kita jual memiliki kualitas yang sangat bagus, tidak masalah jika kita tetap mempertahankan harga tinggi, namun sangat lebih bagus jika kita bisa menambahkan ataupun meningkatkan nilai-nilai dalam produk tersebut, misalnya kita bisa memberikan greeting card atas pembelian kain batik, memberikan tote bag multifungsi, atau memberikan kupon diskon agar nantinya ketika pembeli ingin datang lagi dapat memperoleh penawaran menarik.  Hal lain yang tidak kalah penting yang dapat dilakukan Batik Giriloyo adalah dengan menetapkan harga yang jauh lebih tinggi kepada para pembeli yang berasal dari pasar internasional, memberikan harga yang dinamis, dan menetapkan harga dengan memainkan psikologis pembeli, dimana kita memberikan angka-angka ganjil yang dapat mempengaruhi persepsi para pembeli.

Strategi Penetapan Harga Produk Baru

Batik Giriloyo menerapkan strategi penetapan harga berupa market skimming price pada produk barunya. Penetapan harga ini tepat karena mampu memenuhi ketiga persyaratan dari penetapan market skimming price. Persyaratan pertama, yaitu kualitas dan citra produk harus mendukung harganya yang tinggi serta ada pembeli yang mau membayar produk tersebut dengan harga tinggi. Hal ini terbukti dari proses pembuatan batik yang rumit. Para pengrajin harus mencanting satu persatu pola di kain batik secara manual. Bahkan, satu kain batik membutuhkan waktu 1 – 1,5 bulan pengerjaan. Tidak heran, harga dari satu kain batik Giriloyo pun tinggi. Meskipun begitu, batik ini tidak sepi peminat. Banyak orang dari dalam maupun luar negeri tetap mau membelinya karena kualitasnya. Rata-rata pembelinya merupakan para pecinta batik yang menganggap batik sebagai karya seni dan berasal kalangan menengah ke atas. 

Sumber: https://batikgiriloyo.com/sosok-ibu-saya-single-parent-berjuang-dengan-canthing-batik/

Persyaratan kedua, yaitu biaya dari jumlah produksi yang sedikit tidak bisa terlalu tinggi sehingga produsen tidak mengambil kesempatan untuk memproduksi lebih banyak. Syarat ini terpenuhi karena proses produksi batik Giriloyo sendiri membutuhkan waktu yang lama karena dilakukan secara manual. Selain itu, bahan-bahannya pun tidak terbilang murah sehingga produksi tidak dapat dilakukan secara besar-besaran. Persyaratan ketiga, yaitu kompetitor tidak bisa masuk ke dalam pasar dengan mudah dan memotong harga yang tinggi. Hal ini terbukti dari bahan baku batik, seperti kain, malam, pewarna, dan lain-lain semakin mahal dari tahun ke tahun. Selain itu, keterampilan mencanting pola batik membutuhkan jam terbang yang tinggi sehingga sulit bagi pengrajin baru untuk menguasainya. Keadaan ini membuat kompetitor sulit untuk masuk ke dalam pasar batik tulis.

Pertimbangan Perubahan Harga

Saat ini kita mengetahui bahwa adanya pandemi Covid-19 membuat perekonomian negara menjadi lesu. UMKM seperti Batik Giriloyo termasuk yang terkena dampaknya. Bagaimana tidak, salah satu target konsumen batik ini yakni para wisatawan asing, kini sudah tidak ada akibat diterapkannya physical distancing. Alasan lainnya yaitu batik bukanlah kebutuhan yang harus dipenuhi (bukan prioritas) bagi mayoritas masyarakat sehingga semakin menyulitkan penjualan batik dalam kondisi ini. Untuk itu, perlu adanya perubahan harga terhadap produk-produk Batik Giriloyo sebagai langkah manajemen dalam bertahan hidup di tengah pandemi. Perubahan yang dimaksud yaitu pemberian potongan harga atau diskon dengan minimal pembelian tertentu. Misal pembelian di atas Rp1.000.000 akan diberikan potongan senilai Rp100.000. Hal ini dilakukan agar dapat meningkatkan kembali daya beli masyarakat atas produk batik. Meski begitu, potongan harga yang diterapkan jangan terlalu banyak dan manajemen tetap harus memperhatikan harga pokok produksinya. Mengingat para produsen Batik Giriloyo juga sedang mengalami kondisi ekonomi yang buruk. Alhasil, win-win solution akan terjadi baik dari sisi konsumen maupun produsen. Langkah ini kemungkinan juga akan diikuti oleh para pesaing dari Batik Giriloyo melihat lesunya daya beli masyarakat atas kain batik. Oleh karena itu, perlu dilakukan survei terhadap produk-produk kompetitor agar Batik Giriloyo tetap mampu bersaing, bukan dari kualitas namun juga dari sisi harga.

Sumber:

Disusun oleh kelompok 3 "Fifty Shades of Awesome"
1. Jihan Putri Surya
2. Lovieko Putra Hidayat
3. Riski Ani Wahyu W
4. Yohanika Kurnia Putri


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
lovieko

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format