The Imitation Game (2014) : Sudut Pandang Manajemen


0

Sometimes it is the people no one imagines anything of who do the things that no-one can imagine. (Alan Turing)

Film bermula pada sekitar tahun 1951, Kepolisian Inggris memerintahkan penangkapan Alan Turing atas kasus pelanggaran seksual yang dia lakukan dengan sesama jenis dan dikarenakan ada laporan bahwa rumah Alan Turing mengalami perampokan sehingga penangkapannya tertunda. Akhirnya, seorang polisi bernama Staehl dan seorang detektif bernama Nock datang untuk menyelidiki rumah Alan Turing. Anehnya, ketika kedua polisi tersebut sampai di rumahnya, didapati Alan Turing yang sedang membereskan sianida yang tumpah dan kemudian mengatakan bahwa tidak ada yang dicuri di rumahnya dan malah ia menyampaikan bahwa rumahnya saat ini butuh dibersihkan, bukannya polisi. Kedua polisi itu pun keluar dari rumah Alan Turing dengan perasaan kesal karena merasa dihina oleh Alan Turing. Sebelum masuk mobil polisi, detektif Nock berkata pada petugas Staehl kalau dia curiga Alan Turing menyembunyikan sesuatu dari mereka. Detektif Nock pun mencari arsip militer miliknya untuk penyelidikan lebih lanjut.

Gambar 1 – Suasana Perang Dunia Kedua di Eropa

ALAN TURING BERUSAHA MEMECAHKAN KODE ENIGMA

Kisah nyata yang disajikan dengan alur campuran, Alan Turing menceritakan pengalaman hidupnya ketika Kepolisian Inggris melakukan interogasi terhadap dirinya. Berawal di tahun 1939, situasi Perang Dunia Kedua yang terjadi di Eropa dimana NAZI di bawah kepemimpinan Adolf Hilter ingin menguasai Eropa dan memakan banyak korban jiwa dalam waktu yang berkepanjangan. Pada saat itu Inggris menyatakan perang terhadap Jerman yang kemudian dibentuknya oleh Pemerintah Inggris sebuah program bersifat sangat rahasia bertujuan memecahkan kode Enigma yang digunakan Tentara NAZI-Jerman sebagai alat komunikasi utama perang.

Winston Churcill yang saat itu memiliki wewenang dan mengundang orang – orang terpilih untuk mencapai kemenangan terhadap Jerman. Hal ini mendasari Alan Turing berkunjung ke Bletchley dan bertemu dengan Komandan Denniston. Pertemuan tersebut menghasilkan kondisi dimana Alan Turing akan bekerja dalam sebuah tim untuk memecahkan kode Enigma yang memiliki sekitar 154 triliyun kemungkinan dan kode tersebut selalu berganti setiap tengah malam. Alan Turing berpendapat bahwa memiliki sebuah mesin sebagai alat bantu dalam memecahkan kode tersebut merupakan langkah yang tepat sehingga bisa segera menghentikan pergerakan NAZI yang agresif.

Dengan berbagai macam konflik terjadi meliputi ketidaksepahaman pendapat dalam tim, karakter dan budaya yang bertolak belakang, namun pada akhirnya keputusan pembuatan mesin dengan anggaran sejumlah 100 ribu Poundsterling disetuji dan Alan Turing menjadi ketua penanggung jawab dalam proyek tersebut.

Gambar 2 – Alan Turing Bersama Timnya dan Komandan Denniston

CHRISTOPER. Sebuah nama yang terinspirasi dari nama seorang sahabat semasa sekolah yang selalu membantu ketika ada yang melakukan perundungan terhadapnya. Ketika proses perakitan mesin berlangsung, Komandan Denniston merasa pesimis terhadap keputusan Alan Turing. Dengan latar belakang seorang Agkatan Laut Inggris memiliki sudut pandang bahwa perang dapat dimenangkan dengan cara pertempuran dimedan perang dan mengatur strategi yang baik. Selain itu masih banyaknya teka teki terhadap kesempurnaan mesin rakit gagasan Alan Turing yang menjadikan dirinya mencari kandidat anggota baru dengan membuat sayembara menarik untuk menghasilkan tenaga ahli yang sesuai. Adanya dilema yang dihadapi selama proses tersebut berlangsung, membuat Alan Turing mengajak Joan menjadi tunangannya sehingga Joan dapat berkontribusi dalam penyelesaian masalah.

Gambar 3 – Soal Dalam Proses Seleksi Kandidat Anggota Baru Alan Turing

Ketika tiba waktunya untuk mesin tersebut dijalankan, tidak terdapat tanda-tanda yang menunjukan pemahaman arti dibalik kode Enigma yang terkenal sangat sulit dipecahkan. Hal tersebut mengakibatkan Komandan Denniston tidak mendukung keberlanjutan perakitan mesin gagasan Alan Turing. Hal yang menarik dalam situasi ini adalah tim Alan Turing mulai menunjukkan kebersamaan sebuah tim yang dapat berpengaruh positif terhadap kinerja tim. Sehingga Komandan Denniston mengultimatum dan memberikan tenggat satu bulan untuk menyelesaikan proyek tersebut. Ditambah kondisi peperangan yang semakin mencemaskan yang membuat militer Inggris berputus asa terhadap kemenangan yang diharapkan.

Berawal dari Alexander, salah satu anggota tim Alan, yang sedang menggoda petugas wanita bernama Helen di Bar tempat mereka bersantai dimalam hari.Situasi ini merupakan detik-detik kode Enigma terjawab. Dimana Alan tersadarkan tentang pesan yang diterima Helen dari Jerman selalu diawali dengan lima huruf yang sama, C-I-L-L-Y. Sontak, Alan memahami bahwa ia dapat memprogram mesinnya untuk memecahkan kode dari kata-kata yang sudah diketahui di semua pesan yang masuk.

KODE ENIGMA BERHASIL DIPECAHKAN

Alan dan timnnya memeriksa seluruh pesan yang masuk dan menemukan bahwa pesan tersebut dalam kode Enigma selalu terdapat kalimat “Hidup Hittler”. Mereka mencoba menerjemahkan pesan tersebut melalui mesin Turing dan menghasilkan informasi yang diharapkan, dimana terdapat kode yang diperoleh kemudian Alan dan tim mencoba memasukan kode tersebut di mesin Enigma dan misi mereka berhasil, yaitu kode Enigma terpecahkan. Semenjak kondisi tersebut, mereka dapat mengetahui strategi perang milik pasukan NAZI Jerman. Alan berpendapat bahwa mereka tidak bisa bertindak atas setiap pesan yang dipecahkan karena Jerman akan menyadari bahwa kode Enigma telah diketahui dan berdampak pada potensi risiko yang tinggi dimana Jerman merubah sistem komunikasi yang berakibat masa perang akan lebih lama.

Gambar 4 – Mesin Turing yang Dikembangkan oleh Alan Turing dan Timnya

Ketika analisa terhadap kode Enigma berlangsung yang bertujuan mencari strategi yang tepat untuk Inggris dalam mencapai kemenangan, Alan Turing dihadapkan situasi rumit dimana Peter, salah satu anggota tim Alan yang mengetahui bahwa kapal yang dikawal oleh kakaknya selaku seorang tentara menjadi salah satu target NAZI. Adanya dua pilihan antara menyelamatkan kakaknya Peter atau tetap pada skema awal, Alan berfikir pada dampak jangka panjang yang memutuskan fokus terhadap kepentingan Negara dibanding kepentingan individu. Sehingga keputusan akhir tersebut menjadikan Peter harus kehilangan kakaknya dan memendam amarah terhadap Alan.

Ketika Pemerintah Inggris berhasil melakukan strategi perang dimana adanya dukungan informasi yang diperoleh dari mesin Enigma, akhirnya kemenangan Perang Dunia Kedua atas NAZI berpihak pada Pemerintah Inggris dan Sekutunya. Seluruh Eropa turut merayakan kemenangan atas runtuhnya kepemimpinan Hitler. Saat ini mesin Turing lebih dikenal sebagai KOMPUTER.

Pada tahun 2013, Ratu Inggris memberikan sebuah penghargaan numerta Kerajaan Inggris atas pengaruh positif yang sangat berdampak luar biasa terhadap sejarah peperangan Inggris di Perang Dunia Kedua sehingga banyak jiwa yang terselamatkan.

ANALISA FILM THE IMITATION GAME

Berdasarkan alur cerita film “The Imitation Game”, terdapat dua tokoh yang memiliki opini berbeda dalam pengambilan keputusan terhadap kemenangan Inggris yang diharapkan. Berdasarkan teori manajemen yang berlaku, terdapat tugas manajerial penting yang perlu diperhatikan dan karakter film ini secara tidak langsung menjalankan teori tersebut.

Gambar 5-Sosok Alan Turing dan Komandan Denniston di film “The Imitation Game”

Gambar 6 – Evaluasi Tugas Manajerial pada Alan Turing dan Komandan Denniston

Teori ini menjelaskan pengertian mendasar disetiap tahap-tahap pelaksanaan tugas manajerial dalam menghasilkan output yang efektif dan efisien.

Gambar 7 – Four Tasks of Management

Pada sisi gaya kepemimpinan terhadap dua karakter tersebut, terlihat adanya perbedaan dalam menjalankan perannya selaku pemimpin disebuah organiasi yang dapat dipelajari.

Gambar 8 – Evaluasi Tipe Peran Selaku Pemimpin antara Alan Turing dengan Komandan Denniston

Pada sisi Management Thought, terlihat kondisi organisasi merujuk pada Scientific Management Theory dimana Alan Turing selaku Manajer menitikberatkan pada spesialisasi di setiap anggotanya. Mengingat dalam tim tersebut terdapat para ahli meliputi bidang matematika, membaca kode, bahkan pemenang lomba catur.

Referensi:

  1.  Film The Imitation Game, 2014
  2. Ferrel, OC., Hirt, Geoffrey A., Ferrel, Linda. 2019. Business Foundations "A Changing World" Eleventh Edition. US : McGraw-Hill Education.
  3. https://www.youtube.com/watch?v=j2jRs4EAvWM

Lightning McQueen Team :

1. Dea Puri Anindita

2. Rahmat Hidayat

3. Steve D. Anggara

4. Tiara N. Utami


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
Tiara McQueen

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format