Sepatu Compass, Mahal Apa Murah , Ya ?


0

1. Apakah penetapan harga mengikut penetapan harga berdasar nilai, biaya atau persaingan? Beri argumen, data atau bukti untuk mendukung pilihan anda.

Compass melakukan penetapan harga berdasar nilai. Menurut pemilik, Compass memiliki cerita yang panjang dibalik penetapan harganya. Perusahaan ini pernah bangkrut karena kalah oleh kompetitornya yaitu Warrior yang berhasil menjiplak dan menawarkan harga yang sangat murah di kisaran harga Rp80.000,- sampai Rp200.000,-. Pemilik Compass ingin menyampaikan pesan bahwa setiap usaha harus bertumbuh secara organik dan bukan semata mencari keuntungan. Selain nilai sejarahnya, Compass juga menyampaikan nilai kebanggaan produsen dengan membuat slogan Bangga Buatan Indonesia.

Apabila Compass mengikuti harga pesaing, Compass bisa mengikuti brand Warrior yang berada di harga kisaran Rp80.000,- atau mengikuti Vans yang berada di harga kisaran Rp800.000,- Compass memilih menjual produknya dengan harga kisaran Rp300.000,- untuk harga ritel. Padahal, Compass sebenarnya dapat menaikkan harga sepatunya hingga jutaan rupiah jika perusahaan mau. Hal ini karena di pasaran reseller, sepatu tangan kedua bisa dijual dengan harga lebih mahal daripada harga ritel. Bahkan, reseller bisa mendapatkan margin keuntungan 100% dari harga ritel. Namun, Compass tidak memilih strategi ini untuk menjaga nilai dan cerita yang telah disampaikan secara turun temurun.

Pada Bulan Oktober, Compass membuka pabrik baru untuk meningkatkan kapasitas serta kualitas produksi. Hal ini baru dilakukan setelah Compass berdiri lebih dari dua abad. Peningkatan biaya produksi tentunya memberikan dampak terhadap peningkatan harga produk. Namun, dengan kualitas dan kepastian stok yang diberikan oleh Compass, peningkatan harga yang tidak lebih dari 10% dapat memberikan kepuasan yang lebih bagi para costumer.

2. Jelaskan faktor internal dan eksternal untuk penetapan harga produk!

Tujuan penetapan harga pada umumnya termasuk bertahan hidup, maksimalisasi keuntungan saat ini, kepemimpinan pangsa pasar, atau mempertahankan pelanggan dan membangun hubungan.  Keputusan harga harus dikoordinasikan dengan desain produk, distribusi, dan keputusan promosi untuk membentuk program pemasaran yang konsisten dan efektif. Terakhir, untuk mengkoordinasikan tujuan dan keputusan penetapan harga, manajemen harus memutuskan siapa dalam organisasi yang bertanggung jawab menetapkan harga.

Keputusan penetapan harga sebuah perusahaan dipengaruhi oleh faktor-faktor perusahaan internal dan eksternal ;

  1. Faktor-faktor internal;

  • Sasaran perusahaan

  • Strategi bauran pemasaran

  • Sertimbangan organisasi

Faktor internal lainnya yang mempengaruhi keputusan penetapan harga yaitu keseluruhan strategi pemasaran perusahaan, tujuan, bauran, dan organisasi penetapan harga. Harga hanya salah satu elemen dari strategi pemasaran perusahaan yang lebih luas,  bila perusahaan memilih pasar sasaran dan positioning secara cermat, maka bauran pemasarannya, termasuk harga, akan mengikutinya.

Beberapa perusahaan memposisikan produk mereka terhadap harga dan kemudian menyesuaikan keputusan bauran pemasaran lain terhadap harga yang ingin mereka kenakan. Perusahaan lain tidak menekankan harga dan menggunakan bauran pemasaran lain untuk menciptakan posisi nonharga mereka. 

  1. Faktor-faktor eksternal;

  • Pasar dan permintaan

  • Persaingan 

  • Lingkungan lain ; ekonomi, sosial, politik, dan pemerintah. 

Faktor eksternal lainnya dalam pertimbangan penetapan harga yaitu kondisi alamiah pasar dan permintaan, strategi dan harga pesaing, dan faktor lingkungan seperti ekonomi, kebutuhan penyalur, dan tindakan pemerintah. Kebebasan penetapan harga oleh penjual bervariasi untuk setiap jenis pasar, pada akhirnya pelanggan memutuskan apakah perusahaan telah menetapkan harga dengan benar. 

Pelanggan menimbang antara harga terhadap nilai anggapan untuk menggunakan produk—apabila harga melebihi jumlah nilai, pelanggan tidak akan membelinya. Sehingga perusahaan  harus memahami konsep seperti kurva permintaan (hubungan harga-permintaan) dan elastisitas harga (sensitivitas konsumen terhadap harga). Konsumen juga membandingkan harga suatu produk dengan harga produk pesaingnya, oleh karena itu sebuah perusahaan harus mempelajari nilai pelanggan dan harga dari tawaran pesaing.

Selain karena kualitas bagus yang telah terjamin, juga harga yang cenderung murah, supply yang sedikit juga menjadi salah satu hal yang membuat sepatu Compass ini populer. Pihak manajemen sepatu Compass juga memberikan sepatu mereka kepada para influencer yang audiensnya para Sneakerhead dan juga Hypebeast. Influencer memegang peran penting dalam mempromosikan sebuah produk, di samping karena jangkauan yang sangat luas, para followers pun juga akan yakin bahwa produk yang dipasarkan oleh influencer mereka merupakan produk yang bermutu.

Semboyan “Compass untuk Semua” juga salah satu bagian dari strategi branding, tidak hanya meng-kampanyekan melalui influencer tetapi juga dari masyarakat yang kurang mampu , sehingga Sepatu Compass dapat dipakai oleh berbagai kalangan. Berawal dari sulitnya mendapatkan sepatu ini dengan harus bersaing bersama peminat di seluruh Indonesia, Sepatu Compass melakukan pemerataan dengan membentuk reseller resmi yang bekerja sama langsung dengan Sepatu Compass. Sehingga para peminat tidak hanya selalu tertuju pada Sepatu Compass tetapi juga ke produk lain yang dijual di toko milik reseller resmi yang tersebar di seluruh wilayah. Pihak manajemen menetapkan harga seragam untuk penjualan Sepatu Compass.

Pihak manajemen juga melakukan Surprise Drop di saat saat tertentu. Surprise Drop adalah kondisi dimana pihak manajemen Sepatu Compass meletakkan produk mereka secara acak dimanapun itu seperti pinggir jalan raya, di tengah taman dan di tempat tempat tak terduga lainnya dan yang mengambil Surprise Drop tersebut akan mendapatkan Sepatu Compass dengan gratis. Sepatu Compass tidak ingin masyarakat men-stereotype bahwa brand mereka merupakan sepatu yang sulit untuk didapatkan.

3. Apakah memakai Market skimming atau market penetration price? Analisis data sekunder! Sudah tepat?

Masyarakat Indonesia dihadapkan oleh beberapa  pilihan style yang kian menjamur. Mulai dari Pakaian , Aksesoris, hingga sepatu. Banyak UMKM dan pebisnis di Indonesia berlomba-lomba dalam mengembangkan produknya di bidang fashion ini. Tak terkecuali pebisnis sepatu. Banyak merek-merek lokal sepatu Indonesia yang menjamu salah satunya adalah sepatu compass. Compass. Perusahaan sepatu kompas memiliki cara tersendiri dalam memasarkannya. Mereka memulai launching pertama kali dengan harga Rp 200-300an. Peristiwa ini kita kenal dengan market penetration price. Tidak  perlu waktu lama untuk menggaet para sneakerhead, sepatu compass bisa langsung dicintai oleh masyarakat Indonesia terutama anak muda.  Harga yang murah bukan berarti compass tidak dapat bersaing dengan level sepatu yang sudah lama.

Sepatu Vans, Sumber : Zalora.com

Sepatu Converse, Sumber : Zalora.com

Jika kita bandingkan dengan sepatu sejenis compass dengan merk yang sudah terkenal dan sudah lama ada di pasar Indonesia tentunya sangat memberikan perbedaan. Perbedaan yang paling mencolok adalah dari sisi harga. Compass memiliki harga retail sekitar Rp300.000-an. Sedangkan Converse dan Vans memiliki harga diatas Rp700.000-an. Tentunya hal ini mengindikasikan bahwa Compass menerapkan strategi low price pada pemasarannya. 

Disisi lain kami juga ingin membandingkan Compass dengan sepatu lokal Indonesia terbaik lainnya yang sama-sama memakai strategi low price. Sneakers lokal di Indonesia diantaranya, NAH project (250.000 – Rp 850.000); Geoff Max Footwear (Rp 160.000 – Rp 755.000); Saint Bakley (Rp 250.000 – Rp 1.900.000); Thanksinsomnia (Rp 180.000 – Rp 375.000); Piero (Rp 120.000 – Rp 1.511.500); Wakai (Rp 350.000 – Rp 1.000.000); Brodo (Rp 325.000 – Rp 829.000); Imperior Footwear (Rp 220.000 – Rp 450.000); Kodachi (Rp 80.000 – Rp 300.000). Dilihat dari perbandingan harga di antara sneaker lokal yang lainnya compass memiliki harga (Rp 278.000 – 3.000.000) menurut kami sudah tepat dengan harga demikian. Harga terendah bisa menjangkau lapisan sneakers lokal. Sedangkan harga tertinggi yang diterapkan pada sepatu compass dengan label limited edition bisa menyaingi sneakers internasional dengan kompetisi harga.

4.  Apakah perlu ada penyesuaian harga?

Alasan sepatu compass banyak dicari adalah karena kualitasnya yang bagus. Sepatu ini juga dinilai menjadi alternatif fashion masa kini. Bahkan bisa dikatakan bahwa sepatu tersebut memiliki kualitas yang hampir setara dengan brand luar negeri yakni, Converse. Dibandingkan dengan brand luar negeri, sepatu compass memiliki harga yang lebih terjangkau. Hal ini tentunya menjadi salah satu alasan mengapa sepatu compass banyak dicari. Dengan harga ritel sekitar 300 ribu, konsumen dapat memiliki sepatu dengan kualitas yang mumpuni. Harga yang ditawarkan selain dari store resmi bisa mencapai jutaan rupiah, hal ini dikarenakan jumlah stok sepatu yang sudah langka dalam setiap seri terbarunya. Dengan harga yang lebih mahal, pembeli bahkan rela merogoh dompet lebih dalam untuk memiliki sepatu compass tersebut. 

Menanggapi fenomena ini, penyesuaian harga dirasa tidak diperlukan. Sebab harga yang ditawarkan sudah memiliki porsi tepat sehingga dapat dijangkau oleh semua kalangan. Sepatu compass lebih mengedepankan kualitas daripada kuantitas dan hal yang diperhatikan yakni bukan mengejar permintaan pasar, namun menjaga standar kualitas. Dengan begitu, konsumen dapat tetap mempercayai produk ini.

5. Apakah perlu ada perubahan harga, yaitu kenaikan harga atau pemotongan harga, pada saat ini?

Compass tidak perlu melakukan perubahan harga. Hal ini karena para kompetitor juga tidak merubah strategi pemasarannya. Para pesaing masih bertahan pada konsep kolaborasi dengan brand-brand ternama untuk menciptakan desain produk yang unik dan terbatas. Sampai saat ini, Compass juga telah mengadaptasi strategi tersebut dengan ikut berkolaborasi dengan brand-brand ternama lokal. Strategi yang telah dilakukan saat ini sudah efektif dan dapat dilihat dampaknya di pasar dengan antusias yang sangat besar. Kenaikan harga akan bertentangan dengan nilai yang ingin disampaikan. Di sisi lain, potongan harga tidak akan berdampak pada peningkatan laba karena kapasitas produksi yang terbatas dan harga reseller yang telah melambung tinggi.

Nama Anggota yang Mengerjakan:

  • Francisca Puspalinda    17/408698/EK/21270

  • Irma Afifah Humaira    18/429422/EK/22031

  • Muhammad Zaky Z. I.  19/441477/EK/22495

  • Fathiya Fithratun Nisa  19/441461/EK/22479

Referensi:

https://www.cekaja.com/info/alasan-sepatu-compass-banyak-dicari

https://majoo.id/blog/detail/sepatu-compass-sneakers-lokal-yang-laris-di-pasaran

https://review.bukalapak.com/mens-style/brand-sneakers-lokal-111018

https://www.tokopedia.com/sepatucompass

https://www.instagram.com/sepatucompass/

https://www.tokopedia.com/find/sepatu-compass-gazelle

https://www.tokopedia.com/blog/top-sepatu-sneakers-lokal-terbaik/

https://id.valueq.com/articles/sepatu-hits-buatan-indonesia-model-harga-sepatu-compass-100-vul-276363

 


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format