Kisah Fiksi Game of Thrones dan karakter inspiratif “ Daenerys Targaryen & Cersei Lannister”

Kemampuan Daeneyrs bertahan dalam kesulitan, mengubahnya menjadi peluang menjadi pemimpin yang lebih kuat daripada mereka yang tidak pernah mengalami kesulitan


0

Film serial ‘Game of Thrones’ adalah film drama fantasi yang diangkat dari novel berjudul ‘A Song of Ice and Fire’ karya George R. R. Martin yang menceritakan kehidupan beberapa kerajaan di benua fiksi. Serial ini diproduksi dan difilmkan di Belfast dan tempat lainnya di Britania Raya. Lokasi syuting juga meliputi Kanada, Kroasia, Islandia, Malta, Maroko, dan Spanyol. Game of Thrones ditayangkan perdana di HBO Amerika Serikat pada tanggal 17 April 2011, dan berakhir pada 19 Mei 2019, dengan total 73 episode ditayangkan selama delapan musim.

Suasana benua-benua itu mirip seperti abad pertengahan yang mana belum ada teknologi. Dari benua-benua itu, terbagi beberapa kerajaan atau house seperti Targaryen dari King’s Landing, Stark dari Winterfell, Lannister dari Casterly Rock, Arryn dari Eyrie, Tully dari Riverrun, Greyjoy dari Pyke, Baratheon dari Dragonstone, dan Tyrell dari Highgarden.Inti dari season awal ‘Game of Thrones’ adalah perang saudara di Westeros yang mana masing-masing kerajaan berebut Iron Throne. Tiga kerajaan yang terlibat awalnya hanya dari keluarga Starks dari Winterfell, Lannisters dari Casterly Rock, dan Baratheons dari Dragonstone.

Masing-masing tokoh mengalami berbagai perubahan sifat baik karena keadaan atau karena memang sosoknya yangpenuh tipu daya. Di season awal dikisahkan Baratheonlah yang mengusai Iron Throne. Namun sejak kematian Raja Robert Baratheon, yang mana adalah suami dari Cersei Lannister, maka Cersei naik tahta. Sementara itu saudara kandung Cersei, Jaime Lannister menjadi tangan kanan sekaligus pasangan incest-nyaSedangkan adik bungsu mereka, Tyrion Lannister menjadi penasihat.Sementara klan Lannister memperkuat singgasana mereka, di wilayah Essos juga ada Daenerys Targaryen yang mana adalah pewaris terakhir dari keluarga Targaryen.

Daenerys yang dijuluki ‘Mother of Dragon’ memiliki kemampuan untuk tidak terbakar dalam api dan memiliki tiga anak yang berupa naga yang masih kecil.Daenerys sempat diasingkan hingga dipaksa menikah dengan kepala suku Dothraki, Khal Drogo.Setelah Khal Drogo meninggal karena sengatan binatang, Daenerys yang kerap dipanggil Khaleesi (ratu) bisa membangun pasukan demi kembali ke Westeros merebut Iron Throne.Khaleesi yang dikenal bijak dan membantu orang lemah pun dicintai orang-orang.Bersama pasukannya yang semakin banyak dan kuat, Khaleesi ingin membalaskan dendam orang-orang yang terlibat dalam kematian ayahnya.

Sementara itu di bagian utara Westeros terdapat tebing es raksasa yang disebut ‘The Wall’ yang mampu melindungi umat manusia dari serangan makhluk semacam zombie atau White Walkers.Jon Snow yang merupakan anak angkat Ned Stark (kepala keluarga Stark) mengabdikan diri untuk menjadi Night’s Watch untuk melindungi tembok es raksasa itu.

Muncullah tiga kekuatan terkuat dalam kisah ‘Game of Thrones’, yakni pihak Cersei Lannister, Daenerys Targaryen, serta Jon Snow.Ketika Cersei Lannister dan Daenerys Targaryen sudah berhasil menghimpun pasukan untuk menguasai seluruh benua, Jon Snow masih tertatih dalam perjuangannya sendiriJon Snow bukanlah sosok yang berambisi untuk menjadi raja dan merebut Iron Throne.

Namun ketika keluarga Stark banyak yang tewas dan menyisakan anak-anak mereka yang masih sangat muda (Sansa, Brandon, dan Arya) akhirnya Jon Snow dipilih untuk memimpin.Banyak terjadi pembelotan dalam ‘Game of Thrones’ yang membuat ceritanya tak mudah ditebak dan semakin seru.Seperti Tyrion Lannister yang sejak lahir sudah dibenci sang ayah, Tywin Lannister sehingga ia selalu disalahkan atas segala hal.Tyrion Lannister membunuh sang ayah dan memutuskan untuk membelot hingga akhirnya menjadi penasihat Khaleesi.

Sementara itu Jon Snow juga membangun kerjasama dengan Khaleesi demi menghimpun pasukan agar penduduknya selamat dari ancaman White Walkers.Khaleesi dan Jon Snow berusaha merangkul Cersei Lannister untuk sama-sama berjuang menghadapi musuh mereka yang berupa mayat hidup tersebut.

Dengan penuh perjuangan menangkap White Walkers, akhirnya pihak Jon Snow berhasil membuktikan kepada Cersei Lannister bahwa makhluk tersebut nyata dan menjadi musuh bersama.

Cersei Lannister dengan setengah hati akhirnya mengiyakan ajakan kerjasama untuk ikut berjuang menghadapi para zombie.Namun Cersei Lannister dan Khaleesi sama-sama memiliki ambisi kuat untuk menduduki Iron Throne

Serial ini memadukan kekuatan dinamis dan skema politik. Tiap tokoh memiliki pendekatan dan gaya kepemimpinan masing-masing.Menariknya, dari serial ini, ada beberapa gaya kepemimpinan yang bisa kamu pelajari dan aplikasikan dalam kehidupan nyata.

Pertama, pemimpin yang melayani dirinya sendiri. Gaya kepemimpinan ini seperti yang ditampilkan oleh tokoh Cersei Lannister dalam serial tersebut.Pemimpin semacam ini tak akan mendapat posisi dalam pemungutan suara. Selain itu ia juga mengerti cara menyelesaikan sesuatu, meski pendekatan yang ia lakukan cukup mencurigakan. Pemimpin ini juga senang bekerja secara rahasia di balik layar.

Kedua, pemimpin naif dengan niat mulia. Tokoh Daenerys Targaryen merupakan penggambaran yang tepat. Pemimpin ini ingin membuat keputusan yang baik bagi rakyatnya.Namun, jiwa muda dan kenaifannya kerap dimanfaatkan oleh orang lain. Meski begitu, pemimpin ini selalu ingin menambal kekurangannya dengan mendahulukan kepentingan rakyatnya, layaknya pemimpin yang baik.

4 Tasks Of Management 

Planning : memilih tujuan organisasi yang tepat dan tindakan untuk mencapai tujuan tersebut dengan sebaik-baiknya.

  • Daenerys selalu siap dengan rencana. Jika satu rencana gagal, ia akan pindah ke rencana lain, dan tidak akan menyerah sampai ia menang. Sering kali peperangan itu dimenangkan dengan strategi, bukan sekadar adu kekuatan. Secara fisik, Khaleesi jauh lebih lemah dibandingkan Cersie, tapi ia selalu punya cara mengalahkannya. Bukan dengan kekuatan fisik, tapi dengan kemampuan pikirnya yang tajam.Kamu tidak perlu bertarung secara frontal dengan sainganmu, tapi kamu perlu fokus pada strategi yang memanfaatkan titik lemah mereka agar kamu lebih unggul, kemudian memenangkan medan persaingan bisnis. Terbukti bahwa dengan planning yang baik, Daeneyrs selalu memenangkan peperangan dari rencana yang telah disusun rapi sebelumnya
  • Cersei Lannister berencana untuk membunuh suaminya sendiri, Raja Robert Baratheon dengan cara memberikan racun pada minumannya.Rencana yang kelihatannya sangat rumit untuk dilakukan secara sempurna tersebut menjadi terlihat sangat mudah bagi Cersei Lannister. Cersei mempunyai rencana yang sangat matang dan menghalalkan rencana apapun untuk mendapatkan tujuannya.

Organizing : membangun hubungan tugas dan wewenang yang memungkinkan orang untuk bekerja sama untuk mencapai tujuan organisasi

  • Daeneyrs meeraih keberhasilan berkat fokus dan kemampuannya membujuk orang lain. Dia berhasil menuntun tim menuju jalan kesuksesan. Seorang pemimpin yang baik mencari penasihat yang kuat di bidang yang mereka rasa kurang. Jika Anda memiliki pikiran yang hebat untuk mengatur strategi namun kesulitan dalam hal operasional, Anda memerlukan wisdom dan pengalaman di bidang itu. Jika Anda hebat dalam keuangan tapi kesulitan dalam berkomunikasi, Anda memerlukan ahli bagian komunikasi untuk memberi saran. Oleh karena itu Daeneyrs dapat mengorganisir segala kekurangan yang terdapat dalam pasukannya.
  • Cersei seperti biasa, menyangkal apa yang sebenarnya terjadiCersei juga bukanlah karakter paling pintar dalam serial drama tersebut karena gelar tersebut lebih pantas untuk diberikan kepada Varys atau Tyrion LannisterDalam saat apapun dia dapat tetap berada lima langkah didepan musuhnya, sambil merencanakan apa yang dapat dia lakukan untuk membuat kehidupan musuhnya tersebut lebih menderita daripada sebelumnya.

Leading : memotivasi, mengoordinasikan, dan memberi energi pada individu dan kelompok untuk bekerja sama untuk mencapai tujuan organisasi

  • Daeneyrs memiliki keberanian dan rasa keadilan yang kuat, tapi lemah dalam hal diplomasi, kemampuan berperang, serta politikIa menyadari hal itu, sehingga ia merangkul Tyrion Lannister untuk urusan politik dan diplomasi, Jorah Mormont untuk keahlian perang, serta para naga piaraannya untuk senjata.Jika kamu melakukan hal yang sama dengan orang lain, artinya kamu hanya menjadi pengikut. Seorang pemimpin hanya sehebat team yang berada di bawahnya.
  • Cersei memiliki gaya kepemimpinan menyebarkan rasa takut dan telah berhasil menunjukan bahwa dirinya pantas untuk ditakuti oleh seluruh penduduk Westeros

Controlling : menetapkan sistem pengukuran dan pemantauan yang akurat untuk mengevaluasi seberapa baik organisasi telah mencapai tujuannya.

  • Daeneyrs tidak pernah mengikuti kerumunan dan membiarkan kerumunan yang mengikutiKemampuan Daeneyrs bertahan dalam kesulitanmengubahnya menjadi peluang menjadi pemimpin yang lebih kuat daripada mereka yang tidak pernah mengalami kesulitan. Pemimpin yang punya alasan kuat untuk menyerah dan tunduk pada tekanan dari segala arah, tapi ia tidak pernah patah arang.
  • Cersei setara dengan laki-laki dan pantas mendapatkan gelar untuk menyamai kekuatan yang dia perjuangkan dengan susah payah. Oleh karena itu dia memiliki kemampuan untuk mengontrol segala sesuatu dan pasukannya dalam mencapai tujuannya

Management Role

Decisional 

Enterpreneur :

Komitmen sumber daya organisasi untuk mengembangkan barang dan jasa yang inovatif; memutuskan untuk berekspansi secara internasional guna mendapatkan pelanggan baru untuk produk organisasi.

  • Daeneyrs adalam pemimpin yang mengubah kesulitan menjadi peluang memiliki kekuatan mental untuk menghadapi kesulitan. Dia tahu posisinya sebagai ratu dibangun atas kepercayaan bangsanya serta memiliki komitmen terhadap organisasi dan berekspansi memperbesar daerah kekuasaannya.
  • Cersei meski hidupnya penuh intrik dan juga perilaku amoral yang mana saat ini masih duduk di Iron Throne. Dia juga memiliki komitmen terhadap kerajaan yang dia pimpin dan mempunyai jiwa yang sama seperti Daeneyrs yaitu ingin mempebesar daerah kekuasaannya. 

Disturbance handler :

Bergerak cepat untuk mengambil tindakan korektif guna menangani masalah tak terduga yang dihadapi organisasi dari lingkungan eksternal, seperti krisis seperti tumpahan minyak, atau dari lingkungan internal, seperti memproduksi barang atau jasa yang rusak.

  • Daeneyrs bertanggung jawab atas keputusan yang dibuat. Bila Daeneyrs memiliki keputusan, dia akan bertanggung jawab penuh atas konsekuensinya baik itu berupa hal baik atau hal buruk. Daeneyrs memberi kepercayaan diri kepada orang-orang yang mengikutinya. Setiap pemimpin menemukan kekuatan batin untuk bertahan menghadapi kesulitan.Daeneyrs percaya akan keputusan yang diambilnya dengan keyakinan yang tak tergoyahkan.
  • Cersei adalah wanita pertama melakukan perlawan dan melakukan pengahancuran kepada High Sparrow dengan bom yang paling mematikan di seluruh Westeros. Itu membuatnya menjadi perempuan paling sadis dan tidak bemartabat.Terkenal licik dan enggak punya rasa iba, Cersei enggak akan berpikir panjang untuk membunuh lawan yang menghadang.Cersei memastikan semua haknya terpenuhi, dan menuntut kekuasaan mutlak. Cersei bergerak cepat untuk mengambil tindakan korektif guna menghalangi maslah yang menghadang baik dari lingkungan internal dan eksternal.

Resources Allocator: 

Alokasikan sumber daya organisasi di antara berbagai tugas dan departemen organisasi; menetapkan anggaran dan gaji manajer tingkat menengah dan pertama.

  • Daeneyrs sangat menghargai pasukannya di lini depan. Pemimpin besar seharusnya memiliki penasihat yang hebat dan tahu kapan harus mendengarkan.Penasehat adalah sumber yang baik tapi pemimpin tetap harus selalu membuat keputusan sendiri. Pemahaman akan hal ini sangat penting untuk dapat memimpin orang lain. Pempimpin harus menjadi orang nomor satu dalam semua bidang, atau menempatkan diri di sekitar orang-orang yang lebih hebat di bidang yang tidak dikuasai.
  • Cersei mengalami kejayaan di keluarganya dia juga memanfaatkan dan mencintai saudara kembarnya sendiri demi untuk mencapai tujuannya hingga akhirnya menduduki Takhta Besi dan mengklaim dirinya adalah Ratu Seven Kingdoms.

Negotiator :

Bekerja sama dengan pemasok, distributor, dan serikat pekerja untuk mencapai kesepakatan tentang kualitas dan harga input, teknis, dan sumber daya manusia; bekerja dengan organisasi lain untuk membuat perjanjian untuk mengumpulkan sumber daya untuk mengerjakan proyek bersama.

  • Daeneyrs selalu memberikan imbalan saat diperlukan, dan tidak ragu menghukum bila dibutuhkanmenjaga agar tim yang dipimpinnya tetap utuh dan memiliki performa tinggi. Daeneyrs memiliki kemampuang bernegosiasi yang baik. Dia dapat merangkul banyak kerajaan untuk bekerjasama dengannya dalam menduduki tahta Iron Throne. Hal ini dibuktikan bahwa dia banyak melalukan pembebasan budak untuk memperluas daerah kekuasaannya. 
  • Cersei tidak memiliki kemampuan negosiator sebagus Daeneyrs. Hal ini dibuktikan bahwa untuk memperluas daerah kekuasaannya dia hanya mengandalkan kekuatan sisa pasukan yang dia punya. Dia tidak melakukan negosiasi dan bekerja sama dengan kerajaan lain untuk mencapai tujuannya.

Interpersonal 

Figurehead:

Buat garis besar tujuan organisasi masa depan untuk karyawan di rapat perusahaan; membuka gedung kantor pusat perusahaan yang baru; nyatakan pedoman etika organisasi dan prinsip perilaku yang harus diikuti karyawan dalam berurusan dengan pelanggan dan pemasok.

  • Daeneyrs menjadi sosok idola yang ingin diikuti dan diteladani orang-orang di masa depan Dia memberi pengaruh pada para anggota dengan cara membuktikan kemampuanmu secara konsisten. Dia juga selalu berusaha menemukan hal yang tidak dimiliki oleh kompetitor, dan manfaatkan celah itu agar kamu lebih unggul.
  • Cersei rela merendahkan diri jika itu bisa membawanya ke tingkat lebih tinggi. Kelemahannya adalah anak-anaknya, karena ia sangat protektif. Cersei adalah karakter yang sangat menyayangi keluarganya. Apapun akan dilakukan demi mempertahankan apa yang dicintainya. Dikarenakan hal tersebut, 

Leader:

Berikan contoh untuk diikuti karyawan; memberikan perintah dan perintah langsung kepada bawahan; membuat keputusan tentang penggunaan sumber daya manusia dan teknis; memobilisasi dukungan karyawan untuk tujuan organisasi tertentu.

  • Daenerys Targaryen adalah seorang pemimpin yang memiliki ambisi memimpin dengan memberikan kemerdekaan bagi para pengikutnya.Respek atau rasa hormat tidak datang secara otomatis hanya karena kamu menduduki jabatan pemimpin. Respek harus diraih, dan itu tidak  gampang.  Pemimpin yang dihormati belum tentu disukai semua orang, juga belum tentu populer. Daeneyrs mengandalkan pasukannya untuk eksekusi taktis, ide baru masukan berharga dan kerja keras untuk memperluas daerah kekuasaanya dan bernegosiasi dengan para pemimpin yang lain untuk membuat sekutu Mempertahankan hubungan ini membutuhkan pengenalan akan tim dan berjuang Bersama pasukannya.
  • Cersei Lannister percaya bahwa ia mampu untuk menduduki Iron Throne karena kemampuannya sendiri.Dia menghancurkan setiap aliansi yang baik, koneksi dan cinta dalam hidupnyaCersei tidak memiliki gangguan jiwa seperti Ramsay Bolton, tapi tidak ada karakter lain dalam Game of Thrones yang memiliki tekad dan keinginan untuk menang sebesar Cersei. Cersei juga seorang pemimpin yang menepati janjinya dengan membayar ‘hutangnya’ kepada semua orang yang telah menyakiti dirinya.

Liaison:

Mengkoordinasikan pekerjaan manajer di berbagai departemen; membangun aliansi antara organisasi yang berbeda untuk berbagi sumber daya guna menghasilkan barang dan jasa baru; mencapai kesepakatan tentang kualitas dan harga input, teknis, dan sumber daya manusia; bekerja dengan organisasi lain untuk membuat perjanjian untuk mengumpulkan sumber daya untuk mengerjakan proyek bersama.

  • Daeneyrs memberikan imbalan yang setimpal akan usaha seseorang supaya motivasi tetap tinggi, dan bila ia melakukan kesalahan atau tidak bekerja dengan baik, pemimpin juga tidak boleh ragu memberikan hukuman.Daeneyrs berkumpul dengan orang-orang yang lebih hebat darinya untuk menyamakan persepsi dan membuat sekutu dalam memperbesar wilayah kekuasaanya. Daeneyrs juga mendengarkan saran orang lain dalam menngkoordinasikan aliansi dibawah kekuasaannya.
  • Kehilangan hubungan dengan anggota teamnya adalah kegagalan krusial dalam sebuah kepemimpinan. Hal ini yang dialami oleh Cersei dalam memimpin pasukannya. Cersei mengandalkan super power kekuatan dalam dirinya. Kepemimpinan yang menciptakan rasa takut kepada rakyatnya. Cersei membangun aliansi hanya dengan saudara kembarnya saja. Hal ini menjadikan arogan dalam mengambil keputusan.

Informational

Monitor :

Mengevaluasi kinerja manajer dalam berbagai tugas dan mengambil tindakan korektif untuk meningkatkan kinerja mereka; perhatikan perubahan yang terjadi di lingkungan eksternal dan internal yang dapat mempengaruhi organisasi di masa depan.

Mengenali pesaingmu dan apa kelemahan mereka

Dia mendengarkan masukan semua orang sebelum mengambil keputusan. Dia mengandalkan pengetahuan dan pengalaman mereka.

Disseminator:

Memberi tahu karyawan tentang perubahan yang terjadi di lingkungan eksternal dan internal yang akan memengaruhi mereka dan organisasi; menyampaikan visi dan tujuan organisasi kepada karyawan.

Dalam memimpin, awalnya Daenerys penuh empati dan mudah percaya pada orang, seperti ketika ia membebaskan para budak. Namun peristiwa dan pengkhianatan yang dialaminya membuat Daenerys mengubah kepemimpinannya. Ia kini lebih berambisi merebut takhta Seven KingdomsTidak peduli seburuk apa pun situasinya, selalu ada jalan keluar yang dia ciptakan dan fokus mencari jalan tersebut adalah sikap yang akan mendatangkan hasil. Daeneyrs tidak pernah kehilangan fokus. Ia akan tetap berjalan untuk menggapai visi serta apa yang terbaik untuk kerajaan yang dipimpinnya.

Cersei berperan penting dalam mendapatkan kekuasaan dan bisa dianggap sebagai tindakan bertahan hidup, berdasarkan sudut pandangnya. Gaya kepemimpinan dictator membuat Cersei tidak disenangi rakyatnya. Cersei tidak pernah peduli dengan lingkungan eksternal dan internalny. Rakyatnya pun tidak mengetahui keinginan rajanya. Semua kendali di tangan Cersei sendiri.

Spokesperson :

Luncurkan kampanye periklanan nasional untuk mempromosikan barang dan jasa baru; memberikan pidato untuk menginformasikan komunitas lokal tentang niat organisasi di masa depan.

MANAGEMENT THOUGHT

Kepemimpinan itu sulit tetapi perlu. Pencapaian hasil yang baik membutuhkan kemauan untuk menghadapi tantangan dan bimbingan diri sendiri dan kolega. Dilansir dari strategy bisnis, kisah-kisah fiksi pun dapat memberikan pelajaran kepemimpinan, salah satunya ialah serial populer Game of Thrones. 

Kepemimpinan dibuat oleh karakter dalam Game of Thrones memang kadang menghasilkan konsekuensi yang menghancurkan, tetapi karakter lainnya bertahan hidup dengan bagaimana meningkatkan keputusan mereka dan menavigasi risiko dengan lebih efektif. Ya, meskipun narasi dalam Game of Thrones sebagian berasal dari mitos yakni naga, sihir, dan orang mati yang dihidupkan kembali, serta sebagian merupakan bagian dari sejarah. Itu menarik dan memperkuat banyak kronik masa lalu, dilema, dan pembalikan kepemimpinan. Di dunia,  kita mungkin tidak menghadapi eksekusi literal, tetapi kita sering harus membuat keputusan dengan ketegangan yang sama dan hasil yang tidak terduga. Seorang pemimpin harus lebih banyak kemampuan untuk mengelola ketegangan ini.

Dari alur cerita ini kita bisa meng”capture” karakter dari 7 lingkungan kerajaan (7th Kingdom ) serta gaya kepemimpinan para raja dari setiap kerajaan, bagaimana mereka meciptakan sekutu demi mencapai kemenangandan kepentingan mereka. Hal ini merupakan salah satu penerapan Management Thought secara Contingency Theory. 

Setiap kerajaan memiliki kisah dan design dari susunan pasukannya serta kekuatan yang dipunyai oleh masing-masing kerajaan yang ada dan bersaing untuk memperebutkan Iron Throne. Setiap raja dalam setiap kerajaan baik Daeneyrs dan Cersei memiliki sistem control masing- masing untuk memberdayakan penasihat dan pasukan mereka.

Menurut Teori Contingency, setiap organisasi di suatu lingkungan yang stabil memilih struktur mekanis yaitu : Kewenangan terpusat, Aliran komunikasi vertical (searah), Kontrol melalui aturan dan prosedur yang ketat Hal ini banyak diterapkan di Kings Landing dbawah kepemimpinan Cersei Lannister.

Sedangkan untuk teori organisasi dalam perubahan lingkungan, sebuah struktur organic menciptakan kewenangan terdesentralisasi, aliran komunikasi horizontal, Kerjasama departement lintas. Hal ini di terapkan oleh Daeneyrs Targaryen dalam memimpin dan menciptakan sekutu. Dia tidak ahli berperang dan berstrategi oleh karena itu dia merekrut penasehat untuk memperkuat aliansinya. Dia menciptakan sekutu dengan kerajaan lain serta menciptakan pasukan perang yang dipimpin oleh orang kepercayaannya.

SUMBER REFERENSI :

  1. Ferrel, OC., Hirt, Geoffrey A., Ferrel, Linda. 2019. Business Foundations “A Changing World” Eleventh Edition. US : McGraw-Hill Education.
  2. Film Game of Thrones (Season 1 – 8)
  3. https://wow.tribunnews.com/2019/03/28/rangkuman-sinopsis-dan-inti-cerita-film-game-of-thrones-hbo-dari-season-1-sampai-7
  4. https://www.google.com/search?q=sinopsis+game+of+thrones&rlz=1C5CHFA_enID919ID919&oq=sinops&aqs=chrome.0.69i59j69i57j0l6.2305j0j15&sourceid=chrome&ie=UTF-8
  5. https://www.pesona.co.id/read/tipe-pemimpin-ala-game-of-thrones
  6. https://id.techinasia.com/talk/5-pelajaran-kepemimpinan-dari-khaleesi-game-of-thrones
  7. https://mediaindonesia.com/read/detail/228800-pelajaran-kepemimpinan-dari-game-of-thrones
  8. https://www.omekide.com/7-pelajaran-penting-yang-kita-peroleh-dari-game-of-thrones-musim-ke-7/
  9. https://www.liputan6.com/showbiz/read/3958893/perjuangan-pemeran-cersei-di-game-of-thrones-hadapi-gangguan-mental
  10. https://www.tribunnewswiki.com/2019/05/20/tribunnewswiki-serial-game-of-thrones-berakhir-ini-perubahan-karakternya-dari-musim-1-hingga-8?page=all#:~:text=Cersei%20Lannister%20adalah%20saudara%20kembar,cara%20memberikan%20racun%20pada%20minumannya.

Penulis :

  1. Erwin Karouw (41P20076)
  2. Firdi Verdianto (41P20077)
  3. Muhammad Donny Adhie Pratista (41P20084)
  4. Mulia Ariyanti (41P20085)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

Confused Confused
0
Confused
Sad Sad
0
Sad
Fun Fun
0
Fun
Genius Genius
0
Genius
Love Love
0
Love
OMG OMG
0
OMG
Win Win
0
Win
BestoftheBest

0 Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format