The Boss Baby: Incredible Baby That Leads A Company

Seorang bayi yang memiliki misi untuk meyelamatkan perusahaannya.


0

Alur Cerita

Kisah dibuka dengan memperlihatkan bagaimana proses produksi bayi pada perusahaan pembuat bayi, yaitu BabyCorp. Beberapa tahap dilalui untuk menciptakan bayi, pada tahap terakhir terdapat dua sisi yang menentukan nasib bayi tersebut yaitu terjun ke dunia manusia atau menjadi bayi yang bekerja BabyCorp. Beberapa bayi yang bertingkah selayaknya bayi turun ke dunia manusia, sedangkan yang tidak tertawa dan bertingkah seperti bayi menjadi bagian perusahaan BabyCorp. Salah satu bayi tersebut menyebut dirinya Boss Baby. Dalam dunia nyata, terdapat keluarga yang bahagia sedang bermain bersama, keluarga Templeton, yaitu Ted sebagai ayah, Janice adalah ibu, dan Tim sebagai anak. Tim merupakan anak yang sangat aktif dan penuh dengan imajinasi. Tim sangat bahagia karena memiliki orang tua yang selalu hadir menemaninya. Semua berubah saat Tim mendapatkan seorang adik yaitu Boss Baby

Sumber: https://whysoblu.com/boss-baby-deserves-time-movie-review/
Boss Baby bukan bayi biasa. Tim berusaha mendapatkan bukti jika Boss Baby bukan bayi biasa kepada orang tuanya. Akan tetapi saat Tim mencari bukti, tidak disangka jika Boss Baby memiliki tim yang beranggotakan 5 bayi, yaitu Jimbo, Staci, dan si kembar tiga. Bayi-bayi tersebut membantu Boss Baby untuk menghentikan tindakan Tim. Pada akhirnya Tim mendapatkan rekaman perilaku bayi-bayi tersebut, namun Boss Baby tidak kehilangan akal. Dia mengancam akan merusak boneka kesayangan Tim. Orang tua Tim yang mendengar keributan tersebut menghampiri mereka dan karena Tim merupakan seorang kakak, orang tua menegur Tim dan menyuruh Tim pergi ke kamarnya. 

Sumber: https://www.awn.com/animationworld/dreamworks-gets-down-business-boss-baby

Tim sangat marah kepada Boss Baby sedangkan Boss Baby merasa bersalah dan akhirnya menemui Tim dan menjelaskan alasan dan tujuannya datang ke dalam kehidupan keluarga Templeton. Boss Baby menceritakan bahwa dia memiliki impian untuk menjadi top manajer di perusahaannya dan dia memiliki panutan yaitu Francis. Francis merupakan Bos yang sangat inspiratif bagi Boss Baby. Misi Boss Baby adalah menghentikan perusahaan PuppyCo untuk memproduksi anak anjing. Kemunculan anak anjing yang sangat imut menyebabkan ketertarikan manusia terhadap bayi menjadi sangat menurun dan mengancap eksistensi BabyCorp. Apabila Boss Baby tidak berhasil menyelesaikan tugasnya, maka dia akan dipecat dan menetap di keluarga Templeton. Boss Baby menjelaskan juga mengenai bagaimana dia masih tetap bertahan sebagai seorang bayi. Alasanya adalah susu formula khusus untuk membuatnya tetap menjadi bayi. Setelah semua penjelasan Boss Baby, Tim akhirnya siap membantu Boss Baby dalam menyelesaikan tugasnya. 

Suatu hari Tim memohon kepada orang tuanya untuk diajak ke acara yang diselenggarakan PuppyCo. Hal ini dilakukan untuk membantu Boss Baby menyusup ke PuppyCo dan menyelesaikan misinya. Saat Tim dan Boss Baby mencari informasi mengenai perusahaan tersebut, keduanya tertangkap oleh penjaga PuppyCo. Mereka berdua dibawa menuju ke ruangan pemilik PuppyCo dan betapa kagetnya Boss Baby karena pemilik PuppyCo adalah bayi yang menjadi panutan untuk Boss Baby, Francis. Francis menceritakan mengapa dia mendirikan PuppyCo. Francis ingin balas dendam karena dia dipecat dari posisi sebagai top manajer di BabyCorp dan tumbuh sebagai bayi normal. Francis memproduksi anak-anak anjing dengan menggunakan formula susu yang sama dengan yang dimiliki BabyCorp sehingga anak-anak anjing tersebut akan tetap menjadi anak anjing. 

Hari berikutnya orang tua Tim dan Boss Baby siap berangkat melakukan perjalanan bisnis dan mempekerjakan penjaga Francis yang menyamar menjadi babysitter untuk menjaga Tim dan Boss Baby. Saat Kedua orang tua mereka berangkat, Tim dan Boss Baby mulai beraksi untuk kabur dari rumah. Tim dan Boss Baby akhirnya dapat kabur dari rumah dan menghindari penjaga tersebut berkat bantuan dari tim Boss Baby. Mereka menuju ke Bandara, namun Boss Baby tiba-tiba berubah menjadi bayi yang sesungguhnya yang membuat mereka terhambat untuk mencegah orangtuanya. Tim segera memberikan Boss Baby susu khusus sehingga Boss Baby bisa menjadi normal kembali. Kegagalan tersebut membuat Tim sangat marah kepada Boss Baby dan untuk beberapa saat Boss Baby meninggalkan Tim sendirian. Namun Boss Baby mencoba menghibur dan menyemangati Tim untuk tetap berjuang dan tidak menyerah. Pada akhirnya mereka berdua dapat bangkit dan bekerja sama kembali. 

Mereka menuju ke lokasi orang tuanya dengan menyusup ke pesawat dengan mengaku anak dari salah satu penumpang. Saat mereka sampai di acara dan menemukan orang tua mereka, tanpa mereka sadari, penjaga mereka mengikuti dan mencoba menangkap kembali mereka. Orang tua Tim menyadari keberadaan Tim dan Boss Baby, hal tersebut membuat mereka kaget dan marah kepada Francis. Namun, Francis menangkap orang tua Tim, sedangkan Tim dan Boss Baby mencoba untuk melarikan diri dari penjaganya. Orang tua Tim berada di dalam kotak yang kemudian diikat pada roket yang berisi anak-anak anjing. Mereka berdua berjuang untuk menyelamatkan orang tua dan melawan Francis dan penjaganya. Sebelum roket tersebut meluncur, Tim berhasil menyelamatkan orang tuanya yang masih di dalam kotak dan Francis jatuh ke dalam susu yang dengan formula khusus sama seperti di BabyCorp. Sedangkan Boss Baby tiba-tiba berubah menjadi bayi normal dan terjebak di roket, namun akhirnya Tim berhasil meraih Boss Baby dan berlindung dari roket yang sedang meluncur.

Tim memberikan setetes susu khusus kepada Boss Baby dan akhirnya dia berhasil berubah kembali menjadi dirinya. Francis tiba-tiba muncul dan dia berubah menjadi bayi kembali. Sang penjaga menenangkan Francis kecil dan akhirnya Francis diasuh oleh penjaganya. Tim, Boss Baby dan orang tuanya kembali ke rumah mereka. Misi Boss Baby telah terselesaikan dan saatnya Boss Baby kembali ke BabyCorp. Segala sesuatu ingatan orang tua Tim dan barang-barang yang berhubungan dengan Boss Baby dihilangkan. Tim tidak ingin ingatan mengenai Boss Baby dihapus. Boss Baby kembali ke BabyCorp dan berhasil mendapatkan promosi jabatan menjadi top manajer di BabyCorp, sedangkan Tim mendapatkan keinginannya menjadi anak tunggal kembali. Akan tetapi mereka berdua merasa kesepian meskipun keinginannya sudah terkabul. Suatu hari Tim yang merasa kesepian mengirimkan surat untuk Boss Baby. Surat itu berisi keinginannya untuk bertemu kembali dengan Boss Baby sebagai bayi normal. Surat tersebut sampai kepada Boss Baby dan akhirnya Boss Baby kembali kepada keluaraga Tim sebagai bayi normal. Pada akhir cerita ditunjukan bahwa Tim dan Boss Baby telah tumbuh menjadi dewasa serta Tim telah memiliki keluarga. 

Organizational Structure

Dalam mencapai tujuan perusahaan, pemimpin/manajer perlu memastikan bahwa aktivitas perusahaan berjalan dengan efektif dan efisien. Sehingga manajer perlu memperhatikan dan mengontrol sistem organisasi perusahaan dan karyawannya dalam melakukan kegiatan di perusahaan sehingga dapat mencapai tujuan perusahaan. Menurut teori dalam mengontrol kegiatan perusahaan, manajer tidak hanya bertindak atau bereaksi saat adanya masalah, namun manajer perlu mempertimbangkan segala kemungkinan menciptakan atau mengubah strategi untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang membahayakan perusahaan baik sekarang maupun masa yang akan datang. 

Sumber : Buku Contemporary Management

Melalui film ini, terlihat bahwa Boss Baby memiliki kepribadian layaknya seorang pemimpin. Hal tersebut ditunjukan dengan bagaimana Boss Baby mengatasi masalah yang ada, membuat strategi yang efektif untuk menyelesaikan masalah, komunikasi Boss Baby dengan tim maupun dengan saudaranya. Boss Baby masuk sebagai karyawan biasa, namun jika dia berhasil menyelesaikan misinya maka dia bisa naik jabatan. Meskipun aktivitas berjalan dengan lancar, namun kepribadian dari top manajer Boss Baby, Big Boss Baby, yang temperamental dan tidak sabaran sehingga membuat bawahannya merasa kesulitan dalam memenuhi keinginannya, namun Big Boss Baby tidak segan-segan untuk memberikan apapun bahkan promosi bagi bayi yang mampu menyelesaikan misinya. Pada saat Boss Baby dan Tim berjalan-jalan di BabyCorp, Mereka berdua mendengar Big Boss Baby sangat marah karena Boss Baby tidak melaporkan progres misinya. Hal tersebut membuat Boss Baby dan Tim bergerak cepat untuk membuat strategi dalam menyelesaikan misinya. 

Sumber: https://today.line.me/id/v2/article/Bersiaplah+Buat+Sekuel+The+Boss+Baby-nEVzYM

Berdasarkan kasus tersebut, terlihat bahwa BabyCorp memiliki struktur organisasi yang kuat dan terstruktur, meskipun perusahaan dalam keadaan yang tidak baik namun akhirnya mereka bisa mengatasi hambatan tersebut. Struktur organisasi dapat menjadi pondasi untuk memperkuat perusahaan untuk bertahan dalam persaingan maupun permasalahan eksternal dan internal. Menurut Jones dan George (2018) struktur organisasi division dibagi menjadi 3 macam, yaitu divisi berdasarkan produk (product structure), divisi berdasarkan geografis (geographical structure), divisi berdasarkan pasar (market structure). 

Perusahaan BabyCorp mengusung struktur organisasi divisi berdasarkan produk (product structure). Divisi product structure menjelaskan bahwa karyawan ditempatkan pada setiap lini produk yang berbeda sesuai dengan kemampuannya, dan memberikan manajer setiap divisi tugas dan tanggung jawab dalam menyediakan barang atau jasa secara efektif maupun efisien. Setiap divisi akan melaporkan kinerja kepada top manajer secara bertahap. 

Boss Baby sangat baik dalam menjalankan perannya sebagai middle manager. Hal ini tampak saat Boss Baby berkoordinasi dengan kelompoknya saat Tim mencoba untuk mencari bukti mengenai kegiatan mereka. Boss Baby bisa menggerakan teman-temanya dengan terstruktur dan termotivasi. Secara garis besar, gambaran dari struktur organisasi BabyCorp sebelum Boss Baby menjadi direktur utama sebagai berikut. 

Boss Baby memberikan instruksi dan arahan dalam mengatur strategi agar dapat mencapai tujuan mereka. Boss Baby diberi kebebasan dalam mengendalikan kegiatan mereka dan memberi izin kepada bawahannya untuk melakukan kegiatannya dengan cara mereka sendiri. Seperti pada adegan Tim dan Boss Baby berusaha melarikan diri dari anak buah Francis, tim Boss Baby membantu membebaskan Tim dan Boss Baby dari kejaran anak buah Francis. Saat misi Boss Baby terselesaikan dan waktunya bagi dia untuk kembali ke BabyCorp, Boss Baby tidak lupa untuk memberikan hadiah atas kontribusi timnya yang membantu kelancaran dalam menyelesaikan misi.

Organizational Culture

Jones dan George mendefinisikan budaya organisasi sebagai nilai, norma dan harapan yang diyakini bersama oleh anggota organisasi sehingga mempengaruhi hubungan dan kerja sama antar anggota organisasi untuk mencapai tujuan organisasi. Lebih lanjut dikemukakan bahwa budaya organisasi dibentuk dari interaksi empat hal, yaitu : karakter anggota organisasi, etika organisasi, struktur organisasi, dan hubungan kerja. Keempat faktor tersebut membentuk budaya organisasi yang berbeda di tiap organisasi dan menyebabkan terjadinya perubahan budaya seiring berjalannya waktu.

Sumber : Buku Contemporary Management

Characteristics of organizational members

BabyCorp dipimpin oleh bayi perempuan yang dijuluki Big Boss Baby. Big Boss Baby memiliki temperamen yang keras, namun tidak segan memberikan penghargaan bagi anak buah yang mampu menyelesaikan tugasnya. Big Boss Baby memberikan tekanan kepada Boss Baby berupa deadline agar menyelesaikan misi dalam dua hari. Kegagalan dalam misi tersebut berarti Boss Baby akan kehilangan susu formula khusus sehingga dia akan menjadi bayi biasa dan tinggal bersama keluarga Templeton selamanya. Namun demikian, apabila Boss Baby dapat menyelesaikan misi yang diberikan, maka ia akan mendapatkan promosi jabatan. Hal ini yang mendorong Boss Baby berkompromi dengan Tim agar misinya terselesaikan. 

Boss Baby sebagai team leader juga memiliki karakter serupa dengan Big Boss Baby. Ia cenderung keras kepada anggota timnya untuk mencapai target. Boss Baby juga memberikan apresiasi kepada timnya setelah mereka berhasil menyelesaikan misinya. Boss Baby merupakan karyawan yang optimis, pantang menyerah, pandai berkomunikasi dan berkoordinasi, serta memiliki sifat yang tenang dan inspiratif .

 Organizational ethics

Etika organsiasi merupakan aturan dan nilai moral yang diyakini bersama oleh seluruh anggota organisasi yang menjadi pedoman berinteraksi dengan anggota organisasi dan eksternal organisasi. Etika organisasi BabyCorp sudah terbangun dengan baik sehingga tidak menimbulkan dilema bagi organisasi. 

Organizational structure

Struktur organisasi BabyCorp dapat dikategorikan sebagai flat organization. Bentuk organisasi ini memungkinkan arus komunikasi top-down dan bottom-up berjalan dengan minimum distorsi karena hirarki yang sederhana. Big Boss Baby mendesentralisasikan kewenangannya kepada Boss Baby untuk mengambil keputusan penting dalam misi yang menjadi tanggung jawabnya. Hal ini tampak pada saat Boss Baby memutuskan untuk bekerja sama dengan Tim yang bukan anggota timnya, dan menyusup ke PuppyCo untuk menyelesakan misinya.

The employment relationship

Hubungan kerja dipengaruhi oleh kebijakan yang diambil terkait sumber daya manusia. Dalam film ini, Big Boss Baby mendorong timnya agar berkinerja tinggi dengan sistem reward and punishment. Reward yang diberikan berupa promosi, sedangkan punishmentnya berupa kehidupan sebagai bayi normal. Big Boss Baby juga memberikan keleluasaan kepada Boss Baby dan timnya untuk mengambil tindakan yang diperlukan agar dapat menyelesaikan misi yang telah diberikan.

Organizational Control

Dalam sebuah perusahaan, sebuah controlling dibutuhkan. Hal ini karena controlling merupakan salah satu fungsi penting dalam sebuah manajemen yang harus dilakukan oleh manajer agar tujuan organisasi dapat tercapai. Pengendalian adalah sebuah fungsi dalam manajemen untuk memastikan bahwa kegiatan dalam organisasi dilakukan sesuai dengan yang direncanakan. Fungsi pengendalian atau controlling ini juga memastikan sumber-sumber daya organisasi telah digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasinya. Dalam film ini, controlling dilakukan oleh Boss Baby selaku manajer lini tengah. Untuk mencapai tujuan yang dicapai, ia melakukan kerjasama dengan Tim. Dalam menjalankan misinya, Boss Baby mengontrol langsung timnya. 

Sumber : Buku Contemporary Management
Terdapat tiga pendekatan controlling yang dikemukakan Jones dan George yaitu yang pertama pada tahap input, Boss Baby selaku manajer melakukan pertemuan terhadap Jimbo, Staci, dan Tiga Saudara Kembar untuk membahas tentang strategi apa yang akan dilakukan untuk menyukseskan misinya. Ini dilakukan dengan tujuan untuk mengantisipasi hal-hal yang akan terjadi/masalah yang akan muncul ketika mereka sedang menjalankan misi mereka. Dalam prakteknya, Boss Baby menemui barriers yang tidak terpikirkan sebelumnya seperti Tim yang ternyata merekam pembicaraan mereka ketika mereka sedang melakukan pertemuan yang ternyata hal ini membuat misi rahasia Boss Baby menjadi bocor. Tim yang awalnya tidak suka kepada Boss Baby karena dianggap merebut kasih sayang orangtuanya, namun setelah Boss Baby menjelaskan tujuan mengapa ia melakukan itu, akhirnya Tim mengerti dan merancang strategi bersama agar Boss Baby dapat menjalankan misinya dan Tim dapat kembali mendapatkan kasih sayang orangtuanya. 

Tahap berikutnya, yaitu tahap konversi, ternyata strategi awal yang dijalankan tidak dapat dengan langsung mencapai tujuan yang diinginkan. Awalnya Boss Baby mengira setelah ia mendapatkan daftar-daftar nama anak anjing yang akan muncul di masa depan, maka ia akan langsung bisa kembali ke BabyCorps dan ia bisa mendapatkan promosi jabatan. Namun ternyata dalam perjalanan menjalankan misinya, ia harus berhadapan dengan mantan manajer BabyCorps yang ternyata ingin menggagalkan misinya karena sang mantan manajer dendam terhadap perusahaan tersebut dan ingin menghancurkan perusahaan. Sehingga Boss Baby mencari cara atau strategi lain agar bisa menggagalkan produksi anak anjing sehingga manusia tetap akan menyayangi bayi dibandingkan dengan anak anjing (sesuai tujuan awalnya). 

Tahap yang terakhir yaitu output, pada tahap ini manajer menggunakan kontrol umpan balik untuk memberikan informasi tentang reaksi pelanggan terhadap barang dan jasa sehingga tindakan korektif dapat diambil jika diperlukan. Karena Boss Baby sudah mengetahui masalah sesungguhnya yang dihadapi setelah bertemu dengan mantan manajer, maka ia mencari strategi lain agar bisa mencapai tujuannya, yaitu dengan melakukan kerjasama dengan Tim. Mereka berdua memiliki tujuan yang berbeda namun setelah mereka bekerjasama dan menyusun strategi, akhirnya Boss Baby bisa mencapai targetnya untuk memusnahkan anak anjing yang akan diproduksi dan ia mendapatkan promosi jabatan. Sama halnya dengan Tim, orangtuanya kembali menyayanginya seperti sediakala sebelum Boss Baby hadir di keluarga mereka.

Organizational Change

Organizational change adalah pergerakan organisasi menjauh dari kondisi saat ini ke arah kondisi masa depan yang dituju guna meningkatkan efisiensi dan efektivitasnya. Perubahan organisasi merupakan hal yang esensial untuk persaingan jangka pendek dan keberlangsungan jangka panjang, yang menjadi tantangan manajerial. Teknologi canggih, pasar global dan tekanan intensitas modal yang bergerak cepat memaksa manajemen untuk secara konstan melakukan penghematan biaya disamping meningkatkan fleksibilitas. Perubahan sosial budaya dapat dilihat berdasarkan cepat lambatnya perubahan berlangsung. Berdasarkan pandangan inilah ditemukan dua bentuk perubahan sosial budaya, yaitu perubahan yang berlangsung lama dan perubahan yang berlangsung cepat. Dalam sosiologi dikenal dengan evolusi dan revolusi.

Sumber : Buku Contemporary Management

Dari cerita pada film tersebut menggunakan tahapan evolusi, dimana perusahaan penghasil bayi melakukan perubahan – perubahan yang dilakukan secara bertahan tidak dengan yang mendadak atau cepat untuk menghasilkan perusahaan seperti saat ini. Perubahan evolusi sendiri adalah perubahan-perubahan sosial budaya yang terjadi dalam proses lambat, dalam waktu yang lama dan terdapat suatu rentetan perubahan – perubahan kecil yang mengikutinya. Perubahan evolusi terjadi dengan sendirinya tanpa suatu rencana atau kehendak tertentu dari masyarakat yang bersangkutan. Perubahan evolusi terjadi karena adanya dorongan dari usaha masyarakat untuk menyesuaikan diri terhadap kebutuhan-kebutuhan hidup terhadap perkembangan masyarakat pada waktu tertentu.

Pada cerita ini perubahan-perubahan yang terjadi seperti adanya kompetitor yang berganti dan dengan kekuatan yang berubah – ubah serta perkembangan dari strategi promosi yang dilakukan perusahaan kompetitor. Pada cerita ini perusahaan kompetitor dari perusahaan bayi adalah anak kucing, anak anjing, boneka, dan ikan mas. Sehingga adanya perubahan strategi dan lingkungan perusahaan memicu adanya perubahan – perubahan yang terjadi secara bertahap dan terfokus dan dengan adanya perubahan tersebut dapat seimbang atau balance maka keadaan perusahaan akan tidak berubah. Secara tidak langsung perusahaan melakukan adaptasi yang merespon dari lingkungan perusahaan di internal maupun eksternal.

 

DAFTAR PUSTAKA

Jones, G., R. dan George, J., M. (2020). Contemporary Management: 11 Ed. New York: McGraw-Hill Education.

Nama Anggota Kelompok :

1. Ibrahim Aufa

2. Nuha Borninusa S

3. Dini Chandra Sekar

4. Agnes Vania Kirana D


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
1
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format