Steve Jobs (2015): Perjalanan Steve Jobs dalam Menaklukan Apple Inc!

Dalam 14 tahun kiprahnya bersama Apple Inc., Steve Jobs berhasil memulai revolusi digital di dunia.


0

Film Steve Jobs adalah sebuah film drama biografi tahun 2015 yang disutradarai Danny Boyle dan ditulis oleh Aaron Sorkin. Sebuah produksi bersama Inggris-Amerika, diadaptasi dari biografi 2011 yang ditulis oleh Walter Isaacson dan wawancara yang dilakukan oleh Sorkin, dan mencakup 14 tahun (1984-1998) dalam kehidupan pendiri Apple Inc. Steve Jobs diperankan oleh Michael Fassbender, dengan Kate Winslet, Seth Rogen, Katherine Waterston, Michael Stuhlbarg, dan Jeff Daniels dalam peran pendukung. Pengembangan dimulai pada tahun 2011 setelah hak atas buku Isaacson diperoleh. Pembuatan film dimulai pada Januari 2015. teve Jobs tayang perdana di Festival Film Telluride 2015 pada 5 September 2015, dan memulai rilis terbatas di New York City dan Los Angeles pada 9 Oktober 2015. Dibuka secara nasional di AS pada 23 Oktober 2015 untuk mendapatkan pujian kritis. Orang-orang yang dekat dengan Jobs seperti Steve Wozniak dan John Sculley memuji pertunjukan, tetapi film ini juga menerima kritik karena ketidakakuratan sejarah.

Credit

Pada tahun 1984, presentasi komputer untuk Apple Macintosh 128K gagal dalam waktu kurang dari satu jam sebelum acara pendahuluan di Flint Center. Pendiri Apple, Steve Jobs (Michael Fassbender) menuntut teknisi Andy Hertzfeld (Michael Stuhlbarg) memperbaikinya, mengancam untuk melibatkannya secara terbuka dalam penghargaan presentasi jika tidak segera diperbaiki. Andy akhirnya menyarankan untuk berpura-pura presentasi menggunakan prototipe komputer Macintosh 512K.

Sinopsis Steve Jobs - Cerita Jatuh Bangun dari Sosok Paling Penting di Apple - Halaman all - TribunStyle.com

Steve Jobs berbicara kasar kepada eksekutif pemasaran yaitu Joanna Hoffman (Kate Winslet) tentang artikel majalah Time yang mengungkap perselisihan dengan mantan pacarnya, Chrisann Brennan (Katherine Waterston). Steve Jobs menyangkal bahwa ia adalah ayah dari putri Chrisann yang berusia lima tahun bernama Lisa. Chrisann tiba dengan Lisa untuk bertemu dengannya dan kecewa dengan penyangkalannya dan penolakannya. Steve Jobs mengeluarkan obligasi dengan Lisa melalui seni MacPaint dan setuju untuk memberikan lebih banyak uang dan rumah. Pendiri Apple lainnya Steve Wozniak (Seth Rogen) meminta Steve Jobs untuk mengakui tim Apple II dalam presentasinya, tetapi Steve Jobs merasa bahwa menyebutkan komputer (yang dianggapnya sudah usang) tidak bijaksana.

The evolution of the Macintosh (and the iMac) | ComputerworldLooking back at Steve Jobs's NeXT, Inc — the most successful failure ever | AppleInsider

Source: Google “Macintosh 128K dan NeXT Computer”

Pada tahun 1988, setelah kegagalan Macintosh, Steve Jobs telah mendirikan perusahaan baru bernama “NeXT”. Sebelum peluncuran NeXT Computer di War Memorial Opera House, ia menghabiskan waktu dengan Lisa yang berusia 9 tahun, tetapi hubungannya dengan Chrisann masih bersitegang. Steve Jobs menuduh Chrisann tidak bertanggung jawab dan menggunakan Lisa untuk mendapatkan uang darinya. Steve Wozniak tiba dan memprediksi NeXT akan menjadi kegagalan lain. Steve Jobs marah pada Steve Wozniak tentang kritik publik terhadapnya dan Steve Wozniak mempertanyakan kontribusi Steve Jobs terhadap sejarah komputasi. Steve Jobs membela perannya sebagai seorang konduktor, yang mengarahkan "musisi" seperti Steve Wozniak.

CEO Apple John Sculley (Jeff Daniels) meminta untuk mengetahui mengapa dunia percaya bahwa ia memecat Steve Jobs. Steve Jobs sebenarnya dipaksa keluar oleh dewan Apple Inc., yang bertekad memperbarui Apple II setelah penjualan Macintosh yang gagal. Steve Jobs mengecam keputusan tersebut dan menantang mereka untuk memberikan suara terakhir mengenai masa jabatannya, terlepas dari peringatan John. Setelah Joanna dan Steve Jobs mendiskusikan arah NeXT yang tidak jelas, ia menyadari bahwa Steve Jobs telah merancang komputer untuk memikat Apple, membeli perusahaan tersebut dan mengembalikan Steve Jobs.

Pada tahun 1998, Apple telah melepaskan John, membeli NeXT, dan mengangkat Steve Jobs sebagai CEO. Steve Jobs akan meluncurkan iMac di Davies Symphony Hall. Ia sangat senang dengan perkiraan pemasaran Joanna yang kuat, tetapi sangat marah karena Lisa telah membiarkan ibunya menjual rumah yang dibeli Steve Jobs untuk mereka. Joanna mengingatkan bahwa Steve Jobs mengancam akan menahan uang kuliah Lisa, Andy mengakui bahwa ia membayar uang kuliah Lisa dan menyarankan agar Lisa mendapatkan terapi. Steve Wozniak sekali lagi meminta agar Steve Jobs memberi penghargaan pada tim Apple II selama presentasi, dan sekali lagi, ia menolak.

https://asset.kompas.com/data/photo/2014/01/21/1105140lisa1780x390.jpg

Source: google “iMac Lisa”

John tiba dan bertemu dengan Steve Jobs secara diam-diam. Keduanya menebus kesalahan mereka, lalu mereka mendiskusikan kehidupan Steve Jobs sebagai anak angkat. Steve Jobs mengakui bahwa kebutuhannya untuk mengontrol kata-katanya berasal dari perasaan ketidakberdayaannya saat ia menyerah. Atas saran Joanna, Steve Jobs meminta maaf kepada Lisa karena kesalahannya dan menerima bahwa ia adalah ayahnya, mengakui bahwa Steve Jobs sangat buruk. Lisa melihat ayahnya di atas panggung, memperkenalkan iMac bernama Lisa.

Four Task Management

Four Task of Management

Steve Jobs

Steve Wozniak

Planning

Steve jobs memiliki inovasi yang menjadikan produk apple menjadi produk yang diimpikan oleh setiap penggemar. Edukasi yang diberikan oleh jobs untuk produknya bukanlah untuk dijual tetapi mimpilah yang dijual oleh Steve Jobs untuk setiap konsumennya.

Steve Wozniak dalam film ini menjadi karakter yang sangat cerdas dan memiliki kemampuan untuk menjadi seorang Engineer yang handal, dan sangat strict terhadap perencanaan yang sudah di buat. namun perlu di garis bawahi disini Steve Wozniak bekerja sesuai dengan planning yang dia buat dan sulit untuk melakukan perubahan mendadak, hal ini sering membuatnya beradu argumen dengan Steve Jobs

Organizing

Steve jobs merupakan pribadi yang dapat mengorganisir apa yang dia pimpin, tidak pantang menyerah dalam untuk dapat menciptakan keberhasilan yang dia buat untuk produknya.

Dalam mengorganisasi pekerjaannya Steve Wozniak layaknya seorang Engineer sanga kuat dalam hal teori dan praktek yang tentunya membantu dia dalam mengorganisasi pekerjaan yang akan dikerjakan dan hasilnya agar seperti yang dia inginkan. 

Leading

Steve Jobs dikenal sebagai pribadi yang keras dalam memimpin. Walaupun Ia sangat persuasif dan memilikikarisma yang tinggi, ia terlalu mudah berubah pikiran dan beremosi tinggi. Meskipun begitu, ide ide cemerlang yang Ia miliki patut diapresiasi. Ia berhasil membuat perusahaan teknologi besar dibawah naungannya dan berhasil membuat software bagus yang akhirnya dibeli oleh Apple.

Digambarkan sebagai Engineer yang handal namun dalam pengambilan keputusan Steve Wozniak selalu sulit untuk mempertahankan argumennya di depan Steve Jobs yang akhirnya terjadi perdebatan panjang namun selalu di menangkan oleh Steve Jobs meskipun dia tidak selalu sukses. Namun dalam membina hubungan dengan tim Steve Wozniak mempunyai karakter yang lebih peduli terhadap anggota timnya 

Controling

Steve jobs melakukan controlling secara detail sehingga itulah yang membuat karyawannya tertekan.

Menjadi seorang Engineer memimpin tim yang dianggap sebagai “B” oleh Steve Jobs membuat Steve Wozniak memiliki tantangan yang berbeda, dimana dia harus membuat sebuah karya namun tetap menjaga hubungan baik dengan timnya, yang berhasil dia control dengan baik.


Managerial Roles

Henry Mintzberg mengidentifikasi peran seorang manager menjadi tiga yaitu Decisional dengan peran spesifik Entrepreneur, Disturbance Handler, Resource Allocator dan Negotiator. Lalu Interpersonal dengan peran spesifik Figurehead, Leader, dan Liaison dan Informational (Monitor, Disseminator, dan Spokesperson). Didasarkan pada indetifikasi peran yang di kembangkan oleh Mintzberg, karakter pada film tersebut Steve Jobs dan Steve Wozniak memiliki peran yang bisa disarikan sebagai berikut: 

Four Task of Management

Steve Jobs

Steve Wozniak

Decisional

Entrepreneur. Tidak pernah merasa puas dan ingin terus mengembangkan inovasi dan mengekspansi ke pangsa pasar merupakan peran menjadi ciri Steve Jobs dalam pengambilan keputusannya

Resource allocator. Dengan kemampuannya sebagai ilmuan yang handal Steve Wozniak mampu memanfaat sumber daya yang dimiliki untuk dapat membuat sebuah produk baru yang inovatif

Interpersonal

Figurehead. Mungkin saja Steve Jobs bisa disebut sebagai Leader namun bagi kami dia lebih terlihat sebagai Figurehead karena dialah yang selalu ingin membuat keputusan akhir perusahaan dan sangat sulit untuk menolak permintaannya.

Liaison. Mengkoordinasi dan berkolaborasi dengan tim sehingga menciptakan sesuatu output baru baik itu produk baru ataupun inovasi baru merupakan peran utama yang di jalankan Steve Wozniak.

Informational

Spokesperson. Berada di garis terdepan perusahaan dan memberikan speech untuk setia kegiatan perusahaan membuat tugas Steve Jobs sebagai manager yang informational bagi internal dan eksternal organisasi

Disseminator. Segala bentuk pengambilan keputusan yang dilakukan oleh Steve Jobs secara langsung maupun tidak membuat Steve Wozniak harus dikomunikasikannya dengan internal perusahaan


Management Thought

Dari berbagai pendekatan dalam Management Thought kami memilih Manegement sciece theory untuk menggambarkan karakter Steve Jobs dan Steve Wozniak. Management science theory adalah pendekatan kontemporer untuk manajemen yang berfokus pada penggunaan teknik kuantitatif yang ketat untuk membantu manajer memanfaatkan sumber daya organisasi secara maksimal untuk menghasilkan barang dan jasa. Pada pendekatan Quantitative management menggunakan teknik matematika — seperti linier dan nonlinier pemrograman, pemodelan, simulasi, teori antrian, dan teori chaos — untuk membantu manajer memutuskan, misalnya, berapa banyak persediaan yang akan disimpan pada waktu yang berbeda dalam setahun, di mana untuk menemukan pabrik baru, dan cara terbaik untuk menginvestasikan modal keuangan organisasi. Pada film tersebut terdapat suatu adegan di mana Steve Wozniak menawarkan sebuah inovasi berupa jam tangan yang belum pernah di produksi ada era tersebut, sebuah teknologi baru, namun saat dia mencoba menjelaskan produk tersebut kepada Steve Jobs, Jobs secara terang-terangan tidak menyukai jam tersebut karena membutuhkan suatu alat khusus dan teknik tertentu untuk pengaturannya, menurut Jobs ini hanya akan membuang-buang waktu dan biaya. Dapat dilihat bahwa Wozniak memiliki kemampuan dalam teknik matematika — seperti linier dan nonlinier pemrograman, pemodelan, namun dalam menginvestasikannya dalam produk yang di jual massal Jobs memiliki pendekatan lain karena ke-tidak praktisan hal tersebut Jobs menolak karena investasi modal yang di lakukan untuk produk tersebut tidak akan mendatangkan keuntungan. Salah satu pendekatan lain adalah Total quality management (TQM) berfokus pada analisis masukan, konversi,dan kegiatan keluaran untuk meningkatkan kualitas produk. Dalam pengenalan produk awal Apple Steve Jobs menginginkan sebuah komputer yang dapat bekerja secara efektif dan dapat berkata “Hello” dan memaksa timnya untuk melakukan itu meskipun tim tersebut merasa tidak mungkin pada saat itu membuat komputer yang dapat mengeluarkan suara. Steve Jobs sangat ingin komputer tersebut untuk merebut pasar komputer dan merubah mindset yang dibuat film-film Hollywood pada masa itu yang membuat komputer seakan-akan sebuah produk yang mengerikan.

Conclusion

Setelah pembahasan di atas, terdapat beberapa saran dalam perbaikan masing-masing karakter dalam menjalan kan usaha dan mengatasi permasalahan yang ada.

Steve Jobs

Sebagai sosok yang mempunyai peran penting terhadap kemajuan digital, Steve Jobs mempunyai banyak kekurangan dalam hal memimpin sehingga Steve Jobs harus memperbaiki komunikasi terhadap orang-orang disekitarnya dan sifat temperament dan emosinya karena menimbulkan rasa yang tidak enak dalam suatu organisasi atau institusi didalamnya.

Steve Wozniak

Sebagai sosok yang sangat cerdas dan memiliki kemampuan untuk menjadi seorang Engineer yang handal dan juga berpengaruh terhadap perusahaan namun mempunyai kekurangan yaitu tidak dapat berpegang teguh dengan argumennya dan tidak siap dalam menerima perubahan yang sangat mendadak sehingga dalam hal tersebut harus diperbaiki karena sangat berpengaruh dalam operasional didalam perusahaan.

Kelompok  Corona Conquerors :

Hary Sudarsono

Kusuma Widya Tantri

Ibnu Suhartanto

Fitria Silviana

Refferensi :

Jones and George. (2020). Contemporary Management. New York: McGraw-Hill Education

https://www.youtube.com/watch?v=aEr6K1bwIVs&t=6s

https://id.wikipedia.org/wiki/Steve_Jobs_(film_2015)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
2
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format